Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini dia Manfaat Serta Efek Samping Biji Selasih Yang Baik Untuk Kesehatan

Ini dia Manfaat Serta Efek Samping Biji Selasih Yang Baik Untuk Kesehatan

Ini dia Manfaat Serta Efek Samping Biji Selasih Yang Baik Untuk Kesehatan

Ini dia Manfaat Serta Efek Samping Biji Selasih Yang Baik Untuk Kesehatan-Biji selasih terdapat pada tanaman selasih yang masih satu famili dengan daun kemangi. Biji-bijian ini akan tumbuh dan terasa dikunyah saat bersentuhan dengan air.

Dikatakan bahwa biji selasih adalah alternatif yang baik biji chia. Chia biji atau biji chia kaya akan serat, asam lemak omega 3, protein, mineral, dan antioksidan esensial. Sekarang, Bahannya mirip dengan yang terdapat pada biji selasih.

Satu sendok makan biji selasih dan biji chia keduanya mengandung 60 kalori; 2,5 gram (gr) dan 3 gram lemak; 7 gram dan 5 gram karbohidrat; dan 7 gram dan 5 gram serat.

MANFAAT BIJI SELASIH

MANFAAT BIJI SELASIH

Berikut ini adalah beberapa manfaat biji selasih yang sangat baik untuk kesehatan.

1. Kaya Akan Mineral

  • Satu sendok makan biji selasih menyediakan 15 persen kebutuhan kalsium harian dan 10 persen kebutuhan harian magnesium dan zat besi. Perlu Anda ketahui, kalsium dan magnesium sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot.

2. Kandungan zat Besi yang tinggi

  • Biji selasih dioercaya mengandung banyak zat besi yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah didalam tubuh. 
  • Selain itu, butiran hitam kecil ini bisa menjadi sumber zat besi dan kalsium bagi orang yang tidak makan daging atau produk susu.

3. Kaya akan Serat

  • Biji selasih merupakan sumber yang kaya akan serat. Sebagian besar serat biji selasih adalah serat larut, termasuk pektin.
  • Manfaat biji selasih adalah mampu memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Pasalnya, dalam 1 sendok teh biji selasih mengandung 7 gram serat yang bisa mencapai 25 persen dari anjuran harian.

4. Menjaga Kesehatan Pada Usus

  • Studi menunjukkan bahwa pektin memiliki manfaat prebiotik. Artinya, pektin dalam biji selasih dapat menyimpan dan meningkatkan bakteri baik di usus.

5. Jadikan Perut Cepat Terasa Kenyang

  • Biji Selasih Menyebabkan Perut Anda Lebih Cepat Terisi dikarenakan Kandungan pektin dalam biji selasih dapat membuat perut lebih mudah terisi dan tidak cepat lapar. 
  • Zat pektin dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan kadar hormon yang meningkatkan nafsu makan.
  • Namun, efektivitas mengonsumsi biji selasih untuk mengekang nafsu makan masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Baca juga :manfaat bayam merah untuk ibu menyusui dan bayi.

Baca juga :jenis-jenis pepaya dan manfaatnya.

6. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

  • Menurut penelitian, penderita diabetes tipe 2 yang makan 10 gram biji selasih selama sebulan setelah makan mengalami penurunan gula darah. Kadar gula darah peserta yang makan biji selasih ditemukan 17 persen lebih rendah dari pada awal penelitian.

7. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

  • Biji selasih memiliki manfaat menurunkan kolesterol darah. Sebab, pektin bekerja dengan cara mencegah penyerapan kolesterol di lambung. 
  • Orang yang makan 30 gram (7 sendok teh) biji selasih setiap hari selama satu bulan mengalami penurunan kolesterol total sebesar 8 persen.

8. Kaya akan Zat Antioksidan

  • Biji Selasih kaya akan Antioksidan,Biji selasih juga diperkaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid serta polifenol. 
  • Flavonoid bekerja dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Ekstrak tanaman selasih juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker.
  • Beberapa penelitian juga mengaitkan asupan tinggi flavonoid dengan penurunan risiko penyakit jantung. Dalam penelitian lain, biji selasih ditemukan melepaskan bakteri berbahaya ke dalam tubuh.

9. Sumber Asam Lemak Omega-3

  • Kebutuhan asam lemak omega-3 sekitar 1.100 mg atau 1.600 mg per hari.
  • sekarang makan satu sendok makan biji selasih sehari dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3, 
  • Pasalnya, dalam satu sendok teh biji selasih rata-rata mengandung 2,5 gram lemak. Dari semua lemak, sekitar setengah atau 1.240 mg per sendok makan adalah asam alfa-linolenat (ALA) atau lemak omega-3.

10. Mengurangi Tekanan Oksidatif

  • Tingginya kadar radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang dapat mempengaruhi metabolisme. 
  • Dalam mencegah terjadinya stres oksidatif, Anda juga dapat mengonsumsi makanan serta minuman yang terkandung senya antioksidan seperti halnya biji selasih.

11. Baik Untuk Kesehatan Hati

  • Minuman yang Mengandung Biji Selasih Dapat Membantu Menjaga Kesehatan
  • Menurut beberapa penelitian, makan selasih dapat membantu menjaga kesehatan hati. Selasih dianggap berpotensi mencegah terhadap kerusakan hati.

12. Meningkatkan Kesehatan Kulit

  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat biji selasih adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit.Akan tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut dalam hal imi.

Baca juga :kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan

Baca juga :kandungan gizi dan manfaat pisang 

13. Menjaga Kesehatan Mental yang Baik 

  • Paparan radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan stres pada tubuh manusia. sekarang biji selasih dianggap berpotensi untuk menghilangkan stres, kecemasan berlebihan dan depresi.

14. Membantu Mengurangi Pembengkakan atau Peradangan

  • Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan berbagai macam penyakit. 
  • Biji selasih dipercaya memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengatasi atau meredakan peradangan.

15. Membantu Menangkal Infeksi

  • Dipercaya bahwa beberapa bahan biji Selasih bekerja melawan kuman atau bakteri. Namun, manfaat biji selasih dalam hal ini masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.
  • Dengan demikian, manfaat biji selasih tidak kalah dengan biji chia. Anda juga bisa memadukan biji selasih dengan berbagai makanan dan minuman sehari-hari, seperti air hangat, jus, salad, atau bisa juga dalam puding.

Tapi ingat, hindari menambahkan terlalu banyak gula atau pemanis lainnya ke dalam campuran tersebut.

EFEK SAMPING BIJI SELASIH

EFEK SAMPING BIJI SELASIH

Memang Biji selasih sangat tinggi serat dan mineral serta memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari mencegah penyakit jantung hingga penyakit paru-paru.

Namun, bahaya biji selasih jika dimakan sembarangan juga tidak boleh disepelekan. 

Karena nutrisi yang tepat, biji yang sama dengan biji chia telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda. 

Baca juga :manfaat pare untuk kesehatan tubuh

Baca juga :Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

Namun, berhati-hatilah untuk tidak memakan biji-bijian ini sembarangan.  Menurut Healthline, terlalu banyak serat dalam biji selasih dapat menyebabkan efek pencernaan seperti :

  1. peradangan
  2. diare
  3. refluks asam
  4. kehilangan nafsu makan dan beberapa masalah pencernaan lainnya. 

Cara terbaik untuk memakannya adalah dengan meningkatkan asupan serat secara bertahap sebelum perut Anda terbiasa. 

Dalam beberapa kasus, biji selasih dapat menyebabkan gula darah rendah.

Apalagi, salah satu penjual biji selasih mengklaim bahwa biji selasih menyediakan vitamin K sekitar 185 persen dari kebutuhan harian satu sendok makan (13 gram).  Vitamin K membantu mencegah pendarahan.  

Oleh karena itu, makan biji selasih dapat mengganggu pengobatan dengan pengencer darah atau warfarin serupa.  

Dikatakan juga bahwa biji selasih menurunkan tekanan darah.  Jika bagi orang yang masih dalam pengobatan tekanan darah tinggi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Nah,itulah tadi sedikit informasi mengenai Manfaat Serta Efek Samping Biji Selasih Yang Baik Untuk Kesehatan,Semoga bisa lebih bermanfaat dan Salam Sukses.


Source : 

klikdoter.com

cantik.tempo.co

Post a Comment for "Ini dia Manfaat Serta Efek Samping Biji Selasih Yang Baik Untuk Kesehatan"