Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Budidaya Apel Malang Khusus Pemula

Cara Mudah Budidaya Apel Malang Khusus Pemula

Cara Mudah Budidaya Apel Malang Khusus Pemula

Cara Mudah Budidaya Apel Malang Khusus Pemula - Apel Malang merupakan varietas apel yang paling produktif dari tanaman hortikultura kecil yang beriklim tropis dari varietas buah semusim.  

Apel berasal dari Asia Barat dan telah dibudidayakan di Indonesia pada tahun 1934. Apel tumbuh baik di dataran tinggi antara 900-1200 m dpl, dengan curah hujan 1000-2600 mm/tahun, sebagian besar memiliki dan banyak mengandung vitamin esensial bagi tubuh. 

Sekilas Tentang Apel Malang

  • Apel adalah salah satu jenis buah yang termasuk ke dalam famili bunga mawar (Rosaceae).  
  • Apel biasanya berwarna merah saat matang, tetapi bisa juga memiliki kulit berwarna hijau atau kuning.  Kulit buahnya relatif lembut, dan daging buahnya relatif keras.
  • Apel Malang adalah jenis apel lain yang hanya tumbuh dan ditanam di Indonesia.  Buah yang sangat baik untuk membantu diet ini sebenarnya dibawa oleh Belanda ke daerah Batu, Malang, pada masa penjajahan.  
  • Iklim Kota Batu yang dingin membuat apel ini tumbuh dengan sangat baik.  Dan karena kepopulerannya, Kota Malang kini disebut juga dengan Kota Apel.
  • Pesatnya perkembangan perkebunan apel sendiri dimulai pada tahun 1962. Saat itu praktek pemotongan tajuk dan pembengkokan batang pohon diperkenalkan.  

Selanjutnya, praktik penanaman apel yang berkelanjutan memungkinkan apel Malang tumbuh lebih cepat dan didukung dengan kondisi cuaca yang selaras.

Manfaat Apel Malang yang baik untuk Kesehatan

Manfaat Apel Malang yang baik untuk Kesehatan

  1. membuat gigi terlihat sehat dan putih
  2. Mencegah munculnya penyakit alzheimer
  3. mencegah terjadinya penyakit Parkinson
  4. Mencegah berbagai jenis kanker
  5. Mengurangi risiko Diabetes
  6. Turunkan penyakit kolesterol 
  7. Mengatasi Konstipasi dan Diare
  8. Kendalikan berat badan
  9. Memperkuat sistem imun tubuh

TEKNIK BUDIDAYA APEL MALANG
TEKNIK BUDIDAYA APEL MALANG

Dalam budidaya apel malang ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapat hasil yang baik.Seperti berikut ini :

SYARAT PERTUMBUHAN BUDIDAYA APEL MALANG

  • Tumbuh baik di daerah tropis pada ketinggian 700-1200 meter di atas permukaan laut, sehingga varietas apel malang ini dapat menghasilkan buah.
  • Struktur tanah yang gembur,yang sirkulasinya baik, menyerap air dan kaya bahan organik dan jenis tanahnya adalah Latosol, Andosol dan Regosol.
  • Curah hujan ideal 1000-2600 mm per tahun adalah 6-7 bulan air dan 3-4 bulan kekeringan.
  • Tanaman apel malang sangat membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup sekitar 50-60% untuk setiap hari, apalagi pada saat sudah berbunga.
  • Suhu yang sesuai untuk pertumbuhan budidaya Apel malang ialah(16˚C-27 C),dengan kelembapan pada tanah mencapai 75-85%.
  • Tingkat keasaman tanah yang disarankan ialah pH 5,5-6,5.

Persiapan benih apel malang yang berkualitas

Persiapan benih apel malang yang berkualitas

Dalam Budidaya Apel malang,benih yang akan ditanam harus benih yang memiliki kualitas unggul dan dari indukkan yang unggul pula Untuk menghasilkan apel malang yang berkualitas tinggi.

Sebab keberhasilan budidaya apel malang sangat tergantung pada kualitas benihnya.  Adapun persyaratan untuk bibit apel antara lain;  

  • bibit apel bebas dari hama dan penyakit, memiliki potensi pertumbuhan yang bersifat genjah, memiliki pertumbuhan yang seram dan tingkat penampilan fisik yang mirip seperti warna, bentuk dan ukuran lebih mirip dibandingkan bibit lainnya.
  • Ada dua cara untuk perbanyakan benih apel malang yakni,perbanyakan generatif (biji) dan perbanyakan vegetatif (okulasi, okulasi dan stek).  
  • Beberapa kebun apel dari biji membutuhkan waktu lebih lama untuk berbuah, sedangkan proses vegetatif membutuhkan waktu lebih sedikit untuk berbuah.  
  • Namun pada umumnya petani lebih memilih jenis metode perbanyakan secara vegetatif, metode ini dianggap efektif dan efisien dengan persentase tingkat keberhasilan dan mirip dengan indukan serta terbilang cepat menghasilkan buah.

Persiapan Lahan budidaya apel malang

  • Persiapan tanah untuk budidaya apel malang dapat dimulai dengan membersihkan semua rumput liar serta berbagai bentuk sampah yang bisa menggangu tanaman apek malang nantinya.
  • Lahan kemudian digemburkan dengan mencangkul atau dibajak dan skalian dibuatkan lubang tanam.
  • tambahkan 20 persen pupuk kandang ke dalam lubang tanam yang tercampur rata dengan tanah, setelah itu didiamkan selama 2 minggu.

Persiapan Penanaman

  • Serangkaian kegiatan penanaman apel Malang dilakukan dalam beberapa tahapan, dimulai dari identifikasi cara penanaman, pembuatan lubang tanam dan teknik penanaman.
  • Pola dalam Penanaman.  Tanaman apel malang ditanam dengan cara tunggal atau nonokultur.jarak  yang ideal untuk menanam apel malang adalah 3-3,5 x 3,5 m, usahakan menanam apel malang jangan terlalu berdekatan posisinya agar tidak terlalu rimbun nantinya.
  • Jika terlalu rimbun maka akan menyebabkan kelembaban tinggi, mengurangi sirkulasi udara, menghalangi sinar matahari dan mendorong pertumbuhan penyakit.
  • Lubang tanam.  Ukuran lubang tanam yang ideal antara 50 x 50 x 50 cm hingga 1 x 1 x 1 m.  Tanah lapisan atas dan lapisan bawah dipisahkan, masing-masing tanah dicampurkan dengan setidaknya 20 kg kompos.  
  • Tanah tersebut kemudian dibiarkan selama ± 2 minggu, dan sebelum ditanami tanah galian tersebut dikembalikan ke keadaan semula.

Cara menanam.  Dengan menyiapkan bibit apel malang yang cocok ditanam 6-7 bulan pada ketinggian 80-100 cm.  Penanaman yang tepat diusahakan pada awal musim hujan, 

proses penyemaian dimulai dengan merobek polibag dilanjutkan dengan penanaman benih hingga hingga mencapai bagian leher akar, kemudian ditutup kembali dan dipadatkan lagi.

Baca juga :Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Cepet Berbuah

Baca juga :Cara Menanam Bonsai Beringin Yang Mudah Untuk Di Coba.

Perawatan Tanaman Apel Malang

Perawatan Tanaman Apel Malang

Penyulaman 

  • Kegiatan yaitu untuk mengganti tanaman mati pada areal tanam dengan tanaman baru, penanaman kembali dilakukan  2 minggu  setelah penanaman, 
  • dengan cara mengganti tanaman baru dengan umur yang sangat berbeda dan tanaman yang akan kita ganti.Penyulaman harus dilakukan selama musim hujan.

Penyiangan Pembumbunan

  • Penyiangan serta Pembumbunan dilakukan dengan maksud mengurangi jumlah gulma atau rumput liar yang menjadi pesaing dan mengganggu pertumbuhan bibit apel malag dengan membajaknya dengan cangkul. 
  •  Proses ini umumnya disertai dengan proses pembumbunan, hal ini bertujuan untuk meninggikan tanah di sekitar tanaman agar tidak menjadi genangan dan sekaligus menggemburkan tanah.

Pemangkasan tanaman apel malang

  • Kegiatan pemangkasan tanaman apel malang dilakukan sejak usia 3 bulan hingga diperoleh bentuk yang diinginkan (4-5 tahun).  
  • Stek adalah bibit yang baru ditanam sampai dengan tinggi 80 cm, tunas tumbuh kurang dari 60 cm, pucuk di ujung ruas dari pucuk, 4-6 mata serta bekas tangkai buah, sakit dan tidak produktif, cabang atau daun yang kondisinya menutupi buah.

Pemberian Pupuk tanaman Apel Malang.

  • Untuk pemberian pupuk tanaman apel malang dilakukan pada awal musim hujan, pupuk sangat dibutuhkan untuk meningkatkan ketersediaan unsur hara tanah.  
  • Jenis pupuk yang digunakan bisa menggunakan jenis pupuk organik atau jenis pupuk kimia, untuk panduan takaran pemupukan di tahun pertama dan kedua bisa menggunakan pupuk 15-30 kg, pupuk urea 100 gram, urea 50 gram TSP dan ZK 20 gram, 
  • Sedangkan untuk kompos pada tahun ketiga, keempat dan kelima, jumlah pupuk meningkat menjadi 25-40 kg pupuk pupuk, 150 gram urea, 60 gram TSP dan 40 gram pupuk ZK.

Mengatasi Berbagai Penyakit Apel Malang
Mengatasi Berbagai Penyakit Apel Malang

Penyakit Embun Tepung

Penyebab: Padosphaera leucotich Salm.

Gejala: Daun bagian atas tampak putih, pucuk tidak normal, kecil dan tidak berbuah dan buah memiliki kutil berwarna coklat.

Pengendalian: 

  • Potong bagian yang sakit dan bakar dan semprotkan fungisida.

Penyakit Bercak Daun

Gejala : daun saat berusia 4-6 minggu setelah dilakukannya perommes terlihat bintik-bintik putih yang tidak biasa, coklat, muncul bintik-bintik hitam di permukaan, mulai dari daun tua, daun muda sampai seluruh bagian daun menjadi gugur.

Pengendalian: 

  • lakukan pengaturan jarak tanam apel dan pastikan tidak terlalu rapat kemudian bagian tanaman apel yang terjangkit harus diambil dan dikumpulkan untuk dibakar dan disemprot dengan fungisida.

Penyakit Kanker

Penyebab : Botryosphaeria Sp

Gejala : batang atau cabang (busuk, coklat tua, kadang mengalir cairan), dan buah (terdapat bercak kecil berwarna coklat, busuk, bengkak, berair dan buah terlihat pucat).

Pengendalian: 

  • tidak memanen buah yang terlalu matang, mengurangi kelembapan kebun, membuang bagian yang rusak atau berpenyakit, mengikis batang yang sakit dan mengoleskan fungisida Folatan 4 F 100 cc/10 liter air atau Copper Sandoz dan Spray dengan Benomyl 0,5 gram/liter air, Antracol.  70 WP 2 gram/liter air.

Penyakit Busuk Buah

Gejala : bintik kecil berwarna coklat dan bintik hitam berubah warna menjadi orange.

Pengendalian: 

  • jangan memetik buah yang sudah terlewat masak dan membenamkan buah dalam Benomyl 0,5 gram/liter air untuk mencegah infeksi dalam penyimpanan.

Penyakit Busuk Akar 

Gejala: menjerang tanaman apel di iklim dingin, lembab, ditandai dengan daun layu, gugur, dan pembusukan kulit akar.

Pengendalian: 

  • cabut tanaman yang terserang sampai akarnya, lubang tersebut tidak ditanam minimal satu tahun.

Panen Buah Apel Malang

  • Tanaman Apel malang sudah bisa dilakukan pemanenan apabila sudah berusia 4-5 bulan setelah berbunga, tergantung varietas dan iklimnya.
  • Kemudian dapat dipanen pada usia 114 hari terhitung sejak bungan apel mekar. Panen paling baik dilakukan ketika tanaman mencapai kematangan fisiologis.  
  • Ciri fisiologis buah masak adalah: ukuran buah apel terlihat sudah maksimal, aroma bauh apel sudah mulai terasa, warna buah tampak cerah dan segar, dan saat ditekan terasa kres.
  • Cara memanen buah apel malang ialah dengan memetik buah apelnya dengan tangan atau manual dan harus dilakukan secara bersamaan untuk setiap kebun.  Waktu panen setiap enam bulan sesuai siklus pemeliharaan.

Baca juga :Cara Menanam Tebu Dari Batang Yang Benar Agar Cepat Besar

Baca juga :Cara Budidaya Timun Jepang yang paling sederhana

TIPS BUDIDAYA APEL MALANG

TIPS BUDIDAYA APEL MALANG

Pemangkasan cabang dan ranting tanaman apel tidak mungkin lagi.  Dengan memangkas akar, tanaman apel disimpan lebih pendek dan lebih baik.  

  • Para petani apel Malang dan Bali sering menyadari hal ini, sehingga untuk berbunga dan berbuah, cabang dan ranting tanaman harus sering dipangkas.  
  • Lapisan pertama dilapisi dengan ter atau parafin agar tidak menjadi pintu masuk bakteri atau jamur patogen.  Tanaman apel yang tidak terkontrol untuk perkembangan vegetatifnya Sangat sulit untuk berbuah.
  • Petani apel Amerika juga memahami bahwa perkembangan vegetasi tanaman harus dicegah.  Tapi mereka tidak mau repot memotong dan mengolesi.  
  • Daripada harus memangkas cabang, mereka lebih memilih untuk memotong akar, tidak hanya Praktis,pembuahan bahkan bisa terjadi lebih cepat bahkan hasilnya juga kebih berkualitas.
  • Menurut temuan penelitian yang dilakukan James R Schupp dari Ohio Center for Agricultural Research and Development, kamp Ohio, Amerika Serikat, 
  • pemangkasan dapat mencegah pertumbuhan tanaman apel dilarang hingga 40%, kurang lebih satu kali.  
  • Maka sepanjang waktu tanaman tidak perlu dipangkas.  Ukuran buahnya tentu kecil, tetapi jumlah buahnya tidak terpengaruh.
  • Manfaat pemangkasan yang dilakukan pada akar bahkan lebih besar dari pemangkasan pada bagian cabang.  Tanaman tidak hanya cepat menghasilkan buah, tetapi kualitas buahnya pun meningkat.  
  • warnanya lebih menarik, buahnya bahkan lebih padat, dan rasanya bisa meningkat.  Selain itu, kerugian pada awal produksi pertama dapat dikurangi karena jumlah bunga dan buah yang jatuh berkurang.

Waktu pemotongan harus benar

Hasil pemotongan akar terbaik hanya dapat dicapai jika akar dipotong pada waktu yang tepat. Yang terbaik adalah memotong akarnya segera setelah tanaman mulai berbunga. 

 baru-baru ini, pengurangan harus dilakukan dua minggu lalu.  Saat ini, produksi tanaman justru bisa menyusut dan menghambat perkembangan tanaman pada saat itu dalam setahun yang bisa gagal.

Karena kemajuan teknologi pertanian di Amerika, pemotongan akar dilakukan dengan bilah khusus yang dipasang pada batang logam.  

Kemudian batang logam ditempatkan di bagian belakang traktor.  Ketika traktor dipindahkan di antara deretan kebun apel, dengan tuas, bilah ditempatkan dan diatur pisau terbenam ketanah dan memotong.

Potong sedalam 30 cm

  • Hasil terbaik dapat diperoleh ketika kedua sisi tanaman apel ditanam pada kedalaman 30 cm.  dengan apel melrose (m. 26), pemotongan dilakukan hingga 60 cm atau 82 cm dari pangkal batang.  
  • akar apel Mc Intosh (mm. 111) harus dipotong hingga 100 cm dari pangkal batang hingga kedalaman 30 cm.

Di Tinjau Dari Segi ekonomis

  • Apel yang lebih besar lebih mahal daripada yang lebih kecil.  Selain itu, setiap kotak memiliki isi yang sedikit jika ukuran buahnya besar.  
  • karena petani bisa mendapatkan keuntungan lebih jika dia bisa menghasilkan buah seperti itu.
  • Namun, buah dalam jumlah besar terkadang juga membutuhkan keberuntungan.  misalnya warna buah sekarang tidak memenuhi syarat minimal kelompok, 
  • jika menunggu sampai warnanya memenuhi syarat, lebih banyak buah jatuh, atau terlalu banyak busuk saat diangkut karena buahnya lunak.
  • Di sinilah pemotongan akar dapat bekerja. Kerugian akibat ukuran buah yang kecil dapat digantikan dengan buah yang berwarna menarik, rasanya enak, tidak mudah rontok, dan lebih tahan untuk diangkut.

Jadi, apakah apel harus dipangkas secara teratur bagian akarnya?

  • Jika kualitas buah dan peningkatan keuntungan pada panen pertama dapat mengurangi kerugian akibat kecilnya ukuran buah yang dipanen, sebaiknya dilakukan pemotongan akar. 
  • Apalagi jika pertumbuhan tanaman sangat subur dan area vegetasinya sangat rapat, maka manfaatnya akan lebih terlihat.
  • Namun jika dengan memangkas sedikit bagian cabangnya sudah diperoleh apel merah, seperti halnya pada musim kemarau, sebaiknya pemangkasan akarnya tidak perlu dilakukan lagi. 

Demikianlah informasi yang cukup ringkas dan sederhana mengenai Cara Mudah Budidaya Apel Malang Khusus Pemula,Semoga informasinya bisa lebih bermanfaat dan Salam Sukses.



Source :

bertanamhiasan.blogspot.com

tanipedia.co.id

carabudidaya.co.id


Post a Comment for "Cara Mudah Budidaya Apel Malang Khusus Pemula"