Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Cepet Berbuah

Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Cepet Berbuah

Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Cepet Berbuah

Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Cepet Berbuah-Jeruk Nagami adalah salah satu tanaman jeruk tertinggi dari Jepang. Jeruk jenis ini sering diburu saat menjelang Tahun Baru Imlek.  

Jeruk nagami dikenal dengan bentuk buahnya yang unik, bentuk lonjong, ukuran kecil dan warna kuning saat matang.  

Yang paling menarik dari jeruk nagami ini selain dagingnya yang bisa dimakan, kulit jeruk nagami ini juga bisa dimakan, bahkan kulit jeruk nagami ini rasanya lebih enak dari dagingnya, jeruk nagami ini juga.  memiliki aroma dan aroma yang menyenangkan.

tanaman jeruk nagami termasuk jenis perdu yang rimbun.  Pohon jeruk ini dapat tumbuh hingga 2,5-4,5 m dengan batang bercabang dan berduri.  

Tanaman jeruk nagami terkenal dengan pertumbuhan awal atau buahnya yang sederhana. Dalam waktu 8-12 bulan, tanaman jentuk nagami sudah bisa belajar berbuah dengan menggunakan biji cangkok atau tempel.  

Selain itu, tanaman jeruk Nagami juga memiliki produktivitas yang tinggi mengingat tanaman tersebut mampu berbuah sepanjang tahun.  Setiap cabang jeruk nagami menghasilkan banyak buah.

Jeruk nagami merupakan salah satu jenis tanaman yang populer sebagai tanaman hias penghias halaman rumah karena buahnya yang aktif.  

Dengan tinggi tanaman kurang dari satu meter akan meningkatkan kualitas tanaman jeruk ini.  

Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam jeruk nagami ini, Anda bisa menanam jeruk nagami di dalam pot atau jeruk Tabulampot Nagami. 

Baca juga :Mudah! Inilah Cara Menanam Kencur di polybag agar cepat panen

Baca juga :Anti gagal! Budidaya sawo jumbo dari awal sampai panen.

Kondisi Tumbuh

  • Tanaman jeruk nagami dapat tumbuh subur di lereng di bawah 30 derajat Celcius.  
  • Lokasi ideal 300 - 800 m di atas permukaan laut 
  • Suhu yang ideal adalah antara 25-30 derajat Celcius.
  • Tanaman jeruk nagami membutuhkan air 5 - 9 bulan (musim hujan).  Bulan hujan ini diperlukan untuk perkembangan bunga dan buah agar tanah tetap lembab. 
  • Kelembaban yang ideal untuk pertumbuhan tanaman ini adalah sekitar 70 - 80%. 
  • Tanaman jeruk nagami tidak menyukai daerah yang terlindung dari sinar matahari.
  • Tanah yang baik untuk pertumbuhan jeruk adalah tanah lempung sampai lempung pasir dengan kandungan liat 7 - 27%, lanau 25 - 50%, tanah andosol dan latosol sangat cocok untuk menanam jeruk Nagami. 
  • Standar emas tanah (pH tanah) adalah 5,5 - 6,5 dengan pH yang benar 6.

Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Cepet Berbuah

Berikut ini adalah langkah-langkah menanam dan merawat jeruk nagami dalam pot agar cepat berbuah: 

1. Pilih Benih Jeruk nagami yang berkualitas

Pilih Benih Jeruk nagami yang berkualitas

  • Pemilihan bibit jeruk sangat penting karena akan menentukan kualitas tanaman.  Oleh karena itu, pemilihan bibit harus dilakukan dengan hati-hati.  
  • Pilih benih Nagami yang berkualitas baik, sehat, bebas hama dan penyakit, daun segar, batang kuat dengan cabang rindang.

2. Menanam Jeruk nagami dalam Pot

  • Siapkan pot besar dengan diameter 60 cm.  Siapkan juga cara penyemaian berupa campuran tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, lalu campurkan ketiga bahan tersebut hingga rata. Biarkan sekitar 3 hari agar lokasi penanaman kembali normal.  

Berikut adalah beberapa langkah untuk menanam Biji jeruk nagami dalam pot:

  1. Masukkan media tanam sampai dekat dengan mulut pot.
  2. Keluarkan polybag yang membungkus benih jeruk nagami dengan gunting atau pisau.  Keluarkan bibit dan media tanam dari polybag.
  3. Buat lubang tanam dengan ukuran area tanam yang menempel pada bibit, lalu tanam bibit hingga akar dan batang mengikis permukaan area tanam. 
  4. Siram benih agar media tanam tetap lembab.
  5. Simpan di tempat yang teduh sampai muncul tunas baru.  Setelah itu, tanaman jeruk nagami dapat dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari. 

Baca juga :Efektif! Cara Menanam Mahkota Dewa untuk pemula

3. Tahap Pemeliharaan jeruk nagami

Tahap Pemeliharaan jeruk nagami

Perawatan mutlak diperlukan agar tanaman berbuah.  Perawatan jeruk Nagami harus diperhatikan untuk penyiraman, pemangkasan, pelonggaran, penyiraman, pemangkasan dan pemangkasan. 

Peniraman

  • Penyiraman dilakukan 1-2 kali dalam sehari namun tergantung kelembaban tanah. 

Penyiangan

  • Penyiangan harus dilakukan dengan cara membuang semua gulma yang tumbuh di sekitar tanaman jeruk nagami.Apabila gulma atau rumput liar sudah mulai tumbuh, penyiangan segera dilakukan. 
  • Untuk jeruk nagami tabulampot,sebaiknya penyiangan dapat dilakukan secara manual.

Pemangkasan

  • Pemangkasan dilakukan untuk merangsang pertumbuhan bunga.  Lakukan pemangkasan pada cabang kedua.  Dari efek pemangkasan akan tumbuh cabang-cabang yang berkualitas tinggi dan mengiringi munculnya bunga.  
  • Ketika tunas berkualitas tinggi muncul, bunganya tumbuh.  Memperkuat pertumbuhan tanaman dan menjaga tanaman tetap produktif, sering memangkas setelah buah dipanen. 

Mengurangi buah 

  • Perlu dilakukan pengurangan buah saat buah jeruk nagami sudah berbuah lebat, hal ini agar pohon dapat mendukung pertumbuhan dan bobot buah serta kualitas buah.  
  • Jeruk Nagami yang dibuang termasuk buah yang sakit, tidak terkena sinar matahari dan terlalu banyak buah pada satu daun.  Buang buah di ujung tandan buah menjadi satu tangkai besar dan sisakan hanya 2-3 buah pada setiap tangkai. 

4. Fase Pemupukan tanaman jeruk nagami.

  • Pupuk jeruk nagami tabulampot umur satu tahun yang enak dengan pupuk P dan K tinggi atau pupuk tunggal TSP dan KCI.  Tergantung pada ukuran pupuk dalam pot, satu sendok teh cukup untuk pot 10 liter, dua TSP dan KCI.  
  • Aplikasi pupuk dapat diaplikasikan langsung ke tanah dalam pot atau dapat juga dilarutkan.
  • Berikan pupuk dengan kandungan K yang tinggi agar buah yang dihasilkan tanaman menghasilkan rasa yang enak.  
  • Cara lain untuk membuat buahnya enak adalah dengan menempatkan jeruk nagami tabulampot di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari sampai panen.

Baca juga :Ini dia Manfaat Serta Efek Samping Biji Selasih Yang Baik Untuk Kesehatan

Baca juga :Cara Menanam Tanaman Biji Selasih

5. Fase Panen buah jeruk nagami

Fase Panen buah jeruk nagami

Umumnya jeruk Nagami matang 4-6 bulan setelah berbunga.  Saat panen, jeruk Nagami harus benar-benar matang saat dipanen.  Adapun teknik jeruk nagami yang siap dipanen adalah sebagai berikut:  

  • Warna buahnya berubah, jingga nagami berwarna hijau tua bila sudah agak kuning keemasan saat masak dengan lubang-lubang berupa bintik kuning cerah.
  • Kulitnya halus dan mengkilat serta tekstur buahnya mulai melunak saat ditekan. 
  • Kulit buahnya terlihat kencang dan penuh.
  • Pemanenan buah jeruk nagami sebaiknya dilakukan saat masih pagi atau sore hari.  Untuk menjaga kualitas yang baik, buah dipanen dengan gunting.  
  • Saat memotong atau memetik buah jeruk nagami, sisakan tangkainya sekitar 1-2 cm dari pangkal buah.  

Itulah tadi sedikit informasi mengenai Cara menanam jeruk nagami dalam pot agar cepat berbuah,Semoga artikel ini bisa lebih bermanfaat dan Salam Sukses.



Source :

rawabibit.com



Post a Comment for "Cara Menanam Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Cepet Berbuah"