Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudah.Seperti Ini Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu yang benar

Mudah.Seperti Ini Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu yang benar

Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu yang benar

Yoeltutorial.com-Cara mencangkok Tanaman hias berkayu yang benar merupakan cara yang paling efektif untuk memperbanyak tanaman hias berkayu.

Tanaman hias itu sendiri adalah Jenis tanaman yang memiliki keindahan dan harga jual yang terbilang tinggi.Apalagi dizaman sekarang sudah banyak sekali jenis tanaman hias yang sangat unik dan indah,harganya juga sangat mahal.

Meskipun demikian,tanaman hias justru malah semakin banyak yang menggemari untuk dijadikan koleksi tanaman hias dipekarangan rumah.

Permasalahannya ialah bibit tanaman hias yang unik terkadang sulit sekali untuk dijumpai karena faktanya membudidayakan tanaman hias dengan cara generatif sangat sulit sekali.

Tidak sedikit masalah yang dijumpai bahkan sampai tidak menghasilkan bunga sama sekali.

Tapi taukah anda kalau ternyata tanaman hias bisa diperbanyak dengan cara vegetatif khususnya untuk tanaman hias berkayu.

Cara yang paling efektif untuk memperbanyak tanaman hias berkayu ialah dengan cara mencangkok menggunakan media air.Seperti apa caranya? Yuk simak cara mencangkok tanaman hias berkayu yang benar berikut ini.

1.Pilih Jenis tanaman hias 

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah anda harus memilih jenis tanaman hias apa yang akan anda cangkok.Tapi tidak semua loh tanaman hias bisa dicangkok.Hanya tanaman hias berkayu sajalah yang bisa dicangkok.

Mengapa demikian? Karena tanaman hias berkayu memiliki kambium yang bisa menumbuhkan akar baru.Nah agar tidak terlalu bingung,Berikut kriteria induk tanaman hias berkayu yang bisa anda cangkok :

  1. Pertama,pilihlah dan gunakan tanaman hias berkayu yang sudah berusia minimal 3 tahun dan sudah memiliki beberapa cabang.
  2. Induk tanaman hias harus sehat terhindar dari serangan hama maupun penyakit.
  3. Pada bagian akar tanaman hias harus sehat dan daunnya juga harus berwarna hijau dan segar.

Jenis tanaman hias yang sudah anda pilih tadi,Anda berikan pupuk untuk merangsang pertumbuhan tanaman dan cabang yang akan dicangkok bisa lebih optimal.

Baca juga :Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah.

Baca juga :Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

2.Persiapkan Alat dan Bahan yang diperlukan untuk mencangkok tanaman hias.

Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk mencangkok tanaman hias berkayu adalah tahapan berikutnya setelah anda memilih bibit untuk dicangkok.

Dalam mencangkok tanaman hias berkayu,alat dan bahan yang diperlukan sangatlah sederhana dan gak harus mahal.Seperti dibawah ini:

  1. Cutter atau pisau yang tajam.
  2. Kantong plastik yang transparan dengan ukuran 1kg.
  3. ZPT untuk merangsang pertumbuhan akar.
  4. Tali.
  5. Air secukupnya.
  6. Tanah campuran pupuk kandang yang sudah dihaluskan.

3.Tentukan bagian tanaman hias yang layak untuk dicangkok.

Tentukan bagian tanaman hias yang layak untuk dicangkok.

Setelah anda menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan,Selanjutnya anda tentukan bagian mana dari tanaman hias yang layak untuk anda cangkok.

Hal ini penting karena tidak semua bagian tanaman dapat dicangkok.Jadi anda harus menentukannya menurut kriteria seperti berikut :

  • Cabang tanaman hias yang akan dicangkok harus agak jauh dengan perakaran.
  • Ukuran cabang yang bagus untuk dicangkok ialah sama dengan ukuran Ibu jari dan berwarna coklat kehijauan serta daunnya berwarna hijau cerah.
  • Pilih cabang yang kondisinya kuat,sehat dan terbebas dari hama maupun penyakit.
  • Cabang masih muda dan produktif.

4.Tahap Pencangkokkan tanaman hias berkayu.

Tahap Pencangkokkan tanaman hias berkayu.

Dengan kriteria kelayakan bagian tanaman hias diatas sudah terpenuhi,Selanjutnya anda tinggal langsung melakukan pencangkokkan.Untuk mempermudah berikut penduan mencangkok tanaman hias berkayunya:

  • Pertama Buatlah sayatan pada cabang tanaman hias sepanjang 5cm.
  • Selanjutnya anda buang bagian kulitnya sehingga bagian kayunya terlihat.
  • Getah yang keluar dari bekas sayatan tadi anda Bersihkan dengan lap kering sampai bekas sayatan dan kayunya benar-kering tanpa getah lagi.
  • Bungkus sayatan tadi dengan kantong plastik,Berikut caranya:
  • Pada bagian dasar dan pinggir plastik anda sobek kemudian ikat dengan tali pada bagian dasar plastik.
  • Selanjutnya tanah campuran pupuk kandang anda siram dengan air secukupnya kemudian masukkan kedalam plastik tadi.
  • Pada bagian sayatan anda tutup dengan tanah sampai rata sampai seluruh sayatan terbungkus kemudian ikat dengan tali sampai kencang bagian ujung plastik.
  • Buatkan lubang-lubang kecil dioermukaan plastik untuk penyerapan air.
  • Setelah itu daunnya anda pangkas hingga tersisa beberapa daun saja dan biarkan sampai 4 hari untuk beradaptasi.
  • Setelah 4 hari,pada cangkokkan anda siram kembali dan anda tinggal melakukan perawatannya saja.

Baca juga :Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek

Baca juga :Prospek Budidaya lengkuas dalam pot dipekarangan rumah

5.Merawat cangkokkan tanaman hias.

Merawat cangkokkan tanaman hias.

Mencangkok tanaman hias berkayu tidak akan berhasil dengan baik tanpa diiringi dengan perawatannya.Ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan untuk merawat cangkokkan diantaranya : 

  1. Penyiraman.
  2. Pemberian pupuk.
  3. Pemangkasan.

Penyiraman.

Dalam hal pencangkokkan penyiraman adalah hal yang sangat penting apalagi masih diawal pencangkokkan.Agar pencangkokkan tanaman hias bisa berhasil dengan baik,Anda harus rutin melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari.

Cara penyiraman cangkokkan juga cukup mudah,anda hanya perlu menyemprotkan air pada media cangkokkannya saja,Maka dengan sendirinya air akan meresap kedalam media melalui lubang yang sudah dibuatkan.

Pemberian Pupuk.

Pemberian pupuk selama masa pencangkokkan dimaksudkan induk tanaman hias harus diberikan pupuk bukan pada media cangkokkannya.

Induk tanaman hias harus diberikan pupuk untuk menambah nutrisi agar bisa menumbuhkan jaringan baru terutama pada cangkokkan.

Untuk pemberian pupuk anda lakukan jika cangkokkan sudah berusia 2 bulan karena pemberian pupuk yang pertama sudah dilakukan diawal sebelum anda melakukan proses pencangkokkan.

Cara pemupukkannya ialah dengan dikocor saja agar nutrisi lebih mudah diserap oleh tanaman hias.

Pemangkasan.

Agar jaringan baru mudah tumbuh,sebaiknya anda lakukan pemangkasan untuk mengurangi penguapan yang terjadi pada tanaman bunga hias yang dicangkok.

Anda bisa mengurangi jumlah daun atau batang yang mulai kering atau menurut anda sudah tidak produktif lagi.

6.Pindahkan hasil cangkokkan tanaman hias kedalam media selanjutnya.

Apabila hasil cangkokkan yang anda lakukan sudah terlihat ada akar yang tumbuh,itu artinya anda sudah berhasil melakukannya.

Biasanya akar akan mulai terlihat apabila cangkokkan sudah berusia 2 bulan.Jika sudah demikian,maka yang harus anda lakukan ialah memindahkan hasil cangkokkan pada media selanjutnya agar bibit tanaman hias hasil cangkokkan bisa bertumbuh lebih maksimal dan siap untuk ditanamkan pada tempat yang diinginkan.

Baca juga :Lengkap.Begini cara menanam markisa dihalaman rumah dengan stek.

Baca juga :5 Cara Menanam Ginseng Jawa Dalam Pot yang Bisa Anda Coba.

Kesimpulan.

Cara Mencangkok Tanaman Hias berkayu merupakan salah satu cara memperbanyak tanaman secara vegetatif buatan yakni dengan menumbuhkan akar baru pada bagian batang tanaman tentunya yang ukurannya tidak terlalu besar.

Mencangkok tanaman hias berkayu memiliki tujuan memperoleh bibit baru yang hasilnya akan sama dengan induknya.Cara ini sudah banyak dilakukan orang bahkan sudah menjadi sangat populer,Jadi tidak ada salahnya jika anda ingin mencobanya sendiri.

Nah demikian tadi sedikit ulasan mengenai Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu yang benar Semoga bermanfaat dan Salam Sukses.

Post a Comment for "Mudah.Seperti Ini Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu yang benar"