Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudah! Inilah Cara Menanam Kencur di polybag agar cepat panen

Mudah! Inilah Cara Menanam Kencur di polybag agar cepat panen

Cara Menanam Kencur di polybag agar cepat panen

Yoeltutorial.com - Cara Menanam Kencur di Polybag agar cepat panen merupakan salah satu tips dalam budidaya kencur yang umum dilakukan oleh banyak orang.

Proses menyebarkan kencur sebenarnya tidak terlalu rumit. Baik di kebun maupun di polybag, tahapan menanam kencur sama, hanya berbeda dalam pengoperasian media tanamnya.

Tanaman kencur sendiri cocok dibudidayakan saat musim hujan, dan perawatannya tidak terlalu sulit, sehingga siapa saja bisa melakukannya.

Kencur adalah bumbu utama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Entah campuran rempah-rempah, penambah nafsu makan anak, atau obat herbal.

Bentuk kencur yang paling populer adalah kencur beras herbal, yang bermanfaat untuk merangsang kesehatan tubuh.

Cara Budidaya Kencur di Rumah


Menanam kencur tidak sulit, karena perawatannya tidak sekuat jenis tanaman lain dan benih tidak perlu dibeli, atau bisa menggunakan rimpang kencur yang sudah tua.

Namun, saat menanam tanaman rempah tunggal ini, sangat disarankan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar kencur yang dipanen banyak dan berkualitas baik.

1. Rehabilitasi Lahan atau Media Tanam tanaman kencur

Rehabilitasi Lahan atau Media Tanam tanaman kencur

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menanam kencur adalah menyiapkan area tanam. 

Caranya siapkan tanah atau media tanam di polybag bagi yang ingin menanam di rumah.
Areal tanam harus bebas dengan mencampurkannya dengan kompos atau pupuk alami.
Apakah Anda tahu? Tanaman Kencur mengandung banyak kandungan seperti Borneol, Asam Anisat, Paraeumarin, Alkaloid, Pati, Mineral, Asam Metil Kanil dan Cat Decaan, Kampanye, Asam Sinamat, Sineol, Etil Ester, dan Gum.

2. Cara menyemai kencur

  • Kemudian, masuk ke proses penyemaian kencur. Untuk cara penyemaian, silahkan ambil rimpang kencur yang lama dan buang pucuknya.
  •  Rimpang kencur tua ditandai dengan daging keras dan 1 sampai 3 mata tunas.

3. Cara menabur benih kencur

Tahap selanjutnya adalah penaburan, yang bersifat opsional, boleh dilakukan atau tidak. Namun jika anda ingin semua bibit kencur ini tumbuh dengan baik untuk menghasilkan hasil yang tinggi, maka anda perlu berlatih menanam bibit terlebih dahulu.

  1. Caranya siapkan nampan besar untuk benih, diisi dengan tanah yang dicampur dengan kompos dengan perbandingan 1 banding 1, jika bisa menambahkan lapisan beras lagi.
  2. Kemudian tanam benih kencur hingga kedalaman 5 sampai 10 cm, pastikan ada lubang drainase agar air tidak menggenang. Di antara setiap benih dan benih lainnya, itu harus ditempatkan berdekatan, dan kemudian ditutup dengan tanah.
  3. Tempatkan wadah semai di tempat yang teduh, dan sering disiram sampai pucuk kencur tumbuh setinggi 2 cm.
  4. Sebelum menabur benih, pastikan jumlah mata tunas pada rimpang kencur adalah 2 sampai 3. Jika lebih dari itu, silakan potong dengan pisau tajam dengan mencelupkan pisau ke dalam air yang dicampur dengan garam.

4. Cara Menanam Benih Kencur

  • Setelah penanaman dan penyemaian, saatnya mempersiapkan lahan tanam. Syarat menanam kencur adalah harus di tempat yang teduh, dalam arti masih dapat dijangkau oleh sinar matahari tetapi terlindung dari hujan yang sangat deras.
  • Karena kencur sebaiknya ditanam di musim hujan, tetapi tanahnya tidak boleh tergenang air. Agar penempatan polybag atau pot harus benar-benar terlindung dari hujan deras.
  • Cara penyemaian benih kencur adalah dengan meletakkan pucuk menghadap ke atas, dan rimpang ditutup. Kondisi pucuk-pucuk ini harus benar, karena jika tidak, akan mempengaruhi pertumbuhan yang membingungkan.

Baca juga: Begini metode menanam serai dalam pot

Baca juga: Cara menanam jahe

  • Penanaman di polibag, cara penyemaian yang digunakan sedapat mungkin adalah jenis tanah lempung berpasir.
  • Tanah kemudian digemburkan terlebih dahulu dengan cara dicampurkan dengan pupuk alam, kemudian dimasukkan ke dalam polybag berukuran sekitar 35 cm atau 50 cm setengah polybag.
  • Bibit yang telah disemai kemudian ditempatkan dalam wadah tanam polybag. Setiap polybag dapat ditanami lebih dari 1 rimpang kencur tergantung ukuran polybag.
  • Penempatan benih kencur dalam satu polybag sebaiknya diberi ruang yang kecil, nah sekitar 10 sampai 15 cm, juga tergantung ukuran polybag. 
  • Kedalaman tanam 2 sampai 3 cm, rimpang tertutup tanah, sedangkan pucuk tidak tertutup tanah.

5. Langkah Perawatan Tanaman Kencur

Langkah Perawatan Tanaman Kencur

Setelah benih kencur disemai di areal tanam, saatnya melakukan perawatan hingga waktu panen tiba. Perawatan tanaman kencur cukup memastikan tanah cukup lembab dan tanaman bebas dari gulma dan hama.

Pengairan

  • Pengairan dilakukan secara berkala agar tanah tidak mengering, dan pastikan pengairan dilakukan dengan baik atau tidak menyebabkan tanah menjadi becek.

Penyiangan

  • Penyiangan harus dilakukan secara teratur, agar unsur hara di dalam tanah atau media tanam tidak tercuri oleh gulma. 
  • Gulma yang tidak diinginkan dapat tumbuh di dalam polybag yang akan mencuri semua unsur hara tanah yang seharusnya digunakan untuk tanaman kencur.
  • Penyiangan dilakukan dengan mencabut tanaman gulma sampai ke akar-akarnya. Namun, perawatan harus dilakukan karena dapat merusak rimpang kencur juga.

6. Cara Panen Kencur

Cara Panen Kencur

Jika Sudah Siap Panen, Segera Panen Kencur Anda

  • Kencur bisa dipanen bertahun-tahun 6 bulan. Kencur yang dipanen selama setengah tahun digunakan untuk keperluan pemakaian. Sedangkan jika ingin kencur siap pakai untuk industri, panen ditunda sampai umur tanaman kencur 8 bulan.
  • Namun, jika ingin menggunakan rimpang kencur sebagai benih untuk ditanam kembali di usia tua, panen dilakukan saat tanaman berumur 10 bulan hingga satu tahun. Selain kencur, daunnya yang kecil juga bisa dijadikan lalapan.
  • Cara panen kencurnya adalah dengan membongkar polybag dan memisahkan rimpang kencur dari tanamannya dan membersihkannya agar tanah perekatnya membusuk. Dan produk tanaman kencur siap untuk digunakan saat dibutuhkan.

Apakah Anda tahu? Kencur juga memiliki banyak manfaat seperti mencegah penyakit gigi, mengobati diare, mengobati batuk, menghilangkan stres, dan menjadi bahan dasar herbal.

  • Hal yang Perlu Dipertimbangkan Tentang Serangan hama Tanaman Kencur
  • Waspadai penyakit di Tanaman Kencur Anda
  • Hama tanaman kencur yang paling umum adalah ulat pemakan daun. Ulat ini harus segera dimusnahkan agar daun tanaman kencur tidak rusak karena dipotong.
  • Triknya adalah menangkap mereka satu per satu dan membunuh mereka. Namun, jika invasi serangga invasif sangat kuat, disarankan untuk menggunakan insektisida.
  • Namun penggunaan pestisida harus memperhatikan aturan dan petunjuk penggunaan, agar tidak mempengaruhi kondisi tanaman kencur.

Baca juga: langkah menanam bawang daun dalam pot yang bagus supaya subur.

Baca juga: Prospek Budidaya lengkuas dalam pot dipekarangan rumah

  • Khusus untuk penanam kencur di polibag, sebaiknya berikan pupuk tambahan minimal sebulan sekali. Pupuk bisa menggunakan pupuk organik seperti kacang mete atau pupuk kimia.
  • Untuk penggunaan pupuk organik yaitu jambu mete cukup dilakukan sebulan sekali atau bisa juga saat kencur mulai terbentuk rumpun. Caranya adalah dengan memasukkan cangkang ke dalam polybag untuk menutupi rimpang kencur.
  • Penambahan dilakukan secara perlahan dan bertahap. Jika menggunakan pupuk kimia, larutan tersebut mengandung 10 gram urea, 25 gram SP-36, 25 gram KCl, dan 10 liter air.
  • Semua bahan diaduk sampai tercampur, lalu dituangkan ke dalam polybag 250 ml masing-masing atau sama dengan segelas air Aqua. Pupuk kimia diberikan 3 kali yaitu 1 bulan sampai 3 bulan.

Ini masalah tahapan cara menanam kencur. Cara ini merupakan bentuk paling sederhana yang bisa dilakukan sehingga bisa dilakukan dimana saja, bahkan di rumah dan di tempat yang sempit.

Nah,itulah tadi sedikit pembahasan mengenai Cara Menanam Kencur di polybag agar cepat panen,semoga bisa bermanfaat dan Salam Sukses.

Post a Comment for "Mudah! Inilah Cara Menanam Kencur di polybag agar cepat panen"