Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Alpukat Aligator Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Alpukat Aligator Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Alpukat Aligator Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Alpukat Aligator Agar Cepat Berbuah-Alpukat aligator adalah salah satu jenis alpukat yang paling unik. Berbeda dengan alpukat biasa. 

Alpukat aligator terkenal dengan bentuk dan ukurannya yang unik. Berat satu buah bisa mencapai 1,2 – 1,7 kg/buah. 

Kulit buah dengan warna hijau mengkilat saat buah alpukat sudah matang. Buah ini sering disebut “Giant” Alpukat. Alpukat aligator memiliki rasa yang khas, karena tidak memiliki rasa pahit. 

Saat dipotong, dagingnya terlihat kental dengan daging berwarna kekuningan seperti mentega. Tekstur buahnya yang halus dan lembut tanpa serat membuat buah ini menjadi incaran para pecinta alpukat.

Tanaman Alpukat Aligator merupakan salah satu dari banyak varietas alpukat dari Meksiko. Pada bagian tubuh, pohon alpukat aligator memiliki tampilan yang sama dengan jenis alpukat lainnya seperti alpukat mentega, alpukat kendil atau alpukat irisan. 

Namun, alpukat aligator memiliki ciri-ciri fisik, antara lain bentuk buahnya yang unik, yaitu bentuk buahnya bulat, panjang dan membesar di bagian bawah, sedangkan pangkalnya sekecil bentuk hewan buaya. Kulit buah dengan warna hijau mengkilat saat matang.

Syarat Tumbuh Tanaman Alpukat Alligator

  • Pohon alpukat ini dapat menahan suhu hingga -7°C, namun suhu tumbuh yang ideal adalah sekitar 12,8-28,3°C.
  • ketinggian yang sesuai, alpukat dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 300-2.000 meter di atas permukaan laut, tetapi sebenarnya pada 1000 meter di atas permukaan laut.
  • membutuhkan curah hujan minimal 750-1000 mm, tetapi masih dapat tumbuh di daerah kering selama kedalaman airtanah 2 m.
  • Selama penyebaran benih, pohon membutuhkan bantuan angin tidak lebih dari 62,4 km per jam karena cabangnya lunak.
  • Bahan tanah yang dibutuhkan adalah tanah gembur, pengelolaan air yang baik, tidak berair, bahan organik tinggi, dan pH tanah antara 5,6 dan 6,4.

Budidaya alpukat aligator

Menanam alpukat jenis ini membutuhkan kesabaran, namun hasil yang diberikan tidak menyurutkan para petani alpukat, buah yang enak ini memiliki banyak pengikut maupun di masyarakat. 

Alpukat ini juga berbuah 2 kali dalam setahun sehingga sangat cocok untuk ditanam.

Berikut ini adalah beberapa panduan cara menanam alpukat Aligator agar cepat berbuah yang perlu diperhatikan.

Baca juga :Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

Baca juga :Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek.

1. Pemilihan bibit pohon alpukat

Pemilihan bibit pohon alpukat

  • Hal pertama yang harus dipersiapkan saat menanam alpukat aligator adalah pemilihan bibit pohon alpukat yang berkualitas tinggi. 
  • Saat memilih bibit pohon alpukat aligator harus memilih dari efek perbanyakan tanaman dengan mencangkok atau stek. Hal ini bertujuan untuk mencari bibit dengan sifat yang sama dengan induknya. 
  • Pilih bibit alpukat Alligator yang memiliki penampilan yang sehat, lurus, segar, memiliki akar yang kuat dan bebas dari hama dan penyakit.

2. Persiapan lahan

Persiapan lahan

  • Cara budidaya alpukat aligator adalah dengan menyiapkan lahan tanam. Usahakan agar lahan yang dipilih bebas dari rumput liar serta sampah, dan bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. 
  • Pastikan juga area yang dipilih memiliki sinar matahari yang cukup, sehingga dapat membantu fotosintesis tanaman. Untuk hasil terbaik, Anda juga harus melakukan drainase yang sehat agar tanaman tidak terserang hama dan penyakit.
  • Area penanaman harus memiliki tanah yang gembur. Strateginya adalah menanam area tanam 2-3 kali untuk menggemburkan tanah. 
  • Operasi penggemburan tanah agar akar tanaman dapat menyerap air atau unsur hara dengan cepat ke dalam tanah. Tanah yang kering membuat akar tanaman sulit menyerap air dan unsur hara.

3. Penanaman bibit pohon alpukat 

Penanaman bibit pohon alpukat

  • Tahapan selanjutnya setelah lahan disiapkan ialah Penanaman bibit pohon alpukat aligatornya, cara menanam alpukat aligator adalah dengan menanam bibit alpukat pada lubang tanam yang di tengah, isi dengan tanah yang dicampur dengan kompos dan arang sekam lalu tekan perlahan hingga bibit dapat berdiri dengan baik. Setelah Bibit alpukat selesai ditanam,berikan sedikit siraman dengan air.
  • Setiap bibit pohon alpukat harus ditutup dengan naungan untuk menghindari sinar matahari, angin atau hujan. Naungan dipasang dengan posisi miring dan Naungan akan dilepas apabila tunas-tunas baru sudah mulai tumbuh.

Baca juga :Prospek Budidaya lengkuas dalam pot dipekarangan rumah

Baca juga :Lengkap.Begini cara menanam markisa dihalaman rumah dengan stek.

4. Perawatan Tanaman Alpukat Aligator

Perawatan Tanaman Alpukat Aligator

Penyiraman

  • Kebutuhan akan air terhadap Bibit tanaman alpukat Aligator yang baru ditanam sangatlah penting,sehingga penyiraman harus dilakukan setiap hari. Waktu terbaik untuk mengairi adalah pagi serta sore hari. Namun, selama musim hujan penyiraman tidak lagi diperlukan.

Penyiangan

  • Gulma adalah tanaman yang tidak diinginkan. Gulma akan bersaing dengan tanaman alpukat dengan menyerap unsur hara dari dalam tanah. 
  • Agar tanaman alpukat Alligator tumbuh dengan baik, gulma harus dibersihkan secara teratur. Proses penyiangan dilakukan dengan membuang gulma yang tumbuh di sekitar bibit alpukat Alligator menggunakan bajak atau dengan tangan.

Menggemburkan Tanah

  • Tanah sebagai metode penanaman di sekitar akar akan menjadi lebih sensitif dari waktu ke waktu sehingga kadar udara dan air di dalam tanah berkurang. 
  • Hal ini akan mengganggu akar tanaman alpukat aligator untuk menyerap nutrisi dengan baik. Karena itu, tanah di sekitar tanaman perlu dilonggarkan secara teratur. 
  • Proses penggemburannya bisa menggunakan bantuan bajak dan sejenisnya. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak akar tanaman alpukat aligator.

Pemangkasan

  • Pemangkasan dilakukan hanya pada cabang yang tumbuh sangat rimbun atau cabang yang mati. Pemangkasan dilakukan dengan hati-hati agar luka pangkas terhindar dari infeksi dan luka pangkas harus diberi penutup luka seperti parafin cair.

5. Pemberian Pupuk tanaman alpukat aligator
Pemberian Pupuk tanaman alpukat aligator

Agar Alpukat cepat berbuah,pemberian pupuk tanaman alpukat aligator sangat penting untuk dilakukan.

Tanaman alpukat aligator memiliki rambut akar yang sangat tipis dengan sistem akar yang buruk. Oleh karena itu, penggunaan pupuk harus ditempatkan sedekat mungkin dengan akar. Pemupukan diberikan sedikit tapi sering, yaitu 4 kali dalam setahun.

Sebelum pemupukan, perlu dibuat lubang melingkar di bawah batas tajuk tanaman sedalam 30 cm. Pupuk disebar di lubang dan diisi dengan tanah.

  • Tanaman alpukat 1-4 tahun atau tahap pertumbuhan,Pupuk yang diberikan berupa pupuk urea 0,27 kg – 1,1 kg, pupuk TSP 0,5 kg – 1 kg dan pupuk KCI 0,2 kg – 0,83 kg per pohon.
  • Tanaman alpukat umur 3-4 tahun atau tahap produksi,Pupuk yang diberikan adalah Urea 2,22 kg-3,55 kg, pupuk TSP 3,2 kg, dan pupuk KCI 4 kg per pohon.
  • Pemberian kompos dapat dilakukan setiap enam bulan sekali. Jumlah pupuk untuk pertanian tanah adalah 20 kg per pohon.

Baca juga :5 Cara Menanam Ginseng Jawa Dalam Pot yang Bisa Anda Coba.

Baca juga :Mudah.Seperti Ini Cara Mencangkok Tanaman Hias Berkayu yang benar

6. Panen Alpukat Aligator

Panen Alpukat Aligator

Berapa lama pohon alpukat berbuah?Pembentukan buah biasanya 6-7 bulan setelah berbunga.Alpukat aligator bisa dipanen setelah 3 tahun setelah dilakukan penanaman.  

  • Proses pemanenan alpukat aligator dilakukan dengan tangan, diseleksi dengan tangan. Jika kondisi badan pohon tidak memungkinkan untuk dipanjat, maka panen dapat dibantu dengan menggunakan alat berupa galah yang sudah dipasangkan tangguk dari kain di bagian ujungnya atau bisa menggunakan tangga. 
  • Saat dipanen, buah Alpukat Aligator harus dipangkas atau dipetik langsung bersama dengan sedikit tangkai buahnya sekitar 3 - 5 cm untuk mencegah memar, luka/infeksi di dekat tangkai buah.

Alpukat Aligator merupakan salah satu produk pertanian yang harus dibudidayakan. Selain memiliki ukuran buah yang jumbo, dan bentuknya yang unik. 

Alpukat aligator ini juga memiliki manfaat yang baik.Alpukat aligator mengandung asam oleat yang sangat baik untuk meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungan lemak tak jenuh yang sangat tinggi dalam alpukat aligator baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Ini adalah masalah praktik pertanian yang benar. yang baik dan benar. Agar tanaman alpukat aligator tumbuh dengan baik dan cepat berbuah, beberapa faktor harus diperhatikan antara lain 

  1. pemilihan bibit pohon alpukat.
  2. persiapan lahan.
  3. penanaman bibit pohon alpukat.
  4. perawatan tanaman alpukat aligator.
  5. hingga tahap panen alpukat aligator. 

Kami berharap artikel mengenai Cara Menanam Alpukat Aligator Agar Cepat Berbuah ini akan meningkatkan pemahaman kita tentang alpukat aligator.Semoga bermanfaat dan Salam Sukses.


Post a Comment for "Cara Menanam Alpukat Aligator Agar Cepat Berbuah"