Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol

Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

Tanaman Herbal - Tanaman Herbal merupakan jenis tumbuhan yang diketahui menurut pengamatan manusia dan memiliki senyawa yang bermanfaat dalam pencegahan dan penyembuhan berbagai penyakit baik itu penyakit ringan maupun penyakit kronis sekalipun,salah satunya ialah kolesterol.

Walaupun dimasa-masa sekarang sudah banyak sekali jenis obat yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah,namun tidak sedikit juga orang yang masih menggunakan tanaman herbal untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Ada beberapa jenis tanaman yang dianggap mampu dalam membantu menurunkan kolesterol dalam darah yang ada dan mudah untuk didapatkan tentunya bisa anda manfaatkan untuk ramuan herbal diantaranya:

  1. Bawang Putih.
  2. Alpukat.
  3. Akar manis.
  4. Wortel.
  5. Kedelai.
  6. Belimbing manis.
  7. Jahe.
  8. Jamur lingzhi.
  9. Rumput laut 
  10. Daun sirih.
  11. Asam.
  12. Seledri.
  13. Bawang merah.
  14. Buah murbei.
  15. Buncis.
  16. Temulawak.

Untuk lebih jelasnya dan tidak menambah rasa penasaran,ini dia Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol

Baca juga :Manfaat kunyit

1.Bawang Putih.

Bawang Putih.

  • Tanaman Bawang Putih memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan.Selain dimanfaatkan sebagai bahan untuk bumbu masakan,bawang putih juga bisa anda manfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Untuk cara penggunakannya ialah iris tipis 2 siung bawang putih dan di bentuk menjadi bulatan yang kecil kemudian ditelan.Hal ini bisa anda lakukan sehari dua kali.

2.Alpukat.

Alpukat

  • Buah alpukat adalah buah yang sangat kaya akan serat serta asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol yang tinggi dalam darah.Untuk memanfaatkan buah alpukat anda cukup memakan 2 buah setiap harinya secara rutin.

3.Akar Manis.

Akar Manis.

  • Tanaman yang satu ini juga dianggap mampu dijadikan ramuan herbal untuk menurunkan kolesterol.Tidak hanya itu,tanaman ini juga dipercaya mampu kadar glukosa serta terkandung zat pencegah kangker didalamnya yang sangat baik sekali untuk kesehatan.

4.Wortel.

Wortel.

  • Wortel adalah salah satu tanaman yang mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kolesterol LDL akibat proses oksidasi.Untuk memanfaatkan wortel sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah,anda cukup mengolahnya dengan diblender sebanyak 5 buah dan diperas kemudian sarinya diminum secara rutin setiap hari.

5.Kedelai.

Kedelai.

  • Kedelai yang kita ketahui dijadikan bahan dalam pembuatan tahu ataupun tempe ini,ternyata dipercaya juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.Itu sebabnya sangat disarankan untuk sering mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai ini.

Baca juga :Khasiat jahe merah dan madu untuk kesehatan dan kejantanan

6.Belimbing manis.

Belimbing manis.

  • Belimbing manis adalah buah yang bersifat sebagai antiinflamasi karena dalam buah ini terkandung lemak,fosfor,protein,zat besi,kalium,dan vitamin A,B,dan vitamin C.Untuk memanfaatkan buah belimbing sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah,anda cukup memakan buah belimbing yang berukuran besar saat pagi dan malam hari masing-masing 1 buah setelah makan.

7.Jahe.

Jahe.

  • Dengan rasanya yang hangat,Jahe juga dapat anda manfaatkan sebagai ramuan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Untuk memanfaatkan jahe sebagai penurun kadar kolesterol,anda cukup memasukkan jahe yang sudah dipotong kedalam gelas yang berisi air panas atau hangat dan biarkan sesaat agar sari jahe tercampur sempurna dengan air kemudian diminum selagi hangat.

8.Jamur Lingzhi.

Jamur Lingzhi.

  • Memanfaatkan jamur lingzhi untuk menurunkan kolesterol harus diolah sedemikian rupa dulu.Anda harus memotong-motong jamur lingzhi secukupnya kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas.Rebusan tersebut anda sudahi setelah airnya tersisa 1 gelas saja.hasil rebusan jamur lingzhi anda diamkan sampai dingin dan minum sampai habis.

9.Rumput laut.

Rumput laut.

  • Untuk memanfaatkan rumput laut sebagai ramuan herbal yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah,Anda hanya cukup menghaluskan 30 gram rumput laut yang sudah dikeringkan agar menjadi bubuk.Kemudian seduh bubuk rumput laut kedalam segelas air panas dan diminum selagi hangat secara rutin setiap hari.

10.Daun Sirih.

Daun Sirih.

  • Memanfaatkan daun sirih untuk membantu menurunkan kadar kolesterol,anda cukup mengambil 15 helai daun sirih yang masih segar dan anda bersihkan kemudian direbus dengan air sebanyak 3 gelas.Rebusan tersebut anda sudahi setelah air rebusannya tersusa 1 gelas saja.Biarkan beberapa saat hingga dingin dan saring kemudian diminum secara rutin setiap hari.

11.Asam.

Asam.

  • Untuk memanfaatkan asam sebagai ramuan herbal dalam membantu menurunkan kadar kolesterol,Anda hanya cukup merebusnya sebanyak 12 gram dengan 1 gelas air.Setelah 15 menit,rebusan tersebut didinginkan lalu disaring kemudian diminum secara rutin 2 kali dalam sehari.

12.Seledri.

Seledri.

  • Untuk memanfaatkan seledri sebagai ramuan herbal dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah,Anda bisa memanfaatkan akarnya sebanyak 30 gram yang masih segar.Akar tersebut dicuci hingga bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air.hentikan rebusan jika airnya sudah tersisa 1 gelas saja kemudian dinginkan lalu saring dan diminum.

13.Bawang Merah.

Bawang Merah.

  • bawang merah yang biasa kita jumpai setiap hari didapur ternyata bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Ambil 20 gram bawang merah yang masih segar kemudian iris tipis dan dimakan dengan nasi agar tidak terlalu terasa aneh dilidah.Lakukan hal ini secara rutin 3 kali dalam sehari.

14.Buah Murbei.

Buah Murbei

  • Untuk memanfaatkan buah murbei dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah,Anda hanya perlu mengambil bagian daunnya yang masih segar sebanyak 10 gram.Daun tersebut dicuci sampai bersih kemudian direbus dengan air sebanyak 3 gelas saja.rebusan tersebut anda hentikan apabila airnya sisa 1 gelas kemudian biarkan sampai dingin dan saring untuk diminum setiap hari.

Baca juga :Manfaat buncis

15.Buncis.

Buncis.

  • Selain digunakan sebagai sayuran,buncis ternyata memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.Untuk memanfaatkan buncis sebagai ramuan herbal,anda hanya perlu mengambil 30 gram buncis yang masih segar dan cuci bersih kemudian rebus.Setelah buncis dirasa cukup layu,buncis tersebut di angkat dan dimakan dengan nasi.

16.Temulawak.

Temulawak.

  • tumbuhan yang satu ini memang kerap dijadikan bahan ramuan herbal.Untuk memanfaatkan temulawak dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah,Anda hanya perlu mengambil 3 jari rimpang temulawak yang masih segar.rimpang tersebut anda kupas dan diparut.rendam hasil parutan temulawak dengan 3/4 gelas atau cangkir air panas dan diamkan sampai mengendap.Ambil air rebusan tadi untuk diminum setiap hari dan endapannya dibuang.

Itulah tadi beberapa jenis Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol,Selain tanaman diatas masih banyak lagi jenis tanaman lainnya yang bisa dijadikan sebagai ramuan herbal yang bermanfaat.


Post a Comment for "Tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol"