Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah

Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah.

Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah.

Budidaya Manggis-Tanaman yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis tanaman yang tumbuh dengan subur di daerah yang beriklim tropis.Tanaman tahunan ini diketahui berasal dari semenanjung malaya dan populasinya terus menyebar hingga ke berbagai negara liannya.

Di zaman sekarang sudah banyak sekali orang yang mencoba untuk membudidayakan tanaman manggis ini.Hal demikian bukannya tanpa alasan akan tetapi karena harga jual buah manggis sangat tinggi dan juga stabil.

Dengan rasanya yang manis dan asam yang seakan menjadi satu,membuat rasa ketagihan bagi siapa saja yang menikmatinya.Kulit buah manggis sendiri berwarna merah tua dan bentuk buahnya bulat serta putih pada daging buahnya yang halus juga berair.

Dari sekian banyaknya buah yang terkenal,hanya buah manggis sajalah yang mendapat julukan si Ratu buah.Hal ini disebabkan karena didalam manggis terkandung sifat anti inflamaai yang sangat tinggi.

Syarat Tumbuh Tanaman Manggis.

  • Manggis bisa dibudidayakan dan bisa tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga pada ketinggian 800 mdpl.
  • Jenis tanah yang disukai oleh tanaman manggis ialah tanah yang gembur dan subur yang banyak terkandung bahan organik didalamnya.Tingkat keasaman atau pH berkisar 5,0-7,0.
  • Tanaman manggis juga akan lebih baik pertumbuhannya jika dibudidayakan didaerah yang suhu udaranya sekitar 22-32 C° dengan kelembapan udaranya sekitar 80%.
  • Sementara Curah Hujannya 1500-2500 mm/tahunnya.

Budidaya manggis.

Dalam hal budidaya,tanaman manggis jika ditanam tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah.Meskipun demikian jika dilakukan dengan benar maka tanaman manggis yang ditanam pasti akan tumbuh dengan subur dan rajin berbuah.

Nah bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman yang satu ini,Berikut Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Baca juga :Cara budidaya tanaman buah srikaya dalam pot agar cepat berbuah

1.Memilih dan Menyiapkan Bibit Manggis yang Unggul.

Memilih dan Menyiapkan Bibit Manggis yang Unggul.

  • Untuk mendapatkan hasil tanam yang berkualitas,Anda harus memilih dan menyiapkan bibit manggis yang kualitasnya unggul.
  • Gunakanlah bibit yang berasal dari hasil cangkokkan saja karena sudah terbukti kualitasnya dan dari sumber yang sudah teroercaya.Umur bibit harus sudah berusia 18 bulan dan sudah memiliki tunas yang panjangnya sekitar 15 cm.
  • Bibit juga harus sudah memiliki setidaknya 4 helai daun dan yang pastinya bibit harus terbebas dari hama maupun penyakit.

2.Pengolahan lahan.

Pengolahan lahan.

  • Sembari menunggu proses pembibitan selesai dan benar-benar siap untuk ditanam,anda lakukan pengolahan lahan terlebih dahulu.
  • Sebelum lahan ditanami bibit,lahan harus dibersihkan terlebih dahulu dari sisa-sisa bekas tanaman sebelumnya.Baik itu rumput liar ataupun batang-batang pohon dan tunggul tanaman sebelumnya harus disingkirkan terlebih dahulu.Kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum datangnya musim penghujan.
  • Apabila anda menanam dengan menggunakan bibit yang bukan dari biji,maka sebaiknya anda gunakan jarak tanam yang ideal yakni 5x5m.
  • Kemudian anda bisa juga menanam pohon pisang diantara tanaman manggis dengan tujuan sebagai tanaman pelindung,Penanaman pohon pelindung ini harus anda tanam lebih awal sebelum bibit manggis ditanam minimal 2 bulan.
  • Sebelum anda menanam bibit manggis,pasangkan juga plastik mulsa agar kondisi tanah tetap lembab nantinya sekaligus menghindari rumput liar.
  • Buatkan lubang tanam sekitar 70x70x70m dan lubang tanam tersebut dibiarkan terbuka selama 14 hari kemudian masukkan campuran tanah subur dengan pupuk kandang.Untuk pupuk kandangnya anda berikan sebanyak 20kg untuk tiap lubang tanam.Selanjutnya anda isi lagi dengan tanah subur pada bagian atas lubang tanam dan diamkan lagi selama 21 hari.
  • Tambahkan lagi 100 gram pupuk NPK 15:15:15 satu minggu sebelum anda melakukan penanaman bibit manggis.

3.Penanaman Bibit Manggis.

Penanaman Bibit Manggis.

Setelah bibit manggis beserta lahannya siap,tahap selanjutnya ialah anda lakukan penanaman bibit manggisnya.Berikut cara dan prosesnya,

  1. Pertama anda keluarkan bibit dari polybag dengan hati-hati jangan sampai tanahnya terhambur agar akarnya tidak rusak,Gunakan gunting untuk membela polybag.
  2. Selanjutnya bibit dimasukkan kedalam lubang tanam dan isi bagian pinggirnya dengan tanah campuran pupuk kandang kemudian padatkan.

Penanaman bibit harus tepat ditengah lubang tanam dan pasangkan ajir untuk menopang bibit agar tidak mudah roboh tertiup angin dan siram hingga tanah basah.

Dikarenakan tanaman pisang belum cukup besar untuk melindungi bibit,maka anda harus memasangkan pelindung sementara agar bibit tidak layu terpapar sinar matahari.

Baca juga :Langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah

4.Perawatan Tanaman Manggis.

Setelah Selesai penanaman dan tanaman manggis tumbuh dengan baik,maka tahapan selanjutnya anda tinggal rutin melakukan perawatannya saja agar hasilnya bisa lebih maksimal.Berikut hal yang harus anda lakukan dalam perawatan tanaman manggis,

Penyiraman.

  • Untuk penyiraman tanaman manggis anda sesuaikan saja dengan kondisinya,Namun jika tanaman sudah memasuki masa produksi penyiraman sangat diperlukan apalagi jika sudah mulai memasuki masa pembesaran buah.
  • Dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan pengeringan untuk masa induksi pembangunan,Setelah tanaman manggis terinduksi maka penyiraman harus anda lakukan dengan rutin kembali hingga buah siap untuk dipanen.
  • Jadi pada intinya penyiraman terhadap tanaman manggis tidak boleh telat karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhannya seperti daun beserta buah menjadi kecil.

Penyiangan.

  • Agar tanaman manggis yang anda tanam tidak kekurangan nutrisi akibat rumput liar yang tumbuh subur diantara tanaman manggis,maka sebaiknya anda lakukan penyiangan.
  • kegiatan ini sangat penting dilakukan jika rumput liar sudah mulai terlihat tumbuh.rumput liar harus segera dimusnahkan dengan cara mencabut semuanya sampai keakarnya.

Pemangkasan.

  • Sedangkan untuk membentuk bagian percabangan tanaman manggis yang lebih ideal,anda wajib melakukan pemangkasan.
  • Kegiatan ini juga bertujuan untuk merangsang tumbuhnya tunas produktif dan sekaligus dapat meningkatkat penetrasi cahaya matahari terhadap tajuk.
  • Pemangkasan juga bertujuan untuk mempermudah dalam perawatan tanaman manggis sehingga dapat mengurangi resiko dari organisme pengganggu tanaman.
  • Dalam hal pemangkasan,waktu yang paling cocok dilakukan setelah buah manggis dipanen.Ranting tanaman yang berada didalam tajuk harus dipangkas hingga pada lapisan yang ke sembilan dan terus mengarah kebagian dalam.
  • Hal ini dilakukan karena munculnya buah manggis selalu berada di ujung ranting dewasa yang terakhir.
  • Agar tanaman tidak terinfeksi saat melakukan pemangkasan sebaiknya luka bekas pemangkasan di cat dengan menggunakan cat mani supaya tidak terjadi infeksi Pada bekas dilakukanya pemangkas.

5.Pemberian Pupuk.

Pemberian Pupuk.

  • Dalam hal budidaya manggis,Pemberian pupuk wajib untuk dilakukan untuk menambah unsur hara dalam tanah yang nantinya diserap oleh tanaman manggis.
  • Untuk tanaman manggis pemberian pupuk dilakukan cukup 6 bulan sekali.
  • Cara pemupukannya dengan membuatkan paritan mengelilingi pangkal tanaman kemudian pupuk dimasukkan dan ditimbun kembali lalu dilakukan penyiraman tujuannya ialah pupuk dalam tanah bisa terurai.

Berikut Jenis Pupuk Yang Biasa dipergunakan untuk tanaman manggis beserta dengan dosisnya.

  1. Saat tanaman berusia 1 - 2 tahun,Berikan 20 kg pupuk kandang,50 g pupuk urea,25 g pupuk SP-36 dan 25 g pupuk KCL.
  2. Saat tanaman berusia 2 - 4 tahun,Berikan 20 kg pupuk kandang,100 g pupuk urea,50 g pupuk SP-36,dan 50 g pupuk KCL.
  3. Saat tanaman berusia 4 - 6 tagun,Berikan 20 kg pupuk kandang,200 g pupuk urea,100 g pupuk SP-39 dan 100 g pupuk KCL.
  4. Saat tanaman berusia 6 - 8 tahun,Berikan 40 kg pupuk kandang,400 g pupuk urea,800 g pupuk SP-36 dan 800 g pupuk KCL.
  5. Saat tanaman berusia 9 -10 tahun,Berikan 80 kg pupuk kandang,800 g pupuk urea,1500 g pupuk SP-36 dan 1500 g pupuk KCL.
  6. Saat tanaman berusia 10 tahun keatas,Berikan 80 kg pupuk kandang,1000 g pupuk urea,2500 g pupuk SP-36 dan 1500 g pupuk KCL.

Baca juga :Cara Menanam Buah Strawberry Sendiri di Rumah

6.Panen.

Panen

Pada tahap ini,buah manggis akan siap untuk dipanen jika sudah berusia antara 104 sampai 110 hari terhitung dari masa pemekaran bunga.Adapun ciri pada buah manggis jika sudah siap dipanen ialah,

  1. Warna kulit buahnya merah kecoklatan sampai merah keunguan.
  2. Apabila buah ditekan pada kulitnya akan terasa lunak.
  3. Pada bagian kelopak buah manggis akan terlihat noda bercak coklat.

Untuk melakukan pemanenan buah manggis,anda harus menggunakan gunting khusus untuk memetik buah atau gunakan galah yang dipasangkan pengait pada ujungnya dan jala untuk menopang buahnya jika buahnya sulit dijangkau.

Agar buah manggis bisa bertahan lebih lama,sebaiknya dipetik dengan mengikutkan 2 helai daun pada tangkai buahnya.

Buah manggis yang sudah dipanen diletakkan kedalam keranjang buah yang sudah diberi alas daun ataupun jerami yang sudah kering agar buah tidak rusak karena benturan.

Lakukan proses pemanenan ini saat matahari tidak terlalu terik.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah,Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan Salam Sukses.

Post a Comment for "Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah"