Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap.Begini cara menanam markisa dihalaman rumah dengan stek.

Lengkap.Begini cara menanam markisa dihalaman rumah dengan stek.

cara menanam markisa dihalaman rumah dengan stek.

Cara Menanam Markisa - Pernahkah terpikir dibenak anda bagaimana rasanya menikmati buah markisa dengan memetiknya di pekarangan rumah sendiri tanpa harus membelinya?tentu sangat menyenangkan bukan.Apalagi dinikmati saat berkumpul bersama keluarga atau kerabat.

Dengan rasa yang menyegarkan yakni perpaduan rasa manis agak masam atau kecut lengkap dengan aromanya khas markisa semakin disukai banyak orang.

Sekilas Tentang Markisa.

Markisa adalah jenis tanaman semak tahunan yang pertumbuhannya menjalar bisa sampai 10 meter bahkan bisa sampai lebih.Markisa memimiliki banyak sekali cabang yang tumbuh dan saling tumpang tindih.Batang tanaman markisa berkayu tipis dengan pertumbuhan daunnya yang sangat rimbun.

Bentuk daun markisa Bercaping tiga dan bergerigi serta dilengkapi dengan warna hijau yang mengkilap.Sebutan ilmiah dari markisa ini ialah passiflora edulis.Saat buah markisa masih muda,warnanya hijau kemudian akan berubah warna menjadi orange kuning yang kehijauan jika buahnya sudah matang,Namun ada juga buah markisa yang berwarna ungu tua.

Jenis Markisa

Jenis Markisa

Pada umumnya ada dua jenis markisa yang kita kenal yakni markisa kecil dan markisa besar.Markisa kecil biasanya tumbuh di air sedangkan markisa yang besar adalah markisa yang banyak dibudidayakan orang.Namun markisa memiliki empat jenis yang umum dibudidayakan khususnya di Indonesia yakni:

  1. Markisa ungu atau passiflora edulis var.edulis.
  2. Markisa kuning atau passiflora edulis var.flavicarpa.
  3. Markisa konyal atau passiflora lingularis.
  4. Markisa erbis atau passiflora quadrangularis.

Apa manfaat Buah markisa?

Manfaat buah markisa
Manfaat buah markisa untuk kesehatan pastinya sangat banyak hal ini didasari markisa memiliki banyak sekali kandungan gizi didalamnya.Berikut beberapa manfaat buah markisa yang baik untuk kesehata.

  1. Menekan resiko kangker.
  2. membantu dalam meredakan gejala asma.
  3. Melancarkan buang air besar.
  4. Menurunkan berat badan.
  5. Membantu tidur nyenyak bagi yang susah tidur.

Syarat Tumbuh Tanaman Markisa.

Sebelum kita masuk kebih jauh dalam pembahasan tentang Cara menanam markisa di halaman rumah dengan stek,tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuh tanaman markisa.Sebab hal ini juga yang menjadi faktor penting untuk pertumbuhan tanaman markisa.

  • Tanaman markisa tumbuh subur di wilayah subtropis dengan ketinggian wilayah antara 800 sampai 1500 mdpl dengan curah hujan diwilayah tersebut berkisar1200mm tiap tahunnya dan kelembapannya antara 80 - 90 % serta suhu wilayah tersebut antara 20 C° - 30 C°.
  • Tanaman markisa dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah apalagi jika tanahnya gembur.Tanah harus mengandung bahan organik dan pH tanah antara 6,5 - 7,5 serta ketersediaan air dan sistem drainase yang memadai.

Nah cukup segitu dulu sekilas tentang markisa dan syarat tumbuh tanaman markisa.Sekarang kita masuk pada topik pembahan yaitu bagaiman cara menanam markisa di halaman rumah dengan stek.Bagaiman caranya? yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Baca juga :Cara menanam jambu air dengan stek batang di pot agar cepat berbuah

Baca juga :jenis anggur import unggulan yang cocok dibudidayakan di Indonesia

Cara Menanam Markisa dengan stek.

1.Pilih dan siapkan bibit markisa.

bibit markisa.

Biasanya markisa ditanam dari bijinya namun klai ini kita akan menggunakan markisa dengan stek.

  • Jadi bibit stek yang kita gunakan harualah berasal dari induk tanaman markisa yang unggul.
  • Dari tanaman tersebut kita pilih bagian cabang pohon yang sudah berusia 1 tahun keatas dan sudah berdia meter 1 cm.
  • Cabang tersebut kita potong memakai pisau yang tajam dan harus steril.Nah dari potongan tadi,kita potong-potong lagi menjadi beberapa bagian dengan panjang sekitar 30 cm.
  • Pastikan juga tiap-tiap potongan harus terdapat 3 sampai 4 mata tunas.

2.Tahap Penyemaian Bibit Markisa

Potongan-potongan bibit markisa yang sudak kita pilih tadi,kita semai terlebih dahulu sebelum ditanam.

  • Untuk itu kita siapkan media tanam untuk semainya yakni tanah yang kita campurkan dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Masukkan tanah tersebut kedalam polybag.
  • Oleskan bagian pangkal potongan bibit dengan perangsang akar seperti rooton F agar akarnya cepat terbentuk,jangan sampai terbalik untuk membedakan pangkal dan pucuk bibit markisa.
  • Tanam setiap potongan bibit tersebut kedalam polybag kira-kira 5 cm dalamnya dan harus posisi tegak.
  • letakkan polybag yang berisi bibit ditempat yang teduh dan membungkusnya dengan plastik.
  • Plastik pembungkus Bibit sudah bisa kita buka saat bibit dalam persemaian berusia antara 3 sampai 4 bulan dan sudah siap untuk kita pindah tanamkan.

3.Tahap Penanaman Bibit Markisa.

Setelah bibit melewati masa penyemaian dan sudah siap untuk kita pindah tanamkan pada lahan selanjutnya.

  • Pertama kita buatkan lubang tanamnya dulu seukuran 20x20x20.
  • Lubang tanam kita isi dengan campuran tanah subur,padi sekam,dan pupuk kandang.
  • Campuran media tanam tadi kita masukkan kedalam lubang tanam namun tidak terlalu penuh.
  • keluarkan bibit markisa dari polybag dengan hati-hati jangan sampai akarnya rusak,sebaiknya bibit disiram terlebih dahulu agar tanahnya tidak pecah atau terhambur.
  • Tanamkan bibit kedalam lubang tanam kemudian pada bagian pinggirnya kita isi lagi dengan tanah sampai penuh.
  • pasang ajir atau tiang rambat disamping tanaman markisa.
  • Ikat tanaman markisa pada tiang rambat agar tumbuhnya tidak kesana-kemari,ikatan bibit tersebut tidak boleh terlalu kencang.

Baca juga :Cara Menanam Buah Strawberry Sendiri di Rumah

Baca juga :Cara budidaya tanaman buah srikaya dalam pot agar cepat berbuah

4.Cara Merawat Tanaman Markisa.

Merawat Tanaman Markisa.

Setelah kita lakukan penanaman bibit markisa,tugas kita berikutnya ialah merawat tanaman markisa agar tumbuh subur dan menghasilkan buah seperti yang kita harapkan.Apa yang harus kita lakukan? Nah berikut Cara merawat markisa yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Pemberian pupuk.

  • Tanaman markisa yang sudah kita tanam memang akan tumbuh,namun hasilnya pasti tidak bagus apabila tanaman markisa sudah mulai kekurangan nutrisi.
  • Oleh sebab itu,Penting untuk kita berikan pupuk tambahan agar tanaman markisa yang sudah kita tanam dapat tumbuh subur karena nutrisinya selalu terpenuhi.
  • Mengapa demikian? Karena didalam pupuk banyak sekali unsur hara serta zat-zat pendukung lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tanaman markisa.
  • Oleh karena itu kita wajib memberikan pupuk secara rutin setidaknya 2 atau 3 minggu sekali.
  • Sementara untuk jenis pupuk untuk tanmaan markisa kita gunakan jenis pupuk organik saja yakni pupuk kandang.
  • Karena selain ramah lingkungan,pupuk kandang juga diperkaya dengan unsur N yang dapat merangsang proses pembungaan tanaman markisa.

Penyiraman Tanaman Markisa.

Setelah Pemberian pupuk,kegiatan selanjutnya dalam merawat tanaman markisa ialah Penyiraman.

  • Hal ini juga sangat penting dan wajib untuk kita lakukan secara rutin.Tanaman markisa adalah tanaman yang sangat membutuhkan air karena markisa rentan dengan kekeringan.
  • Apabila kita tidak rajin menyiram tanaman markisa yang kita tanam,maka kedepannya tanaman markisa akan kerdil pertumbuhannya kemudian mulai mengering dan lama-kelamaan akan mati.
  • Apalagi saat musim kering atau kemarau,ketersediaan air sangat diharapkan oleh tanaman markisa.Akan tetapi jika musim penghujan,maka kita harus menyesuaikan saja dengan kondisi tanahnya untuk melakukan penyiraman.

Mengatur Arah Tumbuh Tanaman Markisa.

  • Mengapa harus diatur? Markisa merupakan jenis tanaman yang tumbuhnya merambat,sehingga kita juga harus mengatur arah tumbuh tanaman ini agar tidak menjalar kelain tempat.
  • Apalagi kita menanam markisa di halaman rumah.Menanam markisa harus kita buatkan tempat tersendiri untuk merambat dan harus kita atur arahnya dan kita juga harus memastikan agar tanaman markisa tidak terlalu rimbun.

Pemangkasan.

  • Apabila tanaman markisa yang kita tanam dihalaman rumah sudah tumbuh dengan subur dan terlihat sudah besar,pastinya kita akan merasa senang melihatnya dan bahkan sudah tidak sabar melihat hasil buahnya.
  • Namun kita tidak boleh membiarkan tanaman markisa yang kita tanam dalam keadaan yang rimbun.
  • Apabila tanaman terlalu rimbun maka akan sangat sulit bagi markisa untuk mengeluarkan buah.bahkan jika terlalu kembab karena rimbun akan mengundang berbagai penyakit tanaman.
  • Itu sebabnya kita harus melakukan pemangkasan secara berkala.Pangkas untuk mengurangi daun atau dahan yang terlihat sangat rimbun.Dengan demikian tanaman markisa akan mudah untuk berbuah.

Asupan Sinar Matahari

  • Tanaman markisa yang kita tanam harus mendapatkan sinar matahari yang cukup,karena sinar matahari juga sangat membantu tanaman untuk mengolah unsur hara serta air sehingga menjadi makanan bagi tanaman markisa untuk pertumbuhannya.
  • Apabila Tanaman markisa jarang atau tidak sama sekali mendapatkan asupan sinar matahari maka daunnya akan tempak hijau gelap dan akan sangat sulit berbuah.Itu sebabnya kita harus memperhatikan hal ini.
  • Pangkas atau kurangi tanaman lain yang dapat melindungi tanaman markisa dari sinar matahari.

Baca juga :Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah.

Baca juga :Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek

Pengendalian Hama Maupun Penyakit Tanaman Markisa

Selain Merawat tanaman markisa,kita juga wajib untuk melakukan pengendalian hama maupun penyakit tanaman markisa.

  • Hal inilah yang menjadi faktor penentu dalam budidaya atau menanam markisa dihalaman rumah.
  • Sebab meskipun tanaman markisa sudah tumbuh subur dan sudah menghasilkan buah seperti yang sudah kita harapkan,jika hama maupun penyakit datang menyerang maka semuanya akan rusak.
  • Itu sebabnya penting untuk kita mengenali gejala awal hal ini akan terjadi dan jangan sampai terlambat untuk dikendalikan.
  • Kita harus rutin memperhatikan bagian pangkal,batang dan daun tanaman markisa.
  • Jika didapati ada gejala serangan hama maupun penyakit,segera harus kita kendalikan atau tangani dengan cara yang benar.

Panen Buah Hasil Tanam Markisa.

Panen Buah Hasil Tanam Markisa

Setelah kita mengikuti tahapan demi tahapan diatas tentunya hal yang paling kita tunggu-tunggu ialah panen buah hasil tanam markisa kita.

  • Tanaman markisa yang kita tanam dengan stek akan lebih cepat menghasilkan buah jika dibandingkan dengan markisa yang ditanam dengan biji.
  • Terhitung sejak bibit markisa kita pindah tanamkan hanya memerlukan waktu 7 bulan saja untuk bisa menghasilkan buah.
  • Dan buah markisa akan matang dalam waktu 70 sampai 80 hari sejak buah mulai keluar.Adapun ciri-ciri buah markisa yang sudah siap kita panen ialah.

  1. Buah akan berubah warna dari hijau muda menjadi warna ungu tua pada jenis markisa ungu dan warna kuning pada jenis markisa kuning.
  2. Panen yang baik untuk buah markisa apabila tingkat kematangan buah sudah mencapai 50%.

KESIMPULAN

  • Cara menanam markisa di halaman rumah dengan stek adalah cara untuk kita menanam tanaman dengan memanfaatkan lahan yang terbatas.
  • Namun cara ini juga banyak dilakukan orang pada lahan atau kebun yang luas.
  • Memang pada dasarnya menanam markisa terbilang agak rumit dan merepotkan,namun jika panduan diatas mulai dari memilih bibit sampai perawatannya sudah dilakukan dengan benar maka menanam markisa tidaklah menjadi rumit.

Nah demikianlah tadi sedikit ulasan singkat mengenai Cara menanam markisa dihalaman rumah dengan stek semoga bisa lebih bermanfaat dan Salam Sukses.

Post a Comment for "Lengkap.Begini cara menanam markisa dihalaman rumah dengan stek."