Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek.

Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek.

Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek

Yoeltutorial.com-Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek sudah banyak ditekuni oleh sebagian orang.Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam.dengan teknik yang seperti ini tentunya pohon tanaman murbei bisa dengan mudah untuk dirawat dan pohonnya juga bisa diatur ketinggiannya.

Sekilas tengtang Buah Murbei.

Apa itu buah murbei? Buah murbei atau dengan nama lain mulberry adalah salah satu jenis tanaman semak yang tumbuh di daerah subtropik seperti Asia,Afrika,dan Amerika.Tanaman ini bisa mencapai tinggi 10 meter bahkan bisa sampai 15 meter.Murber sendiri termasuk dalam keluarga moraceae yang jenisnya morus.

Buah murbei berukuran 2-3 cm saja dan muncul secara bergerombol.Saat masih muda,buah murbei akan berwarna hijau muda sampai merah dan jika sudah matang buah murber akan berwarna ungu tua sampai hitam.

Rasa buah murbei sangat segar yakni perpaduan rasa manis dan rasa masam namun jika sudah sangat matang maka rasanya akan terasa manis.Pohon Buah murbei itu sendiri sangat mirip dengan pohon blackberry yakni memanjang.

Varietas Buah Murbei.

Varietas Buah Murbei.

Varietas murber yang berwarna merah aslinya berasal dari Amerika utara dan Varietas murbei yang berwarna ungu serta putih aslinya berasal dari Asia.Adapun Varietas murbei terbaik ialah murbei hitam lebih beraroma dan buah murbei yang berwarna merah lebih keras namun bisa tumbub ditempat yang teduh.

Sementara varietas murbei yang paling lembut ialah murbei yang berwarna putih namun rasanya sedikit pahit.Berikut Jenis-jenis murbei Yang bisa kami rekomendasikan untuk anda tanam.

1.Jenis Murbei illinois everbearing.

  • Jenis murbei ini buahnya berwarna hitam saat sudah matang dan rasanya juga manis.

2.Jenis Murbei oscar.

  • Meskipun jenis murbei oscar tidak sekuat jenis murbei illinois namun Tanaman ini sangat produktif,Buah murbei oscar berwarna merah dan ungu.

3.Jenis Murbei California white.

  • Jenis murbei california white memiliki ukuran pohon yang lebih kecil dan tahan terhadap tanah berpasir serta kekeringan.Buahnya lebih kecil berwarna putih lengkap dengan rasanya yang manis.

4.Jenis Murbei dwarf black.

  • Untuk jenis murbei yang satu ini sangat cocok sekali jika ditanam pada ruangan yang terbatas.Pohonnya sangat kerdil dan sangat kuat hanya setinggi 10 kaki saja.Buahnya sangat mirip sekali dengan blackberry akan tetapi rasanya tak semanis dengan jenis-jenis buah murbei yang lainnya.

5.Jenis Murbei Beautiful day.

  • Jalau jenis murbei yang satu ini ukuran pohonya sangat besar.Jadi tidak cocok ditanam dihalaman yang sempit.Ukuran buahnya kecil hanya 1 inci saja dan berwarna putih lengkap dengan rasanya yang sangat manis.
  • Jenis-jenis tanaman murbei diatas hanya sebagian kecil saja dari sekian banyak jenis murbei yang ada.Namun sebelum anda mulai menanam,Tidak ada salahnya jika anda mengenali dulu Syarat tumbuh  dari tanaman murbei ini.

Baca juga :Cara Menanam Buah Strawberry Sendiri di Rumah

Syarat Tumbuh Tanaman Murbei.

  1. Perlu untuk anda ketahui bahwa tanaman murbei bisa tumbuh dengan baik diberbagai jenis tanah terutama jenis tanah yang subur dengan pH antara 6,5 sampai 7.
  2. Ketersediaan air yang baik namun bukan berupa genangan.dengan ketinggian antara 300 hingga 800 meter dari permukaan laut.Mendapatkan sinar matahari pagi sampai sore.
  3. Curah hujan didaerah tempat budidaya murbei diantara 2500 sampai dengan 3000mm untuk setiap tahunnya.
  4. Sementara didaerah tersebut harus bertemperatur antara 23 C° - 30 C° dengan kelembapan udara sekitar 65 sampai 90 %.

Teknik Budidaya Murbei Dalam Pot.

Setelah anda mengetahui sekilas tentang tanaman murbei,Saatnya kita masuk pada tahap penanaman tanaman murbei.Lantas apa saja yang diperlukan? Berikut Penjelasannya.

1.Siapkan Bibit Murbeinya.

Siapkan Bibit Murbeinya.

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam budidaya tanaman murbei ialah menyiapkan sejumlah bibit yang akan ditanam.
  • Untuk mendapatkan bibit murbei anda bisa menyemai bibit atau dengan menggunakan bibit yang dihasilkan melalui stek batang.
  • Namun yang kami sarankan disini ialah agar anda menggunakan bibit stek batang.mengapa demikian?karena bibit tanaman yang berasal dari stek batang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk siap ditanam.
  • Berbeda dengan bibit yang harus anda semai terlebih dahulu,sangat membutuhkan waktu dan proses yang lama.
  • Lantas dimana bisa mendapatkan bibit murbei?Untuk mendapatkan bibit stek batang anda bisa membelinya secara online atau ditempat penjualan bibit tanaman hias jika tersedia atau anda membuat sendiri.Berikut cara pembuatannya,

  1. Untuk batang yang akan distek harus berasal dari cabang indukan yang segar dan yang sudah berdiameter 2 cm serta panjangnya sekitar 20 cm.
  2. Pada bagian batang tersebut anda potong miring menggunakan pisau atau parang yang tajam.Pastikan kulit atau batang didaerah pemotongan tidak rusak,terkelupas atau bahkan pecah.
  3. Untuk mengurangi penguapan air,daun masih tersisa harus dibuang.
  4. Selanjutnya anda siapkan sejumlah polybag dengan ukuran lebar 15 cm dan panjangnya sekitar 25 cm dan pada bagian dasar atau bawah polybag anda beri beberapa lubang kecil untuk lubang pembuang air agar tidak menggenang saat penyiraman.
  5. kantong polybag anda isi dengan tanah yang sebelumnya dicampur dengan pupuk kandang namun tidak terlalu penuh.
  6. hasil stek tadi anda tanamkan kedalam polybag berisi tanah kemudian siram dan letakkan ditempat yang teduh dan sejuk.
  7. Bibit akan tumbuh dan siap untuk dipindah tanamkan setelah berusia 3 bulan.

2.Siapkan Sejumlah Pot dan Media tanam

Siapkan Sejumlah Pot dan Media tanam

Jika bibit tanaman murbei sudah siap untuk dipindah tanamkan,Selanjutnya anda siapkan lagi sejumlah Pot yang berukuran besar dan media tanamnya.

Untuk media tanamnya anda siapkan tanah yang subur,pupuk kandang,pupuk kompos,dan sekam bakar dengan perbandingan untuk semuanya ialah 2:0,5:1:0,5.Media tersebut anda campurkan hingga semua bahan tercampur sempurna.

Baca juga :Cara budidaya tanaman buah srikaya dalam pot agar cepat berbuah

3.Proses Penanaman Bibit murbei kedalam Pot.

Proses Penanaman Bibit murbei kedalam Pot.

  • Pada tahap ini anda tinggal menanamkan saja bibit kedalam pot yang sudah anda siapkan.Berikut proses penanaman bibit murbei kedalam pot.
  • Pertama Media tanam yang sudah tercampur dengan sempurna anda isikan kedalam pot jangan terlalu penuh.
  • buatkan lubang tanam tepat ditengah pot seukuran bibit yang akan ditanam.
  • selanjutnya lepaskan bibit dari polybag dengan hati-hati jangan sampai tanahnya pecah apalagi bagian akarnya rusak.
  • tanamkan bibit pada lubang tanam kemudian siram secukupnya.
  • setelah bibit dipindah tanamkan,tidak lupa anda juga harus membuatkan ajir untuk menopang dan tempat tanaman murbei bertumbuh dengan lebat.
  • ajir untuk tanaman murbei bisa anda buat dari bambu dengan melingkari pot.Untuk ketinggian ajir setidaknya 60 cm.

4.Perawatan tanaman murbei.

Perawatan tanaman murbei

Dalam budidaya tanaman murbei anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra dalam perawatannya.Karena tanaman murbei akan tumbuh subur dengan sendirinya dan tanaman ini juga tidak mudah terserang hama bahkan proses penyerbukannya pun akan terbantu oleh tiupan angin.Berikut beberapa kegiatan dalam perawatan tanaman murbei yang harus anda lakukan.

Pemangkasan.

  • Dalam hal pemangkasan,tanaman murei tidak terlalu sering dipangkas.Pemangkasan dilakukan hanya jika tanaman sudah terlalu rimbuh dan dahan-dahan yang sudah mati atau pertumbuhannya tidak normal.Untuk pemangkasan itu sendiri sebaiknya anda lakukan dipenghujung musim hujan.
  • Perlu diketahui bahwa anda tidak boleh melakukan pemangkasan jika tanaman mulai menghasilkan getah.hal ini akan anda kenali jika getah ada getah yang dikeluarkan oleh pohon murbei tersebut.

Pemberian pupuk tanaman murbei.

  • Pemberian pupuk tanaman murbei tidaklah begitu rumit dan murbei juga tidak begitu bergantung terhadap pupuk asalkan media tanamnya subur dan sehat.
  • Meskipun demikian,pemberian pupuk tetap harus anda lakukan agar tanaman murbei tidak kekurangan nutrisi.Pupuk yang anda berikan sebaiknya pupuk kompos saja dengan menebarkan pupuk secukupnya disekitar pangkal tanaman.
  • waktu yang terbaik untuk pemupukan tanaman murbei ialah dipenghujung musim hujan atau diawal musim panas.

Penyiraman tanaman murbei.

  • Meskipun tanaman murbei tahan terhadap kekeringan,akan tetapi anda harus tetap melakukan penyiraman.kegiatan ini anda lakukan dengan menyesuaikan saja dengan kondisi dan lakukan penyiraman jika tanahnya terlalu kering.

Pengontrolan tanaman mulberi.

  • Pengontrolan tanaman murbei penting untuk anda lakukan agar pertumbuhannya tetap terkendali.Apabila anda menjumpai ada tunas yang baru muncul dekat dengan pangkal pohon murbei,segera anda tarik agar penyebarannya bisa terkendali.

Baca juga :Panduan Sederhana Dalam Budidaya manggis Agar Subur dan Rajin Berbuah.

5.Cara Panen Buah Murbei.

Cara Panen Buah Murbei

  • Budidaya tanaman murbei akan membuahkan hasil atau siap untuk dipanen terbilang cukup lama.Apabila anda menanam murbei menggunakan bibit stek maka dalam 1 atau 2 tahun tanaman murbei sudah mulai berproduksi.
  • Akan tetapi jika bibit murbei yang anda tanam bukan dari stek,maka tanaman murbei akan mulai berproduksi dalam 5 tahun.
  • Sementara untuk cara panen buah murbei cukup mudah,anda hanya perlu memetiknya dengan tangan saja.Bahkan buahnya terkadang akan jatuh sendiri jika sudah terlalu matang.
  • Cara termudah untuk memanen buah murbei ialah dengan menggelar kain yang bersih dibawah pohonnya dan cukup menggoyangkan bagian dahannya sehingga buah murbei yang matang akan berjatuhan pada kain tersebut.selanjutnya ada tinggal menuangkan saja buahnya kedalam tempat buah.

Penyimpanan buah murbei.

  • Buah murbei apabila sudah dipanen tidak akan bisa bertahan lebih lama.untuk membuatnya bisa bertahan lama,anda harus menyimpannya didalam ruang pendingin namun harus dicuci bersih terlebih dahulu.
  • Akan tetapi bila anda langsung memanfaatkannya,anda bisa mengolah buah murbei ini menjadi selai murbei atau dikeringkan untuk cemilan.
  • Selain itu,buah murbei juga bisa dijadikan penghias olahan masakan atau dijadikan sebagai makanan penutup.

Demikian tadi sedikit ulasan singkat mengenai Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek Semoga bisa lebih bermanfaat dan Salam Sukses.


Post a Comment for "Cara budidaya murbei dalam pot agar cepat berbuah dengan teknik stek."