Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit.

Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit.

Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit

Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit-Berkebun merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengisi waktu luang,selain menyehatkan,ternyata berkebun juga dapat menghilangkan stres dan kejenuhan dengan rutinitas perkerjan sehari-hari.

Berkebun dirumah dengan memanfaatkan lahan yang sempit juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis kecil-kecilan.Dalam hal berkebun,tidak harus memiliki tempat yang luas.Bagi pemula,berkebun juga bisa dilakukan dipekarangan rumah saja.

Berkebun juga bukan hanya semata-semata tentang hal menanam sayur-sayuran,akan tetapi berkebun juga bisa dilakukan terhadap tanaman hias maupun tanaman yang lainnya.Untuk lebih jelasnya berikut ini Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit.

1.Pilihlah jenis tanaman yang anda sukai

Pilihlah jenis tanaman yang anda sukai

  • Mulailah menanam dengan tanaman favorit Anda. Anda dapat menanam buah favorit Anda, sayuran favorit seluruh keluarga atau tanaman bunga.
  • Anda juga bisa menanam tanaman yang pasti diinginkan keluarga Anda, seperti cabai atau tomat. Anda juga bisa memulainya dengan tanaman yang mudah tumbuh dan dirawat, seperti bayam dan kaktus.
  • Kami menyarankan tanaman atau sayuran favorit Anda yang sering Anda konsumsi dan Anda dapat dengan mudah memulainya.
  • Kemudian siapkan bibit untuk ditanam di rumah dengan memanfaatkan ruangan yang sempit.Bibit tersedia di grosir dan online.

2.Tentukan jenis media tanam yang digunakan

Tentukan jenis media tanam yang digunakan

  • Media tanam sangat penting dalam berkebun, media tanam memiliki banyak sekali jenisnya tergantung fungsinya. Ada yang menggunakan media tanam dari tanah.
  • Media ini mudah diakses oleh masyarakat tentunya yang tinggal di daerah padat penduduk. Hampir semua tanaman dapat tumbuh selama musim tanam ini. Ada juga sistem implantasi yang mengandung air atau biasa dikenal dengan hidroponik.
  • Metode ini direkomendasikan untuk orang yang menyukai tanaman organik dan tidak khawatir menemukan lahan yang luas. Dalam perawatannya, media hidroponik ini dinilai paling sulit, karena menggunakan sistem yang harus tepat dan akurat.

3.Sesuaikan posisinya dengan keadaan matahari

Sesuaikan posisinya dengan keadaan matahari

  • Fungsi sinar matahari sangat besar dalam pertumbuhan tanaman yang anda tanam. Banyaknya cahaya yang mengenai tanaman mempengaruhi warna daun, tinggi tanaman dan umur tanaman.
  • Oleh karena itu, penting untuk mengetahui letak sinar matahari yang masuk ke pekarangan rumah anda. Pastikan cahaya yang masuk cukup agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga :Cara Menanam Cabe Rawit Secara Vertikultur di Pekarangan Rumah

Baca juga :langkah menanam bawang daun dalam pot yang bagus supaya subur

4.Buatkan instalasi vertikultur

Buatkan instalasi vertikultur

  1. Di mana tidak ada ruang atau halaman, Anda dapat menggunakan tanaman tegak untuk berkebun. Tanaman vertikal memungkinkan tanaman tumbuh dari atas ke bawah.
  2. Pemasangan vertikal dapat dilakukan secara manual atau Anda dapat memanfaatkan dinding.
  3. Ada banyak pilihan untuk lahan terbatas, Anda bisa menggunakan instalasi hidroponik dengan sistem vertikal drip. Itu bisa di dinding

5.Perhatikan hama dan jangan menggunakan pupuk secara berlebihan.

Perhatikan hama dan jangan menggunakan pupuk secara berlebihan.

Ini adalah salah satu musuh tanaman yaitu hama. Anda harus rajin merawat tanaman agar terbebas dari hama dan gulma. Anda dapat menggunakan obat hama pada tanaman Anda untuk membasmi hama.

Anda juga perlu memperhatikan penggunaan pupuk pada tanaman,Berikan pupuk pada tanaman berukuran sedang dan sesuaikan dengan jenis tanaman. Jangan biarkan tanaman Anda mati karena Anda telah menggunakan terlalu banyak dan pupuk yang salah.

6.Atur dan tata posisi tanaman agar terlihan indah.

Atur dan tata posisi tanaman agar terlihan indah

Tidak semua orang memiliki ruangan yang luas untuk menyiapkan tanaman. Jika Anda memiliki ruangan kecil, cobalah untuk mengatur tanaman Anda secara vertikal dan menggantung beberapa tanaman. Fungsinya agar ruangan Anda tidak terlihat sempit dan berantakan,dengan demikian halaman pekarangan rumah anda akan terlihat indah dan cantik.

Baca juga :5 Hal Penting yang Harus Diketahui Pemula dalam Menanam Hidroponik 

Demikianlah sedikit informasi mengenai Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit,semoga bisa bermanfaat dan Salam sukses.

Post a Comment for "Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit."