Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengendalian hama dan penyakit tanaman semangka.

Pengendalian hama dan penyakit tanaman semangka.

Pengendalian hama dan penyakit tanaman semangka

Pengendalian hama dan penyakit tanaman semangka-Meskipun tanaman semangka tergolong tanaman yang mudah sekali untuk tumbuh,akan tetapi kita perku juga mempelajari dan mengetahui bagaimana cara pengendalian hama dan penyakit tanaman semangka ini.

Saat tanaman ini sudah mulai bertumbuh,maka permasalahan hama dan penyakitpun sudah mulai bermunculan.Itu sebabnya kita harus cepat mengatasinya agar tidak menular keseluruh tanaman hingga ketanaman yang lainnya.Berikut penjelasan mengenai jenis hama dan penyakit semangka dan cara pengendaliannya.

Jenis Hama semangka

Jenis Hama semangka

1.gangsir

Hama gangsir umumnya menyerang saat malam hari,hama ini akan memakan pada bagian pangkal batang dari tanaman semang hingga pangkal menjadi putus.

Pengendalian,

  1. Kita harus rutin melakukan sanitasi disekitar tanaman semangka.
  2. Jika Serangan hama sudah parah,kita semprotkan dengan deltamethrin sesuai dosis yang tertera pada kemasan.

2.spodoptera litura

Umumnya hama ini akan menyerang pada bagian daun sampai kebagian buah semangka,hama ini akan merusak daun dan buah dengan cara membuat lubang.

Pengendalian,

  1. Kita harus menggunakan sistem rotasi tanaman.
  2. Jika sudah parah,kita semprotkan dengan insektisida yang dilengkapi bahan aktif seperti sipermetrin,lamda sihalotrin,deltametrin,turingiensis,klorfluazoron,bacillus,betasiflutrin,dan profenofos.

3.Hama kutu kebul

Hama kutu kebul menyerang dan merusak tanaman semangka dengan cara menghisap cairan pada bagian daun,sehingga jaringan dan sel daun menjadi rusak.Yang menjadi ciri khusus hama ini ialah warnanya putih dan memiliki sayap serta diseluruh tubuh hama ini diselimuti serbuk seperti lilin yang berwarna putih.

Pengendalian,

  1. terapkan sistem rotasi tanam dan usahakan jarak tanam agar tidak terlalu rapat.
  2. Lakukan kegiatan sanitasi secara berkala.
  3. memasang perangkap kuning.
  4. semprotkan dengan insektisida yang berbahan aktif seperti tiametoksam,diafentiuron,abamektin,prothiofos,sipermetrin,karbosulfan,dan imidakloprid.

4.Hama Aphids.

Hama Aphids merupakan salah satu jenis hama yang ikut menyerang tanaman semangka,Hama ini menyerang dengan menghisap cairan daun yang menyebabkan daun menjadi keriting dan tergulung.

Selain itu hama ini juga meninggalkan getah seperti cairan madu yang jika dilihat dari kejauhan akan mengkilap.Hama aphids ini berwarna kuning dan jika sudah dewasa akan berwarna kehitaman.

Pengendalian,

  1. Untuk mengendalikan serangan hama ini,kita harus mencabut tanaman yang sudah terserang dan memusnahkannya dengan cara dibakar.
  2. Apabila serangan hama ini sudah parah,maka kita harus menyemprotkan tanaman dengan insektisida khusus untuk hama ini.

Baca juga :Langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah

5.Hama kutu daun.

Jenis hama kutu daun menyerang tanaman semangka dibagian daun dengan cara menghisap cairannya.Dan Pada bagian daun yang sudah terserang oleh hama ini akan memudar warnanya dan daun menjadi tergulung serta keriting.Dengan demikian tanaman semangka nantinya akan menjadi kerdil.

Pengendalian,

  1. Untuk mengendalikan hama seperti ini,kita harus secepatnya menyemprotkan tanaman dengan insektisida yang berbhaan aktif seperti tiametoksam,lamdasihalotrin,abamektin,klorfenafir,sipermetrin,asetamiprid,dan imidakloprid.

6.Hama thrips

Hama yang memiliki ukuran sangat kecil ini sangat aktif pada malam hari dan menetap untuk berkembang biak.hama ini berwarna kehitaman agak pucat dan dilengkapi dengan sungut yang beruas-ruas dibadannya.hama thrips juga menyerang pada bagian daun tanaman sampai ketunasnya dan menyebabkan buah tanaman semangka menjadi tidak normal.

Pengendalian,

  1. Untuk mengendalikan hama ini,kita harus senantiasa menjaga kebersihan lahan kita.
  2. lakukan penanaman dengan serentak dan lakukan pergiliran tanam dengan tanaman yang bukan dari jenis tanaman cucurbitaceae.
  3. Semprotkan dengan insektisida yang mengandung bahan aktif seperti karbosulfan,imidakloprid,dan firmrtanat hidroklorida.

7.Hama tungau merah

Hama ini juga berukuran kecil dan berwarna merah kekuningan,hama ini dapat menggit dan juga menyengat.Hama ini menyerang tanaman semangka dengan cara menghisap cairan tanaman dan menyebabkan munculnya jaring sarang binatang tepat dibagian bawah pada permukaan daun sehingga daun semangka menjadi pucat.

Pengendalian,

  1. Untuk mengendalikan hama ini,kita harus rutin melakukan kegiatan sanitasi lahan.
  2. pungut bagian tanaman yang sudah terlanjur diserang oleh hama ini.
  3. Semprotkan dengan menggunakan akarisida.

8.Hama henosepilachna spp

Jenis hama yang satu ini hidup pada permukaan daun dan memakan semua jaringan daun sehingga daun akan tampak berlubang.

Pengendalian,

  1. Untuk menggendalikan jenis hama ini,kita juga harus senantiasa rutin dalam melakukan kegiatan sanitasi lahan.
  2. pangkas atau potong bagian daun yang sudah terserang hama ini kemudian musnahkan dengan cara dibakar.
  3. Jika serangan hama ini sudah parah,segera semprot dengan insektisida yang terkandung bahan aktif seperti abamektin,organofosfat,bensultap,piretroid,bacillus,siromazin,dan coagulans.

Baca juga :langkah menanam bawang daun dalam pot yang bagus supaya subur

9.Hama ulat tanah.

Hama ulat tanah memiliki ukuran yang lumayan besar yakni sekitar 2 hingga 5 cm panjangnya dan warnanya bintik-bintik hitam.Hama ini juga menyerang pada bagian daun yang masih muda sampai ke tunas.Jika hama ulat tanah sudah dewasa,maka hama ini sanggup memakan bagian pangkal tanaman semangka.

Pengendalian,

  1. Untuk mengendalikan hama ini,kita harus melakukan penanaman secara serempak.
  2. Namun apabila ulat tanah sulit untuk dikendalikan,maka kita harus menyemprotkan dengan larutan insektisida khusus untuk hama ini dan harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Jenis Penyakit Semangka.

Jenis Penyakit Semangka

1.Penyakit Busuk Buah.

Penyakit ini disebabkan oleh phytophthora capsici leonian,dimana jamurnya menginfeksi pada bagian buah yang sudah hampir masak kemudian aktif saat buah telah dipetik.

Pengendalian,

  • Untuk mengendalikan penyakit ini,kita harus memetik buah pada siang hari dan menjaga buah dari benturan saat pengangkutan buah.
  • lakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida secara berkala.

2.Penyakit Busuk semai.

Jenis penyakit ini disebabkan oleh cendawan pythium ultimum trow.Umumnya penyakit seperti ini menyerang saat tanaman masih berupa benih dan membuat batang benih menjadi coklat sehingga benih menjadi rebah kemudian mati.

Pengendalian,

  • Untuk mengendalikan penyakit ini,kita harus merendam bibit terlebih dahulu kedalam larutan fungisida sebelum bibit kita semai.
  • lakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida secara berkala.

Baca juga :Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit

3.Penyakit layu fusarium.

Jenis penyakit ini disebabkan oleh fusarium oxysporum,gejala yang dihasilkan oleh penyakit ini ialah tanaman semangka akan menjadi layu seakan kekurangan air.Selang beberapa hari,tanaman semangka akan mati dan mengering yang ditandai bagian batang berkerut dan berwarna coklat.

Pengendalian,

  • Untuk mengendalikan jenis penyakit ini,kita harus memperhatikan disekitar lahan agar tidak terlalu lembab.
  • kita harus rutin melakukan sanitasi lahan dan melakukan penjarangan terhadap tanaman semangka.
  • lakukan penyemprotan dengan menggunakan fungisida secara berkala.

4.Penyakit bercak daun.

Jenis penyakit ini disebabkan oleh spora pseudoperenospora cubensis rostowzew,penyakit seperti ini menyebar karena terbawa oleh tiupan angin dari tanaman lain yang sudah terinfeksi.

Jika tanaman semangka sudah terinfeksi oleh penyakit ini,maka pada bagian daun akan bermunculan bercak kuning dan menjadi coklat sampai mengering dan pada akhirnya tanaman akan mati.

Pengendalian,

  • musnahkan tanaman yang sudah terinfeksi agar tidak menulari tanaman yang kainnya.
  • semprotkan dengan larutan fungisida secara berkala.

5.Penyakit antraknosa.

Jenis penyakit ini disebabkan oleh colletotrichum lagenarium,dan gejala yang dihasilkan penyakit ini ialah pada bagian daun semangka akan terlihat bercak coklat yang lambat laun berubah menjadi kemerahan dan pada akhirnya daun menjadi mati.

Dan apabila bagian buah semangkanya yang diserang,maka pada bagian buah akan terlihat bulatan warna merah jambu yang lambat laun akan menjadi luas.

Pengendalian,

  • Untuk mengendalikan penyakit ini,kita harus memusnahkan tanaman yang sudah terinfeksi.
  • memperbaiki saluran pembuangan.
  • Atau dengan cara kimia yaitu dengan memberikan campuran mankozeb 80% dan karbendazim 60%.

Baca juga :Langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya

6.Penyakit virus

Penyakit virus disebabkan oleh hama yang berkembang didaun tanaman yang membawa penyakit virus tersebut.Adapun gejala yang dihasilkan oleh penyakit virus ini ialah pada daun belang-belang dan melepuh yang kemudian bentuknya berubah sehingga tanaman semangka menjadi kerdil.

Pengendalian,

  • Untuk mengendalikan penyakit ini,kita harus memusnahkan tanaman yang sudah terinfeksi dengan cara dicabut kemudian dibakar.
  • melakukan kegiatan sanitasi lahan secara rutin.
  • mengendalikan faktor penyebab utama virus seperti aphids dan thrip.
  • semprotkan tanaman dengan menggunakan larutan insektisida khususnya untuk hama aphids dan thrips.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Pengendalian hama dan penyakit tanaman semangka semoga bisa bermanfaat dan Salam Sukses.

Post a Comment for "Pengendalian hama dan penyakit tanaman semangka."