Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah

Langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah

Langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah

Langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah-Menanam semangka dalam pot sebagai salah satunya langkah dalam menanam yang sedang terkenal sekarang ini,apa lagi bila kita tidak mempunyai tempat yang luas untuk ditanam.Selain itu,dengan memakai pot kita bisa juga secara mudah untuk lakukan pemantauan dan perawatannya,bahkan kita bisa juga secara mudah tempatkan tanaman dalam pot sesuai yang kita gemari seperti pada pelataran rumah,dibelakang rumah atau dimana saja yang menurut kita dapat ditanam.

Langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah hampir sama dengan kita menanamnya dilahan yang luas atau kebun,namun tempat untuk menanamnya yang berbeda.

Untuk memperjelasnya,berikut sedikit pembahasan berkenaan langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Persyaratan tumbuh tanaman semangka

Supaya tanaman semangka yang kita tanam tumbuh dengan subur,karena itu ada banyak hal yang perlu kita kenali salah satunya,

Tanaman semangka lebih menyenangi tipe tanah yang banyak mengandung unsur hara dengan pH pada tanah diantara 5-7.

Tanaman sanggup berkembang pada daratan rendah atau pada daratan tinggi asal ketinggiannya di bawah dari 1000 mtr. dari permukaan laut.Dengan persyaratan tumbuh tanaman semangka di atas,karena itu tanaman semangka yang kita tanam dalam pot akan tumbuh cepat berbuah dan subur.

Tentukan dan persiapkan bibit semangka.

Tentukan dan persiapkan bibit semangka.

Untuk memperoleh hasil tanam semangka yang bagus,karena itu kita harus pilih bibit semangka yang betul-betul berkualitas tinggi supaya hasil yang kita peroleh nanti berkualitas tinggi tentunya.Ada beberapa persyaratan bibit semangka yang berkualitas diantaranya,

  1. Bibit warna hitam berkilau dan kecoklat-coklatan.
  2. Bibit harus sehat dan terlepas dari beragam penyakit tanaman.
  3. penampilan bibit harus prima dan jangan cacat.

Untuk memperoleh bibit semangka seperti barusan,kita dapat membeli pada toko pertanian atau kita juga bisa membeli secara online.

Sesudah kita memperoleh bibit semangkanya,bibit itu kita semai terlebih dulu.

Penyemaian bibit semangka.

Penyemaian bibit semangka.

Bibit semangka yang telah kita persiapkan barusan,kita bersihkan terlebih dulu.kemudian kita rendam bibit barusan sepanjang satu hari penuh ke air hangat yang telah digabungkan dengan pupuk organik cair khusus untuk tanaman buah dengan jumlah yang telah disarankan,ini mempunyai tujuan untuk percepat proses perkecambahan dan calon akar dan bibit yang kita semai lebih tahan pada penyakit.

  • tahap selanjutnya kita semai bibit semangkanya dengan memakai polybag saja supaya tumbuhnya dapat seragam.
  • Polybag barusan kita isikan dengan kombinasi tanah dan pupuk kandang dengan tidak begitu penuh.
  • Apabila sudah,bibit kita berikan dalam polybag sedalam sekitaran 1cm saja dan timbun kembali dengan tanah kombinasi tadi.
  • tempatkan polybag di tempat yang teduh tetapi terkena cahaya matari pagi.

Seterusnya kita tinggal menanti bibit tumbuh sekalian menyiraminya dengan teratur,umumnya bibit akan siap dipindah apabila sudah berumur 10 hari.

Baca juga :langkah menanam bawang daun dalam pot yang bagus supaya subur

Persiapkan media tanamnya.

Persiapkan media tanamnya.

Jika bibit yang kita semai telah tumbuh dan akan siap untuk kita alihkan di dalam pot,kita persiapkan dahulu media tanamnya.

Supaya tanaman semangka yang kita tanam dalam pot dapat tumbuh dengan subur,tempat tanam yang kita pakai harus berkualitas.Berikut bahan yang perlu kita persiapkan,

  1. tanah humus yang gembur.
  2. pupuk kompos atau kandang.
  3. arang sekam.
  4. Pot yang memiliki ukuran sedang.
  5. Pupuk organik.

Dengan bahan di atas kita akan menjadikan tempat tanam untuk menanam semangka dalam pot.Berikut susunannya,

  • Tanah humus yang gembur kita campur dengan pupuk kandang atau kompos dan dipertambah arang sekam selanjutnya aduk sampai seluruh bahan bersatu dengan sempurna.
  • Seterusnya kombinasi barusan kita masukan di dalam pot dan siram dengan pupuk organik untuk menambahkan gizi dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman semangka nantinya.
  • sesudah usai disiram,pot yang telah kita isi barusan didiamkan sepanjang 7 hari sebelum kita tanami benih semangka.

Penanaman benih semangka dalam pot.

Penanaman benih semangka dalam pot.

Jika benih semangka yang kita semai dalam polybag siap untuk kita pindahkan kedalam pot dan media semainya juga sudah mencapai 7 hari,maka kita akan melakukan penanaman benih semangka kedalam pot.Hal yang harus kita perhatikan sebelum penanaman benih ialah benih semang harus sudah memeiliki setidaknya 3 helai daun dan waktu yang baik untuk penanaman ialah saat sore hari.Berikut langkah-langkah dalam memindahkan benih semangka kedalam pot,

  • Pertama kita keluarkan dulu benih semangkanya dari polybag dengan hati-hati jangan sampai merusak bagian akarnya.
  • buatkan lubang tanam seukuran benih beserta tanahnya tepat ditengah pot.
  • Benih semangka kita masukkan kedalam lubang tanam tadi dan pada bagian pinggirnya kita tutup lagi dengan tanah kemudian kita siram dengan air yang bersih sampai lembab saja.
  • Jika sudah kita lakukan penanaman benih semangkanya,pot tersebut kita letakkan ditempat yang kita siapkan.Selanjutnya tinggal kita lakukan perawatannya saja.

Baca juga :Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit

Perawatan tanaman semangka dalam pot.

Perawatan tanaman semangka dalam pot.

Untuk mendapatkan hasil tanam semangka dalam pot yang lebih optimal,Penting untuk kita melakukan perawatannya.Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk merawat tanaman semangka dalam pot  seperti dibawah ini,

Penyiangan

Selama tanaman semangka masih dalam pertumbuhan,kita wajib melakukan penyiangan.jika ada rumput liar yang tumbuh didalam pot,sebaiknya kita cabut saja sampai ke akarnya.Kegiatan ini harus rutin kita lakukan karena tanaman semangka termasuk jenis tanaman yang mudah sekali diserang hama serta penyakit.

Penyulaman.

Perawatan berikutnya ialah penyulaman,kegiatan ini juga penting untuk kita lakukan.benih semangka yang gagal tumbuh atau mati harus segerah kita sulam atau ganti dengan bibit yang baru.hal ini juga bertujuan agar tanaman semangka bertumbuh dengan serempak.

jika tanaman semangkanya sudah mulai merambat,maka kita harus membuatkan ajir agar tanaman semangkanya tidak merambat kemana-mana.

Penyiraman.

Untuk tahap awal,tanaman semangka wajib kita siram secara rutin saat pagi dan sore hari.Dan apabila tanaman sudah lewat 7 hari maka penyiraman dapat kita kurangi durasinya.

Pemberian Pupuk Susulan tanaman Semangka.

Ada dua tahap dalam pemberian pupuk terhadap tanaman semangka,yakni pemberian pupuk dasar dan pemberian pupuk susulan.Untuk pemberian pupuk dasar kita berikan pada saat kita mengolah media tanamnya,kemudian untuk pupuk susulan kita berikan selama tanaman semangka dalam masa pertumbuhan.

Sementara untuk pemberian pupuk susulan sendiri juga terbagi dalam tiga tahap yakni,

  1. masa vegetatif atau masa pertumbuhan awal pemupukan pertama dan kedua.
  2. masa generatif atau masa pembungaan dan pembentukan buah.
  3. masa pematangan buah.

Pemberian pupuk pada masa vegetatif kita berikan 1 minggu setelah benih kita tanam,kemudian setelah umur 2 minggu kita berikan lagi pupuk yang ke dua.Hal ini wajib kita lakukan agar pertumbuhan tanaman semangka saat masa vegetatif bisa lebih maksimal.

Selanjutnya pada masa generatif kita berikan pupuk yang ke tiga,kegiatan ini kita lakulan 2 minggu setelah pemberian pupuk yang ke dua,pemupukan ini adalah masa pembungaan dan pembentukan buah.

Sementara untuk pemberian pupuk susulan yang terakhir kita berikan saat buah semangkanya sudah seukuran telur.

Perlu diingat saat kita melakukan pemberian pupuk terhadap tanaman semangka,sebaiknya kita memberikannya sesuai dengan dosis yang dianjurkan jangan sampai berlebihan agar tidak berdampak buruk terhadap tanaman semangka yang kita tanam.

Berikut ini adalah penjelasan pemberian pupuk pada masa generatif atau yang ke tiga.

Pada masa generatif,akan tanaman semangka akan menunjukkan bunga yang mulai bermunculan.

Untuk jenis pupuk yang kita gunakan adalah,

  • 2 gram pupuk NPK untuk 1 liter air.
  • 2 sampai 5 gram pupuk KNO3 merah untuk 1 liter air,pupuk ini dapat mempercepat dalam proses pembungaan dan pembentukan buah serta meningkatkan kualitas dan produksi buah semangka.
  • 2 sampai 5 gram pupuk KNO3 putih untuk 1 liter air,pupuk ini tinggi akan kandungan kalium yang bisa mencegah bunga dan buah rontok.
  • 2 gram pupuk kalsium untuk 1 liter air,pupuk ini berperan sebagai antibody terhadap tanaman semangka agar tahan dari serangan hama maupun penyakit.

Semua jenis pupuk diatas harus kita dicampurkan dengan air karena proses pemupukannya dengan cara dikocor.Campuran pupuk diatas kita kocorkan sebanyak 300 ml untuk tiap potnya,dan kita kocorkan diareal pangkal tanaman semangka dengan jarak sekitar 10cm daril pangkal tanamannya.

Sementara untuk mencegah dan mengendalikan hama maupun penyakit,kita harus rutin melakukan kegiatan sanitasi terhadap tanaman semangka.Namun apabila hama dan penyakit sudah parah,maka sebaiknya kita lakukan penyemprotan dengan insektisida maupun fungisida tergantung jenis hama dan penyakit yang menyerangnya.

Baca juga :Langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya

Masa panen buah semangka.

Masa panen buah semangka.

Jika Cara menanam semangka di pot agar cepat berbuah sudah kita lakukan tahap demi tahap,niscaya tanaman semangka akan menghasilkan buah yang baik.

  • buah semangka akan siap dipanen jika sudah berumur 8 sampai 12 minggu sejak dilakukan penanaman. 
  • Ciri-ciri jika buah semangka sudah siap dipanen ialah ukuran buah semangkanya sudah besar dan terlihat mengkilat serta pada bagian tangkai buahnya sudah menguning.
  • waktu yang tepat untuk memanen buah semangka ialah saat masih pagi saat buah masih dalam keadaan segar.
  • Untuk cara memanen buah semangka cukup mudah,kita hanya perlu memotong pada bagian tangkai buahnya menggunakan pisau yang tajam dan usahakan tangkai buahnya harus disisakan sekitar 5 cm dari pangkal buah semangkanya.
  • Selanjutnya buah semangka yang sudah dipanen tadi kita letakkan di tempat yang sejuk dan usahakan untuk tidak menumpuk buah.

Demikianlah tadi ulasan singkat mengenai langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah,semoga bisa bermanfaat dan Salam Sukses.



Post a Comment for "Langkah menanam semangka di pot supaya cepat berbuah"