Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya.

Langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya.

Langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya

Langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya-Salah satunya tipe bunga hias yang banyak memiliki faedah khususnya untuk kesehatan adalah bunga Tapak dara.Bunga hias yang dari madagaskar ini mempunyai bunga yang cantik dan telah menebar luas ke Negara yang lain yang mempunyai cuaca tropis.

Bunga yang mempunyai nama latin catharanthus roseus ini memiliki kandungan alkaloid yang berperan sebagai antikangker yang berada di bagian biji bunga,daun,tangkai,hingga sampai kebagian akarnya.

Tanaman bunga tapak dara dapat ditanamkan langsung ketanah atau ditanamkan dalam pot,Tanaman hias yang ini akan tumbuh secara cepat asal pahami langkah menanam bunga tapak dara yang betul.Ada berbagai tipe warna yang menempel pada bunga tapak dara yang kelihatan cantik dan elok khususnya saat bunga tapak dara sedang mekar.

Berikut ini ialah beberapa langkah yang gampang berkenaan langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya.

1.Siapkan dahulu alat dan bahan beserta bibit bunga apak dara.

Untuk menanam bunga tapak dara dengan hasil lebih bagus,ada banyak alat dan bahan dan bibit yang perlu disiapkan lebih dulu salah satunya,

  1. Pot.
  2. Tanah.
  3. Bibit bunga tapak dara.
  4. Pupuk kandang.
  5. Pupuk kompos.

Khusus untuk bibit bunga tapak dara Anda dapat mendapatnya dengan membeli pada tempat pemasaran bibit tanaman hias atau juga bisa dengan membeli secara online.

Namun bila Anda ingin membuat bibitnya sendiri seharusnya bikinlah bibit dengan stek daun atau langkah stek batang.Dan yang paling penting adalah induk tanaman harus sehat dan terbebas dari penyakit dan konsisi batangnya harus lempeng.

Bila bibit telah anda peroleh,cara seterusnya bibit barusan disemai lebih dulu dengan memakai kombinasi tempat tanam seperti tanah,pupuk pupuk kompos dan kandang.Bibit akan siap dipindah di dalam pot bila tingginya telah capai sekitaran 10cm.

Baca juga :Tips paling sederhana berkebun dirumah untuk pemula dengan lahan yang sempit

Baca juga :Cara menanam Lada Perdu di pot yang baik

2.Tahap penanaman bibit bunga tapak dara.

Tahap penanaman bibit bunga tapak dara.

  • Bila bibit di tempat semai telah setinggi 10cm,Tingkatan seterusnya penanaman bibitnya di dalam pot.Sebelumnya pot anda isikan dengan kombinasi media tanam seperti tanah,pupuk kompos dan pupuk kandang dengan susunannya 2:1:1.
  • berikan bibit di dalam pot selanjutnya siram seperlunya saja.
  • Tempatkan pot di tempat yang memperoleh cukup cahaya matahari dan jauhi tanaman bunga tapak dara anda dari hujan bila curahan hujannya sedang tinggi.

3.Perawatan tanaman bunga tapak dara dalam pot.

Perawatan tanaman bunga tapak dara dalam pot.

Sesudah dilaksanakan proses penanaman bibit bunga tapak dara di dalam pot,Tanaman itu memerlukan perawatann supaya bunga itu dapat tumbuh lebih maksimal.Ada banyak hal yang perlu anda kenali dan melakukan untuk menjaga tanaman bunga tapak dara sebagai berikut ini,

  • Kerjakan penyiraman tiap hari dengan teratur supaya bunga pada kondisi masih tetap subur karena tanaman bunga ini benar-benar memerlukan konsumsi air yang cukup,yakinkan air tidak menggenang dalam pot supaya akar tanaman tidak alami pembusukan.
  • Jika tanaman bunga tapak dara ini masih baru ditanamkan,seharusnya pot anda tempatkan di tempat yang teduh supaya tempat tanam dalam pot tidak begitu panas,bila tanaman telah berumur satu minggu ataupun lebih tanaman siap untuk dipindah di tempat yang terserang cahaya matahari.
  • Kerjakan pemotongan supaya tunas baru dapat banyak muncul dan membuat tanaman bunga baru yang rimbun,Tetapi bila anda tidak menyenangi bunga tapak dara yang rimpun karena itu seharusnya pemotongan tak perlu anda kerjakan.
  • Kerjakan pemupukan minimal 1x dalam satu bulan dengan pupuk organik supaya keperluan tanaman akan gizi yang tidak ada dalam tanah dapat terpenuhi,pakailah pupuk yang kandungan elemen haranya komplet.
  • Pakailah tipe pupuk yang kandungan nitrogennya tinggi untuk tahapan awalnya dari perkembangan tanaman bunga dan pupuk daun untuk disemprot saat pagi hari.
  • Sesudah tanaman telah keluarkan kuncup bunga,karena itu tipe pupuk yang anda pakai ialah pupuk yang kandungan fosfornya tinggi untuk menggairahkan perkembangan bunga.
  • Kerjakan penyemprotan insektisida cuman bila tanaman bunga tapak dara diserang oleh hama atau penyakit.

Langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya memang tidak begitu susah,apa lagi bila anda ikuti tutorial di atas karena itu tanaman bunga tapak dara yang anda tanam akan hasilkan bunga yang lebih baik.

Post a Comment for "Langkah menanam bunga tapak dara dalam pot dan perawatannya."