Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam Lada Perdu di pot yang baik

Cara menanam Lada Perdu di pot yang baik

Cara menanam Lada Perdu di pot yang baik

Cara menanam Lada Perdu di pot yang baik-Lada perdu ialah tipe tanaman lada yang tidak menjalar dan tidak  memerlukan tangkai panjat. Mengapa begitu? lada perdu  tanpa diperlengkapi atau memiliki sulur panjat sebagai tanaman menjalar secara umum,hingga tanaman seperti ini tidak dapat tumbuh dengan memanjat pada tiang panjat.
Tanaman lada perdu biasanya tumbuh selayaknya semak. Lada perdu bisa menjadi alternative aktivitas pertanian lada, tentunya dengan ongkos produksi yang relatif rendah, produksi awalnya, secara ekonomi  sangat menjanjikan. Untuk  sahabat yang ingin cari nafkah di dalam rumah, menanam lada perdu di halaman belakang rumah sahabat kemungkinan menjadi opsi. 
Lada tipe ini benar-benar pas ditanamkan di pelataran yang sangat terbatas dan sempit. Lada perdu dapat juga ditanamkan di pelataran dengan memakai pot, dan polybag  ataupun ditanamkan langsung pada tanah.

Manfaat Lada Perdu

Lada memiliki manfaat untuk kehidupan. Lada perdu sering dipakai sebagai pelengkap penyedap terhadap makanan  dan bumbu. Kehadiran lada untuk keperluan rumah tangga bisa dilaksanakan di pelataran rumah atau mungkin dengan menanam tanaman lada perdu berbentuk Pot.lada perdu disekitaran tanaman hias sebagai tanaman hias yang memikat buat menghias halaman belakang rumah Anda.

Kehadiran lada perdu bisa dijadikan tanaman alternative untuk penggemar tanaman hias. Dan bukan mustahil hoby anda yang terkait dengan bercocok tanam dapat datangkan rupiah yang tentu saja akan menambahkan pendapatan dan dapat memperoleh keuntungan dengan jual lada perdu dan membangun pembibitan lada perdu untuk dijual.

Syarat tumbuh buah lada perdu

  • Tanaman buah lada perdu lebih menyukai tanah yang subur dengan tingkat keasaman tanah atau pH berkisar antara 5-7.
  • Lokasi yang baik untuk menanam lada perdu berada pada ketinggian diantara 300 sampai 1500 mdpl.
  • Curah hujan yang baik untuk menanam lada perdu berkisar 2500 sampai 3000 mm pertahunnya.
  • Suhu udara yang baik untuk tanaman lada perdu ialah 20 sampai 34 C° dan harus mendapatkan asupan sinar matahari setidaknya 10 jam tiap harinya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa sahabat terapkan sendiri dirumah mengenai bagaimana cara menanam lada perdu dipot yang baik.

Baca juga :Cara menanam bunga anyelir dari biji dalam pot

Baca juga :Cara menanam dan merawat bunga dahlia

Siapkan Bibit Lada Perdunya.

Siapkan Bibit Lada Perdunya.

Bibit lada perdu terdiri dari dua jenis yaitu bibit lada perdu yang dihasilkan dari biji atau perbanyakan dengan cara generatif dan yang satunya ialah bibit lada perdu dari stek atau perbanyakan dengan cara vegetatif.

  • Bibit yang dihasilkan dengan cara generatif atau bibit lada perdu dari biji akan memakan waktu yang lama dan proses yang panjang untuk bisa menghasilkan buah lada perdu yang diharapkan.
  • Berbeda dengan bibit lada perdu yang diperbanyak dengan cara vegetatif atau stek,bibit jenis ini akan memakan waktu yang cukup singkat untuk bisa menghasilkan buah.

Jadi,sebaiknya sahabat menggunakan bibit yang stek saja untuk memulai menanam lada perdu di pot dengan benar.Sementara untuk mendapatkan bibitnya sahabat bisa membelinya pada tempat penjualan bibit tanaman atau dengan membelinya secara online.

Siapkan sejumlah Pot.

Siapkan sejumlah Pot.

Setelah sahabat mempersiapkan bibit lada perdunya,ahapan selanjutnya siapkan juga sejumlah pot yang akan sahabat tanami lada perdunya.Berikut beberapa hal penting yang harus sahabat perhatikan untuk memilih dan menyiapkan sejumlah pot.

  • Pot harus dilengkapi dengan lubang kecil dibagian bawah pot yang berfungsi sebagai saluran pembuangan air agar tidak menggenang.
  • Pot haruslah dilengkapi dengan alas atau kaki yang berfungsi untuk memisahkan antara tanah dengan dasar pot sekaligus sebagai drainase agar saluran air menjadi lancar dan juga agar akar tanaman lada perdu tidak sampai menembus  sampai ke tanah.
  • Jika ternyata pot yang sahabat persiapkan tidak memiliki alas atau kaki,maka sahabat wajib memberikan alas berupa ganjalan seperti batu.

Siapkan Media Tanam.

Siapkan Media Tanam.

Setelah Bibit dan pot sahabat siapkan,tahapan berikutnya ialah sahabat siapkan juga media tanam.Dalam hal menanam lada perdu,media tanam yang diperlukan harus memenuhi syarat yang diperlukan.Berikut syarat media tanam yang harus terpenuhi,

  1. Yang pertama media tanam harus bisa menyediakan nutrisi terhadap tanaman lada perdu dan mampu menyimpan air.
  2. Komposisi dari media tanam harus terdiri dari tanah yang subur dan gembur,arang sekam,dan pupuk kandang dengan perbandingan yang digunakan yaitu 1:1:1,semua bahan tersebut dicampurkan sampai merata.
  3. Media tanam harus dibiarkan dan diletakkan diluar selama 14 hari agar terkena hujan dan matahari supaya media tanam terbebas dari hama maupun patogen sehingga media tanam benar-benar siap untuk ditanami bibit lada perdu.

Cara Penanaman Bibit Lada Perdu.

Jika semua bahan sudah sahabat peraiapkan semua,Tahap selanjutnya ialah cara penanaman bibit lada perdunya.Berikut bagaimana cara penanamannya,

  1. Pertama sahabat buatkan dulu lubang tanamnya tepat ditengah pot,untuk ukurannya sahabat sesuaikan saja dengan besarnya polybag pada bibit lada perdunya.
  2. Selanjutnya sahabat masukkan bibit kedalam lubang tanam,untuk melepas polybag bibitnya sahabat harus berhati-hati jangan sampai akarnya rusak dan tanah jangan sampai pecah atau terhambur.
  3. Posisikan bibit tepat ditengah dan timbun kembali bagian pangkal bibit kemudian padatkan dan siram agar media tanam tetap lembab.
  4. Bibit Harus sahabat tempatkan dulu ditempat yang teduh dan terhindar dari paparan matahari untuk bibit beradaptasi,jika sudah terbiasa barulah sahabat tempatkan diluar.

Baca juga :Cara budidaya jamur tiram yang baik dan benar

Baca juga :Cara Menanam Buah Strawberry Sendiri di Rumah

Perawatan Tanaman Lada Perdu.

Setelah sahabat melakukan proses penanaman bibit lada perdu,langkah berikutnya sahabat perlu melakukan perawatan tanaman lada perdunya.Ada beberapa hal yang wajib sahabat lakukan dalam perawatan tanaman lada perdu agar nantinya bisa menghasilkan buah lada perdu yang lebih baik.Berikut kegiatan yang wajib dilakukan,

Penyiraman,

  • Tanaman lada Perdu harus disiram secara rutin jangan sampai media tanamnya kering,akan tetapi penyiraman harus sahabat sesuaikan juga dengan kondisinya yang terpenting air jangan sampai menggenang didalam pot.

Penyiangan.

  • Meskipun penanaman lada perdu dilakukan dalam pot,tidak menutup kemungkinan rumput liar akan tumbuh jika tidak diperhatikan,segera lakukan pencabutan jika rumput liar mulai terlihat agar rumputnya mati sampai keakarnya.

Pemangkasan dan pemasangan penyangga.

  • Untuk pemangkasan dilakukan jika tanaman lada perdu sudah terlalu rimbun sedangkan pemasangan penyangga diberikan agar cabang lada perdu tidak sampai menyentuh tanah,penyangga bisa terbuat dari bambu ataupun dari kayu.

Pemberian pupuk.

Agar pertumbuhan tanaman lada perdu bisa lebih optimal dan kebutuhan akan unsur hara bisa tercukupi maka perlu juga diberikan pupuk.Sementa untuk pupuk yang diberikan ialah jenis pupuk NPK dan pupuk kandang.Dibawah ini waktu dan juga frekuensi dalam pemupukan tanaman lada perdu,

  • Setiap tahunnya,tanaman lada perdu diberikan pupuk kandang sebanyak 5kg untuk setiap tanamannya.
  • untuk setiap tanaman diberikan pupuk NPK dengan dosis 50gram di Tahun pertama usia lada perdu.
  • Kemudian setiap tanaman lada perdunya diberikan 100gram pupuk NPK ditahun yang kedua.
  • Selanjutnya setiap tanaman lada perdu diberikan 200gram pupuk NPK ditahun yang ketiga.
  • Sementara untuk frekuensinya ialah empat kali dalam satu tahunnya.

Pengaturan hama penyakit tanaman lada perdu.

Pemicu khusus lada perdu benar-benar rawan pada penyakit khususnya penyakit jamur P, capsici karena percabangan lada perdu yang demikian rapat hingga udara disekitaran tanaman jadi terlampau lembab.

Sahabat dapat memakai agen hayati atau biopestisida untuk mengontrol gempuran hama penyakit pada lada perdu.

Ada beberapa penyakit detil yang kerap serang lada perdu, seperti penyakit keriting, penyakit busuk akar, penyakit kuning, dan beberapa hama yang lain menyerang bunga atau buah lada perdu.

Hama dan penyakit tertentu bisa dikontrol dengan budidaya tehnis atau pemakaian agens hayati atau pestisida.

Bahan biologis yang khusus dipakai untuk lada perdu ialah:

  1. Pasteuria penetrans bakteri dipakai untuk mengatur penyakit kuning.
  2. Jamur Trichodermaharzianum, dipakai untuk mengontrol penyakit busuk batang.
  3. Beuveria bassiana dipakai untuk mengontrol hama seperti walang sangit.

Dan tipe pestisida nabati yang dipakai untuk mengontrol hama pada lada perdu ialah tepung cengkeh atau konsentrat akar tuba, konsentrat biji bengkuang.

Baca juga :5 Hal Penting yang Harus Diketahui Pemula dalam Menanam Hidroponik

Baca juga :jenis anggur import unggulan yang cocok dibudidayakan di Indonesia

Panen buah lada perdu.

Panen buah lada perdu

Saat tanaman lada perdu sudah mencapai usia satu tahun,maka buah lada perdunya juga sudah bisa dilakukan proses pemanenan.Akan tetapi untuk mendapatkan hasil produksi buah lada perdu yang maksimal,maka bunga beserta buah yang terbentuk ditahun pertama harus dibuang dulu.

Dengan demikian Pertumbuhan serta perkembangan tanaman lada perdu akan menjadi jauh lebih baik.Sehingga ditahun berikutnya hasil buah lada perdu akan menjadi semakin meningkat.

Demikianlah sedikit ulasan singkat mengenai Cara menanam lada perdu di pot yang baik semoga bisa bermanfaat dan salam sukses.


Post a Comment for "Cara menanam Lada Perdu di pot yang baik"