Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menanam bunga anyelir dari biji dalam pot

Cara menanam bunga Anyelir dari biji dalam pot

Cara menanam bunga Anyelir dari biji dalam pot

Cara menanam bunga anyelir dari biji dalam pot-Bunga anyelir atau biasa disebut juga sebagai bunga carnation merupakan tipe bunga yang terbilang populer di barisan pecinta tanaman hias.Anyelir terutamanya dibudidayakan sebagai tipe bunga potong atau tanaman yang dijadikan untuk mempercantik lingkungan. 

Sebagai tipe bunga potong, tanaman bunga anyelir ini lebih mahal harganya jika dibandingkan dari tipe bunga potong yang lainnya, karena tanamannya yang memang sulit untuk tumbuh jika ditanam, hingga tidak aneh bila budidaya bunga anyelir bisa makin menjanjikan apabila dikembangbiakkan lebih serius.

Bunga anyelir ini bisa dibudidayakan dan tumbuh di Indonesia namun hanya di dataran yang tinggi, contohnya pada daerah Cibodas. Ingat tanaman ini tiba dari daerah subtropis, oleh karena itu perubahannya tidak maksimal bila dimasukkan di dataran rendah yang memiliki suhu udaranya condong hangat.

Lokasi yang baik untuk membudidayakan bunga anyelir  ialah di daerah dengan ketinggian 1000 sampai 1200 mtr di atas permukaan laut.sementara Suhu udara yang baik untuk tanaman ini sekitaran antara 25 hingga 30 C°. Dan tanah di lokasi budidaya harus memiliki pH yang normal, yaitu dengan pH 6 sampai 7.

Beberapa ciri-ciri bunga anyelir

Bunga anyelir memiliki watak atau karakter seperti mawar di bagian kelopaknya. Tapi patahan daun anyelir berbeda dengan patahan bunga mawar, anyelir sendiri memiliki patahan pada bagian kelopak yang paling lebar sampai menyentuh batang bunga jika dilihat. Pada daun bunga anyelir asli memiliki bermacam tipe pola kombinasi, seperti kombinasi putih pink disekitar mahkota dan masih banyak lagi tipe anyelir cantik yang lainnya.

Dari banyaknya bunga pada suatu batang, ada dua tipe bunga anyelir. Bunga anyelir yang hanya memiliki satu batang disebut atau dinamakan bunga teluki. Sementara jika satu batang memiliki lebih dari 1 bunga, itu disebut dengan nama bunga anyelir spray.

Baca juga :Cara menanam dan merawat bunga dahlia

Baca juga :Cara Menanam Bunga Mawar diPekarangan Rumah

Siapkan Biji Bunga Anyelir.

Siapkan Biji Bunga Anyelir.

Biji merupakan sebagai sisi tumbuhan yang  dapat menumbuhkan  dan menciptakan tanaman yang baru. Biji bunga yang dipakai untuk memperbanyak tanaman dinamakan sebagai benih.Demikian juga  terhadap biji bunga anyelir yang hendak ditanamkan harus berkualitas yang baik supaya memperoleh tanamam anyelir yang baik. Berikut langkah membuat bibit bunga anyelir yang baik.

  1. Pakailah biji bunga anyelir yang terpilih dan telah di keringkan.
  2. Tentukan biji bunga yang berukuran besar,padat serta berbentuk gepeng.
  3. Selanjutnya bersihkan terlebih dahulu biji sampai bersih dan kemudian rendam dalam air sepanjang malam.
  4. Pakailah biji yang tidak terapung saja sementara yang terapungnya dibuang.

Tahap Penyemaian Biji Bunga Anyelir.

Tahap Penyemaian Biji Bunga Anyelir.

Sesudah didapatkan biji untuk dijadikan sebagai benih, kerjakan penyemaian benih. Anda dapat menaburnya langsung di pot atau mungkin dengan memakai nampan yang telah diisi dengan media tanam. Berikut beberapa langkah dalam menabur biji bunga anyelir.

  • Persiapkan terlebih dahulu media tanam berbentuk kombinasi tanah dan pupuk kandang dalam perbandingan 1:1.
  • Kemudian Masukan bahan media tanam ke dalam pot selanjutnya pencet atau tekan perlahan-lahan supaya menjadi lebih padat.
  • Selanjutnya sebarkan benih bunga anyelir di atas permukaan media semai danTutup kembali dengan tanah yang gembur.
  • Siram dengan air untuk menjaga kelembapan dan Merangsang perkecambahan biji.
  • Letakkan tempat semai ditempat teduh di daerah yang tidak  terkena oleh cahaya matahari secara langsung.
  • Sesudah 3-4 hari,maka kecambah dari benih akan mulai terkihat dan berikan semprotan insektisida supaya terbebas dari serangan jangkrik yang bisa merusak atau menghancurkannya.

Baca juga :Mengenal media tanam dan Cara menanam anggrek untuk pemula agar cepat berbunga

Baca juga :Cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga

Tahap Pemindahan bibit Anyelir kedalam Pot

Tahap Pemindahan bibit Anyelir kedalam Pot

Pada tahap ini,bibit bunga yang sudah memiliki 3-4 inang penuh atau mekar dengan sepenuhnya harus segera dipindahkan kedalam pot atau media selanjutnya. Berikut ini cara menanam benih.

  • Gunakanlah campuranlah pupuk kompos  dengan pupuk kandang apabila anda menggunakan pot sebagai tempat semainya.
  • Gunakanlah pot dengan ukuran yang sedang.
  • Isi lantai pot terlebih dahulu dengan menggunakan batu bata yang pecah untuk menjaga sirkulasi udara.
  • selanjutnya tambahkan tanah dan campurankan dengan pupuk kandang.
  • Pindahkan tanaman dari pembibitan ke pot dan Berikan penyiraman secara teratur kemudian letakkan tanaman  di tempat yang terhindar dari sinar matahari.
  • Hanya ketika tanaman bunga anyelir sudah mencapai 10-13 cm,Anda dapat memindahkannya ke luar dan Jika Anda akan menanamnya di halaman, maka sebaiknya gunakan jarak tanam sekitar  25-30 cm untuk setiap tanamannya.

Tahap Perawatan Tanaman Bunga Anyelir.

Tahap Perawatan Tanaman Bunga Anyelir.

Jika tanaman bunga anyelir sudah dapat menghasilkan bunga,sebaiknay Anda tidak boleh melewatkan perawatannya dengan rutin. Berikut perawatan untuk memeihara tanaman bunga anyelir yang perlu Anda lakukan untuk menjaga pertumbuhan bunga anyelir secara optimal.

  • Tempatkan tanaman  pada tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari , karena bunga ini sangat sensitif terhadap suhu yang tinggi.
  • Jika sangat panas, lebih baik meletakkannya di rumah atau di halaman yang teduh.
  • Siramlah secara rutin sehari sekali, jadi bisa dilakukan di pagi hari
  • Jangan membiarkan air saat penyiraman menggenang karena dapat menyebabkan busuk akar dan serangan jamur.
  • Tambahkan juga pupuk ekstra untuk membuat bunga anyelir terlihat semakin menarik.

Tahap Pemetikkan Bunga Anyelir.

Tahap Pemetikkan Bunga Anyelir.

Bunga Anyelir memiliki siklus hidup 18 hingga 20 bulan kedepannya dan dapat mekar sepanjang musim Asal masih melakukan Perawatan yang rutin.

Bunga anyelir dipetik beserta tangkainya dan Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam vas yang berisi air dan menggantungnya dengan beberapa jenis bunga yang lainnya.

Tips cara menanam bunga anyelir supaya indah.

  • Berikut beberapa tips untuk membantu Anda menanam Bunga Anyelir, antara lain:
  • Lindungilah tanaman Anda dari sinar matahari.
  • Jika memungkinkan, tanamlah di daerah dataran yang tinggi, karena tanaman jenis ini sangat cocok tumbuh di iklim di pegunungan.
  • Lakukan perawatan intensif dengan menyiramnya dengan rutin di pagi hari
  • Berikan pupuk tambahan agar pertumbuhannya lebih optimal dan hasil bunganya menjadi lebih menarik.

cara menanam bunga anyelir dari biji dalam pot agar bisa mekar dengan indah akan menjadi awal yang baik jika dimulai dengan membudidayakannya di pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah.

Baca juga :Cara budidaya jamur tiram yang baik dan benar

Baca juga :Cara Menanam Buah Strawberry Sendiri di Rumah

Demikianlah ulasan yang singkat mengenai Cara menanam bunga anyelir dari biji dalam pot semoga bisa bermanfaat dan salam sukses.


Post a Comment for "cara menanam bunga anyelir dari biji dalam pot"