Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Bunga Mawar diPekarangan Rumah

Cara Menanam Bunga Mawar di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Bunga Mawar diPekarangan Rumah

Cara Menanam Bunga Mawar diPekarangan Rumah-Bunga mawar memang sudah menjadi hal yang umum jika ditanam dipekarangan rumah,apalagi bagi yang gemar sekali mengeloksi tanaman hias.Tanaman ini memang memiliki bunga yang indah dan sangat menggoda terutama bagi pencinta tanaman hias untuk dijadikan sebagai salah satu koleksi tanaman bunga di rumah. Apalagi, bunga mawar masih tergolong dalam tanaman yang mudah untuk dirawat.

Selain itu, mawar juga sudah dikenal luas diberbagai daerah dan memiliki banyak sekali varietas yang bisa Anda pilih tentunya sesuai dengan selera Anda masing-masing. Tanaman ini tidak terlalu repot untuk ditanam, karena mawar dapat tumbuh dengan baik meskipun ditanamnya didalam pot dan ditempatkan pada ruangan yang kecil sekalipun.

yang penting perlu anda ketahui bahwasanya tanaman ini sangat membutuhkan tempat yang menerima sinar matahari secara langsung,karena tanaman Mawar mendapatkan pertumbuhan yang terbaik di bawah sinar matahari penuh. Namun jika Anda tidak mempunyai tempat yang menerima sinar matahari secara penuh,Matahari pagi juga bisa menjadi pilihan yang terbaik kedua. 

Selain itu,Anda jangan menanam bunga mawar pada tempat atau halaman yang rendah dan terdapat kolam air,karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan mawar tersebut,sebab air dapat mengakibatkan munculnya berbagai penyakit seperti busuk akar serta jamur.Ada beberapa cara menanam bunga mawar yang bisa anda terapkan sendiri dirumah seperti,

  1. cara menanam bunga mawar dari akar.
  2. cara menanam bunga mawar dari batang.
  3. cara menanam bunga mawar dari biji.

Nah berikut ini sedikit ulasan mengenai cara menanam bunga mawar dipekarangan rumah.

1. Cara Menanam Bunga Mawar dari Akar

Cara Menanam Bunga Mawar dari Akar

Pertama yang harus anda lakukan ialah memilih dan menyiapkan bibit dari tanaman mawar yang telah berakar,atau Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli bibit yang sudah ditanamkan dalam pot dan sudah memiliki akar yang aktif.Tanaman mawar memiliki jenis serta manfaatnya masing-masing,

Baca juga ;Cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga

Baca juga ;Mengenal media tanam dan Cara menanam anggrek untuk pemula agar cepat berbunga

Mawar yang ditanam dalam pot.

Jika anda baru atau masih pemula dalam hal menanam,maka mawar yang ditanam dalam pot dapat Anda jadikan pilihan.Sebab mawar jenis ini mudah untuk ditanam dan pertumbuhannya juga cepat.Untuk mendapatkan bibit ini,Anda bisa membelinya pada tempat pembibitan didaerah Anda.Usahakan proses penanamannya dilakukan saat cuaca bagus,sejuk,dan berawan.

Mawar Berakar Telanjang.

keunggulan dari mawar berakar telanjang ialah terdapat banyak pilihan varian yang tersedia.Jenis ini juga terbilang sangat ekonomis dan banyak dijual online.Sebelum ditanam,Bibit ini harus direndam dulu dengan air selama satu malam dan setelah ditanam,akarnya harus selalu dalam keadaan lembab dibulan pertama.

Setelah Anda mengetahui dua jenis bibit tadi,tahapan berikutnya ialah cara penanamannya.

Memilih jenis Mawar yang tepat.

Bunga mawar memiliki jenis yang sangat banyak,dari jenis miniatur mikro sampai grandifloras dan jenis yang merambat sampai yang dari penutup tanah.memang jika dibanyangkan akan lebih indah jika memiliki beragam jenis bunga mawar sekaligus dipekarangan rumah,akan tetapi justru malah jadi tidak teratur.

kecuali jika anda sudah mahir dalam menata tanaman hias sendiri.Jadi anda harus paham dalam memilih jenis mawar yang tepat.Sebagai saran terbaik bagi pemula ialah mencoba untuk menanam bunga mawar yang berjenis semak.

Baca juga ;Cara menanam kedondong dalam pot agar cepat berbuah

Baca juga ;Panduan cara mudah menanam anggur di pekarangan rumah

Menentukan tempat untuk menanam yang benar.

Tempat yang baik untuk menanam bunga mawar jenis semak ialah tempat yang terkena atau mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam setiap harinya.mawar jenis ini harus ditanam ditanah yang memiliki banyak bahan organiknya dan tanah  harus sudah dikeringkan dengan baik juga.

Namun jika didaerah Anda memiliki iklim yang panas,maka tanaman mawar jenis ini akan tumbuh dengan subur jika dilindungi dari paparan sinar matahari.

Waktu Penanaman yang Tepat.

Menanam bunga mawar sebaiknya Anda lakukan sebelum dimusim penghujan tiba atau pada awal musim panas atau kemarau.Biasanya mawar yang berakar telanjang banyak tersedia disaat musim panas atau kemarau.

Dan jika Anda membelinya  maka harus secepatnya ditanam.berbeda jika Anda membeli bibit bunga mawar yang sudah ada pot atau tempatnya,bibit mawar ini lebih fleksibel untuk penanamannya.

Proses Penanaman yang benar.

Saat melakukan penanaman mawar,harus dilakukan dengan cara yang benar agar pertumbuhannya bagus dimulai sejak awal.Lantas bagaimana Proses penanaman bunga mawar yang benar?

Pertama Anda buatkan lubang tanam sedalam dan selebar ukuran bibit mawar yang akan ditanam,pastikan lubang cukup menampung seluruh bagian akar bibit.Tidak lupa Anda buatkan juga saluran air agar nantinya tidak terdapat genangan.

Selanjutnya isi lubang tanam dengan tanah kompos,atau sejenis organik lainnya.Campuran tanah tadi digunakan hanya untuk bagian dasar lubang tanam saja,kemudian masukkan bibit mawar sampai bagian akarnya mengenai dasar lubang tanam dan isi bagian sisi bibit dengan menggunakan tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk namun tidak terlalu penuh dan siram.

selanjutnya isi lagi bagian sisi bibit mawar dengan campuran tanah tadi hingga membentuk gundukan tanah gembur diareal batang tanaman sebagai pelindung sekaligus menjaga tanaman dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru.Lakukan hal yang sama jika anda menanamnya lebih dari satu dan beri jarak minimal 1 meter agar tidak bersinggungan saat tanaman bunga mawar tumbuh besar.

Penyiraman.

Selama musim tanam,tanah harus senantiasa dalam keadaan lembab.jadi harus perhatikan bagian tanahnya jangan sampai mengalami kekeringan.Agar tanaman bunga mawar tetap dalam keadaan sehat maka lakukan penyiraman secara rutin dan tidak terlalu becek.Penyiraman dilakukan pada bagian pangkalnya saja usahakan tidak mengenai bagian daunnya agar bunga mawar selalu dalam keadaan sehat.

Pemangkasan.

Pemangkasan harus dilakukan diawal saat musim semi,lakukan pemangkasan terhadap batang-batang yang sudah rusak atau bahkan mati.dengan melakukan pemangkasan secara rutin maka tanaman bunga mawar akan menjadi lebih sehat dan lebih terawat.Namun saat ini telah banyak jenis mawar baru yang tidak terlalu membutuhkan pemangkasn.

2.Cara menanam bunga mawar dari batang.

Cara menanam bunga mawar dari batang

Menanam bunga mawar dari batang sudah banyak dilakukan orang,metode ini disebut stek batang.cara seperti ini sangat cepat menumbuhkan akar dan lebih baik jenis cangkok.Akan tetapi,dalam pembuatannya tidak sepenuhnya berhasil.itu sebabnya jika Anda mencoba membuat bibit dengan cara ini,maka sebaiknya dilebihkan jumlahnya sebagai bibit cadangan.

Berikut cara menanam bunga mawar dari batang.

Waktu yang tepat untuk melakukan stek adalah saat musim semi tiba.silahkan Anda mengambil bagian batang kemudian bunganya dipangkas,ambil sekitar 25cm batang yang masih baru,dengan sudut pemotongan 45C°.kemudian pangkas pada bagian bunga,dan daunnya hingga menyisahkan dua pasang daun bagian paling atas.kemudian potong juga batang diatas daun yang tersisa.hal ini bertujuan agar terfokus pada pertumbuhan akar.

Selanjutnya anda menyiapkan bagian batang untuk membentuk akar.iris batang bagian paling bawah sekitar 5 cm dengan pisau atau alat yang tajam,buat irisan menjadi 4 bagian terbuka dan celupkan atau basahi bagian tersebut dengan perekat perangsang akar.

Umumnya orang menggunakan hormon rooting untuk mempercepat dalam pertumbuhan akar.hormon ini tersedia dalam bentuk gel,bubuk dan cair,namun yang disarankan untuk tanaman mawar ialah yang bubu.

Baca juga ;Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur

Baca juga ;cara menanam dan budidaya brokoli dalam pot atau polybag dipekarangan rumah

Proses Penanaman

Setelah batang siap untuk ditumbuhkan akar,tahapan selanjutnya Anda buatkan lubang tanam sedalam kira-kira 5 cm pada media tanam yang harus anda persiapkan juga.Media tanam bisa dari pot,polybag,ataupun sejenisnya.masukkan batang bibit pada lubang dengan bantuan ranting sebagai penguat dan isi dengan tanah pada bagian sisi bibit tadi.

Setelah proses penanaman selesai,siram dengan air secukupnya dan jangan sampai menggenang.kemudian letakkan ditempat yang teduh namun masih mendapatkan sedikit sinar matahari.jika terlalu banyak terkena matahari,maka bibit tadi akan kering.

3.Cara Menanam Bunga Mawar dari Biji.

Cara Menanam Bunga Mawar dari Biji

Menanam bunga mawar tidak hanya dengan stek dan dari akar saja,akan tetapi menanam dari biji juga bisa.Namun cara ini lebih rubit jika dibandingkan dengan kedua cara diatas tadi.Biji bunga mawar terletak pada pinggul bunganya.Berikut ini cara menanam bunga mawar dari biji.

Dari bunga mawar jenis tanaman semak,coba Anda usapkan pada pinggul bunganya disaat terjadi perubahan warna menjadi warna merah,coklat,ataupun orange.Untuk mendapatkan bijinya,Anda harus memotong bunga mawar diarea pinggul kemudian keluarkan bijinya.untuk membersihkan biji dari ampasnya,anda bisa langsung membuntelkannya dengan tisu basah kemudian kemas dalam wadah plastik dan masukkan kedalam kulkas selama kurang lebih 2 bulan.

Setelah cukup waktunya,keluarkan bibit dari kulkas dan biji tersebut langsung anda tanam pada media tanam seperti pot atau dengan tempat penyemaian lainnya.Biji ditanam sedalam kira-kira 2 cm saja dan langsung disiram dengan harus.tempat penyemaian diletakkan ditempat yang hangat.

Penyiraman harus Anda lakukan secara teratur dalma kurun waktu 4 hingga 6 minggu.Setelah kurang lebih 1 bulan,maka bibit tadi akan mulai mengeluarkan kecambah.Setelah bibit tumbuh hingga mencapai 10 cm,Segera pindahkan bibit kedalam pot khusus.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara menanam bunga mawar dipekarangan rumah.semoga bisa bermanfaat.salam sukses.

Post a Comment for "Cara Menanam Bunga Mawar diPekarangan Rumah"