Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal media tanam dan Cara menanam anggrek untuk pemula agar cepat berbunga

Mengenal media tanam dan Cara menanam anggrek untuk pemula agar cepat berbunga

Mengenal media tanam dan Cara menanam anggrek untuk pemula agar cepat berbunga


Mengenal media tanam dan Cara menanam anggrek untuk pemula agar cepat berbunga- Dalam budidaya anggrek,Media tanam yang dapat dipakai mestinya sungguh-sungguh menjadi perhatian serta pas buat tanaman anggrek,sebab tanaman seperti ini tidak akan dapat bertumbuh dengan sempurna apabila cuma ditanamkan melalui cara ditancapkan demikian saja ketanah.

Jika anda punya niat buat menanam anggrek baik itu dalam nilai budidaya atau sekedar hanya kesukaan menanam,kemungkinan alangkah baiknya bila anda mengetahui terebih dulu media tanam anggrek agar cepat berbunga.

Kenapa media tanam demikian penting buat anggrek?dikarenakan media tanam cukup mempengaruhi pada perubahan serta kualitas bunga terlebih tanaman anggrek. Jika media tanam yang anda pakai udah sungguh-sungguh sama sesuai,maka udah dijamin tanaman anggrek yang anda tanam akan lekas keluarkan bakal bunga yang teramat menarik dan elok.

Memang untuk memastikan media tanam anggrek dapat dikatakan rada sedikit sukar apalagi apabila anda masih termasuk pemula di dalam masalah ini tentunya. Permasalahannya media tanam begitu berkenaan begitu kuat terhadap kebersinambungan hidup, serta lama waktu yang dibutuhkan pada tanaman anggrek akan keluarkan bunga. 

Sama dengan yang sudah kita pahami bersama kalau bunga anggrek memiliki banyak pengagumnya,Hal pasti dkarenakan bunganya yang cantik serta begitu elok dipandang. Jadi jika anda salah Dalam memastikan media tanam apa yang benar-benar pas khusus buat menanam anggrek, jadi bisa dipastikan kalau hasilnya begitu buruk.

Dijaman yang kekinian seperti saat ini sudah ada begitu banyak model media tanam khusus anggrek yang menyebar di pasar, Jadi jika anda pengin mendapat hasil tanaman bunga anggrek yang bertumbuh dengan cantik dan subur,anda dapat pertimbangkan sejumlah alternatif dari model media tanam yang terunggul buat tanaman anggrek sebagai berikut ini.

  1. Sabut Kelapa.
  2. Pecahan Batu.
  3. Serutan Kayu.
  4. Pakis.
  5. Arang Kayu.
  6. Moss kadaka.

Sabut Kelapa

Sabut Kelapa

Media tanam pertama kali yang dianjurkan untu anda dalam menanam khusus tanaman anggrek tentu yang sudah umum kita temui yaitu Sabut kelapa,saat ini sudah beberapa orang yang memutus menggunakan sabut kelapa ini sebagai media tanam,masalah ini karena sabut kelapa kelapa mempunyai daya tampung air yang sangat baik.

Tidak itu saja, sabut kelapa pula mempunyai bermacam ragam kandungan bagian hara yang paling dibutuhkan buat penuhi keperluan gizi buat meningkatkat perkembangan tanaman anggrek.akan akan tetapi yang penting anda ingat jika sabut kelapa akan dipakai buat tanaman anggrek mestinya dari buah kelapa yang sudah begitu tua,dan yang tidak kalah keutamaan yaitu sabut kelapa mesti anda rendam dahulu saat sebelum dipakai dengan memanfaatkan sedikit larutan fungisida.

Maksudnya supaya tanaman anggrek kedepan terlepas dari gempuran seperti serangga atau lumut.Kemudian Wadah tanam ini sebaiknya ditempatkan atau ditaruh ketempat yang lebih sejuk dan kering.

Baca Juga :Cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga

Baca Juga :Cara menanam kedondong dalam pot agar cepat berbuah

Pecahan Batu

Media tanam pecahan batu

Selanjutnya ada pecahan batu yang dapat anda pakai sebagai Media tanam buat menanam anggrek.Disini media pecahan batu berperan sebagai alas saja yang bisa anda tempatkan dalam dasar pot.Ada sejumlah keuntungan yang didapatkan dari pemakaian pecahan batu sebagai media tanam,seperti mengontrol serta menjaga kelembapan di sekitar akar, dan berisi konsumsi air yang condong tahan lebih lama. 

Sementara itu, pecahan batu juga sangat kuat serta tidak gampang jadi lapuk, juga sekaligus bertindak sebagai drainase yang baik.Akan tetapi yang penting anda ingat kalau memanfaatkan media tanam seperti ini juga sangat gampang untuk ditumbuhi banyak lumut, maka anda mesti sesering mungkin untuk memeriksanya.

Serutan Kayu

Media tanam serutan kayu

Setelah itu ada media tanam yang juga sangat bagus buat anda menanam tanaman anggrek yaitu serutan kayu.Adapun kelebihan Memanfaatkan serutan kayu buat media tanam yaitu sistem drainasenya sangat bagus, maka media tanam seperti ini sangatlah sesuai jika anda pakai sebagai media tanam terutama tanaman anggrek. 

Media tanam seperti ini sangatlah cocok jika anda pakai buat tanaman anggrek model terestrial atau anggrek model tanah. Meskipun begitu media tanam seperti berikut miliki kekurangan akan terbatasinya kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti kandungan Nitrogen.

Dalam Proses pelapukan layanan ini berjalan begitu pelan dikarenakan kayu di dalamnya banyak mengandung senyawa yang paling sukar buat terdekomposisi, yakni senyawa selulosa, serta senyawa lignin, serta hemiselulosa.

Oleh karena itu,sebelum serutan kayu ini anda pakai sebagai media tanam,sebaiknya direndam dahulu ke dalam larutan pupuk TSP serta pupuk Urea dan larutan pestisida biar bebas dari hama serta penyakit

Pakis

Media tanam pakis

Media tanam berikutnya yang cukup terpopuler di kelompok para penyuka anggrek ialah pakis, Bertambahnya pamor terhadap media tanam dari pakis ini disebabkan dari cirinya yang kuat dan tidak gampang lapuk serta dapat mengikat jumlah air secara baik, selain itu pakis juga memiliki  sistem drainase yang bisa dikatakan paling baik.

Putuskan media tanam pakis dengan potongan yang tidak begitu halus. Karena pakis yang halus mempunyai tingkat kelembapan yang tinggi, maka dari itu bisa membuat akar gampang sekali busuk.Kekurangan memakai pakis untuk medi tanam ialah kerapkali dihuni oleh semut serta binatang-binatang kecil lainnya.

Sebelum anda memakai pakis untuk media tanam, ada baiknya jika anda direndam dulu media tanamnya dengan memakai pupuk NPK.Cara sebagai berikut sangat bermanfaat untuk menambahkan kandungan unsur hara yang terdapat di media tanam.

Baca Juga :Panduan cara mudah menanam anggur di pekarangan rumah

Baca Juga :Tips cara menanam kelengkeng dalam pot dipekarangan rumah

Arang Kayu

Media tanam Arang kayu

Media tanam yang satu ini juga banyak dimanfaatkan banyak orang sebagai media tanam.Arang kayu memiliki kelebihan seperti tidak mudah lapuk dan tidak mudah banyak bakteri.Sebelum anda menggunakan arang kayu untuk keperluan media tanam alangkah baiknya jika anda merendamnya lebih dulu kedalam larutan pupuk NPK, untuk menambah bagian unsur hara. 

Disamping itu, anda bisa pula menambahkan sedikit larutan fungisida kedalam larutan pupuk NPK untuk meredam jamur.Kekurangan dalam pemakaian arang kayu untuk dijadikan sebagai media tanam ialah harganya yang tergolong lebih mahal, dan unsur hara yang terkandung didalamnya sangat sedikit.

Moss kadaka

Media tanam Moss Kadaka

Moss Kadaka ialah jenis tanaman sebangsa paku-pakuan,yang bentuknya seperti rumput. Moss Kadaka hidup serta tumbuh dibatang pohon yang sudah besar yang ada terdapat di hutan.umumnya Kadaka dijadikan sebagai media tanam bunga anggrek yang berjenis terestrial atau bunga anggrek jenis epifit. Saat sudah lapuk, jaringan di tanaman ini mempunyai kandungan unsur hara penting yang paling diperlukan oleh anggrek. 

Kelebihan yang lainnya ialah media tanam ini dapat atur kelembapan, biar akar tidak gampang jadi busuk. Memakai Media sebagai berikut bisa bertahan lebih lama dan bisa difungsikan untuk jangka panjang. Sama seperti pada media tanam yang lain, anda harus memendamnya dulu kedalam larutan fungisida dengan maksud menangkal dari gempuran penyakit.

Cara menanam anggrek untuk pemula

Cara menanam anggrek untuk pemula

Bagi Anda yang gemar sekali menanam bunga, Tak ada kata telat untuk mencoba. Bila anda adalah seorang yang masih pemula serta baru akan belajar menanam anggrek karenanya ada beberapa trik yang dapat anda turuti supaya sukses dalam menanam anggrek secara baik dan benar.

Budidaya anggrek bisa anda dijadikan alternative usaha tanaman hias. Akan tetapi, beberapa pemula kerap kali keliru dalam tehnik penanaman anggrek.Penanaman bunga anggrek betul-betul berlainan dengan menanam bunga biasa. 

Dibutuhkan tehnik yang cocok saat menanam anggrek sehingga dapat tumbuh dengan subur.Sejak dahulu anggrek memang tanaman hias yang tergolong mewah yang bernilai cukup mahal. Budidaya angggek juga tak dapat dikatakan masih simpel.

Akan tetapi, bgi beberapa yang pemula masih tetap dapat untuk mempelajari beberapa tehnik menanam anggrek agar cepat berbunga.Berikut ini ada beberapa trik menanam anggrek yang betul, terutamanya untuk Anda yang masih tergolong pemula di dunia anggrek.

Baca Juga :Cara menanam gambas dari biji agar berbuah lebat

Baca Juga :Cara menanam labu siam agar berbuah lebat

Menyediakan Media Tanam

  • Ada beberapa media tanam yang bisa anda pakai. Salah satunya yaitu potongan pakis dengan arang. Susunan potongan pakis yang memiliki rongga, membuat akar anggrek bisa bernapas.Selain itu anda dapat juga manfaatkan beberapa sabut kelapa untuk dijadikan sebagai media tanam.

Menggunakan Pot dari Tanah Liat

  • Pot yang terbuat khusus dari tanah liat sangat baik sekali buat perkembangan anggrek. Karena pot itu bisa mempernyerap air pada saat anggrek disiram sama air pada jumlah yang terlalu berlebih.Berlainan dengan pot plastik yang bisa menyelup akar anggrek, sebab tidak bisa mempernyerap air.

Membuat lubang pada  Pot

  • Pot memang sangat penting untuk dikasih lubang,tujuannya sangat sederhana yakni jadi jalan keluar air. Semestinya, buat satu lubang di dasar pot tepatnya pada sisi tengah.

Gunakan Potongan Pakis Sebagai alas diPot

  • Penting bagi anda untuk memberikan alas pada bagian dasar pot dengan potongan pakis. Kecuali buat memberikan jalan keluar air sebab strukturnya yang memiliki rongga, alas itu pula dipakai supaya akar tak merembet ke sisi pot.

Meletakkan Bibit Anggrek

  • Selanjutnya anda dapat meletakkan bibit anggrek yang telah anda persiapkan tepat di tengah-tengah pot dengan hati-hati,sebab anda bisa saja menggenggam anggrek sangat kuat yang bisa menimbulkan tangkai anggrek patah.

Tutup dengan Arang serta Potongan Pakis

  • Di sekitar tanaman anggrek, anda harus menutup[nya lagi dengan beberapa varian di antaranya seperti arang serta potongan pakis. Akan tetapi, tak boleh menututupinya terlampau padat sebab bisa menimbulkan akar anggrek susah untuk bernapas.

Pastikan Posisi Tanaman Anggrek Tegak 

  • Penting untuk dipastikan jika anggrek telah berdiri dengan posisi tegak.anda bisa memanfaatkan kontribusi rotan atau menggunakan tali rafia buat mengikat anggrek. Hal tersebut memiliki tujuan supaya anggrek berada diposisi yang tegak lempeng.
  • Akan tetapi, tak boleh mengikatnya terlampau kencang, sebab tali tersebut bisa dengan mudah untuk dilepaskan kembli saat akar anggrek telah melekat ke media tanam.

Siram Anggrek Secara Teratur

  • Dalam hal ini,penting bagi anda untuk selalu menyirami tananaman anggrek secara teratur. Akan tetapi, tak boleh terlalu banyak.Sebaiknya anda menggunakan alat semprot buat menyirami anggrek.
Demikinlah sedikit ulasan mengenai Mengenal media tanam dan Cara menanam anggrek untuk pemula agar cepat berbunga,semoga bisa bermanfaat.Salam sukses.

Post a Comment for "Mengenal media tanam dan Cara menanam anggrek untuk pemula agar cepat berbunga"