Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga

cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga

cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga

Cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga
-memang harus dilaksanakan secara tepat supaya hasil serta perubahan tanaman anggrek bulan tersebut dapat menjadi lebih maksimal. 

oleh sebab itu, bunga anggrek bulan menjadi salah satu tipe tanaman hias yang lumayan mahal harganya bila dibandingkan dengan tipe tanaman hias jenis yang lainnya. Itu sebabnya penting untuk memperhatikan cara merawat anggrek bulan supaya tidak  mengakibatkan kerugian.
Ada beberapa hal yang harus di lakukan dalam merawat tanaman seperti,

  1. Cahaya matahari.
  2. Temperature sertkelembapan udara.
  3. Perputaran udara.
  4. Penyiraman.
  5. Pemupukan.
  6. Pencegahan Resiko Hama.

Anggrek bulan ialah salah satu jenis tanaman dari spesies genus Phalaenopsis yang dianggap cukup penting karena perannya sebagai induk yang dapat menghasilkan beragam keturunan. Anggrek bulan tergolong anggrek epifit monopodial yang mana tumbuhnya menjuntai. 

Anggrek bulan mempunyai tangkai yang pendek dan terbungkus oleh seludang daun. Jumlah Daunnya tidak melebihi dari lima helai daun saja, dan memiliki warna hijau, tebal,serta berdaging, bentuknya oval dan pada bagian ujungnya melebar,serta memiliki buntut yang runcing sepanjang 20cm dan lebar 8 cm.

Tanaman anggrek bulan sendiri mempunyai dua jenis akar yakni akar udara serta akar rekat. Akar rekat berperan untuk menempel  juga meredam keseluruhnya tanaman supaya masih tetap ada pada tempatnya, sedangkan akar udara  berperan dalam proses perkembangan dan perubahan tanaman karena akar udara memiliki kemampuan untuk menyerap unsur hara.

Anggrek bulan mampu bertahan serta tumbuh pada daerah daratan  rendah bahkan sampai didaerah pegunungan, dan biasanya hidup di ketinggian antara 50  hingga 600 mdpl, dan bisa berkembang secara baik di ketinggian antara 700 sampai 1.100 mdpl.

Anggrek bulan bertumbuh melekat di pohon yang cukup teduh serta lembab,  khususnya di hutan basah dengan  hujan 1.500-2.000 mm/tahun. Meski tumbuh di wilayah tropis, akan tetapi anggrek bulan tetap  memerlukan sedikit asupan cahaya sinar matahari yang baik untuk pendukung hidupnya karena  tanaman ini tidak bisa tahan terhadap paparan dari sinar matahari secara langsung.

Dari sekian banyaknya jenis tanamanhias yang tumbuh di Indonesia, memang tipe tanaman anggrek bulan lah yang kemungkinan paling banyak disukai oleh kelompok ibu-ibu. Hal ini diKarenakan anggrek bulan memiliki bunga yang cukup lebar serta anggun, sehingga tanaman seperti ini menjadi salah satu daya tarik dari bunga anggrek bulan.

Selain itu anggrek bulan juga bisa untuk dijadikan  untuk tanaman favorite yang bisa memperindah penampilan dari rumah milik Anda.Bila diamati dengan cermat, sebetulnya cara merawat anggrek bulan gak begitu  susah,akan tetapi diperlukan kehati-hatian serta kecermatan supaya bunga anggrek bulan gak akan mengalami kerusakan. 

Tipe bunga anggrek bulan sendiri sebetulnya benar-benar gampang untuk hidup serta tumbuh secara baik di wilayah yang mempunyai cuaca tropis khususnya Indonesia.Bunga anggrek bulan ini mempunyai bermacam variasi warna yang terbilang cukup banyak, sepeti warna ungu, pink,merah, putih,kuning, bahkan ada pula lyang berwarna merah kecoklatan.Dibawah ini adalah macam-macam anggrek yang banyak dijumpai,

Baca juga ;Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur

Baca juga ;Cara menanam gambas dari biji agar berbuah lebat

Macam-Macam Bunga Anggrek

Macam-Macam Bunga Anggrek

Tanaman ini miliki pelbagai macam yang berkembang serta tumbuh di beberapa belahan dunia. Juga banyak pengamat miliki kepercayaan kalau bunga hias ini miliki lebih dari pada 25.000 macam dengan warna dan keelokan yang berbeda.

Tapi karena kerusakan rimba, dan pelbagai tingkah iseng manusia, kita udah kehilangan banyak species yang masih belum kita pahami dan tidak ada yang mengetahui tepat berapakah jumlah pastinya.

Akan halnya negara kita ini tenar bakal kekayaan bunga anggrek dengan keseluruhan kira-kira 4000 species anggrek yang ada pada sebagian besar pulau di Indonesia. Dari pelbagai pulau yang kita punyai, macam tanaman anggrek yang teramat banyak dijumpai yaitu,

  • Vanda.
  • Coelogyne.
  • Phalaenopsis
  • Paphiopedilum.
  • Cymbidium.
  • Bulbophyllum.
  • dendrobium. 

Tapi tanaman anggrek yang teramat banyak disukai oleh orang kita yaitu "anggrek bulan ".Juga macam tanaman anggrek ini kerap dikatakan sebagai bunga puspa daya pikat atau bunga anggrek kantung dan dikukuhkan sebagai bunga nasional.

Dengan kekayaan dan keberagaman macam tanaman anggrek yang kita punyai ini, kita punya potensi export yang besar. Juga sekarang ini pun ada pelbagai macam tanaman anggrek yang diperbudidayakan oleh petani.

Juga banyak induk dari pelbagai macam bunga anggrek yang datang dari Indonesia. Dengan lihat hal itu, kita penting senang kepada kekayaan tanah air kita, dan usaha selalu untuk jaga keselarasan lingkungan.

Baca juga ;Tips cara menanam kelengkeng dalam pot dipekarangan rumah

Baca juga ;cara menanam dan budidaya brokoli dalam pot atau polybag dipekarangan rumah

Agar kecantikan dan keanggunan dari anggrek bulan bisa dapat lebih optimal, berikut ini caranya,

cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga.

cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga.

Cahaya Matahari

Tanaman anggrek bulan gak memerlukan terik cahaya matahari secara langsung,karena cahaya matahari akan menghalangi perkembangan terhadap anggrek bulan itu sendiri.Jika daun anggrek bulan terlihat berwarna sangat cerah,itu artinya tanaman anggrek bulan telah mendapakan  cahaya matahari

Temperatur serta Kelembapan Udara

Anggrek bulan memerlukan temperature yang bagus yakni 30 Cpada siang hari,sementara jika pada malam hari, tanaman anggrek bulan memerlukan temperatur antara 23 C Akan Tetapi Anda gak perlu khawatir mengenai masalah temperatur itu. karena, di Indonesia disebut sebagai wilayah tropis yang mempunyai tingkat temperatur yang normal.

Tanaman anggrek bulan biasanya menyenangi tempat dengan suhu yang sejuk, sekitar  18-24 C. Dan, supaya keadaan dari tempertur itu masih tetap sejuk, Anda dapat memasang kipas angin pada pojok sisi atas untuk membantu agar udara tetap sejuk dan menjaga sirkulasi udara.

Karena, bila anggrek bulan diletakkan pada  tempat yang bertemperatur cukup tinggi,  kualitas dari bunganya akan menjadi jelek.Selain itu, tanaman anggrek bulan nantinya akan menjadi dehidrasi dikarenakan terserang tingkat evaporasi yang terlampau tinggi.

Anggrek bulan sangat membutuhkan kelembapan udara yang bagus yakni sekitaran 60%. Kelembapan udara itu harus tetap dijaga dengan cara membuatkan berupa kolam-kolam yang berisi air tepat di bawah tiap-tiap pot tanaman anggrek bulan. Tapi harus berhati-hati, sebab bila udaranya terlampau lembap, dapat  menjadikan bunga anggrek bulan  mudah layu karena banyak jamur.

Baca juga ;Panduan cara mudah menanam anggur di pekarangan rumah

Baca juga ;Cara menanam kedondong dalam pot agar cepat berbuah

Perputaran udara

Perlu untuk diketahui bahwa Perkembangan anggrek bulan memerlukan perputaran udara yang bagus. semakin bagus perputaran udaranya, maka semakin bagus pula perkembangan dari tanaman anggrek bulan tersebut.Oleh sebab itu, tidak disarankan untuk menempatkan anggrek bulan di tempat yang tertutup karena perputaran udaranya bisa saja buruk.

Penyiraman

Tanaman anggrek bulan memang harus rutin disiram sebanyak dua kali dalam sehari,dan untuk waktu penyiraman yang terbaik ialah pada jam 07.00-19.00 pagi dan jam 16.00-18.00.Namun apa bila cuaca dalma keadaan panas ataupun waktu musim kemarau,maka sebaiknya penyiraman anggrek bulan  bisa dilaksanakan  sampai tiga kali dalam sehari.

Pemupukan

Pemberian pupuk pada tanaman anggrek bulan juga sangat penting.Tambahan pupuk untuk anggrek bulan memiliki tujuan untuk menambah nutrisi yang diperlukan oleh tanaman anggrek bulan.Pupuk terbaik untuk anggrek bulan agar rajin berbunga ialah jenis pupuk organik cair. Dan pemupukan dapat dilakukan satu kali saja dalam satu minggu.

Pencegahan Resiko Hama

Hama memang kerap menjadi perusak dan sekaligus pengganggu terhadap perkembangan tanaman. Ada banyak sekali jenis hama pengganggu yang kerap dan dapat merusak tanaman anggrek bulan, salah satunya ialah jamur serta lalat. 

Untuk jenis hama pengganggu seperti lalat, Anda dapat menggunakan perangkap lem anti lalat yang dapat ditempelkan pada media atau tempat berupa sedotan dari plastik, kemudian digantungkan tepat di atas setiap tanaman anggrek bulan.

Selain penggunaan lem lalat, Anda juga bisa menggunakan kontribusi dari fungisida serta insektisida. Insektisida pada umumnya dipakai untuk menangani serangga yang dapat mengusik perkembangan tanmaan anggrek bulan. 

Sedangkan untuk fungisida pada umumnya akan jauh lebih efisien jika digunakan untuk menangani masalah jamur.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga.semoga bisa bermanfaat dan salam sukses.

Post a Comment for "cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga"