Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur

Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur

Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur

Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur-Tanaman kemangi dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang mempunyai banyak faedah, pucuk dari daun kemangi biasanya dipakai sebagai bahan pelengkap pada masakan dan juga dapat dimakan mentah bersama lalapan.

Kemangi menjadi salah satu opsi untuk dibudidayakan karena tanaman kemangi sudah cukup populer dan benar-benar gampang dalam penanamannya.selain itu,perawatan tanaman kemangi juga terbilang mudah.

Anda dapat melakukan budidaya tanaman kemangi cukup dengan manfaatkan dari bijinya. Biji kemangi disemai terlebih dahulu untuk mendapatkan kemangi muda yang kemudian diteruskan ke lahan yang sudah dipersiapkan atau kelahan yang lebih luas agar tanaman kemangi bisa mengalami perkembangan dengan lebih sempurna.

Dalam hal melakukan budidaya kemangi sesungguhnya tidaklah begitu teramat susah, cuman yang diperlukan hanyalah sedikit waktu senggang untuk melakukan sedikit perawatan.

Beberapa ciri dan syarat tumbuh tanaman kemangi:

  • Tanaman kemangi bisa tumbuh sampai setinggi 1 meter
  • Daun kemangi berwarna hijau muda
  • Mempunyai ciri aroma yang sangat khas
  • Tanaman kemangi bisa bertumbuh di daerah dengan ketinggian berkisar 500 mdpl.
  • Tanaman kemangi ini sendiri juga bisa dibudidayakan meski dengan memakai bijinya saja yang diambil dari bunga kemanginya untuk dijadikan bibit.

Manfaat penting Daun Kemangi

Manfaat penting Daun Kemangi

Di Indonesia sendiri, secara tradisional daun kemangi kerap dipakai untuk menangani penyakit seperti perut kembung atau sejenis masuk angin dan juga penyakit deman yang terjadi pada anak kecil seperti pada balita. Daun kemangi dapat diremas dan dicampur dengan bawang merah beserta minyak kelapa, dan hasilnya langsung dibalurkan pada perut dan punggung serta dada.

Daun kemangi juga dipercaya bisa untuk mengurangi bau pada tubuh dan bau pada mulut.Selain itu daun kemangi juga dipercaya bisa memperlancar ASI.

Manfaat Daun kemangi juga sangat baik untuk kaum pria.hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki beberapa kandungan dari elemen bioaktive.elemen sineol daun kemangi dipercaya mampu mengatasi masalah pria seperti ejakulasi dini.

selain itu terdapat juga elemen lain seperti eugenol dan apigenin fenkhona yang baik untuk menambah ereksi pada penis.terdapat juga arginin yang sangat baik guna menjadikan sperma lebih tahan.hal ini tentu saja membantu dalam mencegah terjadinya kemandulan.

Sedang manfaat daun kemangi untuk wanita juga sangat baik.daun kemangi mengandung banyak senyawa seperti,eugenol,anetol,stikmasterol,dan boron yang mampu meningkatkan pematangan pada sel telur,meningkatkan hormon astrogen,dan dapat membunuh jamur yang dapat menyebabkan keputihan.terdapat juga kandungan cat flavonoid yang baik untuk melindungi sel dalam tubuh karena kandungan ini berperan sebagai antibiotik yang alami.

Kemangi dipercaya kaya akan betakaroten serta magnesium, dan juga mineral penting yang berperan untuk menjaga serta membantu dalam kesehatan jantung. Dalam hal kecantikan, kemangi diproses dengan cara menyuling untuk diambil minyak dari astirinya yang nantinya akan dicampurkan dengan obat dengan tujuan untuk dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan pelembab,minyak wangi,sabun mandi dan perawatan kecantikan lainnya.

Baca juga :Metode cara menanam bawang putih dengan hasil yang lebih baik

Persiapan Pembibitan tanaman cemangi

Persiapan Pembibitan tanaman cemangi

Budidaya kemangi ditanah dengan menggunakan biji untuk dilakukan persemaian terlebih dahulu.jika benih kemangi sudah berusia 4 minggu,maka benih kemangi sudah dapat dipindahkan pada lahan selanjutnya.namun apabila budidaya kemangi menggunakan pot atau polybag,maka benih kemangi dipindahkan pada media pot atau polybagnya.

tujuan benih kemangi dipindahkan agar pertumbuhan tanaman kemangi bisa lebih optimal.langkah-langkahnya adalah sebagai berikut,

  1. benih kemangi yang sudah tua Tempatkan dalam wadah atau suatu tempat, untuk dijemur di bawah sinar matahari agar kering.
  2. kemudian jika benih sudah kering, pindahkan tempat benih kemangi pada ruangan yang lebih teduh.dan angin-anginkan untuk beberapa saat.
  3. benih yang telah kering ditaburi pada media semai yang sudah dipersiapkan.
  4. jika semua sudah ditaburkan,lapisi permukaannya dengan tanah secara tipis-tipis.
  5. Siram halus tempat media semai benih kemangi secara merata sampai semua media semai basah.
  6. Waktu yang baik untuk penyiraman  ialah pada sore dan pagi.

Persiapan Lahan untuk Penanaman tanaman Kemangi

Persiapan Lahan untuk Penanaman tanaman Kemangi

Langkah awal dalam Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur adalah dengan melakukan  persiapkan lahan.lahan yang bakal dipakai untuk menanam kemangi harus digemburkan terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul.kemudian dibuatkan beberapa bedengan atau tegalan dengan lebar sekitar 100cm dan panjangnya dapat disesuaikan dengan luas lahan yang akan ditanami kemangi.

langkah berikutnya ialah pemberian pupuk dasar yaitu berupa pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya saja.pupuk ditaburi diatas tegalan secara merata,kemudian dicangkul kembali agar pupuk dasar dapat tercampur dengan tanah.jika sudah,lahan Kemudian dibiarkan terlebih dahulu dalam 3 hari sebelum dilakukan penanaman tanaman kemangi.

Baca juga :cara menanam nanas madu dikebun yang baik dan benar

Baca juga :panduan menanam jambu kristal supaya cepat berbuah lebat

proses penanaman kemangi

proses penanaman cemangi

Setelah benih genap berusia 4 minggu dan lahan juga sudah benar-benar siap,maka benih kemangi siap untuk dipindahkan pada bedengan atau tegalan yang sudah dipersiapkan.benih kemangi dicabut atau dicongkel dengan sangat hati-hati agar akar benih kemangi tidak rusak.benih kemangi kemudian ditanamkan pada lubang tanam yang dibuatkan sebelumnya.

Untuk jarak tanam yang ideal dalam budidaya kemangi ditanah ialah antara 50 x 50 cm.atau bisa juga  60 x 60 cm agar tidak terlalu sesak.

Perawatan Tanaman Kemangi

Perawatan Tanaman Kemangi

Selama saat masa penanaman benih kemangi, benih mulai akan tumbuh dan mulai bertunas dan batang sampai daunnya semakin  membesar. Di mana tanaman kemangi itu akan tumbuh dalam kurun waktu 5 - 1 minggu dari sejak dilakukannya penanaman. dalam budidaya kemangi Perawatan yang paling penting ialah  menyiram tanaman kemangi secara rutin yakni pada pagi dan sore hari.

Tidak sampai disitu saja,tenaman kemangi juga memerlukan perawatan tambahan terhadap tanaman penganggu seperti gulma ataupun rumput liar yang akan tumbuh di sekitar area tanaman kemangi.Tanaman pengganggu sebaiknya dicabut agar tidak mudah tumbuh kembali.jika tanaman pengganggu tidak segera dibersihkan,

maka nantinya tanaman pengganggu tersebut akan dengan mudah mengambil atau menyerap nutrisi pada tanah.sehingga tanaman kemangi akan kekurangan nutrisi yang diperlukan.Selama dalam masa pertumbuhan,tanaman kemangi harus juga diperhatikan hama tanaman kemangi seperti ulat dan hama lainnya.agar tanaman kemangi tidak rusak.

Baca juga :cara menanam wortel dikebun agar tumbuh besar

Baca juga :Cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat

Pemupukan tanaman cemangi

Pemupukan tanaman cemangi

Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur,harus juga diberikan pupuk untuk menunjang pertumbuhannya.Pemupukan kemangi bisa dilaksanakan di saat melakukan kegiatan penyiangan atau saat tanaman kemangi sudah berumur 1 bulan.pupuk yang diberikan cukup pupuk urea saja.atau bisa juga menggunakan jenis pupuk lain.pemupukan dapat dilakukan 3 minggu sekali agar tanaman kemangi maksimal dalam pertumbuhannya.

pengendalian hama dan penyakit tanaman kemangi

pengendalian hama dan penyakit tanaman cemangi

Dalam Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur,pengendalian Hama dan penyakit sangatlah penting untuk dilakukan.tentunya hal mengarah pada hasil panen tanaman kemangi agar tidak mengecewakan.Hama dan penyakit pada tanaman kemangi bisa dikatakan masih tergolong jarang atau kurang.

itu sebabnya penggunaan insektisida terhadap tanaman kemangi masih jarang digunakan.cukup dengan cara manual saja untuk mengatasinya.akan tetapi jika serangan hama dan penyakit sudah tergolong berat maka penggunaan insektisida mau tidak mau harus diterapkan.hal yang perlu dipertimbangkan ialah residu atau zat-zat kimia yang masih tertinggal pada daun kemangi saat dilakukan pemanenan.

Jika serangan hama seperti ulat juga tergolong berat,maka perlu dilakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida yang cocok seperti Diazinon 60 EC dengan dosis 2 CC saja untuk tiap liter air.atau dapat juga menggunakan Azodrin dengan dosis 20 CC untuk tiap liter airnya.

Baca juga :cara yang baik menanam melon agar cepat tumbuh dan subur

Baca juga :metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur

Panen hasil tanaman kemangi

Panen hasil tanaman cemangi

Panen hasil tanaman kemangi sudah dapat dilakukan saat tanaman kemangi sudah berumur 8 minggu.kemangi yang dipanen ialah daunnya yang belum terdapat bunga.jika sudah berbunga,maka daunnya akan lebih keras.

Tanaman kemangi yang masih muda mempunyai nilai harga jual yang cukup tinggi, hal ini karenakan daun kemangi yang masih lembut sangat cocok jika dijadikan sebagai lahapan dan juga cukup laris dipasaran.

Akan tetapi jika tanaman kemangi dimanfaatkan bijinya untuk dijadikan minuman ataupun untuk dijadikan bibit kembali,maka tanaman kemangi akan dibiarkan sampai berbunga dan mengering.

Baca juga :Cara menanam labu siam agar berbuah lebat 

Ringkasan Budidaya Kemangi

Ringkasan Budidaya Kemangi

Berikut sedikit ringkasan bagaimana Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur,Budidaya  kemangi ini kerap kali manfaatkan biji dengan melakukan penyemaian benih terlebih dahulu, benih yang telah di semai selanjutnya akan di alihkan pada lahan yang lebih luas. Untuk lebih jelasnya,berikut beberapa keterangan mengenai cara budidaya kemangi.

  • Tanaman kemangi mampu tumbuh ditempat mana saja. Tidak ada tehnik yang khusus dalam menanam tanaman kemangi.
  • Tanaman kemangi lebih menyukai jenis tanah banyak mengandung asam.
  • Tanaman kemangi ini dapat bertumbuh dengan baik pada dataran yang rendah sampai dengan  ketinggian 500 mdpl.
  • Tanaman kemangi ini banyak ditemukan dibenua ASIA dan benua AMERIKA.akan tetapi belum diketahui dengan pasti darimana tanaman kemangi berasal.diINDONESIA sendiri kemangi sudah sangat banyak dibudidayakan.baik itu dikebun maupun dipekarangan rumah.
  • Tanaman kemangi dapat dibudidayakan pada beberapa jenis media tanam.

Demikianlah serangkaian ulasan singkat mengenai bagaimana Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur semoga bisa lebih bermanfaat.

Post a Comment for "Cara menanam kemangi ditanah dari biji agar subur"