Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

panduan menanam jambu kristal supaya cepat berbuah lebat

panduan menanam jambu kristal supaya cepat berbuah

panduan menanam jambu kristal supaya cepat berbuah lebat

panduan menanam jambu kristal supaya cepat berbuah lebat-Jambu kristal sebagai salah satu dari beragam jenis tanaman jambu yang mempunyai biji semakin sedikit, dengan struktur daging yang lebih gurih. Budidaya tanaman jambu kristal di Indonesia termasuk tinggi, baik ditanamkan dalam jumlah besar atau sekedar ditanamkan di pekarangan rumah atau di pot. 

Jumlahnya budidaya tanaman jambu kristal mengisyaratkan jika keinginan akan buah jambu kristal lumayan tinggi di pasar.hal ini cukup lumrah mengingat buah jambu kristal tidak saja mempunyai struktur daging yang gurih tapi juga halus serta lebih manis. Disamping itu buah ini populer dengan kandungan gizinya yang lumayan tinggi.

jambu kristal memang sudah sangat terkenal dan sudah jadi kesukaan khususnya bagi para pencinta buah jambu biji. Buah jambu biji yang berasal yang dari Taiwan ini populer dengan cita-rasanya yang manis fresh yang susah didapat dari tipe tanaman jambu biji yang lain. 

Disamping itu, buah jambu kristal memiliki daging buah yang tebal dengan struktur yang super gurih. Yang paling spesial dari jambu kristal ialah daging buahnya super tebal dan tidak mempunyai biji, dalaupun ada amat sedikit bijinya kurang dari 3% dari sisi buah.

Tanaman jambu kristal sebagai tipe tanaman tropis yang populer dengan tingkat penyesuaian yang tinggi sekali. Disamping itu, Tanaman jambu kristal dikenal juga dengan karakternya yang paling genjah, pikirkan saja, dalam waktu 8-12 bulan sesudah tanam, tanaman jambu kristal ini telah mulai berbuah. 

Keuggulan yang lain ialah tanaman jambu kristal ini dikenali mempunyai tingkat produktifitas yang tinggi dengan kekuatan berbuah selama setahun tanpa mengenali musim.Tanaman jambu kristal ini benar-benar gampang untuk diperbudidayakan. Perawatannya juga benar-benar gampang dan juga cepat berbuah. Bahkan juga tanaman jambu kristal ini bisa diperbudidayakan atau ditanam di dalam pot.

syarat Tumbuh tanaman jambu kristal

  • Tanaman Jambu kristal bisa tumbuh baik didaerah tropis, khususnya di ketinggian di antara 5 - 1.200 m dpl, dimulai dari tepi pantai sampai wilayah pegunungan dengan kemiringan 0-30 derajat Celcius.
  • Temperatur yang diinginkan untuk pertumbuhan maksimal ialah 20-30 derajat Celcius.
  • Intensif curahan hujan sekitar 2.000 - 3.000 mm/tahun dan rata selama setahun.
  • Keadaan udara dengan kelembapan rendah dan udara yang kering sangatpas untuk pertumbuhan tanaman jambu kristal. Tanaman jambu kristal ini memerlukan pencahayaan yang cukup.Kekurangan cahaya matahari bisa mengakibatkan pengurangan hasil atau mungkin kurang prima (kerdil).
  • Tipe tanah yang bagus untuk tanaman jambu kristal ialah tanah yang subur dan gembur dan banyak terkandung elemen nitrogen dan bahan organik atau pada tanah yang simak dan sedikit pasir dengan kekuatan meresap air yng baik.
  • Derajat keasamaan tanah (pH) yang dinginkan di antara 6 - 6,5.

Berikut ini ialah tahapan dalam membudidayakan tanaman jambu kristal di dalam pot supaya cepat berbuah lebat :

Baca juga :Cara menanam labu siam agar berbuah lebat

Baca juga :panduan budidaya semangka untuk pemula

  1. Penyeleksian Bibit jambu kristal
  2. Penanaman bibit jambu kristal di Pot
  3. Perawatan pada tanaman jambu kristal
  4. Panen hasil tanaman jambu kristal

Penyeleksian Bibit jambu kristal

Penyeleksian Bibit jambu kristal

Bibit jambu kristal yang baik untuk ditanamkan ialah bibit yang dari pergandaan vegetatif seperti okulasi atau cangkok karena kualitas tanaman akan sama dengan induknya. Beberapa ciri bibit jambu kristal yang bagus seperti berikut :

  • Pilih bibit jambu kristal yang dari okulasi (penempelan) yang sehat dan sudah berusia minimum 5 - enam bulan dengan pertumbuhan seragam disaksikan dari 1 cabang tunasnya yang mempunyai panjang minimal 30 cm,
  • Tentukan bibit jambu kristal dengan batang lempeng, mempunyai enam pasang daun, dan akar yang kuat.
  • Bibit jambu kristal yang dipilih harus bebas dari hama dan penyakit khusus dengan beberapa ciri tidak ada kutu putih yang melekat pada daun atau batang.

Penanaman bibit jambu kristal di Pot

Penanaman bibit jambu kristal di Pot

Untuk tempat tanamnya, anda dapat memakai drum yang di potong jadi dua, atau juga bisa memakai pot plastik atau planterbag yang dapat dibeli ke toko bibit. Adapun tahapan penanaman tanaman jambu kristal seperti berikut :

Baca juga :mengenal cara budidaya mangga yang benar

Baca juga :Cara merawat cabe rawit agar berbuah lebat

  • Masukan media tanam, dapat berbentuk kombinasi atau campuran tanah pasir, tanah liat, dan kompos atau pupuk kandang dengan perbedaan 1 : 1 : 1 ke pot dengan diameter > 50 cm.
  • Membuka plastik yang menempel pada media tanam secara berhati-hati supaya akar tidak hancur. Supaya tumbuh akar semakin banyak, potong sedikit akar tunggangnya. Untuk jaga berlangsungnya evaporasi yang terlalu berlebih, potong setengah lebar daun.
  • pindahkan atau alihkan bibit jambu kristal ke pot, lalu tambah media tanam sampai mendekati bibir pot.
  • Siram tanaman jambu kristal sampai media jadi basah.

Perawatan tanaman jambu kristal

Perawatan tanaman jambu kristal

Perawatan pada tanaman jambu kristal sangat dibutuhkan walau tanaman jambu ini sanggup tumbuh pada tiap kondisi tanah. Hal itu penting untuk jaga hasil yang memberikan kepuasan. Perawatan yang dilaksanakan ialah:

  1. penyiraman tanaman jambu kristal
  2. Penggermburan dan Pemangkasan tanaman jambu kristal
  3. pemupukan tanaman jambu kristal

Penyiraman tanaman jambu kristal

Penyiramaan mempunyai tujuan untuk jaga kelembapan tanah atau media tanam. Dua minggu awal sesudah bibit ditanamkan, penyiramaan dilaksanakan sekitar 2x satu hari, yakni sore dan pagi hari. Penyiraman tanaman dalam pot perlu tetap dilaksanakan meskipun hari hujan karena tanaman pot benar-benar sensitif pada kekurangan air. Saat kemarau datang, tanaman dalam pot perlu disiram, 2x satu hari, yakni sore dan pagi hari.

Baca juga :Cara menanam bawang merah dikebun

Baca juga :Metode menanam serai dalam pot

Penggemburan dan Pemangkasan tanaman jambu kristal

Agar tanah masih gembur dan subur, perlu dilaksanakan pembalikan dan penggemburan tanah agar masih pada kondisi lunak. Ini dilaksanakan tiap sebulan sampai tanaman jambu kristal dipandang sudah kuat.Sementarau ntuk pemangkasan, tanaman jambu kristal harus dipotong supaya bisa berbuah dengan optimal.

Potong bentuk dilaksanakan dengan maksud untuk memudahkan perawatan dilaksanakan pada cabang - cabang yang telah mencapai tinggi lebih dari 1,5 m apabila daun tanaman jambu kristal sudah terlampau rimbun. Satu tanaman dipelihara secara optimal lima percabangan khusus. Potong bentuk dilaksanakan setahun sekali.

Potong produksi dilaksanakan pada semua cabang secara periodik, yakni tiga minggu sekali. Maksudnya untuk merangsang keluarnya tunas baru yang bawa akan bunga. Potong produksi dilaksanakan secara terus menerus selama setahun.

pemupukan tanaman jambu kristal

Untuk pemupukan tanaman jambu kristal harus mendapatkan perhatian khusus. Sehingga, kita harus memupuknya supaya tanaman dapat berbuah dengan optimal nantinya.

Pemupukan pertama kita kerjakan sekurang-kurangnya 1 bulan sesudah tanam dan untuk pemupukan seterusnya, dapat kita kerjakan 2-3 bulan sekali.

Untuk jaga kesuburan tempat atau media tanam masih konstan karena itu perlu dilaksanakan pemupukan pada tanaman jambu kristal. Adapun tingkatan pemupukan pada tanaman jambu kristal seperti berikut :

  • Usia 0-1 tahun, tanaman jambu kristal dipupuk 15 kg pupuk kandang per 6 bulan, 2 cc PPC/liter air berbulan, dan 100-150 g NPK per 4 bulan.
  • Usia 1-2 tahun, sesudah tanaman jambu kristal berbuah. Pemupukan dilaksanakan dengan 200-300g NPK per 4 bulan dan 2 cc PPC/ liter air per dua minggu, dan 20 kg pupuk kandang per 6 bulan.
  • Usia 2-5 tahun, tanaman jambu kristal dikasih 20 kg pupuk kandang per 6 bulan, 2 cc PCC/ liter air per dua minggu, dan 350-500 g NPK per 6 bulan.
  • Usia > 5 tahun Bila pertumbuhan kurang prima, khususnya pada pertumbuhan tunas hasil pemangkasaan ranting, tanaman jambu kristal membutuhkan pupuk kandang sekitar 25 kh per enam bulan per tanaman. disamping itu, tanaman perlu dipupuk dengan PCC sekitar cc/ liter air dua minggu dan 500 gram NPK per 6 bulan.

Panen buah tanaman jambu kristal

Panen buah tanaman jambu kristal

Panen buah jambu kristal untuk konsumsi bisa dilaksanakan di saat buah berusia 110 - 120 hari sesudah bunga mekar. Buah yang bakal ditawarkan dalam jarak dekat,dipanen di saat buah telah masak, sedang untuk wilayah yang lumayan jauh karena itu buah diambil saat masih keras, tapi umurnya cukup tua. Pemanenan buah jambu kristal seharusnya dilaksanakan pada sore dan pagi hari.

Baca juga :metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur

Baca juga :cara yang baik menanam melon agar cepat tumbuh dan subur

Rangkuman

Panduan menanam Jambu kristal Supaya Cepat Berbuah lebat

  • Beri pupuk NPK Imbang tiap 3-4 bulan sekali.
  • Potong cabang dan ranting yang tua, khususnya yang sakit.
  • Sesudah panen, selekasnya potong pohon supaya musim selanjutnya tumbuh serempak hingga panen optimal.
  • Menjaga kelembapan dengan cara selalu diberi suplai air.
  • Potong berkali-kali untuk memacu puncaknya berproduksi selama setahun.
  • Pemangkasan cabang dilaksanakan pemangkasan sejauh 10 -20 cm dari ujung cabang-cabang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai panduan  menanam jambu kristal supaya cepat berbuah lebat.semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "panduan menanam jambu kristal supaya cepat berbuah lebat"