Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menanam wortel dikebun agar tumbuh besar

cara menanam wortel dikebun agar tumbuh besar

cara menanam wortel dikebun agar tumbuh besar

cara menanam wortel-pada Tutorial kali ini kita akan mengulas sedikit mengenai cara menanam wortel dikebun agar tumbuh besar

kenapa budidaya tanaman wortel? karena tanaman ini mempunyai kesempatan atau kekuatan usaha yang bisa dikatakan cukup besar. Keperluan masyarakat terhadap wortel untuk di konsumsi juga terbilang tinggi. Disamping itu wortel sebagai salah satu dari jenis sayur yang mempunyai kandungan nutrisi yang paling diperlukan oleh tubuh khususnya kandungan vitamin A.sebelum kita lanjut pada ulasan cara menanam wortel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu mengenai tipe tanaman wortelnya. Adapun tipe wortel yakni sebagai berikut ini:

Tipe Imperator

Tipe Imperator yakni tipe wortel yang mempunyai wujud bundar memanjang dengan ujung yang meruncing seperti kerucut. Wortel jenis ini sedikit tipis, dan mempunyai umbi warna oranye. Wortel tipe ini kurang dicintai atau dminati oleh orang karena rasa yang dipunyai wortel tipe ini kurang manis.

Tipe Chantenay

Tipe Chantenay. Tipe wortel ini mempunyai wujud tebal meruncing dengan ujung yang pijak. Tipe wortel Chantenay mempunyai panjang sekitaran 12 cm dan banyak dicintai atau digemari orang karena mempunyai rasa yang manis. jika diperbandingkan demgan tipe wortel yang lain wortel tipe ini mempunyai struktur lebih kasar. Umumnya, wortel tipe ini kerap diolah dengan di potong-potong berupa dadu.

Tipe Mantes

Tipe Mantes. Wortel tipe ini adalah sebagai bentuk kombinasi dari wortel tipe Imperator dan tipe Chantenay. Wortel tipe ini mempunyai ukuran yang sedang, serta mempunyai warna oranye gelap, berupa bundar pijak dan berdiameter di atas sampai bawah sama. Kandungan air pada wortel mantes semakin tinggi dari tipe wortel yang lain hingga bila diolah rasa manis pada wortel tipe ini akan menyusut

Baca juga :Cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat

Baca juga :cara yang baik menanam melon agar cepat tumbuh dan subur

syarat Tumbuh untuk tanaman wortel

Pada umumnya syarat tumbuh dari tanaman wortel ialah sebagia berikut ini:

kisaran Suhu optimum untuk pertumbuhan tanaman wortel ialah 15-21oC. Suhu yang begitu pas untuk pertumbuhan akar dan sisi atas tanaman hingga warna dan wujud akar bisa maksimal.

Tanah yang paling baik untuk pertumbuhan wortel ialah tanah yang dilengkapi dengan drainase yang baik, kaya akan bahan organik dan subur dengan ketinggian 1200-1500 m dpl. Tanah lempung yang berpasir sangat pas untuk budidaya tanaman wortel karena gampang untuk penetratif akar hingga perkembangannya bisa mencapai panjang ukuran dan besar yang maksimal.

Wortel bisa tumbuh secara baik pada tanah dengan pH 5-8. Kelembapan tanah sebagai hal yang penting untuk pertumbuhan tanaman wortel,hal ini harus dipertimbangkan terhitung saat dimulai pesemaian supaya didapat bibit tanaman wortel dengan pertumbuhan yang seragam dan perkembangannya juga cepat sesudah ditanamkan di kebun.

Cara Menanam Wortel Di Kebun

Sesudah kita ketahui tipe wortel dan persyaratan tumbuhnya. langkah selanjutnya kita akan membuat pembibitan wortel mengawali penyiapan cara menanam wortel. Adapun beberapa langkah yang perlu dilaksanakan dalam budidaya tanaman wortel sebagai ini.

membuat Pembibitan Wortel

membuat Pembibitan Wortel

Bila anda baru mengawali untuk budidaya tanaman wortel,tentu saja untuk memperoleh bibit dengan membeli. Anda dapat memperoleh lewat toko pertanian paling dekat atau berbelanja melalui marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, atau bukalapak.

Tetapi bila budidaya wortel ini telah tahap ke-2 atau beberapa kalinya, bibit wortel dapat dibikin sendiri. Cara pembenihan bibit wortel sebagai berikut ini:

  • Pilihlah umbi wortel yang sesuai dari beberapa ciri di atas.
  • Ujung umbi wortel dipotong kurang lebih 1/3 dari panjang umbi wortel.
  • Daun wortel dipotong dekat pangkal umbi dan sisakan sekitar 10 cm.
  • Persiapkan Bedengan.
  • Taburi permukaan wortel dengan pupuk Trichoderma, air dan ZPT organik dua minggu sekali.
  • lakukan kegiatan penyiraman di sore hari (tiap hari).
  • Tanaman wortel akan mulai berbunga dalam kurun waktu 1 bulan, setelah dua minggu kemudian bunga akan mekar.
  • Bunga wortel yang mempunyai warna kecoklatan siap untuk dipanen.

Sesudah bibit wortel dilakukan pemilihan, rendam bibit wortel dengan 1 tutup botol Herbafarm Cair dengan air seperlunya sepanjang 30 menit. Seterusnya tanam bibit wortel pada media pembibitan. Anda bisa juga menyiraminya dengan air bekas rendaman itu pada tempat pembibitan. Maksudnya untuk menambahkan elemen hara dan memperkuat bibit dari serangan hama.

Pengolahan Lahan tanaman wortel

Pengolahan Lahan tanaman wortel

Pengolahan lahan pada budidaya tanaman wortel dilaksanakan untuk menggemburkan tanah, membunuh gulma dan tumbuhan yang lain yang nantinya dapat mengusik pertumbuhan tanaman wortel. Lahan diproses dan diterapkan pupuk Herbafarm Granul dengan dosis 15Kg/ Hektar dan juga bisa ditambah pupuk kompos atau pupuk kandang sekitar 100kg. Pemakaian pupuk kompos atau pupuk kandang tidak boleh berlebihan.

Buat bedengan untuk penanaman bibit wortel. Ukuran bedengan yang dibikin dengan lebar 100cm, tinggi 30cm dan jarak antar bedengan 45CM. Jarak antar bedengan ini sekalian berperan sebagai drainase atau tempat pengaliran air supaya tidak ada kubangan di saat musim penghujan. Seterusnya tiga hari selanjutnya terapkan pupuk herbafarm cair dengan dosis 10 tutup botol ditambahkan 14 liter air untuk lahan seluar 500M2.

Pemberian pupuk herbafarm dalam proses pengolahan lahan untuk mengubah struktur tanah yang awalannya keras jadi gembur dan siap untuk ditanami.

Cara ini terhitung lumayan gampang jika diperbandingkan dengan tanaman sayur tipe lainnya. Dengan cara menanam wortel yang betul, ada beberapa hal yang harus Anda kenali saat sebelum dilakukannya penanaman.

Baca juga :metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur

Baca juga :metode budidaya buah naga dipekarangan rumah

proses penanaman bibit wortel

setelah bibit dan lahan sudah siap,saatnya kita masuk pada tahap proses penanaman bibit wortel.

  1. Tanam bibit wortel yang telah disiapkan,awalnya bibit wortel di tempatkan pada tempat yang teduh
  2. Tutup dengan pupuk kompos dengan ketinggian 0,5-1cm.
  3. Untuk menahan larikan tergenangi air saat hujan datang, Anda dapat memakai daun pisang atau daun yang lumayan lebar lainya yang dapat diemui di seputar posisi penanaman.
  4. Selalu menjaga kelembapan tanah dengan teratur lakukan penyiraman.

perawatan tanaman wortel

perawatan tanaman wortel

dalam budidaya tanaman wortel,Cara ini ialah cara yang paling penting, karenanya dilaksanakan perawatan dan pemupukan tanaman wortel bisa memperoleh hasil yang maksimal. Ditambah lagi Anda telah melakukan proses yang panjang sampai hingga ke cara ini.

Agar bisa melakukan perawatan dan pemupukan secara benar Anda dapat melakukan 3 cara penting, yakni:

Penjarangan dan Penyiangan

kegiatan ini juga penting untuk dilaksanakan karenanya pengurangan jumlah tanaman bisa memberi ruangan lebih besar pada tanaman wortel. Berikut yang selanjutnya membuat tanaman wortel bisa tumbuh lebih maksimal. Dalam langkah ini Anda bisa pilih tanaman wortel yang perkembangannya tidak maksimal atau tidak baik agar tidak memengaruhi tanaman lain.

Setelah itu proses penyiangan di mana Anda harus membersihkan lahan dari hama hama yang mengusik, baik itu tanaman liar atau hewan hewan yang mengusik. Gulma yang tumbuh di sekitar tanaman wortel bisa dibikin bersih dengan memakai garpu. Anda harus teratur melakukan ini karena gulma bisa meresap nutrisi dalam tanah, disamping itu gulma jadi tanaman inang dari bermacam hama dan penyakit.

Baca juga :Metode menanam serai dalam pot

Baca juga :Cara menanam bawang merah dikebun

Pengairan

diawal perkembangannya, tanaman wortel memerlukan air yang cukup . Sehingga penyiraman seharusnya dilaksanakan tiap hari pada periode tahap awalnya penanaman wortel. Intensif penyiraman dapat dikurangkan di saat wortel sudah tumbuh dan makin besar.

Anda harus ingat jika pada langkah pengairan ini Anda harus betul-betul cermat, karena jika tanaman wortel yang mulai tumbuh memperoleh air kebanyakan justru akan membuat umbi menjadi rusak, kebalikannya jika kekurangan air maka tanah bisa menjadi kering dan tanaman wortel bisa menjadi rusak.

Pemberian Pupuk susulan

pada budidaya tanaman wortel Pemberian pupuk susulan dapat dilaksanakan saat tanaman wortel mulai berusia 30HST. Pada pemberian pupuk susulan ini pupuk yang diberi ialah urea dan kcl, di mana perbedaan yang dipakai ialah 2:1 dan dilaksanakan dengan cara membuat larikan disamping tanaman wortel dengan jarak sejumlah 5cm.

Anda dapat menaburkan pupuk susulan pada larikan yang telah Anda bikin lalu tutup kembali dengan tanah. Anda bisa juga menyemprotkan pupuk organik cair pada periode perawatan ini minimal 1 minggu sekali.

Pemupukan ini dilaksanakan agar keperluan nutrisi wortel bisa selalu terpenuhi, hingga tanaman tidak gampang diserang penyakit dan mempunyai ketahanan pada hama yang tinggi . Sehingga pertumbuhan wortel bisa makin maksimal dan bisa hasilkan wortel dengan umbi yang besar.

pengendalian hama tanaman wortel

pengendalian hama tanaman wortel

Yang sering ditemui saat budidaya wortel ialah hama dan penyakit. Gempuran hama bisa membuat pertumbuhan wortel jadi tidak optimal, bahkan juga bisa membuat tanaman wortel gagal panen.

Berikut yang betul-betul harus bisa diperhitungkan, Anda harus secepat-cepatnya memberantas hama dan penyakit pada tanaman wortel agar perkembangannya bisa optimal.

Untuk cara mengantisipasi, berikut ini ialah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hama dan penyakit pada tanaman wortel.

Baca juga :Cara merawat cabe rawit agar berbuah lebat

Baca juga :Cara mudah budidaya paprika dalam pot

Pengendalian Hama

harus kita ketahui tanaman Wortel benar-benar gampang terserang hama kutu daun dan ulat. Ini cara mengendalikannya.

Untuk ulat tanah, Anda dapat memberantas dengan cara lakukan penelusuran sarangnya saat pagi hari dan berantas juga ulat tanah di saat itu juga. Jika gempuran hama ulat tanah mulai meninggi, Anda dapat mepakai insektisida dengan bahan aktif karbofuran.

Untuk kutu daun, Anda dapat bersihkan lahan khususnya dari gulma. Jika Anda mendapatinya karena itu harus secepat-cepatnya dibikin bersih, karena jika tidak kutu daun akan serang puncak daun tanaman wortel dengan mengisap cairan yang ada pada daun. Kondisi ini akan membuat daun keriting dan tidak dapat lakukan fotosintesis dengan prima, hingga pertumbuhan wortel jadi tidak maksimal.

pengendalian Penyakit

pengendalian Penyakit

Bintil akar dan bintik daun ialah penyakit yang kerap serang tanaman wortel. penyakit ini harus selekasnya diatasi, karena bintil akar akan mengakibatkan umbi wortel mempunyai tonjolan karena nematoda.

Sedang bintik daun pemicunya ialah jamur cercospora yang diikuti karena ada bintik coklat pada daun dan tepian daun jadi hitam. Ini cara pengendaliannya

Bintil akar, dapat diatasi dengan pergiliran tipe tanaman lain yang berbeda keluarga.

Bintik daun, untuk tanaman wortel dengan usia 30 HST dapat diatasi dengan memakai stimulasi organik yang disemprot langsung ke tanah. Sedang untuk tanaman wortel dengan usia 7HST dapat memakai pupuk organik tiap satu minggu sekali.

Baca juga :manfaat pare untuk kesehatan tubuh

Baca juga :Cara budidaya tanaman pare agar berbuah lebat

panen tanaman wortel

panen tanaman wortel

Proses panen sebagai proses yang paling menyenangkan untuk beberapa petani, terlebih bila hasilnya demikian bagus. Waktu bagus dari panen ini ialah sekitaran 60 hari atau tiga bulan dari periode tanam.

Saat memetik tanaman wortel, seharusnya harus dilaksanakan lebih berhati-hati. Maksudnya agar umbi tidak hancur saat ditarik, hingga kualitas umbi akan selalu terlindungi.

Cara di atas bisa saja tidak paten dan dapat dikondisikan sesuai keadaan dari lingkungan dan tempat budidaya wortel.

Selanjutnya, dari beberapa Cara Budidaya Tanaman Wortel yang sudah disebut sebelumnya, dimulai dari penyeleksian benih sampai proses panen harus betul-betul jadi perhatian dan jangan dilaksanakan dengan asal atau sembarangan untuk jaga hasil kualitas tanaman wortel.

nah demikianlah ulasan singkat mengenai cara menanam wortel dikebun agar tumbuh besar.semoga artikel kali ini bisa bermanfaat.

Post a Comment for "cara menanam wortel dikebun agar tumbuh besar"