Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menanam nanas madu dikebun yang baik dan benar

cara menanam nanas madu dikebun yang baik dan benar

cara menanam nanas madu dikebun yang baik dan benar

cara menanam nanas madu dikebun yang baik dan benar-Buah nanas sebagai salah satunya tanaman jenis buah yang sudah banyak diperbudidayakan di wilayah tropis maupun subtropis. Nanas yakni tanaman buah berbentuk semak yang mempunyai nama ilmiah (Ananas Comosus L). Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan).

Buah nanas untuk beberapa umumnya mempunyai rasa yang asam kadangkala bergabung legit maka kadangkala kurang disukai oleh sebagian orang. Tetapi hal semacam itu berlainan dengan buah Nanas madu yang disebut bintang buah nanas karena mempunyai rasa yang paling manis dan fresh. 

Nanas madu mempunyai kandungan bakteri Acetobacter xylinum dengan pH 3-4,5, tumbuh lebih baiknya bakteri nata. Nanas madu pun mempunyai kandungan gula dan air, soal ini yang jadikan nanas madu mempunyai rasa manis yang lebih dibandingkan nanas biasa dan mempunyai daging serat lebih lunak dan kaya akan air, maka lebih fresh dan pas disantap di siang hari waktu cuaca panas. 

Karena keunggulan rasa nanas madu itu maka nanas madu lebih disukai orang dan memliki harga yang terbilang cukup tinggi dipasaran.Nanas madu mempunyai nilai ekonomis yang cukup baik. Buahnya dapat dimakan langsung pada keadaan fresh ataupun dibuat menjadi sejumlah makanan.

Cara menanam nanas yang baik dan benar bisa Anda melakukan melalui petunjuk penanaman yang udah direkomendasikan untuk memperoleh hasil tanam yang maksimum. Sama dengan yang ditemui, buah nanas atau Ananas comosus sebagai salah satunya jenis buah-buahan tropis yang mempunyai daging buah dan warna kuning dengan cita-rasa manis keasaman. 

Buah yang datang dari dataran Brasilia ini mempunyai tanda-tanda antik yaitu mempunyai daun yang panjang dan runcing dan kulit buah yang bersisik. Di Indonesia, buah nanas awal mulanya diketahui sebagai jenis tanaman untuk pekarangan, tetapi bersamaan mengembangnya pengetahuan warga saat ini terhadap tanaman nanas udah diperbudidayakan dan diperlukan sebagai bahan olahan beraneka makanan seperti keripik, selai, bahan pengerjaan rujak, campuran koktail atau es buah sampai langsung dikonsumsi.

Selainnya karya olahan memiliki bahan dasar nanas semakin beraneka, buah nanas ini punyai beraneka manfaat. Buah nanas punyai kandungan vitamin C yang tinggi, diluar itu pun ada kandungan enzim bromelain yang memiliki fungsi untuk melunakkan daging dan memudahkan proses pencernaan dan peresapan makanan pada badan. 

Diluar itu, buah nanas pun diyakini baik dalam menyembuhkan bermacam jenis penyakit seperti flu, wasir, mual, problem aliran kencing, penyakit kulit sampai anemia. Beraneka kegunaan dan nilai ekonomis yang cukup baik.berikut yang bikin budidaya buah nanas  memberikan keuntungan.

Baca juga :panduan menanam jambu kristal supaya cepat berbuah lebat

Baca juga :cara menanam wortel dikebun agar tumbuh besar

Persyaratan Tumbuh tanaman Nanas Madu

budidaya tanaman jenis nanas madu kita mesti mengenal lebih dahulu persyaratan tumbuhnya, baik tentang cuaca, ketinggian pada tempat ataupun jenis dari tanahnya. Beberapa faktor itu sebagai persyaratan awalnya yang wajib disanggupi biar tanaman nanas sanggup bertumbuh serta berproduksi dengan lebih maksimum.

Cuaca

pada situasi cuaca yang basah atau cuaca kering.nanas masih sanggup untuk bertumbuh. namun pada umumnya, tanaman nanas madu yakni bertoleransi terhadap kekeringan. jenis Tanaman nanas madu mampu bertahan hidup dengan bagus di bawah cahaya matahari umumnya 33-71% dengan temperatur di antara 23-32C, nanas madu juga dapat  bertumbuh di wilayah yang mempunyai temperatur rendah sampai 10C.

Jenis tanah

jenis dari tanah dapat yang difungsikan dan pas bagi tanaman nanas. dan direkomendasikan tentukan jenis tanah yang ada kandungan organiknya. Persentase keasaman pada tanah di antara 4,5 - 6,5. jenis Tanah yang zat kapurnya  (pH lebih dari pada 6,5) akan menyebabkan jenis tanaman ini menjadi kecil atau kerdil. Sedang tanah yang masam (pH 4,5 ataupun lebih rendah) dapat alami pengurangan beberapa unsur micro dalam sekejap.

Elemen yang penting dan  menjadi perhatian yakni sistem drainasenya  harus yang terbaik, karena bila tanaman ini tergenang akan mudah terserang busuk di sisi akar, maka sebaiknya nanas jika ditanam harus pada tanah yang miring, maka air dapat mengalir dan tidak terendam.

Cara menanam tanaman nanas madu tidak terlalu sukar, jika kita mengikuti petunjuk budidaya nanas, sebagai berikut,

penggarapan lahan

penggarapan lahan

penggarapan lahan diawali pada pembersihan lahan s/d pengerjaan bedengan. Lahan dibikin bersih dari sejumlah rerumputan serta bebatuan, setelah itu tanah pada lahan di cangkul sedalam 30-40 cm sampai gembur, diamkan tanah menjadi kering sekurang-kurangnya 2 minggu biar tanah menjadi lebih masak serta siap ditanam.

untuk tingkat keasaman pada tanah yang pantas untuk tanaman nanas yaitu  4,5-6,5. Untuk memperoleh kadar keasaman yang normal dikerjakan pengapuran pada tanah dengan memanfaatkan Dolomit atau kapur jenis pertanian yang lain dengan cara ditaburkan sama rata serta digabungkan dengan susunan tanah atas. Jumlah kapur disamakan dengan pH tanah

Adapun pupuk dasar yang dipakai merupakan pupuk kandang dengan jumlah kira-kira 10 ton/ha. Pupuk kandang itu ditebar sama rata pada tanah di waktu pengerjaan tempat. Bedengan dibentuk selebar 80 - 120 cm, sementara jarak antar bedengan kira-kira 90-150 cm serta tinggi bedengan kira-kira 30 - 40 cm. 

Buat menghambat pertumbuhan rumput serta pencucian unsur hara yang disebabkan oleh air hujan, seharusnya bedengan ditutupi dengan menggunakan plastik mulsa.

Cara Perbanyak Tanaman Nanas Lewat Stek

Cara Perbanyak Tanaman Nanas Lewat Stek

Stek adalah satu diantara trik pembiakan atau pembibitan nenas secara vegetatif. Keutamaannya dari langkah berikut yaitu bakal diperoleh bibit yang punya keseragaman serta dapat dibuat pada jumlah yang banyak. Diluar itu pembibitan nanas secara stek pun tambah murah serta cepat maka bisa mendesak cost produksi. 

Sisi tanaman Nanas yang bisa dipakai selaku bahan stek yaitu sisi tangkai bertunas, sisi daun, serta mahkota nanas. Bahan stek diterima dari tanaman nanas yang udah berbuah.

Baca juga :Cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat

Baca juga :cara yang baik menanam melon agar cepat tumbuh dan subur

Menyediakan bahan stek

Penyiapan stek di tangkai tunas

  • Bedah tanaman Nanas, lalu membersihkan dari daun-daun kering serta akar
  • Potong tangkai yang tak berdaun seputar 1-2 cm, lalu belahlah jadi 2-4 sisi. Usahain dalam pemangkasan tak tentang mata tunas atau calon
  • Penyiapan stek di tangkai berdaun
  • Potong tangkai nanas yang berdaun dengan tebal kira-kira 1 cm dengan memasukkan satu lembar daun perpotongan

Penyiapan stek di mahkota daun

  • Mengambil mahkota dari buah nanas
  • Apabila ukuran meristem di mahkota panjang jadi bisa dipotong dengan tebal seputar 1 cm
  • Turunkan jumlah daun yang menempel di mahkota
  • Belahlah mahkota jadi 4 sisi

Perbuatan seusai Stek

  1. Rendam potongan tangkai serta mahkota ke larutan fungisida waktu 5 menit 
  2. Bahan stek tangkai yang gak berdaun: posisikan ujung belahan menuju ke bawah serta punggungnya menuju keatas, tutup potongan itu dengan medium dengan tebal 1,5-2 cm
  3. Stek tangkai berdaun serta Mahkota: Stek siap ditanamkan di medium pasir pada jarak 5 cm
  4. Di usia 7-10 hari dikerjakan penyiraman sesedikit barangkali biar permukaan sisa pemangkasan jadi kering serta keras
  5. Menempatkan bibit di ruangan penyemaian atau polybag waktu berusia 3-5 bulan. Pakai medium berisi paduan tanah, pupuk, serta pasir dengan perbedaan yang serupa
  6. Seusai 6-7 bulan benih siap ditanamkan di dalam lapangan

Penanaman

Penanaman bibit nanas

Seusai lahan tanam serta bibit sudah siap, sesudah itu masuk ke dalam babak penanaman. Babak penanaman ini dapat baik jikalau dikerjakan di awalnya musim hujan dengan cara jadi berikut ini:

  1. Membikin lubang tanam dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm sesuai sama jarak tanam di antara 40 x 60 cm atau 60 x 80 cm.
  2. Penanaman bibit dikerjakan sampai 3-5 cm sisi pangkal batang bisa tertimbun tanah.
  3. Menempatkan serta menanam bibit nanas pada lubang tanam masing-masing satu bibit buat tiap-tiap lubang tanam.
  4. Padatkan kembali tanah di seputar pangkal bibit, supaya tanaman tak ringan jatuh serta supaya tanaman mempunyai contact langsung beserta air tanah.
  5. Kerjakan penyiraman sampai tanah lembab serta basah.

Baca juga :metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman nanas

Pemeliharaan tanaman nanas ini mencakup banyak hal, yang misalnya merupakan:

Penyiraman

Biarpun tanaman nanas amat tahan ada cuaca panas, tapi buat memaksimalkan hasil pembuahan proses penyiraman sangat diperlukan. Penyiraman bisa dikerjakan kedua kalinya satu hari yaitu di saat sore dan pagi hari waktu dua minggu sekali buat menstimulasi pembungaan serta pembuahan.

Penyulaman

Penyulaman atau pergantian tanaman yang mati dengan tanaman anyar ini dikerjakan jikalau ditemui tanaman anyar yang tak tumbuh atau diserang hama serta penyakit. Penyulaman bisa dikerjakan amat lamban sebulan seusai masa tanam.

Penyiangan

Penyiangan ini dikerjakan buat memperkirakan gulma yang bisa memacu munculnya gempuran hama serta penyakit. Penyiangan ini bisa dikerjakan secara rutin sesuaikan tingkat pertumbuhan gulma di seputar tanaman.

Penggemburan

Penggemburan serta pembumbunan tanah dikerjakan dengan arah buat membetulkan serta mengawasi susunan tanah serta mengawasi supaya tanaman masih kukuh serta tak keluar dari permukaan tanah. Proses ini bisa dikerjakan dengan cara menggemburkan tanah di seputar bedengan serta menimbunkannya pada pangkal batang nanas sampai membuat bendengan.

Pemupukan

Pemupukan pada budidaya nanas bisa dikerjakan kedua kalinya yaitu di waktu umur tanam capai 2-3 bulan serta dilanjut dengan tempo 3-4 bulan sekali sampai tanaman berbunga serta berbuah. Pupuk yang dipakai merupakan pupuk yang mempunyai kandungan nitrogen, kalium, fosfor serta unsur hara micro karenanya Anda bisa memanfaatkan pupuk Urea 100 kg, SP-36 150 kg serta pupuk KCL 100 kg buat tiap-tiap hektar lahan tanam. 

Seusai digabungkan, sesudah itu pemberian pupuk bisa dikerjakan dengan memasukkan pupuk ke parit atau mungkin dengan menyemprotkan pupuk cair pada daun tanaman.

Baca juga :Metode menanam serai dalam pot

Baca juga :Cara menanam bawang merah dikebun

Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian hama dan penyakit tanaman nanas

Ingat begitu kompleksnya permasalahan hama dan penyakit di tanaman nanas, mesti dituruti dengan pengetahuan yang cukup berkaitan cara pengendalian hama dan penyakit yang bagus dan aman. Untuk mengatur beragam jenis hama dan penyakit ini Anda bisa menyemprotkan insektisida di tanaman, dan melaksanakan perendaman pangkal bibit di larutan fungisida saat sebelum melaksanakan penanaman untuk menghindar pembusukan akar.

Tanaman nanas yang terserang penyakit atau hama umumnya dikuasai oleh faktor lingkungan atau cuaca sekitaran lahan penanaman. Juga bisa disebabkan karena banyak hal terhitung saat mengawali budidaya nanas.

Diantaranya dengan penyeleksian bibit yang baik varietasnya dan proses perawatan yang pas di saat pemupukan

Busuk Pangkal

Penyakit pertama kali yang kerap menyerang tanaman nanas ialah penyakit busuk pangkal. Penyakit ini dikarenakan oleh serangan dari Ceratocystis paradoxa dan C. Moreau. Sedang gejala yang muncul dari penyakit ini ialah busuk pada pangkal bibit nanas yang diikuti dengan pengubahan warna jadi coklat. Pembusukan ini bisa semakin makin tambah meluas sampai ke atas daun baik saat sebelum atau setelah dilaksanakan perpindahan bibit.

Baca juga :Cara merawat cabe rawit agar berbuah lebat

Baca juga :Cara mudah budidaya paprika dalam pot

Cara Pengendalian

Lantas bagaimanakah pengendaliannya? Turuti cara berikut:

  • Saat penanaman bibit bisa ditempatkan secara kebalik buat mengobati luka sisa pemangkasan. Ini dilaksanakan karena cendawan Ceratocystis paradoxa dan C. Moreau bisa mengontaminasi lewat luka pada tanaman.
  • Periode yang paling bagus untuk dilaksanakan penanaman ialah saat cuaca kering.
  • Di saat panen diikutkan batang buahnya. Sedang untuk menghindar infeksi pada batang buah bisa dilaksanakan dengan memakai asam benzoate 10% dalam etanol.

Busuk Akar

Penyakit busuk akar disebabkan karena serangan Phytophtora sp. Tanaman nanas yang terserang penyakit busuk akar mempunyai gejala diantaranya: Tanaman muda alami klorosis, daun-daun muda gampang ditarik karena pangkal busuk, kerusakan pada akar, tanaman jadi kerdil, perkembangan buah terlambat atau mungkin tidak berbuah sama sekalipun.

Cara Pengendalian

Pengendalian penyakit busuk akar pada tanaman nanas bisa dilaksanakan dengan cara sebagai berikut ini:

  • Aerasi dan drainase tanah harus baik
  • Sanitasi kebun dari tersisa tanaman awalnya khususnya yang terserang penyakit.
  • Perendaman Tunas dalam fungisida Alietts dan Ridomil saat sebelum tanam.
  • Perputaran dengan tanaman yang resisten seperti tebu jagung kedelai dan kacang-kacangan.
  • Penanaman varietas tahan penyakit.

Fusariosis

Penyakit ke-3 pada tanaman nenas ialah fusariosis penyakit fusarium sebagai penyakit yang disebabkan karena Fusarium moniliforme var. Subglutinans. Saat Penyakit ini menyerang tanaman nanas akan mempunyai gejala seperti, tanaman jadi kerdil, daun berupa klorotik, dan dalam kasus tertentu sisi ujung batang bengkok atau mati. Selanjutnya penyakit Fusariosis ini menyerang pada semua sisi tanaman khususnya pada buah dan tunas.

Cara Pengendalian

Untuk mengatur penyakit fusariosis pada tanaman nanas bisa dilaksanakan pengendalian sebagai berikut ini:

  • Pakai bibit nanas yang bebas dari penyakit
  • Perputaran tanaman.
  • Mengatur serangan dari pengunjung bunga khususnya serangga Lepidoptera (kupu-kupu dan ngengat) yang bisa menebarkan spora jamur Fusarium moniliforme var. Subglutinans.
  • Memakai fungisida saat pembungaan dan perubahan buah nanas.

Begitu beberapa penyakit yang kerap menyerang tanaman nanas dan cara pengendaliannya. Pasti dalam pembudidayaan tanaman nanas tidak cuman penyakit itu yang bisa menyerang tanaman nanas, masihlah ada serangan hama dan gulma yang bisa turunkan atau mengusik perkembangan tanaman nanas.

Karena itu, pengendalian atau pencegahan sangat perlu dikerjakan buat kurangi imbas serangan hama dan penyakit pada tanaman nanas, untuk hasilkan produk buah nanas yang berkualitas.

Baca juga :manfaat pare untuk kesehatan tubuh

Baca juga :Cara budidaya tanaman pare agar berbuah lebat

Pemanenan

Pemanenan buah nanas

Budidaya buah nanas yang dilaksanakan dengan cara vegetatif semakin lebih cepat ketimbang dengan cara budidaya secara generatif. Tanaman yang dari bibit tunas batang dapat dipanen di usia 18 semenjak masa tanam, dan untuk tanaman yang ditingkatkan dengan bibit tunas akar mulai bisa dipanen di usia 12 bulan semenjak masa tanam. 

Masalah ini tidak serupa dengan proses penanaman buah nanas yang dilaksanakan dengan cara generatif yang anyar bisa ditanam di usia dua tahun semenjak masa tanam.

Proses pemanenan ini mesti dilaksanakan dengan cara yang betul yaitu dengan memotong batang buah dengan pisau yang tajam dan steril, terkecuali itu untuk jaga situasi buah supaya tidak hancur karena itu proses pemanenan harus dilaksanakan dengan berhati-hati. Fase pemanenan dilaksanakan sekitar 3x, yaitu 25% di fase pertama, 50% di fase ke-2 dan 25% di fase ke-3 .

Baca juga :Cara budidaya gambas yang baik dan benar

Pascapanen

Pascapanen buah nanas

Buah nanas termaksud komoditi buah yang rentan hancur, turun dan cepat busuk. Oleh lantaran itu, sesudah panen membutuhkan pengurusan pascapanen yang ideal. Sejumlah kegiatan yang termaksud waktu panen misalnya yakni :

Pemungutan

Sesudah dilaksanakan pemanenan buah dihimpun di penampungan hasil atau gudang sortasi. Gudang mesti beratap, kering, bersih dan punyai sirkulasi yang lancar.

Penyortiran dan Penggolongan

Kesibukan sortasi mulai dengan pisahkan buah yang hancur, bengep, busuk, atau mentah secara spesifik dari buah yang baik dan normal. Pengelompokan buah berdasar wujud dan ukuran yang seragam, jenis atau tingkat kematangannya.

Penyimpanan

Penyimpanan dilaksanakan bila harga turun, maka dari itu untuk menanti harga naik karena itu dilaksanakan penyimpanan. Buah nanas kebanyakan tersimpan dalam peti bungkus dalam area dingin yang hawanya lebih kurang 5 derajat C.

Pengepakan dan Pengantaran

Kesibukan pengepakan mulai dengan keluarkan buah nanas dari almari pemeraman, lalu diputuskan (sortasi) berdasar tingkat kerusakannya supaya seragam. Setelah itu buah nanas dikemas dengan kertas pembungkus lalu dibungkus dalam keranjang bambu atau peti kayu atau dos karton bergelombang. 

Ukuran tempat pengepakan 60 x 30 x 30 cm yang dikasih lubang sirkulasi. Proses pengantaran mulai dengan masukkan peti bungkus dengan teratur di alat pengantaran, buah nanas diangkut dan ditawarkan ke tempat marketing.

Demikianlah rangkaian ulasan mengenai bagaimana cara menanam nanas madu dikebun yang baik dan benar semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat.

Post a Comment for "cara menanam nanas madu dikebun yang baik dan benar"