Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat

Cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat

Cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat

Cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat-lemon adalah salah satu dari berbagai macam jenis tanaman jeruk yang sangat tinggi  vitamin C.penggunaan jeruk lemon pada makanan ataupun minuman sudah menjadi populer dijaman sekarang.jeruk lemon dipercaya memiliki banyak sekali manfaatnya buat hidup yang sehat.berikut ini adalah beberapa manfaat  jeruk lemon.

  • mengatasi masalah rematik.
  • meredam stres.
  • mencegah resiko terkena penyakit batu ginjal.
  • meningkatkan  sistem pada kekebalan tubuh.
  • mencegah terjadinya resiko penyakit asma.
  • mengobati penyakit flu.
  • berperan sebagai antibakteri.
  • mengobati penyakit diabetes.
  • meningkatkan kesehatan pada otak.
  • meringankan rasa sakit kepala.
  • menormalkan tekanan pada darah.
  • mencegah penyakit kurang darah.
  • mencegah terjadinya resiko penyakit  jantung.
  • meredahkan radang tenggorokan.
  • menyehatkan kulit.
  • dan masih banyak lagi manfaat dari buah lemon yang sangat baik untuk kesehatan.

tanaman jeruk lemon tidak jauh berbeda dengan tanaman jeruk yang lainnya.menanam jeruk lemon bisa dilakukan dilahan kebun atau pekarangan rumah.cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat juga membahas sedikit mengenai syarat tumbuh tanaman lemon.

Baca juga :cara yang baik menanam melon agar cepat tumbuh dan subur

Baca juga :metode budidaya buah naga dipekarangan rumah

syarat tumbuh tanaman jeruk lemon

tanaman jeruk lemon dapat bertumbuh pada dataran yang tinggi (500-1200 mdpl)ataupun pada dataran yang rendah (100-400 mdpl).sedangkan untuk lahan yang akan ditanami tanaman jeruk lemon haruslah mendapatkan matahari secara penuh.

jenis tanah yang baik untuk menanam tanaman lemon ialah jenis tanah gembur tentunya memiliki kandungan organik yang tinggi.dan tingkat PH tanah berkisar  antara 6-7.cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat tidak menyarankan lahan yang terdapat genangan air.

melainkan sistem drainase yang memadai atau kesediaan air yang cukup.untuk suhu yang disukai tanaman jeruk lemon berkisar antara 15C-30 C.dan curah hujan rata-rata 100mm setiap bulan dengan kelembapan berkisar 50%-85%.

Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dan syarat tumbuh tanaman jeruk lemon.saatnya kita membahas bagaimana cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat.berikut adalah tahapan dalam menanam jeruk lemon.

  1. menyiapkan bibit tanaman lemon.
  2. mempersiapkan media tanam tanaman lemon.
  3. penanaman bibit jeruk lemon.
  4. perawatan tanaman lemon.
  5. cara memanen tanaman jeruk lemon.

Dengan mengikuti beberapa tahapan diatas.maka diharapkan tanaman jeruk lemon dapat berbuah lebat.

menyiapkan bibit tanaman lemon

menyiapkan bibit tanaman lemon

menyiapkan bibit tanaman lemon merupakan tahap awal untuk menanam jeruk lemon agar berbuah lebat.bibit tanaman lemon yang dibutuhkan haruslah bibit yang kualitasnya baik.bibit lemon bisa didapatkan dengan cara memanfaatkan biji (generatif)atau dengan cara distek (vegetatif).

bibit tanaman lemon yang dihasilkan dengan biji bisa kita beli pada toko pertanian atau bisa juga dengan memesannya secara online.bibit yang kita beli harus dipastikan kualitasnya.selain itu,kita juga bisa mengambil biji lemon dari buah lemon yang besar untuk dijadikan bibit.

sementara bibit dari tanaman lemon yang dibuat secara distek adalah mengambil dari induk tanaman temon yang memiliki kualitas buah yang baik untuk dijadikan bibit tanaman lemon.cara seperti ini paling banyak digunakan orang untuk menanam tanaman buah termasuk pada jenis tanaman lemon.

selain itu dengan cara distek lebih cepat jika dibandingkan melalui cara menanam tanaman lemon yang memanfaatkan biji untuk dijadikan bibit tanaman lemon.cara seperti ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus membeli.

Baca juga :Cara mudah budidaya paprika dalam pot

Baca juga :panduan budidaya semangka untuk pemula

cara membuat bibit tanaman lemon dengan cara distek

  • tentukan sasaran tangkai tanaman jeruk lemon yang bakal dipotong,tentukan tangkai yang ada 3 lembar daun selanjutnya dipotong sejauh kurang lebih 20cm.
  • selanjutnya potong daun jeruk sisi bawah dan daun jeruk yang masih ada dipotong tetapi disisahkan seputar 1/4 dari batang daun,ini mempunyai tujuan kurangi berlangsungnya evaporasi.
  • ujung tangkai barusan di celupkan di air yang telah digabungkan dengan cairan untuk penumbuh akar.
  • tangkai selanjutnya ditanamkan dalam polybag atau pot dengan diposisikan tegak.
  • kerjakan penyiraman teratur 2 kali dalam satu hari sampai akarnya ada.
  • bila akarnya telah banyak muncul karena itu bibit tanaman lemon yang dibuat bisa dipindah pada tempat tanam selanjutnyamenyiapkan tempat tanam tanaman lemon
  • setelah kita menyiapkan bibit tanaman jeruk lemon,tingkatan selanjutnya ialah mempersiapkan tempat tanam tanaman lemon.tanaman jeruk lemon bisa dimasukkan pada tempat kebun atau dimasukkan pada polybag atau pot.Jeruk lemon dapat di tanam melalui tempat pertanian atau dengan media pot.
Bila Anda menggunakan tempat pertanian sebagai tempat tanam, sebagusnyanya pakailah tempat pada keadaan yang tidak basah dan ada sinar matahari untuk tanaman jeruk. Biasanya tanah yang digunakan adalah tanah yang gembur dengan watak organik dan terlepas dari gulma.

Pada tempat pertanian, Anda juga perlu untuk buat aliran drainase yang baik. Setelah tanah siap, bikinlah lubang tanam yang terlebih dahulu dikasih pupuk agar komponen hara pada tanah semakain banyak. Gunakan pupuk yang murni tanpa gabungan bahan kimia, seperti pupuk kandang atau pupuk organik.

penanaman bibit jeruk lemon.

penanaman bibit jeruk lemon

jeruk lemon sebagai pohon yang memerlukan sinar matahari yang cukup atau sekitar 8-12 jam dalam satu hari agar bisa memberikan dukungan perubahannya.Untuk tempat pertanian sendiri, tanah yang akan digunakan sebagai tempat tanam biasanya harus melalui penggemburan tanah dan pembuatan aliran irigasi terlebih dahulu. 

Selain itu, pembuatan lubang tanam juga harus jadi perhatian karena sebelum kerjakan penanaman, lubang tanam agar lebih dahulu dikasih pupuk untuk bikin semakin bertambah komponen hara yang ada di dalamnya. Pupuk yang di sarankan adalah pupuk kandang murni tanpa gabungan bahan kimia.

sesudah bibit anda keluarkan tunas dan akar, bibit yang awalannya berada di pot harus sesegera di alihkan ke media yang lebih luas. Seperti pot yang makin besar ukuran diameternya atau tempat pertanian yang telah dipersiapkan. Bila tidak sesegera dipindahkan, kesempatan pohon akan mengalami perlambatan dalam perubahan akan terjadi.

Langkah Menanam Jeruk Lemon masih termasuk mudah, lepaskan polybag yang berisi bibit jeruk lemon dan taruh pada lubang tanam yang telah dipersiapkan awalannya. Selanjutnya, tutup lubang dengan tanah.

perawatan tanaman lemon.

jaga nutrisi tanah

Tanaman lemon bisa tumbuh pada tempat tanam yang memiliki tanah gembur dan mempunyai kandungan organik yang baik, untuk penuhi gizi yang dibutuhkan tanaman lemon.Optimis tempat penanaman supaya memperoleh sinar matahari cukup agar tanaman lemon bisa tumbuh dengan baik.

Anda juga harus rajin membersihkan gulma yang tumbuh disekitaran pohon agar gizi tanaman lemon tidak teresap dengan tanaman penggangu.Ketika proses penanaman awalannya, optimis untuk memberi jarak antara tanaman lemon satu sama yang lain.

Pemberian jarak ini berguna agar, akar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal dan tidak berpadu dengan tanaman lainnya.Sampai gizi yang dibutuhkan oleh tanaman terserap sama kepentingan. Tanah yang mempunyai gizi dan penanaman yang cocok sebagai faktor paling penting agar tanaman lemon masih sehat.

Baca juga :Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

Baca juga :Jenis pupuk untuk tanaman terong dan cara penggunaannya

memotong bagian Ranting

langkah merawat tanaman jeruk lemon setelah itu menggunting sisi Ranting Jika Sudah Cukup rusak. Pohon lemon biasanya akan berbuah saat sudah berusia 1 sampai 2 tahun. Saat berkembang pohon akan memiliki ranting dan cabang yang hanya hasilkan daun saja.

Karenanya langkah merawat  tanaman jeruk lemon yang penting dikerjakan agar cepat berbuah adalah kerjakan pemangkasan pada ranting atau cabang yang tidak memiliki buah. Ranting dan cabang yang tumbuh ini habiskan energi dari tanaman sendiri.

Ranting dan cabang ini, biasanya tumbuh pada tengahnya batang atau bahkan bawah batang. Semestinya dahan itu di potong agar tidak memengaruhi perubahan dari tanaman sendiri.Tidak cuma itu, peran lain pemotongan untuk percantik pohon dan agar pohon tidak perlu buang energi terkecuali untuk pembuahan.

Sebaiknya anda sesegera menggunting tanaman itu dan kerjakan secara teratur tanpa menunggu ranting tubuh subur agar tanaman secepat-cepatnya berbuah.

pemupukan

langkah menjaga tanaman jeruk lemon setelah itu Beri Pupuk Ke Tanaman Jeruk Lemon AndaGizi pada tanaman lemon tidak cuma didapatkan dari tanah yang baik di awal penanaman, tapi membutuhkan pupuk tambahan agar sesegera berkembang.

Pupuk dikasih adalah pupuk yang memiliki kandungan fosfor tinggi yang berguna untuk membantu bunga terbentuk. Kandungan fosfor tinggi bisa didapatkan dari pupuk TSP atau pupuk NPK yang dikasih melalui akar.Pemupukan dalam langkah jaga tanaman jeruk lemon biasanya dikerjakan dengan membuat lubang disekitaran tanaman.Seterusnya pupuk dimasukkan ke dalam lubang dan ditutup kembali.

Selanjutnya, tanah disiram sampai pupuk larut dan meresap ke tanah. Setelah meresap akar akan menyerap gizi dari pupuk itu sampai membantu tanaman berkembang dengan baik.Tidak cuma untuk buat tanaman berbunga, pupuk juga bisa dikasih untuk memberi gizi daun. Pupuk yang bisa digunakan yakni Gandasil B, Foliar, Hipotex, Growmore dan berbagai merk lainnya memiliki kandungan fosfor tinggi.

Pemberian pupuk sebaiknya anda berikan sekitar satu minggu sekali secara teratur. Anda juga perlu kerjakan penyemprotan sampai tanaman jeruk lemon mengeluarkan bunga.

Teknik Stress Air

Stress air ini bisa dikerjakan buat anda yang menanam lemon pada pot dan tidak yang menanam langsung pada tanah. Penanaman menggunakan teknik ini memiliki keuntungan karena dapat mengganti pengaturan air yang berguna untuk menarik proses pembuahan pada tanaman.

Teknik stress air ini bisa dikerjakan ditanah tapi betul-betul sulit dan tingkat suksesnya rendah.Pohon yang subur dan sehat jadi syarat khusus sebelum kerjakan teknik stress air ini. Tanaman harus memiliki nutrisi dan energi yang cukup agar dapat membuat bunga setelah dikerjakan stress air, yang disebutkan diantaranya dari langkah menjaga tanaman jeruk lemon.

Tanaman yang kurang sehat akan membuat bunga yang tumbuh cepat rontok. Jenjang awalannya yang penting dikerjakan sebelum kerjakan teknik ini adalah memberi pupuk NPS dua minggu awalnya.

tahap seterusnya adalah tempatkan tanaman di bawah sinar matahari setelah dua minggu dikasih pupuk setiap hari. Anda tidak perlu menyiram sejauh 1 sampai dua minggu sampai tanaman layu tapi tidak sampai mati.

Setelah tanaman alami stress, anda harus menyiramiinya terus menerus tergantung cuacanya. Dalam waktu 2 sampai tiga minggu tanaman lemon akan mengeluarkan tunas baru dan harus dirawat dengan baik dengan penyiraman normal.

Baca juga :Budidaya pisang dari benih hingga panen

Baca juga :Teknik budidaya pepaya california dari biji dilahan kering

pengendalian hama tanaman jeruk lemon

Tanaman jeruk lemon memiliki banyak hama penganggu yang bisa serang kapan saja. Hama sudah pasti membuat tanaman yang anda rawat tidak berbuah dengan maksimal.Karenanya anda harus lakukan pengaturan hama agar, memperoleh hasil yang maksimal sama usaha keras anda selama ini. Biasanya hama akan sering ada saat tanaman lemon masuk waktu berbunga.

Hama yang biasanya serang yaitu lalat buah, tungau, ulat peliat daun, kutu loncat dan penggerek buah. Dalam langkah menjaga tanaman jeruk lemon hama ini bisa disingkarkan dengan kerjakan penyemprotan insektisida yang disetarakan dengan hama yang serang.

Langkah lainnya bisa dikerjakan yaitu membuat jebakan buah. Pengaturan hama ini harus sesegera dikerjakan jika penanda sudah terlihat pada pohon lemon

Tindakan Sesudah Panen Pertama

Tanaman jeruk lemon biasanya bisa dipanen saat sudah berusia 3 sampai 5 tahun. Saat panen pertamanya kali jumlah buah yang dibikin banyak karenanya, anda perlu untuk kerjakan pemangkasan agar produktivitas selalu terlindung pada panen kedepan.

Anda juga bisa menebang beberapa batang khusus pohon lemon agar jumlah cabang semakin bertambah. Ini harus anda lakukan agar masih mendapatkan hasil maksimal setelah lewat masa panen pertama

membuat cedera pada Tangkai Tanaman Lemon

Langkah ini sebagai langkah paling terakhir dalam merawat tanaman jeruk lemon agar cepat berbuah karena cidera pada batang bisa menyebabkan tanaman terserang penyakit, bakteri, jamur sampai virus CVPD.

Anda dapat mengimplementasikan langkah ini jika tanaman lemon tidak berbuah walau sudah lewat masanya. Melukai batang pohon dikerjakan dengan mengikat kuat tanaman menggunakan kawat sampai kulit cidera dan tembus sampai batang kayu.

Langkah menjaga tanaman jeruk lemon lainnya yaitu dengan mengelupas kulit pohon sampai kelihatan kambiumnya. Sampai tanaman terhambat proses pengiriman karbohidrat yang membuat berjalannya penimbunan karbohidrat pada batang, daun dan ranting.

Penimbunan ini yang akan membuat bunga dan buah tumbuh. Teknik ini bisa anda coba jika memang semua teknik sudah diusahakan namun tetap tidak membuahkan hasil.

Tanaman jeruk lemon bisa mengalami banyak faktor yang membuat tanaman malas untuk berbuah walaupun sudah beberapa tahun. Faktor itu bisa ada karena kurangnya perawatan dan kurangnya pemilik dalam mengenali tanaman lemon.

Baca juga :Cara menanam labu siam agar berbuah lebat

Baca juga :Cara sederhana menanam labu kuning

cara memanen tanaman jeruk lemon.

cara memanen tanaman jeruk lemon

Umur buah/tingkat kematangan buah yang dipanen, kondisi saat panen, dan langkah panen sebagai faktor terpenting yang mempengaruhi kualitas jeruk. Umur buah yang optimum untuk dipanen adalah sekitar 8 bulan dari saat bunga mekar.Beberapa ciri-ciri buah yang siap dipanen :

  1. jika dipijit tidak demikian keras.
  2. segi bawah buah jika dipijit terasa lunak jika dijentik dengan jari tidak keluarkan bunyi keras.
  3. warna menarik (ada warna kuning untuk jeruk siam), dan kandungan gula (PTT) minimal 10%. Kandungan gula dapat diputuskan dengan alat hand refraktometer di kebun.

Pada suatu pohon, buah jeruk tidak seluruhnya dapat dipanen sekaligus, tergantung pada kematangannya. Jeruk terhitung buah yang kandungan patinya rendah sampai bila dipanen masih termasuk muda tidak jadi masak seperti mangga.

Jika panen dikerjakan setelah melewati tingkat kematangan optimum atau buah didiamkan kelamaan pada pohon, sari buah akan berkurang dan dapat banyak energi yang dikuras dari pohon sampai memengaruhi kesehatan tanaman dan produksi musim seterusnya.

Panen yang cocok adalah ketika buah telah masak dan belum masuk set akhir pemasakan buah. Dalam penyimpanan, rasa asam akan berkurang karena terjadi penguraian persenyawaan asam dapat semakin cepat daripada peruraian gula.

Kerusakan mekanis sejauh panen jadi persoalan yang serius, karena kerusakan itu tetapkan kecepatan produk untuk membusuk, pertambahan kehilangan cairan dan pertambahan gerakan respirasi dan produksi etilen yang punya pengaruh pada cepatnya penurunan produk.

Panen dapat dikerjakang dengan tangan atau gunting. Banyak hal yang penting menjadi perhatian dalam panen jeruk :

  • Jangan kerjakan panen sebelum embun pagi hilang.
  • Tangkai buah yang terlalu panjang akan melukai buah jeruk yang lain sampai harus di potong di sisakan sekitar 2 mm dari buah.
  • Panen buah di pohon yang tinggi harus menggunakan tangga, agar cabang dan ranting tidak remuk.
  • Jangan menuai buah dengan memanjat pohon, karena kaki kotor dapat menyebarkan penyakit pada pohon
  • Pemanen buah dilengkapi dengan keranjang yang dilapisi karung plastik atau kantong yang dapat digantungkan pada leher.
  • Tempat penampung buah dibikin memiliki bahan yang lunak, bersih, dan buah ditaruh secara perlahan. Krat meskipun biaya permulaannya mahal, bisa didukung, bertahan lama, dapat dipakai berulang-kali dan mudah dibersihkan.

Demikianlan ulasan dari beberapa tahapan mengenai cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat dan semoga dapat menginspirasi.

Post a Comment for "Cara menanam jeruk lemon agar berbuah lebat"