Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur

metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur

metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur

metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur- lidah buaya merupakan salah satu tipe tumbuhan yang mempunyai banyak khasiat. baik itu buat kesehatan ataupun buat kecantikan. lidah buah kerap dimanfaatkan orang buat menghaluskan kulit wajah dan melembutkan serta melebatkan rambut. 

terdapat pula pemakaian lain pada lidah buaya dalam tiap hari semacam memesatkan pengobatan pada cedera. tidak hanya buat dimanfaatkan pada bagian luar badan. nyatanya lidah buaya telah banyak yang menjadikannya sebagai juice. 

lidah buaya biasanya ditanam dengan memakai media tanam berbentuk pot. tetapi saat ini telah banyak pula yang menanam lidah buaya pada lahan kebun serta polybag. untuk menanam lidah buaya bukanlah hal yang rumit. 

kita dapat menanam lidah buaya dipekarangan ataupun taman rumah dengan memakai pot saja bila kita tidak mempunyai lahan yang cukup. berikut langkah- langkah metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur

  1. siapkan pot serta media tanam
  2. siapkan bibit lidah buaya
  3. penanaman lidah buaya
  4. metode merawat lidah buaya
  5. metode panen lidah buaya

nah, langkah- langkah diatas buat memudahkan kita dalam menanam lidah buaya.

siapkan pot serta media tanam

siapkan pot serta media tanam


yang pertama kita siapkan dahulu pot buat kita tanami lidah buaya. kita pakai pot yang berukuran sedang saja supaya gak terlalu kecil serta terlalu besar. jumlah pot bergantung dari seberapa banyak lidah buaya yang mau kita tanam. 

pot yang telah kita siapkan, kita buatkan sebagian titik lubang selaku tempat keluarnya air. tetapi umumnya pot telah dilengkapi dengan lubang- kubang kecil. berikutnya kita siapkan lagi media tanamnya. 

buat media tanam kita pakai tanah kering yang dicampur dengan pupuk kandang serta kombinasi yang lain semacam arang sekam, batu apung serta media tanam yang lainnya. bila kedua bahan tadi telah kita siapkan, media tanam langsung kita isikan pada pot sampai hampir penuh.

siapkan bibit lidah buaya

bibit lidah buaya

bibit lidah buaya yang hendak kita tanam merupakan anak lidah buaya yang masih kecil serta nempel sama induknya( vegetatif). anak lidah buaya kita pisahkan dari induknya dengan metode mencongkel sampai akarnya. 

pencongkelan dilakukan dengan sangat hati- hati jangan sampai akarnya terputus ataupun rusak. tidak hanya itu daun dari lidah buaya pula sangat rapuh sehingga gampang patah. berikutnya anak lidah buaya kita pindahkan pada polybag berukuran kecil buat kita peruntukan pembibitan. 

ataupun dapat pula langsung ditanam pada pot yang telah kita siapkan tadinya. buat pembibitan wajib berusia 3 bulan baru dapat dipindahkan pada media tanam berikutnya.

penanaman lidah buaya

penanaman lidah buaya

jika pot beserta media tanam serta bibit lidah buaya telah kita siapkan. langkah berikutnya tinggal kita tanam saja bibit lidah buayanya. metode menanam lidah buaya tidak jauh berbeda dengan dengan menanam tumbuhan yang lain. 

pertama buatkan lubang tanam kecil ditengah pot dengan jari ataupun perlengkapan seadanya. setelah itu tanam bibit lidah buaya sampai seluruh akarnya terbenam. padatkan pula bagian pangkal bibit supaya kuat. 

upayakan penanaman tidak sangat dalam supaya tidak busuk. berikutnya kita siram dengan sedikit air serta kita tempatkan ditempat yang teduh buat beberapa saat dulu bila pangkal bibit lidah buaya telah menyesuaikan diri baru kita tempatkan pada posisi yang terpapar cahaya matahari.

metode merawat lidah buaya

metode merawat lidah buaya

metode merawat lidah buaya dalam pot tidak susah. yang penting kita harus telaten saja dalam merawatnya. terdapat sebagian perihal yang arus kita jalani dalam merawat tumbuhan lidah buaya dalam pot antara lain,

  • penyiraman.
  • pemberian cahaya matahari.
  • pemberian pupuk.
  • pengendalian hama serta penyakit.

penyiraman

untuk penyiraman pada tumbuhan lidah buaya tidak terlalu sering ataupun sangat banyak dilakukan. karena bila terlalu banyak air tumbuhan lidah buaya akan gampang busuk. penyiraman lidah buaya diberikan seperlunya saja asalkan teratur. serta yang wajib dicermati lubang tempat keluarnya air dari pot betul- betul berpungsi.

pemberian cahaya matahari

untuk memperoleh hasil serta pertumbuhan yang optimal pada lidah buaya, kita wajib mencermati akan pemberian cahaya matahari yang cukup. paling tidak pagi serta sore hari. namun tidak pula terlalu sering terpapar cahaya matahari. 

sebab dapat menyebabkan kerusakan pada daun lidah buaya semacam bintik kecoklatan. memanglah lidah buaya merupakan tumbuhan yang biasa ditanam diluar rumah, tetapi lidah buaya pula dapat hidup walaupun ditempatkan didalam rumah asal memperoleh sinar yang cukup. 

jadi hendaknya tumbuhan lidah buaya ditempatkan ditempat yang teduh tetapi memperoleh cahaya matahari pagi serta sore hari.

pemberian pupuk

pemberian pupuk pada tumbuhan lidah buaya sangat dibutuhkan buat mendukung tumbuhan lidah buaya supaya cepat besar dansubur. kita dapat memberikan pupuk organik maupun pupuk kimia. pupuk buat lidah buaya harus pas penggunaannya. 

bila kita memakai pupuk NPK, dosis yang baik buat tiap pot diberikan 2 gr saja. sebaliknya buat waktu yang baik merupakan 14 hari sekali. pemberian pupuk NPK harus teratur, bila kelewatan hingga tumbuhan lidah buaya akan rusak dan busuk

pengendalian hama serta penyakit

pengendalian hama serta penyakit

metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur hama serta penyakit harus kita obati ataupun kendalikan supaya hasil tanam lidah buaya tidak percuma nantinya. hama yang kerap melanda tumbuhan bila banyak sekali rumput liar disekitar tumbuhan. 

nah dikarenakan kita menanam lidah buaya dengan pot sehingga rumput liar tidak banyak. tidak hanya itu gampang pula buat dicabut bila nyatanya terdapat rumput liar yang tumbuh dalam pot. berbeda dengan penyakit. 

walaupun lidah buaya kita tanam dengan memakai pot, penyakit akan senantiasa terdapat bila tidak kendalikan.penyakit yang sering melanda tumbuhan lidah buaya merupakan tipe penyakit yang diakibatkan oleh virus semacam penyakit fusarium. 

penyakit tipe ini bisa menimbulkan tumbuhan lidah buaya jadi busuk dari daun, sampai keakar. buat mengendalikan penyakit ini kita bisa menyemprotkan fungisida yang mempunyai bahan aktif semacam dazomete ataupun captafol. pemakaian fungisida wajib disesuaikan dengan dosis yang tertera pada kemasan.

metode panen lidah buaya

metode panen lidah buaya

metode panen lidah buaya sangat simpel. kita cuma butuh memakai pisau yang tajam buat memotong daun lidah buaya. panen lidah buaya wajib diawali dari daun terluar ataupun yang mempunyai ukuran lebih besar. metode panen lidah buaya yakni dengan memotong pada pangkal daunnya dengan hati- hati.

masa panen lidah buaya itu sendiri bisa dilakukan 1 ataupun 2 minggu sekali. sebaliknya masa panen lidah buaya bila telah berusia 7 bulan. lidah buaya hendak dipanen secara terus menerus bergantung gimana metode kita merawatnya.

itulah tadi pembahasan simpel mengenai metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur. semoga dapat bermanfaat

Post a Comment for "metode menanam lidah buaya supaya cepat besar dan subur"