Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode budidaya buah naga dipekarangan rumah

Metode budidaya buah naga dipekarangan rumah

cara budidaya buah naga dipekarangan rumah

Budidaya buah naga- cara budidaya buah naga dipekarangan rumah memanglah masih terkategori langkah. buah yang masih saudara dengan tumbuhan kaktus ini masih jarang dibudidayakan diIndonesia. buah naga dikenal berasal dari amerika serta meksiko

keunikan dari buah naga itu sendiri yakni kulit buahnya semacam sisik naga. wujud batang buah naga segitiga bercorak hijau yang menjalar. sedangkan bunganya bercorak putih kekuningan serta ukurannya besar. 

bunga buah naga hendak mekar pada malam hari serta layu untuk membentuk bakal buah naga muda. rasa buah naga terdapat yang asam serta terdapat pula yang manis. buat tipe buah naga itu sendiri dibagi jadi beberapa tipe yaitu,

  1. buah naga berdaging merah.
  2. buah naga berdaging merah luar biasa.
  3. buah naga berdaging putih.
  4. buah naga berdaging putih serta berkulit kuning.

sebelum membudidayakan buah naga, kita wajib mengenali ketentuan berkembang dari buah naga itu sendiri. memanglah biasanya buah naga dibudidayakan dikebun ataupun pada lahan yang luas.akan tetapi buah naga pula senantiasa dapat dibudidayakan dipekarangan rumah

terlebih untuk yang tidak mempunyai lahan yang luas. yang perlu diketahui yakni buah naga hendak berkembang dengan produktif pada dataran rendah yakni berkisar antara 20- 500 m dari permukaan laut. 

buah naga lebih menggemari tipe tanah yang gembur serta produktif dan mempunyai banyak bahan organik. budidaya buah naga wajib mendapatkan konsumsi air yang lumayan tetapi tidak boleh juga kebanyakan air. 

sebaliknya buat keasaman tanah yang baik untuk tumbuhan buah naga berkisar antara 5- 7. budidaya buah naga pula wajib memperoleh konsumsi matahari secara penuh. perihal ini bertujuan dalam pembuatan bunga buah naga

Baca juga :Teknik budidaya pepaya california dari biji dilahan kering

Baca juga :Cara menanam labu siam agar berbuah lebat

nah daripada pekarangan rumah terdapat yang ada yang kosong, kan lebih baik bila dimanfaatkan buat menanam buah naga. metode budidaya buah naga dipekarangan rumah mempunyai sebagian tahapan yaitu,

  • mempersiapkan tempat budidaya buah naga.
  • mempersiapkan bibit buah naga.
  • penanaman bibit buah naga.
  • merawat tumbuhan buah naga.
  • memanen hasil tanam buah naga.

mempersiapkan tempat budidaya buah naga

mempersiapkan tempat budidaya buah naga

tempat buat dikerjakannya penanaman buah naga disiapkan terlebih dulu. pekarangan rumah setelah itu dibersihkan dari rumput liar dan bermacam berbagai sampah yang lain semacam bebatuan, bungkus sisa makanan ringan maupun sejenisnya dan sisa tumbuhan sebelumnya. 

sehabis pekarangan rumah dirasa cukup bersih, berikutnya kita tentukan jarak tanam buat menanam buah naga. jarak tanam buah naga tidak boleh bersebelahan. kita beri jarak dekat 3 ataupun 3, 5 m. setelah itu tentukan titik tempat penanamannya.

kita buatkan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 centimeter. lubang tanam dibiarkan terbuka dahulu sepanjang sebagian hari. perihal ini bertujuan buat membunuh bibit penyakit. sehabis itu kita buatkan lagi lubang kecil pas ditengah lubang tanam. 

lubang kecil tadi buat memudahkan pemasangan tiang lanjaran ataupun ajir. tiang lanjaran tempat menjalarnya tumbuhan buah naga dipasang tegak lurus serta ukurannya pula terbilang besar. panjang tiang lanjaran ataupun ajir sekitar 2 m dan kita buatkan pula tempat menyangga diujung tiang lanjaran berupa angka tambah serta kita pasangkan ban motor bekas semacam yang dilakukan orang pada biasanya dalam membudidayakan buah naga pada lahan yang luas

sehabis tiang lanjaran ataupun ajir siap, lansung kita pasang pada lubang kecil yang telah kita buatkan pula sebelumnya. tiang lanjaran kita pasang sekuat mungkin supaya tidak gampang roboh dikala tertiup angin nantinya.

Baca juga :panduan budidaya semangka untuk pemula

Baca juga :Budidaya pisang dari benih hingga panen

mempersiapkan bibit buah naga

mempersiapkan bibit buah naga

bibit buah naga bisa dihasilkan lewat biji buah naga ataupun geneatif serta bisa pula dihasilkan dengan metode distek ataupun vegetatif. buat pemakaian bibit buah naga hendaknya kita pakai yang distek saja. 

bibit buah naga dapat kita beli secara online ataupun pada kios penjualan bibit tumbuhan. bibit buah naga yang hendak kita tanam wajib telah setinggi 30 centimeter. serta yang tidak kalah penting bibit wajib sehat bebas dari penyakit.

penanaman bibit buah naga

penanaman bibit buah naga

metode menanam bibit buah naga dipekarangan rumah sama saja dengan penanaman yang dilakukan dikebun. awalnya, bibit yang telah kita miliki dibuka dengan memakai pisau ataupun sejenisnya serta diletakkan pada lubang tanam yang telah kita siapkan. 

pada masing- masing lubang tanam bisa kita isi dengan 2 bibit serta diposisikan berhadapan. beri jarak antara bibit dengan tiang lanjaran dekat 15- 20 centimeter. setelah itu isi dengan tanah yang telah dicampur pupuk kandang serta pasir pada bagian lubang tanam yang masih kosong setelah itu dipadatkan. 

erikutnya kita siram supaya pangkal bibit bisa menyesuaikan diri. selanjut tinggal kita jalani perawatan saja.

Baca juga :mengenal cara budidaya mangga yang benar

merawat tumbuhan buah naga

merawat tumbuhan buah naga

hal- hal yang wajib dilakukan buat merawat tumbuhan buah naga yakni,

  1. mengikat
  2. penyiraman
  3. pemangkasan
  4. penyiangan serta pembumbunan
  5. pengendalian hama dan penyakit
  6. pemupukan

Baca juga :Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

mengikat

pada tahap awal sehabis ditanam, mengikat batang pada tiang lanjaran harus dilakukan supaya perkembangan tumbuhan buah naga senantiasa terletak pada lanjaran. bila tidak diikat,batang baru yang menjuntai akan mudah patah. 

pengikatan dilakukan tiap berkembangan batang menggapai 50 centimeter. biasanya aktivitas mengikat dilakukan 1 bulan sekali.

penyiraman

semacam yang kita tahu. tumbuhan buah naga sangat bergantung akan kesediaan air. akan tetapi bila terlalu banyak air, tumbuhan buah naga pula dapat berdampak busuk. jadi hendaknya penyiraman mengikuti keadaan cuaca. 

bila kondisinya tidak hujan hendaknya penyiraman dilakukan 2 kali satu hari. tetapi bila kondisinya merupakan masa penghujan hingga penyiraman dihentikan.

pemangkasan

pemangkasan pada tumbuhan buah naga dilakukan buat memusatkan batang utama supaya berumbuh sampai menggapai bundaran pada lanjaran. bila tunas- tunas baru timbul juga harus dilakukan pemangkasan. 

serta sehabis batang hingga dilingkaran lanjaran barulah dilakukan pemangkasan bagian batang utama dari buah naga. pemangkasan pada bagian ini bertujuan buat menghasilkan tunas- tunas baru yang menuju kesamping. 

tunas seperti itu yang nantinya hendak produktif. pemangkasan lain pula bertujuan buat memangkas batang yang terkena penyakit

penyiangan serta pembumbunan

penyiangan pada tumbuhan buah naga menuju pada tumbuhan pengganggu semacam rumput liar. tujuan dikerjakannya penyiangan supaya rumput liar tidak terus menjadi banyak. rumput liar ataupun gulma hendaknya dicabut sampai keakarnya supaya tidak meyerap nutrisi pada tanah sehingga berakibat kurang baik pada tumbuhan buah naga

tidak hanya itu, pembumbunan dilakukan bersamaan dikerjakannya penyiangan. pembumbunan bertujuan buat memperlancar perputaran hawa dalam tanah sehingga menolong akar dalam penyerapan nutrisi.

pengendalian hama dan penyakit

hama serta penyakit memanglah jadi musuh utama untuk petani. hama serta penyakit bila tidak dikendalikan maka akan berakibat kurang baik untuk tumbuhan yang kita tanam termasuk pada tumbuhan buah naga

terdapat banyak sekali hama yang bisa melanda serta mengganggu tumbuhan buah naga. contohnya, semut rang- rang, kutu putih, belalang, kutu daun, tungau, ulat, bekicot, serta unggas. hama tersebut bila tidak dikendalikan akan mengganggu tumbuhan buah naga

buat pengendalian hama pada buah naga bisa menggunakan pestisida kimia ataupun organik. begitu pula dengan penyakit tumbuhan buah naga. bila tidak dikendalikan maka penyakit akan mengganggu tumbuhan. 

penyakit yang melanda buah naga pada umumnya semacam, bercak orange, antraknosa, busuk lunak, bercak buah, serta masih banyak lagi penyakit yang bisa mengganggu tumbuhan buah naga. pengendalian secara teknis sangat dianjurkan. akan tetapi bila telah sangat parah bisa memakai pestisida.

pemupukan

buat pemupukan pada tumbuhan buah naga bisa memakai pupuk organik maupun pupuk kimia. sebaiknya memakai pupuk organik saja. pupuk organik dikala ini telah mempunyai banyak jenis. pemberian pupuk pada tumbuhan buah naga dilakukan paling tidak 4 bulan sekali. 

pemupukan diawali semenjak ditanam sampai menciptakan buah. jikab tanaman buah naga telah menciptakan buah, pemupukan dilakukan sehabis buah naga dipetik ataupun dipanen. setelah itu pemupukan dilanjutkan 4 bulan setelah itu.

memanen hasil tanam buah naga

memanen hasil tanam buah naga

buat memanen hasil tanam buah naga dari hasil budidaya buah naga dipekarangan rumah sama halnya dengan buah naga yang dibudidayakan dikebun. kita juga wajib mengenali benar identitas buah naga yang telah siap untuk dipanen. ciri- cirinya.

  • warna kulit buah naga nampak merah tua.
  • pada bagian ujung mahkota telah mengering.
  • bila dipencet dengan bunda jari hendak terasa empuk.

metode panen buah naga  juga sangat gampang. kita cukup memakai perlengkapan berbentuk gunting potong. buah naga yang mau dipanen kita pegang serta dipotong pada bagian pangkal buahnya. sehabis dipanen, buah naga diletakkan dikeranjang supaya tidak gampang rusak dikala pengangkutan. berikutnya buah naga hasil budidaya dipekarangan rumah siap buat kita manfaatkan.

Demikianlah tadi pembahasan pendek mengenai metode budidaya buah naga dipekarangan rumah. dan semoga postingan ini dapat berguna. 

Post a Comment for "Metode budidaya buah naga dipekarangan rumah"