Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam bawang merah dikebun

Cara menanam bawang merah dikebun

Cara menanam bawang merah dikebun

Cara menanam bawang merah dikebun-Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan bahan untuk bumbu masakan.selain untuk dijadikan bumbu masakan,bawang merah juga dapat dimakan mentah atau dijadikan acar.tanaman bawang merah diketahui berasal dari daerah pakistan dan daerah pegunungan disekitarnya.

bawang merah menyebar dan dibudidayakan diseluruh dunia salah satunya negara Indonesia.bawang merah dapat tumbuh pada daerah yang beriklim tropis maupun subtropis.cara menanam bawang merah masih terbilang tidak terlalu sulit.

bawang merah dapat ditanam pada berbagai media tanam.baik itu ditanam dikebun,polybag,pot,ataupun hidroponik.yang terpenting ialah mengetahui langkah-langkah cara menanam bawang merah.Berikut langkah-langkah cara menanam bawang merah.

  1. persiapan bibit bawang merah
  2. persiapan lahan
  3. penanaman bibit bawang merah
  4. perawatan tanaman bawang merah
  5. panen bawang merah

selain langkah-langkah diatas,untuk perlu diketahui bawang merah akan tumbuh subur pada lingkungan yang kering,tanah yang subur yang didukung dengan sistem pengairan yang memadai.asupan air serta nutrisi yang cukup akan menunjang pertumbuhan bawang merah agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

pastikan juga saat menanam bawang merah harus pada saat cuaca cerah.berikut ini adalah ulasan singkat cara menanam bawang merah dikebun

Baca juga :tips mudah menanam daun bawang dipekarangan rumah

Baca juga :Cara merawat cabe rawit agar berbuah lebat

Persiapan bibit bawang merah

Persiapan bibit bawang merah

persiapan bibit bawang merah harus dilakukan karena menanam bibit yang berkualitas tentunya hasil panennya juga berkualitas.pertama,pilihlah bibit yang berasal dari tanaman bawang yang sehat,tampak segar,besar,dan bebas dari penyakit.bibit bawang merah harus berusia sekitar 90 hari saat dipanen dan disimpan selama kurang lebih 3 bulan.

hal ini dikarenakan bibit yang sudah tua tidak mudah mengalami pembusukan.selanjutnya bibit bawang merah dibersihkan dari kulit yang sudah mengering .potong-potong menjadi 2 bagian dan dikeringkan terlebih dahulu agar pada bekas potongannya tidak busuk.

Persiapan lahan

Persiapan lahan

lahan untuk menanam bawang merah harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum ditanami.kemudian lahan kita bersihkan dari rumput liar atau gulma dan kita gemburkan dengan dicangkul.setelah gembur,buatkan beberapa bedengan dengan lebar sekitar 1 meter dengan kedalaman parit bedengan sekitar 20-30 cm.

sementara jarak  antara bedengan satu dengan bedengan lainnya sekitar 30-40 cm.dan untuk panjang bedengan menyesuaikan dengan luas lahan yang akan ditanami bawang merah.selanjutnya lahan diberi pupuk dasar berupa pupuk kandang atau pupuk kompos,dolomite atau kapur pertanian,dan pupuk TSP/SP-36.

kamudian dirapikan dan biarkan terlebih dahulu sekitar 7 hari dan sebelum ditanami,lahan disiram terlebih dahulu.

Baca juga :Jenis-jenis pupuk dan manfaatnya

Baca juga :Cara mudah budidaya paprika dalam pot

Penanaman bibit bawang merah

Penanaman bibit bawang merah

cara menanam bawang merah dikebun adalah dengan membuatkan lubang-lubang kecil pada bedengan seukuran bibit bawang merah.jarak lubang satu dengan lubang lainnya sekitar 15 cm.

selanjut bibit bawang merah yang sudah dipotong-potong diletakkan pada lubang tersebut dengan posisi calon akar menempel ditanah.bibit bawang merah jangan sampai dalam agar tidak busuk.kemudian padatkan bagian pinggir bibit bawang merah dan siram.

Perawatan tanaman bawang merah

perawatan pada cara menanam bawang merah dikebun meliputi,

  • penyiraman
  • sanitasi lahan
  • pengendalian hama dan penyakit
  • pemupukan

Penyiraman

Tanaman bawang merah memang tidak bisa selalu dalam keadaan basah.akan tetapi pada tahap awal bawang merah memerlukan asupan air yang cukup.penyiraman pada tanaman bawang merah dilakukan setiap pagi dan sore hari.

jika sudah memasuki umur sekitar 4,5 bulan,penyiraman dapat dikurangi menjadi 1x dalam sehari.penyiraman juga sebaiknya tidak terlalu becek agar tidak mudah busuk.

sanitasi lahan

kegiatan sanitasi lahan tanaman bawang merah juga menjadi bagian penting.selalu bersihkan lahan dari rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman bawang merah.rumput liar harus dicabut agar mati.jika pertumbuhan pada rumput liar dibiarkan,maka tanaman bawang akan kekurangan nutrisi.

pengendalian hama dan penyakit

pengendalian hama pada tanaman bawang merah harus dicegah sedini mungkin sebelum tanaman bawang merah mengalami kerusakan parah.hama yang paling sering menyerang pada tanaman bawang merah berupa ulat daun dan sendawan.

hama tersebut akan memotong-motong daun bawang merah mati terkulai.jika ini terjadi,maka harus segera diberi penyemprotan pestisida yang tepat.jika ditemukan bawang merah terkena penyakit layu fusarium,segera cabut dan musnahkan agar tanaman lain tidak tertular.

pemupukan

pemberian pupuk susulan dilakukan saat tanaman bawang merah berumur antara 10 sampai 15 hari setelah tanam.pupuk yang disarankan ialah pupuk Urea,ZA,dan pupuk KCL.kemudian dilanjutkan pada umur 30 hari dengan pupuk yang sama.

Baca juga :Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

Baca juga :Cara menanam kunyit

Panen bawang merah

Panen bawang merah

berapa lama masa panen bawang merah?panen bawang merah dapat dilakukan jika umur tanaman bawang merah sudah berumur antara 60-90 hari setelah tanam dengan ditandai daun bawang merah tampak layu dan umbi bawang merahnya sudah terlihat besar dan berwarna merah tua.

panen dilakukan dengan cara dicabut dan hasil panennya harus segera dijemur selama 7 hari agar bawang merah lebih tahan.selanjutnya bawang merah dapat dikemas dan disimpan pada penyimpanan.

Post a Comment for "Cara menanam bawang merah dikebun"