Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini metode menanam serai dalam pot

 Begini metode menanam serai dalam pot

Metode menanam serai dalam pot

Metode menanam serai dalam pot- serai ialah tumbuhan yang kerap digunakan buat bahan bumbu pada masakan. Tidak hanya itu serai  kerap digunakan oleh banyak orang buat dijadikan obat tradisional. dengan aromanya yang sangat khas serai mempunyai banyak khasiat seperti

  • mensterilkan peradangan dari jamur dan kuman.
  • pengusir nyamuk.
  • menyehatkan pencernaan.
  • tingkatkan sistem saraf.
  • menghindari kolesterol.
  • bisa mengendalikan tekanan pada darah.
  • menolong proses diet.
  • menyembuhkan kurang darah.
  • antiseptik.

serta masih banyak lagi khasiat lain yang dimiliki oleh serai.tanaman serai banyak kita jumpai pada pekarangan rumah sebab memang tanaman serai hampir tiap hari digunakan buat bahan bumbu dapur. Serai bisa tumbuh dengan produktif walaupun ditanam dalam pot.

banyak Orang yang menanam serai di pekarangan rumah mereka.sebab keterbatasan lahan ataupun hanya hobi menanam.Tumbuhan serai termasuk tipe tanaman rimpang walaupun serai tidak mempunyai umbi serta batang. Tumbuhan serai mirip sekali dengan rumput alang- alang struktur bagian batang yang terdiri dari pelepah-pelepah daun yang berlapis. 

Ada pula karakteristik lain daun serai.daunnya hijau tua. Pada postingan kali ini kita hendak mangulas metode menanam serai dalam pot. Berikut ini merupakan langkah- langkah Buat memudahkan dalam menanam serai dalam pot supaya bertumbuh produktif,

  1. Mempersiapkan media tanam
  2. Mempersiapkan bibit serai
  3. Menanam bibit serai
  4. Perawatan tanaman serai
  5. Panen tanaman serai

serai bisa bertumbuh dengan produktif pada ketinggian 100 sampai 1000 m dari permukaan laut. kemudian tipe tanah yang disukai tanaman serai yakni tanah lempung yang berpasir serta tanah humus. Dengan tingkatan keasaman tanah berkisar 5, 5 hingga 6, 5. serai lebih menggemari temperatur berkisar 22 hingga 32 C dan kelembaban pada hawa berkisar 85%.

Mempersiapkan media tanam

Mempersiapkan media tanam

mempersiapkan media tanam merupakan langkah awal buat mengawali menanam serai dalam pot. siapkan sebagian pot sebagai wadah.setelah itu isi dengan kombinasi tanah, sekam bakar, serta pupuk kompos ataupun pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1: 1. setelah itu tanah dimasukkan kedalam pot, media tanam disiram terlebih dulu.

Baca juga :Cara menanam bawang merah dikebun

Baca juga :Cara merawat cabe rawit agar berbuah lebat

mempersiapkan bibit serai

mempersiapkan bibit serai

untuk memperoleh bibit serai sangatlah gampang. bibit serai bisa diperoleh dengan mengambil salah satu ataupun sebagian dari rumpun serai. bergantung seberapa banyak yang hendak ditanam. bibit yang hendak diambil wajib sudah tua serta usahakan akarnya masih melekat dan yang tidak kalah pentingnya bibit serai wajib bebas dari hama dan penyakit.

menanam bibit serai

menanam bibit serai

jika media semai serta bibit serai sudah disiapkan, selanjutya yakni metode menanam serai dalam pot. pertama dibuat lubang tanam pas ditengah- tengah pot kira-kira seukuran bonggol bibit serainya. berikutnya bibit serai ditanamkan pada lubang tadi dengan memposisikan bibit tegak. 

tutup kembali bagian pinggir ataupun pangkal bibit serai serta padatkan. setelah selesai ditanam, hendaknya langsung disiram supaya akarnya gampang untuk menyesuaikan diri.

perawatan tanaman serai

perawatan tanaman serai bertujuan supaya tanaman serai yang kita tanam dalam pot bisa bertumbuh dengan produktif. metode menanam serai dalam pot, perawatannya sama saja dengan serai yang ditanam dikebun maupun pada media yang lain. metode merawat tanaman serai dalam pot meliputi,

  1. penyiraman
  2. pemupukan
  3. penyiangan serta penggemburan

penyiraman

penyiraman pada tanaman  serai sangat berarti. sebab media tanam yang digunakan yakni pot sehingga tanah didalamnya gampang kering. hendaknya penyiraman dilakukan secara teratur pagi serta sore hari. penyiraman membantu tanaman  serai cepat tumbuh serta tidak layu.

Baca juga :Cara mudah budidaya paprika dalam pot

Baca juga :Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

pemupukan

pemupukan tanaman  serai pada sesi ini merupakan pemupukan susulan. pemberian pupuk susulan bisa dilakukan saat tanaman  serai memasuki usia 1 bulan setelah itu dilanjutkan pada usia 2 bulan serta seterusnya. 

pupuk yang digunakan buat tanaman  serai hendaknya memakai pupuk organik. sebab pupuk organik sangat baik untuk membantu dalam masa pertumbuhan dan pada perkembangan perakaran tanaman  serai.

penyiangan serta penggemburan

penyiangan pada tanaman  serai harus sering dilakukan. penyiangan hendaknya dibarengi dengan penggemburan tanah. cabut seluruh rumput liar yang berkembang disekitar tanaman  serai. rumput liar yang berkembang produktif akan menyerap sebagian nutrisi pada tanah.

hal inilah yang menyebabkantanaman  serai menjadi kekurangan nutrisi. rumput liar ataupun gulma hendaknya dicabut sampai keakarnya. sehabis dilakukan penyiangan aktivitas penggemburan tanah juga wajib dilakukan. penggemburan tanah bertujuan untuk memudahkan akar serai dalam menyerap nutrisi yang terdapat pada tanah serta melindungi sirkulasi udara dalam tanah supaya senantiasa terjaga.

dikala tanaman  serai telah berusia dekat 6 bulan, hingga tanaman serai bisa dilakukan pemangkasan. tipe pemangkasan pada tanaman  serai berbentuk pemotongan daun serai yang telah tua. daun serai yang telah tua akan berwarna kecoklatan. tujuan dilakukannya pemangkasan untuk meningkatkan perbanyakan pada umbi tanaman  serai.

panen tanaman serai

panen tanaman serai

langkah terakhir adalah panen tanaman serai. nah jika langkah- langkah metode menanam serai dalam pot telah kita jalani. saatnya tanaman  serai siap untuk dipanen. serai bisa dipanen jika telah berusia 8 bulan. metode panen serai dengan mencabut rimpang serai.

bersihkan pangkal serai dari tanah serta pangkas akar serabutnya dan daunnya yang kepanjangan setelah itu hasil panen tanaman  serai bisa dimanfaatkan. jika hasil tanaman  serai untuk dijual sebaiknya serai bisa diikat terlebih dulu.

Demikianlan ulasan singkat mengenai metode menanam serai dalam pot. metode ini bisa dicoba dipekarangan rumah. semoga postingan ini dapat bermanfaat.


Post a Comment for "Begini metode menanam serai dalam pot"