Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman-Tanaman adalah tumbuhan yang diperbudidayakan dengan maksud buat dipanen pada saat khusus.di tiap tanaman butuh zat makanan atau gizi buat mendukung perkembangan supaya hasilkan buah serta daun buat dipanen.

Dalam pembudidayaan tanaman,Petani sangat sering alami rugi karena tidak sukses panen.pastinya soal ini disebabkan ada hama serta penyakit.apabila hama serta penyakit tak lekas dikontrol maka bisa berefek jelek di tanaman yang diperbudidayakan.Teknik yang dijalankan buat mengatur hama serta penyakit merupakan,

  1. dengan langkah fisik serta mekanis,yang mana hama langsung dibunuh serta pangkas tanaman yang terserang penyakit.
  2. dengan langkah kimiawi,yang mana hama serta penyakit dibunuh dengan gunakan pestisida seperti fungisida,insektisida,bakterisida,serta rodensida.
  3. dengan langkah biologis,yakni dengan memakai hewan lain sebagai predator di hama itu.

pengertian hama dan penyakit

pengertian hama tanaman

Hama merupakan organisme yang tidak diharapkan dan bisa mengacaukan tanaman yang setelah itu menyebabkan kerusakan di tanaman.hama dapat berwujud hewan yang melakukan rutinitas sampai tinggal untuk memperoleh makanan di tanaman.oleh karena itu,perkembangan di tanaman jadi terusik,hancur,dan mati.

masalah ini tentu dapat berpengaruh di ketidak berhasilannya panen.salah satunya usaha dalam pengontrolan hama yang tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan dengan gunakan pestisida,gunakan herbisida,pengontrolan hama lewat cara biologis,dan memberi penyemprotan insektisida.

Baca juga : Cara mudah menanam cabai rawit

Baca juga :Menanam sawi dengan polybag

Pengertian penyakit tanaman

Penyakit tanaman adalah berbagai bentuk gangguan yang disebabkan mikro organisme seperti bakteri,virus,jamur,dan lainnya yang membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal.mikro organisme menyerang pada daun,batang,akar,hingga pada buah.mikro organisme akan meracuni organ tanaman dan mengakibatkan infeksi.

Penyakit tanaman dapat menyebar dengan luas melalui air,angin,dan serangga.penyakit yang menyebar lewat serangga menularkan berbagai jamur,bakteri,dan virus.sama halnya dengan hama,penyakit tanaman juga mengakibatkan kegagalan panen.

Berikut ini adalah pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

Jenis hama

Ulat tanah

Ulat tanah

ulat tanah yaitu macam hama yang aktif menyerbu tanaman waktu malam hari.ulat tanah menyerbu tanaman lewat cara memangkas-motong pada sisi tangkai dekat sama akar,maka batang serta puncak tanaman jadi terkulai layu.

larva ulat tanah merasakan 5x pertukaran kulit,serta panjang larva instar paling akhir mempunyai ukuran 25-50 mm.larva instar yang paling akhir memiliki warna hitam kecoklatan.waktu bertelur,ulat tanah menaruh telurnya di tanah yang dekat sama tanaman.

Pengendalian

  • dengan pekerjaan sanitasi,bersihkan semuanya area dari rumput liar atau gulma sebagai sarang tempat ngengat menaruh telurnya.
  • pemrosesan area yang betul,kultur tekhnis ini memiliki fungsi buat membunuh pupa yang ada dalam tanah.
  • berikan penyemprotan insektisida sesuai sama jumlah.

Penggorok daun

Penggorok daun

hama ini diberi nama penggorok daun karena larvanya membuat lubang seperti terowongan dalam daun dan berada di dalam sepanjang umurnya.larva penggorok daun menggrogoti susunan mesofil pada daun dan menyebabkan terlukanya jaringan yang diproteksinya,ini akan membuat jaringan daun gampang terkena oleh jamur dan bakteri.

tanda-tanda yang terjadi karena hama ini,terlihat goresan putih yang tidak teratur apabila gempuran hama ini termasuk berat,karena itu sebagian besar daun dipenuhi oleh wujud korokan.larva warna putih kekuningan,telur warna putih bening dan ditempatkan lewat ovipositor pada jaringan daun.

selanjutnya larva instar keluar dari dalam liang untuk membuat pupa.umumnya pupa bisa diketemukan pada tanah dan warna coklat kekuningan dan kuning keemasan.

Pengendalian

  • memasangkan jebakan warna kuning seperti lembar papan yang diberi dengan minyak,oli sebagai perekat.
  • tangkap selanjutnya membunuh hama itu.
  • memberi penyemprotan insektisida mekanismeik memiliki bahan aktif.

Baca juga :agar tanaman cabai rawit hidroponik berbuah lebat

walang sangit

walang sangit

walang sangit adalah sama dengan serangga yang kerap menyerbu tanaman terutama di tanaman padi,nimfa serta imago walang sangit menghirup di buah padi yang udah masak susu maka buah padi jadi kosong atau hampa.

walang sangit betina menciptakan telur sampai 200 butir yang dimasukkan di daun padi.telur yang menetas dapat menjadi nimfa memiliki warna hijau yang semakin lama bakal berganti jadi coklat.

Pengendalian

  • melaksanakan pekerjaan sanitasi di tanaman padi yang terkena hama walang sangit.
  • berikan penyemprotan insektisida di tanaman dengan jumlah yang direkomendasikan.

hama Thrips

hama Thrips

hama thrips menyerbu tanaman di daun,hama ini bakal menghirup cairan daun-daun muda pada sisi permukaan sisi bawah daun.hama ini bakal membikin daun jadi bintik-bintik putih di permukaan bawah daun,setelah itu daun jadi coklat kerutan serta mati.

Pengendalian

  • dengan melenyapkan tanaman yang terkena dan kerjakan sanitasi.
  • menempatkan jebakan seperti kertas kuning yang udah dikasih perekat.
  • berikan penyemprotan pestisida apabila gempuran hama sudah kritis.

hama tungau ( paratetranychus yothersi )

hama tungau

kebanyakan hama tungau menyerbu di daun tanaman masih muda serta lanjut di permukaan sisi bawah daun tanaman.

Pengendalian

  • penyemprotan insektisida seperti basudin,diazinon.atau bisa saja dengan memanfaatkan tepung belerang.

hama wereng( Idiocerus dypealis )

hama wereng

hama wereng di tanaman menyerbu di ranting,daun,sampai di serangkaian bunga.trik hama wereng menyerbu dengan keluarkan cairan-cairan manis buat memancing semut-semut api buat menggunakan semuanya kuncup serta tunas tanaman.tak cuma itu,cairan yang udah membeku dapat menjadi jamur yang berwujud kerak hitam.

Pengendalian

  • dengan berikan asap,pengasapan dikerjakan paling tidak 2-3 hari sekali.
  • setelah itu kasih penyemprotan insektisida seperti diazinon.

Baca juga :cara menanam tomat dikebun bagi pemula

lalat buah( dacus dorsalis )

lalat buah

lalat buah adalah macam hama yang menyerbu di tanaman yang udah menciptakan buah.lalat buah menimbulkan buah jadi busuk kemudian buah bakal berjatuhan.perihal ini bakal menimbulkan hasil produksi jadi menurun.

Pengendalian

  • berikan penyemprotan insektisida secara periodik.
  • melenyapkan semuanya buah yang terkena lalat buah sampai yang udah berjatuhan mesti disatukan buat dihancurkan.
  • menempatkan umpan seperti metil eugenol dalam tempat atau kantong plastik.

bisul daun ( procontarinia matteiana )

hama bisul daun

hama bisul daun pun menyerbu di daun tanaman,bisul daun menimbulkan daun kelihatan seperti bisul-bisul yang bikin daun berwana coklat,kemerahan.

Pengendalian

  • dengan melenyapkan daun yang terkena bisul daun lewat cara dibakar.
  • setelah itu berikan penyemprotan insektisida di buah serta daun seperti phosdrin,cymbuth,ripcord setidak 4 hari sekali.

Hama tikus

hama tikus

hama tikus adalah satu diantara macam hama tanaman yang paling memberikan kerugian buat petani.hama tikus menyerbu tanpa ada pandang bulu di tanaman,baik itu saat waktu babak persemaian,sampai waktu panen sampai dalam penyimpanan hasil panen.hama tikus begitu sukar buat diatur,

perihal ini disebabkan hama tikus punya penyesuaian yang baik sekali serta penebarannya pun cepat.waktu berkembang biak,tikus betina dapat menciptakan anak sampai 12 ekor. hama tikus menyerbu tanaman dengan mengonsumsinya sampai hancur,baik itu tangkai,umbi,sejumlah bijian,serta buah.

Pengendalian

  • mengincar hama tikus secara berdompol kemudian dihancurkan.
  • berikan toksin tikus yang mempunyai sifat kritis di seputar tanaman.
  • membebaskan predator alami selaku pemangsa hama tikus.

jenis penyakit tanaman

penyakit blendok

penyakit blendok

penyakit blendok berasal dari cendawan Diplodia recifensis,cendawan bakal hidup dalam lubang yang udah dibentuk oleh kumbang serta kedepannya lubang bakal keluarkan getah setelah itu getah bakal berganti jadi coklat kehitaman.

Pengendalian

  • dengan menyemprotkan semuanya tanaman dengan bordeaux.
  • menyumpal lubang dengan kapas atau semacamnya yang udah direndam di cairan insektisida.
  • memangkas pada sisi pohon yang terserang penyakit.

penyakit kudis buah

penyakit kudis buah

kudis buah adalah penyakit yang menyerbu tanaman di bunga,batang bunga,sampai ranting serta daun.penyakit ini menimbulkan vlek bintik kuning yang semakin lama dapat menjadi abu-abu serta menimbulkan kegagalannya pembuahan dan bunga jadi rontok.

Pengendalian

  • pangkas semuanya sisi batang bunga yang terkena penyakit ini.
  • setelah itu melakukan penyemprotan fungisida seperti manzate,Dithane M-45,pigone paling tidak 2-3 hari sekali.

penyakit bercak karat merah

penyakit bercak karat merah

penyakit bercak karat merahsisebabkan oleh cendawan colletotrichum gloeosporiodes,penyakit ini juga punya pengaruh saat periode pembuahan.biasanya penyakit bintik karat merah serang pada ranting,daun,tunas,bunga dan menyebabkan bintik-bintik bintik merah di bagian yang diserang.

Pengendalian

  • dengan lakukan pemotongan di bagian yang terkena penyakit.
  • selanjutnya kerjakan penyemprotan dengan fungisida seperti sulfat tembaga atau mungkin dengan bubuk bordeaux.
Baca juga :Tanaman kangkung

penyakit cendawan jelaga

penyakit cendawan jelaga

penyakit cendawan jelaga pun berasal dari cendawan capnodium mangiferum,penyakit ini kebanyakan menyerbu pada sisi daun tanaman,jamur yang hidup di cairan manis menimbulkan daun tanaman memiliki warna hitam.

Pengendalian

  • berikan tepung belerang atau insektisida biar semuanya serangga yang membikin cairan manis di daun mangga dapat raib.

penyakit diplodia

penyakit diplodia

penyakit diplodia disebabkan karena cendawan diplodia,penyakit ini cuman serang pada tanaman yang mempunyai cedera seperti cedera saat lakukan proses okulasi.

Pengendalian

  • dengan tutup sisa cedera memakai parafin carbolineum.
  • selanjutnya semprotkan fungisida seperti bordeaux.

penyakit kerdil

penyakit kerdil

penyakit kerdil disebabkan karena virus banchy hebat yang membuat perkembangan tanaman jadi tidak normal.daun muda akan kelihatan lebih pendek,tegak,menguning dan ringkih.

Pengaturan.

  • kerjakan sanitasi tempat.
  • bedah tanaman selanjutnya hancurkan dengan dubakar.
  • beri insektisida mekanismeik untuk membunuh virus khususnya pada periode pembibitan.

penyakit sigatoka.

penyakit sigatoka

penyakit sigatoka disebabkan oleh mycospaerella musicola mulder yang menyebabkan munculnya noda bintik kuning pada tulang daun,lambat laun bintik kuning akan menjadi hitam.penyakit sigatoka membuat daun menjadi cepat kering bahkan membuat tanaman mati.

Pengendalian.

  • mengurangi jumlah anakkan dan melakukan perbaikan pada drainase.
  • memangkas daun-daun kering dan membakarnya.
  • memberikan penyemprotan fungisida mankozeb.

penyakit darah.

penyakit darah tanaman

penyakit darah yaitu penyakit layu bakteri yang kerap meyerang di tanaman pisang.tanda-tanda penyakit darah merupakan buah kelihatan membusuk serta daunnya lemas dan menguning.di tangkai dan bonggolnya bakal kelihatan coklat serta keluarkan lendir merah seperti darah waktu dibelah.setelah itu mati jadi kering.

Pengendalian

  • pangkas jantung pisang seusai buah pisang paling akhir terbuat.
  • waktu bunga keluar dari tandan bunga,lekas semprotkan dengan insektisida strukturik biar penyakit darah tak menebar di tanaman lainnya oleh serangga.

penyakit fusarium.

penyakit fusarium

penyakit fusarium atau panama hampir mirip dengan penyakit darah.tanda-tanda tanaman terserang penyakit fusarium merupakan.daun paling tua bakal memiliki warna kekuningan di tiap-tiap sekitarnya,serta bersambung di daun yang lebih muda.

semakin lama daun dapat menjadi layu sampai tutupi tangkai.setelah itu di tangkai bakal kelihatan garis-garis coklat dari bonggol tuju keseluruh arah waktu dibelah.

Pengendalian

  • memusnakan atau pangkas tanaman yang terserang penyakit sampai kepangkal pohon serta kasih arang sekam di sisa pangkal pohon.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pengendalian hama dan penyakit pada tanaman,Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga :cara budidaya buncis

Post a Comment for "Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman"