Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

manfaat pare untuk kesehatan tubuh

manfaat pare untuk kesehatan tubuh

manfaat pare untuk kesehatan tubuh

manfaat pare-pare adalah tanaman sayuran buah yang memiliki rasa yang sangat pahit namun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.nama pare sudah tidak asing lagi.pada umumnya pare diolah menjadi masakan sayuran baik itu ditumis,direbus,ataupun dijadikan lalapan.selain buahnya,ternyata daun pare juga dapat dikonsumsi loh.

meskipun rasanya yang pahit,pare memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.dengan kandungan gizi yang terkandung dalam pare,banyak orang memanfaat kan buah ataupun daun pare sebagai bahan pengobatan herbal.pada umumnya pare diolah dengan cara direbus atau dijus untuk dijadikan ramuan.berikut kandungan gizi buah pare dan daunnya untuk per 100 gram.

buah pare

  • Vitamin A 18 SI
  • Vitamin B 0,08 mg
  • Vitamin C 52 mg
  • Protein 1,1 g
  • karbohidrat 0,5 g
  • Zat besi 1,4 mg
  • Air 91,2 g
  • lemak 1,1 g
  • kalsium 45 mg
  • Fosfor 64 mg
  • kalori 29 g

Daun pare

  • Vitamin A 5,1 mg
  • Vitamin B 0,05 mg
  • Vitamin C 170 mg
  • Protein 5,6 g
  • Karbohidrat 12 g
  • Zat besi 5 g
  • Air 80 g
  • Lemak 0,4 g
  • Kalsium 264 mg
  • Fosfor 666 mg
  • Kalori 44 g
  • Folasin 88 ug

Dengan kandungan gizi yang terkandung didalamnya,Apa saja manfaat pare untuk kesehatan?pare memang memiliki segudang manfaat diantaranya.

  1. menurunkan kadar gula darah
  2. meningkatkan kekebalan tubuh
  3. melancarkan pencernaan
  4. menyehatkan kulit
  5. menjaga kesehatan tulang
  6. mengobati herves
  7. menyehatkan rambut
  8. mengeluarkan racun dalam darah
  9. menurunkan berat badan
  10. menurunkan kadar kolesterol
  11. meredakan asma
  12. membersihkan organ hati
  13. meningkatkan kesehatan mata
  14. melindungi ginjal

Menurunkan kadar gula darah

manfaat pare untuk Menurunkan kadar gula darah

pare sejak dulu dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah.pasalnya pare berperan untuk menstimulasi produksi insulin serta  membantu untuk meningkatkan pencernaan gula dalam darah.tidak hanya itu,kadar fruktosamin dalam darah dapat diturunkan agar kita dapat mengatur kadar gula dalam darah untuk jangka panjang.

senyawa polypeptide-p yang terkandung dalam pare akan mendistribusikan zat glukosa pada berbagai sel agar tidak terjadi penumpukan glukosa dalam darah yang kemudian diubah menjadi energi.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh

manfaat pare dalam meningkatkan kekebalan tubuh sudah dipercaya turun temurun.kandungan antioksidan yang dimiliki pare berperan aktif untuk melawan serangan radikal bebas.hal ini didukung karena pare memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Melancarkan pencernaan

manfaat pare menyehatkan pencernaan

manfaat pare melancarkan percernaan dikarenakan pare memang kaya akan Vitamin,mineral,dan serat.zat penting inilah yang akan memicu pergerakan peristaltik makanan sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan.nahh,bagi anda yang sering mengalami masalah pada sistem percernaan seperti susah buang air besar tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca juga :kandungan gizi dan manfaat pisang

Baca juga :kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan

Menyehatkan kulit

manfaat pare Menyehatkan kulit

bagi orang yang menderita berbagai macam penyakit kulit seperti kudis,kurap dan lainnya memang sangat menjengkelkan.manfaat pare juga sangat baik untuk menyehatkan kulit.sebab pare juga mengandung antijamur dan antibakteri yang mampu melawan berbagai jenis penyakit kulit bahkan yang sudah infeksi.

tidak hanya itu,manfaat pare juga dipercaya mampu mengobati luka.pare juga mengandung antiradang yang berperan aktif menekan peradangan pada luka dan mempercepat penyembuhan luka.

menjaga kesehatan tulang

manfaat pare menjaga kesehatan tulang

tulang merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting dalam hal menyangga tubuh.untuk memimiliki tulang yang sehat dan kuat tentunya tubuh tidak boleh kekurangan vitamin dan mineral.agar tulang tetap sehat harus selalu mendapatkan asupan vitamin K yang cukup.manfaat pare untuk menjaga kesehatan tulang karena pare mengandung vitamin K yang membantu dalam menyebarkan kalsium keseluruh bagian tubuh sehingga tulang menjadi sehat dan padat.

mengobati herves

manfaat pare mengobati herves

penyakit herves adalah penyakit yang sangat berbahaya.bagi penderita herves sangat disarankan untuk mengkonsumsi pare atau air rebusan pare secara rutin.pare mengandung sifat antivirus yang mampu menekan penyenyebaran virus bagi penderita herves.

menyehatkan rambut

manfaat pare menyehatkan rambut

pada umumnya pare kebanyakan diolah dalam bentuk makanan,jus.namun ternyata pare juga dapat menyehatkan rambut.akan tetapi tidak untuk dimakan.pare dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau.caranya ialah pare dihaluskan atau dibuat jus kemudian gosok-gosokkan diatas kepala hingga rata.

diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air.jika ingin mengurangi kerontokkan rambut bisa ditambahkan sedikit gula pada jus pare tadi kemudian lakukan hal yang sama.untuk mengatasi rambut yang berketombe,cukup dengan menggosok-gosokkan irisan pare pada kulit kepala.tidak hanya itu,manfaat pare juga dipercaya untuk mencegah rambut agar tidak beruban.dengan menggunakan jus pare pada rambut maka rambut akan sehat.

Baca juga :jenis-jenis pepaya dan manfaatnya

Baca juga :manfaat bayam merah untuk ibu menyusui dan bayi

mengeluarkan racun dalam darah

manfaat pare mengeluarkan racun dalam darah

manfaat pare juga dipercaya mampu mengeluarkan racun dalam darah.pare mengandung antimikroba dan antioksidan yang mampu mengeluarkan racun dalam darah serta dapat meningkatkan sirkulasi dalam darah.jika sirkulasi darah normal maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

menurunkan berat badan

manfaat pare menurunkan berat badan

manfaat pare menurunkan berat badan sudah banyak dilakukan orang.meskipun rasanya yang pahit,pare memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang baik untuk meningkatkan metabolisme serta pencernaan.pare juga rendah kalori sehingga pare dipercaya mampu menurunkan berat badan

menurunkan kadar kolesterol

manfaat pare menurunkan kadar kolesterol

manfaat pare menurunkan kadar kolesterol memang masih memerlukan riset.kadar kolesterol dapat menjadi timbunan lemak yang kemudian menumpuk pada arteri.sehingga jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah.hal ini akan menyebabkan resiko penyakit jantung.

Baca juga :Manfaat ubi jalar yang baik untuk kesehatan

Baca juga :4 jenis terong beserta manfaatnya

meredakan asma

manfaat pare meredakan asma

pare memimiliki kandungan sifat antihistamin yang dapat mengurangi gejala gangguan pada pernafasan seperti asma,bronkitis dan masalah hidung tersumbat.manfaat pare untuk meredakan asma sudah dipercaya sejak turun temurun.nah,bagi anda yang sering mengalami masalah pada pernafasan,sangat disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan pare secara rutin.

membersihkan organ hati

manfaat pare membersihkan organ hati

manfaat pare untuk membersihkan organ hati.ini dikarenakan pare memiliki senyawa momordica charantia yang mampu memperkuat antioksidan pada organ hati.sehingga dapat melindungi tubuh dari resiko gagal hati serta meningkatkan fungsi dari kandung kemih.

meningkatkan kesehatan mata

manfaat pare meningkatkan kesehatan mata

manfaat pare meningkatkan kesehatan mata dikarenakan dalam pare terkandung beta karoten dan vitamin A yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata.dengan mengkonsumsi pare secara rutin sangat baik untuk mencegah proses oksidasi yang mengakibatkan gangguan pada mata.tentunya hal ini didukung kandungan Vitami C yang terkandung pada pare.

melindungi ginjal

manfaat pare melindungi ginjal

ginjal adalah organ tubuh yang sangat vital.kesehatan ginjal harus tetap terjaga.manfaat pare untuk melindungi ginjal dikarenakan kandungan antioksidan yaitu flenol dan flavonoid yang berperan aktif dalam melawan serangan radikal bebas yang menimbulkan beberapa penyakit kronis termasuk ginjal.agar kesehatan ginjal tetap terlindungi,ada baiknya untuk mengkonsumsi pare secara rutin.

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat pare untuk kesehatan tubuh.semoga artikel ini bisa bermanfaat. 

Baca juga :Beberapa Jenis Timun dan manfaatnya

Baca juga :manfaat kunyit


Post a Comment for "manfaat pare untuk kesehatan tubuh"