Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah budidaya paprika dalam pot

Cara mudah budidaya paprika dalam pot

Cara mudah budidaya paprika dalam pot

Cara mudah budidaya paprika dalam pot-menanam paprika dalam pot sering dilakukan sebagian orang yang memiliki hobi menanam dipekarangan rumah.paprika dalam pot memang terkesan unik.buah paprika tidak sama dengan buah cabe lainnya.paprika merupakan tanaman jenis terong-terongan yang buahnya  memiliki rasa yang manis namun sedikit agak pedas.

buah paprika memiliki varian warna yang cukup banyak,seperti kuning,ungu,hijau,dan merah.cara budidaya paprika dalam pot masih sama dengan dengan cara budidaya paprika pada lahan kebun.hanya media tanamnya saja yang berbeda.berikut langkah-langkah cara mudah budidaya paprika dalam pot.

  1. menyiapkan benih paprika
  2. menyiapkan media tanam paprika
  3. penanaman bibit paprika dalam pot
  4. perawatan paprika dipot
  5. pengendalian hama dan penyakit tanaman paprika
  6. cara panen buah paprika

menyiapkan benih paprika

menyiapkan benih paprika

menanam paprika dalam pot juga harus dimulai dengan menyiapkan benih paprika.untuk mendapatkan benih paprika kita bisa membelinya pada toko pertanian jika tersedia.pasalnya budidaya paprika memang masih tergolong jarang.atau kita bisa membeli benih paprika secara online.karena memang banyak sekali orang mulai menjual secara online.

Baca juga :Cara sukses budidaya cabe keriting agar berbuah lebat

Baca juga :Cara budidaya gambas yang baik dan benar

benih yang kita dapatkan kemudian kita semai pada media semai.untuk media semainya cukup kita campurkan tanah,arang sekam,dan pupuk kandang.sebelumnya,benih kita rendam terlebih dahulu dengan air hangat sekitar 5 jam.

kemudian benih kita tiriskan dan biarkan kering.selanjutnya benih kita semai dengan cara meletakkan benih pada media semai dan kita tutup tipis bagian permukaannya.kemudian benih paprika kita siram secara rutin.benih paprika akan siap dipindahkan pada pot saat benih sudah berusia 3-4 minggu.

menyiapkan media tanam paprika

menyiapkan media tanam paprika

sembari menunggu benih paprika siap untuk dipindahkan,kita menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu.cara budidaya paprika dalam pot tidak memerlukan lahan yang luas melainkan hanya menggunakan pot sebagai media tanamnya.

untuk pot yang kita gunakan setidaknya berukuran 25 cm.selanjutnya pot kita isi dengan tanah subur yang dicampur dengan pupuk kompos dan sekam bakar agar tanah senantiasa gembur.

penanaman bibit paprika dalam pot

setelah media tanam dan benih siap untuk dipindahkan,selanjutnya adalah penanaman benih.cara menanam paprika dalam pot sebaiknya dilakukan pada sore hari agar benih paprika tidak mudah layu.

benih paprika dipilih yang sehat dan tidak terserang hama dan penyakit.kemudian benih kita tanam pada pot sedalam pangkal benih paprika.selanjutnya timbun kembali bagian pinggir benih yang baru dipindah tanamkan dan padatkan.benih kemudian disiram agar akarnya mudah untuk beradaptasi.

perawatan paprika dipot

perawatan tanaman paprika dipot sama halnya dengan menanam paprika pada lahan kebun.setelah benih ditanam.penyiraman harus sering dilakukan jika tanah dalam pot terlihat kering.apabila tanah masih terlihat basah,tidak usah disiram.

kemudian rumput liar atau gulma harus senantiasa dicabut agar tidak merusak tanaman paprika.bertanam paprika dalam pot juga sebaiknya dilakukan pemasangan ajir agar tanaman paprika tidak mudah roboh saat tertiup angin.

saat tanaman paprika sudah berumur 14 hari,pemberian pupuk susulan bisa dilakukan.2 sendok pupuk NPK dilarutkan dalam air sebanyak 10 liter.kemudian larutan pupuk tersebut kita berikan 200 ml untuk setiap pohonnya dengan cara dikocor.yang perlu diwaspadai saat pemupukan adalah daun tidak terkena pupuk.

Pengendalian hama dan penyakit tanaman paprika

hama dan penyakit merupakan musuh terbesar buat tanaman,sehingga hama dan penyakit menjadi hal yang sangat serius untuk ditangani.jika hama dan penyakit tanaman paprika tidak segera ditangani,maka akan berakibat menurunnya atau bahkan hilangnya hasil produksi pada tanaman khususnya tanaman paprika.

Baca juga :Cara budidaya tanaman pare agar berbuah lebat

Baca juga :Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman

Hama dan penyakit tanaman paprika

ada banyak sekali jenis hama pada tanaman paprika seperti,

  • kutu daun persik.
  • hama thrips.
  • hama tungau.
  • lalat penggorok daun.
  • ulat grayak.

dan masih banyak lagi hama lainnya.sedangkan penyakit yang dapat menyerang tanaman paprika meliputi,

  • penyakit bercak daun.
  • penyakit embun tepung.
  • dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus.

Pengendalian hama dan penyakit tanaman paprika

pengendalian hama dan penyakit pada budidaya paprika dipot dilakukan sejak dimulai dilakukannya penanaman.hal bertujuan untuk mengontrol perkembangan dari hama dan penyakit tersebut.untuk pengendaliannya sendiri bisa dilakukan secara mekanik,dan penyemprotan pestisida.

untuk pemberian pestisida sebaiknya dilakukan saat tanaman paprika berumur 2 minggu sejak ditanam dan dilakukan 4-5 hari sekali.

Cara panen buah paprika

Cara panen buah paprika

tanaman paprika dipot siap dipanen jika sudah berusia 60 hari hingga 2 bulan.buah paprika yang akan dipanen tergantung kebutuhan.ada yang dipanen saat buah masih dalam keadaan hijau,ada juga yang sudah matang baru dipetik.untuk buah yang sudah matang ada yang berwana merah,kuning,dan ungu tergantung dari jenis paprikanya.

buah paprika dipetik lengkap bersama dengan tangkai buahnya.buah paprika yang dipanen jika kematangan buah mencapai 90%.sebelum dipanen,paprika harus disiram terlebih dahulu baru dilakukan pemetikan buah paprika dan dilakukan pada pagi hari.proses pemanenan dapat dilakukan 2 hingga 3 hari sekali.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mudah budidaya paprika dalam pot dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca juga :mengenal cara budidaya mangga yang benar

Baca juga :panduan budidaya semangka untuk pemula

Post a Comment for "Cara mudah budidaya paprika dalam pot"