Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

tips mudah menanam daun bawang dipekarangan rumah

tips mudah menanam daun bawang dipekarangan rumah

tips mudah menanam daun bawang dipekarangan rumah


tips mudah menanam daun bawang dipekarangan rumah-daun bawang merupakan salah satu tanaman yang dijadikan sebagai bumbu pada masakan.daun bawang juga sangat populer diIndonesia,daun bawang sering dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan masakan seperti,martabak,sop dan berbagai masakan lainnya.

dipasaran banyak sekali kita jumpai dan sangat mudah untuk didapatkan.daun bawang sendiri dapat ditanam dikebun maupun pada media tanam lainnya.nah,pernahkah kita terpikir untuk mencoba menanam daun bawang sendiri dipekarangan rumah? biar kita tidak kehabisan daun bawang segar,yuk kita coba tips mudah menanam daun bawang  dipekarangan rumah.untuk mempermudah kita menanam daun bawang,berikut tahapannya.

  1. media tanam.
  2. bibit daun bawang.
  3. penanaman.
  4. perawatan.
  5. panen hasil tanam daun bawang.

syarat tumbuh tanaman daun bawang.

sebagai tambahan untuk kita ketahui,daun bawang dapat tumbuh pada ketinggian 900-1700 mdpl.dan untuk suhu yang ideal berkisar antara 19-24 derajat celcius.yang terpenting ialah kelembaban udara berkisar 80%.berikut tips mudah menanam daun bawang dipekarangan rumah.

media tanam

media tanam daun bawang

langkah pertama yang harus kita siapkan adalah media tanam,kita bisa menggunakan beberapa media tanam seperti pot,polybag,karung,ataupun ember bekas.lanjut,campurkan tanah,pupuk kandang,dan arang sekam menjadi satu.dengan perbandingan 2:1:1.setelah campuran merata,kita diamkan selama kurang lebih 5 hari atau 1 minggu.kemudian masukkan campuran pada polybag atau sejenisnya.

Baca juga :menanam seledri dengan teknik kapiler

Baca juga :cara menanam jahe

bibit daun bawang.

bibit daun bawang

untuk mendapatkan bibit daun bawang sangatlah sederhana,kita dapat menggunakan daun bawang yang banyak dijual dipasar.pilih batang daun bawang yang sehat dan tidak berpenyakit dan potong batang daun bawang,yang kita gunakan untuk dijadikan bibit adalah bagian bawah sekitar 5 cm dari akar.

atau mengambil anakan daun bawang yang masih kecil.langkah selanjutnya tanam bibit bawang pada tempat penyemaian agar akarnya terbentuk sempurna.tempat persemaian bisa berupa polybag berukuran kecil.

penanaman.

penanaman daun bawang

setelah bibit pada persemaian sudah siap untuk dipindahkan,selanjutnya adalah penanaman.buatkan lubang seukuran bibit kemudian pindahkan bibit pada lubang tersebut dengan hati-hati.sebaiknya pada saat pemindahan bibit,lakukan dengan merobek polybagnya saja.

hal ini bertujuan agar akar tidak rusak pada saat dipindahkan.kemudian padatkan sekeliling akar dan siram dengan air.selanjutnya letakkan pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.biarkan akar beradaptasi untuk beberapa hari dulu.

perawatan.

perawatan daun bawang

setelah bibit ditanam,kita hanya perlu melakukan perawatan tanaman daun bawang saja.perawatannya meliputi,

  • penyiraman.
  • pemberian pupuk.
  • penyiangan.
  • pengendalian hama.

untuk tanaman daun bawang,kita hanya perlu menyiramnya pada saat tanah terlihat kering atau sekitar 2 hari sekali.kemudian setelah tanaman berumur 3 minggu,berikan pupuk penyubur tanaman daun bawang.sebaiknya gunakan pupuk organik cair.pemberian pupuk penyubur daun bawang dilakukan selama 3 minggu sekali.setelah memasuki minggu ke 4,kita berikan pupuk kompos atau pupuk kandang 

untuk menambah unsur hara pada tanah.selanjutnya kita tinggal melakukan penyiangan secara rutin,bersihkan semua rumput liar atau gulma yang tumbuh disekitar tanaman daun bawang.lakukan penyiangan setidaknya 1 minggu sekali.agar rumput tidak merebut nutrisi pada tanah.

selain itu,kita juga harus melakukan pengendalian hama,cabut segera jika terdapat tanaman yang busuk,agar tidak menular pada tanaman lainnya.hama sebaiknya dibersihkan secara manual.

panen hasil tanam daun bawang.

panen hasil tanam daun bawang

saat daun bawang berumur 70 sampai 80 hari,tanaman daun bawang akan siap untuk dipanen.kita bisa langsung mengetahuinya dari ciri-ciri daun bawang.

  • ukuran daun bawang terlihat besar.
  • warna daun bawang menjadi hijau tua dan agak mengeras.
  • jumlah rumpun menjadi lebih banyak.
  • warna daun bagian bawah terlihat mulai menguning.

dengan ciri-ciri tersebut,kita sudah bisa memanen dan memanfaatkannya.mengingat kita menanam daun bawang hanya untuk dikonsumsi sendiri,maka yang kita panen hanya yang beukuran besar saja yach.biarkan yang masih berukuran kecil tumbuh.

potong pada pangkal batangnya dan cuci bersih daun bawang untuk dijadikan bumbu masakan.dengan demikian daun bawang akan dapat terus menerus dimanfaatkan.nah itulah tips mudah menanam daun bawang dipekarangan rumah.semoga bisa bermanfaat.

Baca juga :cara menanam jahe di polybag

Baca juga :cara menanam kunyit

Post a Comment for "tips mudah menanam daun bawang dipekarangan rumah"