Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

panduan budidaya kubis bunga

panduan budidaya kubis bunga

panduan budidaya kubis bunga


panduan budidaya kubis bunga-kubis bunga merupakan tanaman sayuran semusim atau berumur pendek.kubis hanya memiliki 1 kali produksi saja dan kemudian mati.pada tanaman kubis,yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi ialah masa bunganya.warna dari masa bunga kubis adalah putih kekuning-kuningan.

tanaman kubis memiliki akar tunggang dan akar serabut yang menyebar kesamping dan dangkal.sementara batang tanaman kubis sangat pendek dan tegak.ukuran batangnya hanya berkisar 30 cm saja.sedangkan daun kubis berbentuk oval melengkung kedalam.

ada beberapa jenis kubis bunga yang dapat dan umum dibudidayakan diIndoneaia seperti,

  • fengshan extra early.
  • tropikal early.
  • farmers early.
  • cirateun.
  • snow crown.

fengshan extra eaely.

fengshan extra early merupakan jenis tanaman kubis yang memiliki umur sangat pendek,kubis jenis ini hanya berumur 40 hari terhitung sejak tanaman kubis dipindah tanam.keunggulan dari kubis ini ialah tahan terhadap cuaca panas dan juga tahan terhadap penyakit yang berbahaya.akan tetapi,jenis kubis ini tidak mampu bertahan pada suhu dibawah 20°C.

tropikal early.

tropikal early merupakan jenis kubis yang juga memiliki umur yang sangat pendek.tanaman kubis jenis ini dapat dipanen saat berumur 56 hari terhitung sejak tanaman kubis dipindah tanam.jenis kubis tropikal early mudah beradaptasi pada dataran rendah.

farmers early.

farmers early merupakan jenis kubis yang juga berumur pendek,sejak dipindah tanam hanya memerlukan waktu 55 hari untuk bisa dipanen.kubis jenis ini sangat tahan terhadap penyakit berbahaya.selain itu.tanaman ini sangat mudah beradaptasi pada dataran tinggi maupun pada dataran rendah sekalipun.masa kubis bunga berwarna putih dan padat serta beratnya bisa mencapai 1,3 kg.

cirateun.

cirateun merupakan jenis kubis lokal asli dari Indonesia dan ditemukan di didesa cirateun sesuai dengan namanya.cirateun memiliki masa bunga berwarna putih dan putih kekuningan.sifat persariannya dapat dibijikan sendiri.jenis kubis ini sangat cocok dibudidayakan pada dataran tinggi.

snow crown.

snow crown merupakan jenis kubis yang berumur pendek.sejak dipindah tanam,kubis ini memiliki umur 60 hari untuk bisa dipanen.snow crown juga sangat tahan terhadap penyakit dan dapat tumbuh pada cuaca panas dan dingin.jenis kubis ini banyak dibudidayakan pada datarn menengah dan dataran tinggi.sementara untuk masa bunganya berwarna putih.

dalam pembudidayaan tanaman kubis,ada hal penting yang harus diketahui yaitu syarat tumbuh dari tanaman kubis.

Baca juga ;budidaya pisang dari benih hingga panen

Baca juga ;tips mudah menanam daun bawang

syarat tumbuh.

budidaya kubis bunga harus mengetahui syarat tumbuh untuk tanaman kubis.hal ini meliputi iklim dan keadaan tanah.tanaman kubis dikenal sebagai tanaman sup tropis.kubis mampu bertahan hidup pada ketinggian 1000-2000 meter dari permukaan laut,dan memiliki suhu yang dingin dan lembab,suhu yang ideal untuk budidaya kubis berkisar 15-24°C.walaupun tanaman kubis mampu beradaptasi,namun tanaman kubis juga sangat peka pada suhu yang terlalu dingin dan terlalu panas.

jika suhunya terlalu dingin tanaman kubis akan mulai pembentukan bunga sebelum waktunya.atau jika suhunya terlalu panas,tanaman kubis akan mengeluarkan beberapa daun-daun kecil pada masa bunga.sementara untuk keadaan tanah,tanaman kubis akan tumbuh dengan subur pada tanah yang gembur dan memiliki banyak bahan organik serta tidak digenangi air.

panduan budidaya kubis bunga

budidaya kubis bunga harus melalui beberapa tahapan agar mendapatkan hasil kubis yang optimal.berikut langkah-langkah untuk budidaya kubis bunga,

  1. pengolahan lahan tanam.
  2. pembibitan.
  3. penanaman benih kubis.
  4. perawatan tanaman kubis.
  5. pemanenan kubis.

pengolahan lahan tanam

pengolahan lahan tanam merupakan langkah awal yang sangat penting dalam budidaya kubis bunga,lahan harus dibersihkan terlebih dahulu sebebum ditanami.bersihkan semua lahan dari rumput liar serta akar-akar bekas tanaman sebelumnya agar tidak mengganggu sistem perakaran tanaman kubis nantinya.setelah dibersihkan,lahan kemudian dibajak atau dicangkul untuk menggemburkan tanah.taburkan pupuk kandang dioermukaan hasil cangkulan untuk menambah tingkat kesuburan tanah.

jika keadaan tanah asam,berikan juga kapur pertanian untuk mengurangi kadar asam tanah.diamkan selama 5-7hari.setelah dirasa cukup waktunya,buatkan beberapa bedengan.hal ini bertujuan untuk mencampur pupuk kandang dengan tanah dan paritan bedengan sebagai drainase.kemudian pasang mulsa.penggunaan mulsa sangat dianjurkan dalam budidaya kubis.adapun keuntungan menggunakan mulsa ialah,

  • dapat menjaga kelembapan dan suhu tanah.
  • agar tidak ditumbuhi rumput liar.
  • mempertahankan tanah agar tetap gembur.
  • mengurangi penguapan air pada tanah.

pembibitan.

dalam budidaya kubis sebaiknya dilakukan pembibitan terlebih dahulu,yang kemudian akan dipindahkan pada bedengan yang sudah disiapkan sebelumnya.untuk mempermudah dalam budidaya kubis,bibit dapat dibeli pada toko pertanian.bibit yang dibeli sudah melalui beberapa tahapan untuk siap dijadikan bibit.buatkan juga tempat menyemai bibit atau bisa dengan menggunakan media polybag.

taburkan bibit pada tempat penyemaian yang sudah disiapkan lalu disiram halus secara rutin.pada usia 5 hari,bibit kubis akan mulai tumbuh dan pada usia 2 minggu bibit akan mengeluarkan 2 helai daun.biarkan benih hingga memiliki 4-5 helai daun baru kemudian benih siap untuk dipindahkan pada lahan.

Baca juga ;cara menanam jahe

Baca juga ;cara menanam kunyit

penanaman benih kubis.

setelah benih kubis benar-benar siap,pindahkan benih pada bedengan dengan sangat hati-hati.untuk jarak tanam tanaman kubis berkisar 50 x 60 cm,dan untuk waktu penanamannya sebaiknya dilakukan pada sore hari.agar tidak layu atau mati akibat terpapar sinar matahari.setelah penanaman selesai,siram dengan air bersih.

perawatan tanaman kubis.

setelah penanaman benih,selanjutnya adalah perawatan tanaman kubis.pada budidaya kubis,perawatan yang harus dilakukan meliputi.

  1. penyiraman.
  2. penyiangan.
  3. pemberian pupuk susulan.
  4. penutupan masa bunga.
  5. pengendalian hama.

penyiraman.

pada awal benih dipindahkan hingga dewasa,tanaman kubis harus senantiasa diberikan pengairan atau disiram.mengingat akar tanaman kubis sangatlah dangkal,penyiraman rutin harus dilakukan pada pagi dan sore hari.penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali agar tanah tidak terlalu basah atau becek.

penyiangan.

setelah tanaman kubis berusia 1 minggu,sebaiknya dilakukan penyiangan.dikarenakan menggunakan mulsa,maka rumput liar yang tumbuh tidak banyak.bersihkan semua rumput liar dengan cara dicabut.lakukan dengan hati-hati.jauhkan hasil pencabutan rumput liar dari tanaman.selanjutnya lakukan pembumbunan dengan dengan hati-hati agar tidak melukai atau mengenai akar tanaman kubis.

pembumbunan bertujuan untuk menggemburkan kembali tanah disekitar akar tanaman kubis.selain itu,lakukan juga penyulaman sedini mungkin agar pertumbuhan tanaman kubis bisa serempak nantinya.penyiangan harus dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

pemberian pupuk susulan.

agar tanaman tumbuh subur,pemberian pupuk susulan harus dilakukan.tanaman memerlukan nutrisi atau unsur hara untuk diserap oleh akar.untuk pemberian pupuk susulan dapat menggunakan pupuk kimia( anorganik ).tujuan diberikannya pupuk susulan untuk menambah unsur hara yang berkurang saat pemberian pupuk dasar ( organik ) pada lahan.untuk pupuk susulan yang digunakan adalah pupuk jenis NPK.jenis pupuk ini terbilang lengkap untuk kebutuhan nutrisi.gunakan dosis pupuk NPK pada kemasan.

Baca juga ;teknik budidaya kacang tanah

Baca juga ;bercocok tanam dengan sistem hidroponik

penutupan masa bunga.

dalam budidaya kubis,penutupan masa bunga sangatlah penting.masa bunga pada tanaman kubis akan mudah rusak jika tidak ditutupi.paparan sinar matahari akan membuat masa bunga kubis menjadi berbintik-bintik coklat kehitaman dan mudah mengalami kerusakan.penutupan masa bunga dilakukan hanya menggunakan daunnya saja.yang penting masa bunga tidak terpapar matahari langsung agar kualitas kubis tetap bagus.

pengendalian hama.

pada saat tanaman kubis mulai pembentukan bunga,tanaman ini akan rentan dengan berbagai serangan hama.jika tidak segera diatasi,hama akan merusak semua tanaman kubis yang mengakibatkan gagal panen.pengendalian hama harus dilakukan secepat mungkin.segera semprotkan obat pembasmi hama untuk membunuh semua jenis hama.

jenis hama yang umum menyerang tanaman kubis ialah,ulat grayak,kutu daun,dan ulat tritip.selain itu ada juga penyakit yang sering muncul pada tanaman kubis seperti,penyakit busuk lunak,penyakit bercak hitam,dan penyakit akar bengkak.

pemanenan kubis.

pemanenan kubis merupakan langkah terakhir dalam budidaya kubis sebelum hasil tanaman dipasarkan.pemanenan dapat dilakukan saat tanaman kubis sudah berumur 50-60 hari setelah tanam.untuk proses pemanenan kubis sangatlah sederhana,kubis dipotong pada tangkai bunga bersama dengan daunnya.pemotongan jangan terlalu dekat dengan bunga.pemanenan kubis dilakukan saat hari yang cerah.Demikianlah ulasan panduan budidaya kubis bunga.semoga bisa bermanfaat.

Baca juga ;teknik budidaya pepaya california

Baca juga ;cara mudah menanam kentang dengan polybag

Post a Comment for "panduan budidaya kubis bunga"