Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

kandungan gizi dan manfaat pisang

kandungan gizi dan manfaat pisang 

kandungan gizi dan manfaat pisang

kandungan gizi dan manfaat pisang-Dalam kehidupan sehari-hari,buah pisang sering dimanfaatkan sebagai hidang meja dan berbagai macam olahan jenis makanan.apalagi untuk dijaman sekarang ini,banyak orang berkeasi untuk menjadikan buah pisang menjadi berbagai macam jenis olahan seperti kripik,dodol,saos dan masih banyak lagi.

tanaman pisang memang dikenal sebagai tanaman yang serbaguna.mulai dari akar,batang,buah,daun,hingga jantung pisangnya semua dapat dimanfaatkan.pada bonggo pisang banyak terdapat kandungan air serta pati yang juga kaya akan karbohidrat.air yang terdapat didalam bonggol pisang dapat dijadikan sebagai obat tradisional yakni untuk mengobati sakit perut.

sementara batang pisang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.untuk daunnya,dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus pada makanan seperti tempe,nasi,dan sebagainya.jantung pisang dapat juga dimanfaatkan menjadi sayuran.tetapi pada jenis pisang tertentu.

nilai nutrisi dari buah pisang tergolong sangat tinggi.untuk per 100 gram buah pisang,

  • karbohidrat 27%.
  • lemak 0,3%.
  • protein 1%.
  • vitamin ( A 0,3 mg.B1 0,1 mg. B2 0,1 mg.B6 0,7 mg.C 20 mg.)
  • mineral ( Ca 15 mg. K 380 mg. Fe 0,5 mg. Na 1,2 mg.)
  • energi ( 116-128 Kcal )

manfaat kandungan Ca pada buah pisang dapat menetralkan efek dari MSG dan garam,K bermanfaat untuk menjaga air dalam tubuh agar tetap seimbang dan tekanan darah menjadi normal,serta meningkatkatkan fungsi jantung dan kinerja otot.

sementara asam folat dan vitamin B6 bermanfaat untuk perkembangan dari otak dan mencegah terjadinya kangker pada usus.buah pisang memang memiliki rasa yang manis dan lezat.selain dapat dimakan langsung,buah pisang  bisa juga dikukus,direbus, ataupun digoreng.berikut ini manfaat pisang yang baik untuk kesehatan.

Baca juga :manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Baca juga :manfaat bayam merah untuk Ibu menyusui

menjaga kesehatan dalam masa kehamilan.

menjaga kesehatan dalam masa kehamilan

bagi seorang Ibu hamil tentunya memiliki pola tidur yang tidak teratur bahkan sangat kurang,pisang baik juga untuk dikonsumsi bagi Ibu hamil,karena dalam buah pisang terkandung magnesium dan tryptophan yang bermanfaat untuk meningkatkatkan kualitas tidur.dan antioksidan,vitamin,mineral,dan kandungan lainnya sangat membantu menjaga dan memelihara kesehatan Ibu hamil.

mencegah penyakit diabetes.

manfaat pisang mencegah penyakit diabetes

kurang tidur ternyata tidak hanya membuat badan menjadi lemas,kurang tidur menjadi salah satu faktor pemicu diabetes.oleh karenanya kurang tidur dapat berkontribusi dengan diabetes.makan pisang dapat mencegah penyakit diabetes,hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan tryptophan dapat membantu dan meningkatkan kualitas tidur.sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

menyehatkan pencernaan.

manfaat pisang menyehatkan pencernaan

selain rasanya yang manis,pisang juga kaya akan serat yang dapat melancarkan proses BAB.selain itu ada juga vitamin B6 yang membantu menurunkankan berat badan.rasa yang manis pada pisang membuat cepat kenyang.ada juga pati resisten yang terkandung dalam pisang yang juga  sangat baik untuk kesehatan pada usus dan dapat mengontrol gula dalam darah.

meningkatkan kinerja otak.

manfaat pisang meningkatkan kinerja otak

buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh segala usia.pisang mengandung kalium yang bermanfaat meningkatkan fungsi dari otak dan syaraf agar lebih maksimal.selain kalium pisang juga kaya akan magnesium yang berperan penting dalam perkembangan otak sekaligus meningkatkan daya ingat yang tinggi.

mencegah anemia

manfaat pisang mencegah anemia

anemia adalah menurunnya jumlah sel darah merah dalam tubuh.anemia dapat menyebabkan kelelahan dan pucat bahkan sampai sesak nafas.oleh karena itu mengkonsumsi buah pisang sangat baik untuk penderita anemia.pisang mengandung zat besi yang tinggi untuk merangsang homoglobin dalam darah dan mencegah anemia.vitamin B6 pada pisang mampu menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah sehingga sangat membantu untuk mencegah anemia.

manfaat pisang untuk pria.

manfaat pisang manfaat pisang untuk pria

bagi sebagian besar kaum pria agar tetap prima dan mempertahankan kualitas seks,tidak sedikit yang memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia seperti obat kuat saat berhubungan intim,tanpa memikirkan bahaya serta resikonya.

dari pada menyesal dikemudian hari,alangkah baiknya jika mengkonsumsi buah pisang.memang reaksi yang didapatkan tidak instan tapi pisang sangat baik untuk kesehatan seksual pria.ada beberapa manfaat pisang untuk pria seperti,

  1. meningkatkan produksi sperma.
  2. menyehatkan prostat.
  3. menambah tenaga

kandungan zink dalam pisang sangat membantu untuk memproduksi sperma.dengan mengkonsumsi pisang secara teratur,dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh sekaligus meningkatkan kesuburan pria.

magnesium dan manganese yang sangat baik untuk menjaga kesehatan prostat,dan vitamin C pada pisang berperan meringankan dan sekaligus mengurangi gejala pembengkakan prostat dan mempermudah saat buang air kecil.selain itu makan pisang juga dapat menambah tenaga,hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam pisang cukup tinggi.

nah itu tadi beberapa kandungan gizi dan manfaat pisang yang sangat baik untuk kesehatan.konsumsi pisang secara teratur dapat memelihara kesehatan tubuh.

Baca juga :jenis pepaya dan manfaatnya

Baca juga :kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan

Post a Comment for "kandungan gizi dan manfaat pisang "