Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan

 kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan

kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan


kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan-kentang adalah tanaman umbi yang sangat tinggi karbohidrat dan memiliki banyak manfaat buat kesehatan.dalam kehidupan sehari-hari kentang dapat dijadikan sebagai makanan pokok sebagai pengganti nasi.tidak hanya karbohidrat saja,masih ada banyak lagi kandungan gizi yang terdapat dalam kentang seperti.

  1. vitamin.
  2. antioksidan.
  3. serat.
  4. folat.
  5. kalium.
  6. protein.
  7. mineral.

selain itu kentang juga sangat rendah kalori,jadi bagi anda yang sedang dalam program diet sangat cocok untuk rutin makan kentang.berikut kandungan gizi yang terdapat dalam kentang.

Baca juga :jenis pepaya dan manfaatnya

Baca juga :manfaat bayam merah untuk Ibu menyusui dan bayi

kandungan gizi kentang.

1.vitamin.

kandungan vitamin yang terdapat dalam kentang sangatlah penting bagi kesehatan.vitamin B6 yang berperan penting untuk pembentukan zat kekebalan tubuh,pembentukan sel darah,merawat kesehatan saraf,dan sebagai penunjang pada pencernaan protein.

ada juga vitamin C yang berperan sebagai sifat antioksidan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan membantu sistem kekebalan tubuh serta baik untuk membantu dalam penyerapan zat besi dan merawat kesehatan tulang dan gigi.

2.antioksidan.

ada berbagai penyakit kronis yang dapat terjadi pada tubuh manusia akibat serangan radikal bebas seperti,kangker,diabetes,penyakit jantung koroner.tak disangka ternyata kentang juga memiliki kandungan antioksidan yang membantu untuk menangkal dari serangan radikal bebas serta berbagai macam penyakit.

3.serat.

nah,kalau yang satu ini sangat tidak asing lagi,yaitu masalah pencernaan.ternyata kandungan terbaik dari kentang ada pada kulitnya.kentang mengandung serat yang baik untuk memelihara kesehatan usus serta masalah pada pencernaan.tidak hanya itu,serat yang terdapat pada kentang mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

4.folat.

folat adalah salah satu nutrisi yang juga sangat penting bagi tubuh.terutama untuk wanita yang menginginkan cepat hamil ataupun yang tengah hamil tentunya sangat membutuhkan nutrisi folat yang cukup.oleh karenanya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kentang secara rutin.

5.kalium.

pada kulit kentang terdapat banyak sekali zat kalium ( potasium ).yang mana mineral kalium mampu menekan resiko penyakit jantung,stroke,dan tekanan darah tinggi.

Baca juga manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Baca juga :4 jenis terong dan manfaatnya

6.protein.

sama halnya dengan tanaman pangan lainnya,dalam kentang juga terdapat kandungan protein.akan tetapi kandungan protein kentang tergolong rendah namun sangat berkualitas tinggi.protein utama yang dimiliki kentang adalah patatin.tubuh manusia sangat membutuhkan protein yang cukup.yang mana protein berperan baik dalam produksi zat kimiawi didalam tubuh seperti hormon serta enzim.

kebutuhan tubuh akan protein sangat membantu dalam pembentukan otot,tulang,kulit,rambut,hingga sel darah.akan tetapi ada sebagian orang yang memiliki alergi terhadap protein jenis patatin ini.jadi,sebelum makan kentang,ada baiknya mengetahui apakah anda memiliki alergi terhadap patatin.

7.karbohidrat.

karbohidrat adalah sumber utama penghasil tenaga bagi tubuh,untuk setiap harinya tubuh kita membutuhkan 2000 kalori.jadi setidaknya 900 sampai 1300 atau 45% sampai 65% kalori yang bersumber dari karbohidrat harus terpenuhi.

kandungan karbohidrat yang dimiliki kentang mencapai hingga 90%,jadi kentang mampu mencukupi kebutuhan kalori perhari pada tubuh.akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebih,akan menambah kenaikan berat badan.

dengan banyaknya kandungan gizi yang dimiliki,tidak heran jika kentang banyak diminati oleh banyak orang.dengan pengolahan yang benar,kentang banyak memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.kentang sendiri dapat diolah dengan cara dipanggang,direbus,ataupun dikukus.

disarankan untuk mengkonsum kentang dengan kulitnya.hal ini dikarenakan pada kulit kentang terdapat kandungan gizi tertinggi.tidak hanya itu,kulit kentang juga banyak mengandung polifenol yang bersifat sebagai antioksidan.nah,bagi para pecinta kentang,berikut manfaat kentang yang harus diketahui.

manfaat kentang.

mengurangi resiko penyakit jantung.

manfaat kentang untuk jantung

salah satu penyakit yang paling berbahaya ialah penyakit jantung,oleh karena itu sudah seharusnya kita merawat kesehatan jantung.kentang memiliki vitamin B6,vitamin C,potasium dan serat yang dapat melindungi organ jantung dan sekaligus menyehatkan jantung.tidak hanya itu,kentang juga dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga resiko penyakit serangan jantung dapat terhindar.

Baca juga :manfaat timun

Baca juga :manfaat kunyit

diet untuk alergi gluten.

manfaat kentang untuk diet gluten


bagi yang memiliki alergi terhadap gluten tidak lagi ragu untuk mengkonsumsi kentang sebagai makanan pengganti nasi.dengan demikian diet akan tetap aman.bahkan bagi para penderita caliac yang sangat sensitif terhadap gluten juga sangat aman untuk mengkonsumsinya.

menyehatkan otak.

manfaat kentang untuk otak

otak yang sehat akan berfungsi dengan baik.kentang memiliki kandungan enzim dan asam alfa lipoat yang dapat meningkatkan fungsi kerja otak,dan enzim dapat mengontrol gejala dari alzheimer.tidak hanya itu,kandungan serta manfaat kentang seperti fosfor,zinc,dan vitamin B kompleks sangat membantu dalam menyehatkan otak.

mengatasi rasa gatal dan peradangan kulit.

manfaat kentang untuk peradangan kulit

rasa gatal yang sering terjadi pada kulit sangatlah mengganggu,apalagi jika sampai terjadi peradangan kulit.rasa gatal yang ditimbulkan akan sangat menjengkelkan.jika ini terjadi,kita dapat memanfaatkan kentang sebagai penghilang rasa gatal tersebut.

kentang yang sudah dihaluskan dengan cara ditumbuk tanpa dikupas kulitnya,dapat digunakan sebagai obat luar untuk menghilangkan rasa gatal bahkan luka bakar sekalipun.tidak hanya itu,pada kulit yang berminyak kentang dapat digunakan sebagai masker untuk mengurangi penyakit jerawat dan kutil atau masalah kulit lainnya.

mengobati penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi.

manfaat kentang untuk tekanan darah tinggi

bagi para penderita diabetes,dokter sering menyarankan agar mengganti nasi dengan kentang untuk dimakan.hal ini dikarenakan kandungan pati yang ada dalam kentang akan mengontrol kadar gula dalam darah dan kemudian menurunkan diabetes.asuan natrium rendah yang terkandung dalam kentang dapat menjaga tekanan darah, dan zat kalium akan membantu dalam pelebaran pada pembuluh darah.oleh karena itu,dengan mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi dapat mengobati penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca juga :khasiat jahe merah dan madu

Baca juga :manfaat buncis

menyehatkan pencernaan.

manfaat kentang untuk pencernaan

kentang dapat menyehatkan pencernaan ? kentang juga memiliki kandungan pati resisten yang ternyata mampu memperbaiki dan meyehatkan sistem pencernaan.kandungan pati resisten akan dirubah menjadi asam lemak rantai pendek oleh bakteri baik yang terdapat dalam usus.manfaat dari asam lemak rantai pendek itu sendirilah yang berperan penting dalam menyehatkan sistem pencernaan seperti,

menguatkan pertahanan dan mengurangi resiko peradangan pada usus besar,dan mencegah kangker usus besar.bahkan asam lemak rantai pendek juga memiliki peran penting bagi penderita divertikulitis yang disebabkan oleh infeksi usus.dengan mengkonsumsi kentang,pencernaan akan menjadi lebih sehat dan proses pembuangan air besar pun menjadi lebih lancar.

mencegah pertumbuhan sel kangker.

manfaat kentang untuk kangker

penyakit kangker merupakan penyakit yang sangat serius.pertumbuhan sel kangker yang terjadi akibat serangan radikal bebas harus dicegah sebelum terlambat.mengkonsumsi kentang merupakan salah satu cara untuk mencegah pertumbuhan sel kangker.

kentang sebaiknya direbus untuk mendapatkan manfaat kentang yang baik.kandungan Quercetin dan vitamin C dalam kentang berperan sebagai antioksidan yang sangat aktive membunuh sel-sel kangker dan asam folat yang berperan sebagai pelindung untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kangker.

oleh karena itu,dengan mengkonsumsi kentang rebus secara rutin dapat mencegah pertumbuhan sel kangker.nah itulah beberapa kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan.masih banyak lagi manfaat kentang yang lainnya buat kesehatan.semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "kandungan gizi dan manfaat kentang untuk kesehatan"