Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik budidaya pepaya california dari biji dilahan kering

 Teknik budidaya pepaya california dari biji dilahan kering

Teknik budidaya pepaya california dari biji dilahan kering

Teknik budidaya pepaya california dari biji dilahan kering bergantung pada waktu yang tepat serta cara menanam dan perawatan agar pepaya cepat berbuah.saat ini buah pepaya semakin banyak diminati,rasanya yang enak juga memiliki banyak sekali manfaat buat kesehatan.apalagi untuk masalah yang paling banyak dialami oleh sebagian orang yaitu melancarkan BAB.

dengan semakin tingginya konsumen,maka semakin tinggi juga permintaan pasar.pepaya calina atau california ( carica papaya ) merupakan jenis pepaya unggul varietas lokal asli Indonesia.namun banyak yang menyebutnya sebagai pepaya impor dari negara luar.jenis pepaya california dewasa ini banyak dibudidayakan diIndonesia.

selain tahan terhadap serangan hama,jenis pepaya calina lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan jenis pepaya yang lainnya.tinggi pohon pepaya calina hanya berkisar 2 meter saja.pada setiap pohon buahnya bisa mencapai 30 buah.bentuk buah lonjong serta rasanya yang manis membuat jenis pepaya ini banyak diminati.

kapan waktu yang tepat menanam pepaya california?musim  hujan adalah waktu yang tepat menanam pepaya california.hal ini bertujuan agar tanaman pepaya california mendapatkan asupan air yang cukup.

Baca juga :cara menanam labu siam

Baca juga :bercocok tanam dengan sistem hidroponik

syarat tumbuh pepaya california.

pepaya california dapat tumbuh pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.suhu maksimal ialah 26 C serta curah hujan yang cukup.pepaya california menyukai tanah yang subur,gembur,dan cukup asupan air.untuk membudidayakan pepaya california pada dasarnya hampir sama dengan menanam tanaman lainnya.tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ialah,

  1. pembibitan.
  2. persiapan lahan.
  3. penanaman bibit pepaya.
  4. perawatan tanaman.
  5. pemupukan.
  6. pengendalian hama.
  7. panen.

yuk disimak bagaimana cara menanam pepaya california dari biji hingga panen.

pembibitan.

pembibitan pepaya california

pepaya california dapat ditanam  langsung dengan bijinya,akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik,sebaiknya bibit disemai terlebih dahulu sebelum ditanam.dengan membuatkan media semai,kita dapat mengetahui benih yang layak dan tidak layak untuk dipindahkan pada lahan penanaman.

pembibitan dapat dibuat dengan berbagai media tanam seperti polybag,gelas bekas air mineral,dan lain sebagainya.masukkan campuran tanah,sekam,pupuk kandang atau kompos kedalam polybag yang berukuran kecil atau dengan media tanam yang lainnya.dengan perbandingan 3:2:1.kemudian letakkan pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari dan hujan.biarkan selama 1 minggu.

setelah itu masukkan benih pepaya california kedalam tiap-tiap media tanam dengan cara membuat lubang dangkal pada campuran tanah kemudian tutup kembali.untuk bibit pepaya california bisa kita dapatkan pada toko pertanian ataupun secara online.tidak lupa juga untuk disiram.umumnya benih akan tumbuh dan siap untuk dipindahkan  saat benih berumur 6 minggu.

persiapan lahan.

sebelum menanam.lahan harus dibersihkan terlebih dahulu dari rumput liar atau gulma serta kotoran yang lainnya.bentuk bedengan dengan lebar sekitar 1.5 meter dan panjang menyesuaikan.jarak antara bedengan satu dengan yang lainnya sekitar 1 meter.

kemudian buatkan lubang ditengah bedengan untuk menanam benih pepaya.jarak antara lubang satu dengan yang lainnya sekitar 2.5 x 2.5 meter.lalu masukkan pupuk kompos atau pupuk kandang pada masing-masing lubang.

Baca juga :cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

Baca juga :mengenal sistem hidroponik NFT dan DFT

penanaman bibit pepaya.

penanaman bibit pepaya.

setelah benih pepaya sudah benar-benar siap untuk ditanam.benih dimasukkan pada lubang yang sudah dibuatkan dan diisi dengan pupuk kandang atau kompos.pada setiap lubangnya cukup diberikan 1 pohon saja.tutup kembali bagian pangkal benih dengan campuran tanah dan pupuk kandang dan padatkan agar benih tidak mudah roboh lalu siram.penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari.agar benih tidak mudah layu.

perawatan tanaman.

perawatan tanaman dapat dilakukan sejak benih berusia 1 minggu dan seterusnya.perawatan tanaman pepaya california dapat meliputi,penyiraman.penyiangan.pembumbunan.penyulaman.

penyiraman dapat dilakukan pagi dan sore hari selama 1 bulan pertama.selanjutnya disiram saat tanah terlihat kering.penyiangan juga dilakukan secara rutin agar tidak ada rumput liar yang dapat merebut nutrisi pada tanah sekitar tanaman pepaya.

lakukan juga pembumbunan untuk menutupi bagian akar yang keluar.pembumbunan sebaiknya dilakukan berbarengan dengan saat pemupukan.untuk penyulaman juga wajib dilakukan.agar tanaman pepaya california dapat tumbuh serempak.penyulaman dilakukan pada saat tanaman pepaya berusia 1 minggu hingga 1 bulan.

pemupukan.

pemupukan tanaman pepaya california dapat dilakukan sejak berumur 2 minggu dan setelah penyiangan serta pembumbunan dilakukan.pupuk apa yang bagus untuk pepaya? pupuk yang bagus untuk pepaya ialah pupuk kandang,kompos,NPK,dan KCL.

pemberian pupuk susulan  dapat dilakukan dengan pupuk NPK. untuk dosis awal pupuk NPK harus ringan atau berkisar 200 gram setiap pohonnya.perlu diperhatikan agar pemberian pupuk tidak terlalu dekat dengan pangkal pohon.beri jarak sekitar 30-50 cm dari pangkal pohon.

pada saat tanaman berusia 3 bulan,berikan kembali pupuk NPK dengan dosis 400-500 gram untuk setiap pohonnya.pemberian pupuk susulan dilakukan 3 bulan selanjutnya hingga tanaman mulai berbuah.jika tanaman sudah menunjukan adanya bunga,berikan pupuk KCL.

pengendalian hama.

hama pepaya california

pengendalian  hama merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam budidaya pepaya california.ada banyak sekali jenis hama yang dapat menyerang tanaman pepaya yang berakibat rusaknya tanaman pepaya.diantaranya ialah.

  • tungau.
  • aphid.
  • kutu putih.
  • busuk antraknos.
  • busuk phytphora.
  • rebah semai dan hama jenis lainnya.

hama-hama jenis diatas dapat menyerang batang,daun,buah,bahkan akar sekalipun.pengendalian hama dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan pestisida seperti akarisida dan curacron.penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore hari.karena hama akan bersembunyi dibalik daun saat siang hari.

panen.

panen pepaya california

umur panen pepaya california ialah saat tanaman pepaya california memasuki usia 9 bulan.buah pepaya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda siap dipanen untuk pertama kalinya.buah pepaya dapat dipanen 4 kali dalam 1 bulan.ciri-ciri buah pepaya siap dipanen terdapat semburat kuning pada ujung buah.

disarankan saat panen buah tidak terlalu masak agar buah pepaya tidak rusak saat pengangkutan.petik buah pepaya dengan cara memotong tangkai buah dengan benda tajam.nah itu tadi ulasan singkat mengenai teknik budidaya pepaya california dari biji dilahan kering.semoga bisa bermanfaat.

Baca juga :manfaat bayam merah untuk Ibu menyusui dan bayi

Baca juga :jenis-jenis tanaman bayam

Post a Comment for "Teknik budidaya pepaya california dari biji dilahan kering"