Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis tanaman bayam

 Jenis-jenis tanaman bayam 

Jenis-jenis tanaman bayam

Tanaman bayam-Bayam merupakan jenis tanaman sayuran yang batang serta daunnya dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan masakan sayur-sayuran.tanaman bayam dapat tumbuh pada dataran rendah ataupun pada dataran tinggi.

tanaman bayam dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak sekali manfaatnya.kandungan zat besi pada bayam sangat tinggi.diIndonesia tanaman bayam banyak dibudidayakan.

ciri-ciri tanaman bayam.

tanaman bayam memiliki ciri-ciri sebagai berikut,

  • bayam memiliki akar tunggang serta berserabut diatasnya.
  • batang bayam memiliki lapisan epidermis serta bercabang.
  • daun bayam tunggal dan menyirip.
  • buanga bayam berwarna hijau dan berkelamin tunggal,biji bayam bulat kecil dan berwarna coklat ketitam-hitaman.
  • Karakteristik tanaman bayam ialah,tanaman bayam tumbuh tegak dan memiliki cabang yang monodial serta terdapat duri-duri yang lembut.

Baca juga :

Baca juga :

Selain itu ada juga tanaman bayam yang tidak dibudidayakan atau disebut sebagai bayam liar.meskipun dikatakan bayam liar,bayam tersebut juga dapat dimakan.bayam liar memiliki tekstur yang lebih keras jika dibandingkan dengan bayam yang dapat dibudidayakan.bayam liar memiliki dua jenis yaitu,

bayam berduri dan bayam tanah.kedua bayam liar tersebut memiliki tekstur yang sama kerasnya.sementara untuk bayam yang dapat dibudidakan memiliki tekstur yang lebih lembut dari bayam liar.jenis-jenis tanaman bayam yang dapat dibudidayakan ialah,

  1. Bayam tahun.
  2. Bayam cabut.

Bayam tahun.

Bayam tahun memiliki daun yang lebar serta biji yang putih.oleh karenanya bayam tahun sering disebut dengan nama bayam sekop.bayam jenis ini memiliki batang yang berwarna merah dan akan berubah warna menjadi hijau kemerahan saat bayam sudah besar.Bayam tahun sendiri memiliki dua jenis varietas yaitu,varietas paniculatus dan varietas caudatus.

pada varietas paniculatus  memiliki warna daun  yang hijau dan lebar serta rangkaian bunganya tumbuh dengan teratur pada hampir setiap ketiak daun dan cabang.pada varietas caudatus memiliki warna daun yang hijau dan merah tua,bentuk daunnya cenderung agak memanjang dan runcing,sementara rangkaian buangnya tumbuh dan tidak teratur pada hampir setiap ujung batang.

Baca juga :manfaat bayam merah untuk ibu menyusui dan bayi

Baca juga :mengenal sistem hidroponik NFT dan DFT

Bayam cabut.

bayam cabut

bayam cabut sering sebut dengan bayam sekul,bayam cabut adalah bayam yang paling umum kita jumpai,ada dua jenis bayam cabut yaitu bayam merah dan bayam putih.bayam merah memiliki warna kemerah-merahan pada batang dan daunnya.sementara bayam putih memiliki warna hijau keputih-putihan.bunga bayam cabut terletak pada ketiak daun.

Selain dari jenis tanaman bayam diatas,ada juga tanaman bayam lainnya yang khusus ditanam untuk dijadikan tanaman hias.

Jenis tanaman bayam hias.

Jenis tanaman bayam hias.

Bayam hias adalah jenis tanaman bayam hias yang ditanam tidak untuk dimakan melainkan hanya untuk dijadikan sebagai tanaman hias semata.bayam hias sendiri memiliki banyak sekali jenisnya.

berikut sebagian kecil dari jenis bayam tanaman hias yang dapat dijadikan tanaman hias dipekarangan rumah dan didalam rumah.

  1. Begonia.
  2. fittonia.
  3. miana.
  4. bunga sepatu.

Begonia.

begonia

begonia merupakan salah satu jenis bayam tanaman hias.begonia memiliki daun berwarna merah seperti bayam merah.begonia sendiri sangat mudah untuk dibudidayakan baik bagi pemula sekalipun.

fittonia.

nahh kalau yang satu ini bisa dibilang tanaman hias yang manja.fittonia tidak bisa ditanam dibawah terik matahari.sehingga jenis fittonia banyak diletakkan didalam ruangan saja seperti diatas meja,selain itu,fittonia juga menyukai tempat yang lembab.fittonia memiliki varian warna yang banyak.jenis tanaman ini tidak cocok bagi yang masih pemula,karena sangat sulit dalam perawatannya.

Baca juga :bercocok tanam dengan sistem hidroponik

Baca juga :cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

miana.

miana atau coleus merupakan jenis bayam tanaman hias yang banyak ditanam orang,harganya juga sangat terjangkau.miana termasuk tanaman yang tahan terhadap paparan sinar matahari.corak dan warna daun miana sangat bervariasi.

bunga sepatu.

bunga sepatu merupakan jenis bayam tanaman hias yang paling mudah untuk dirawat.bunga sepatu sangat cocok ditanam diluar rumah dan terkena paparan sinar matahari.selain tahan,warna bunga sepatu menjadi lebih cerah.pertumbuhan bunga sepatu tergolong sangat cepat.umumnya bunga sepatu ditanam dihalaman rumah saja untuk dijadikan pagar.

itulah sebagian kecil dari jenis bayam tanaman hias.ada begitu banyak jenis bayam tanaman hias lainnya yang dapat ditanam didalam ataupun diluar rumah.

Nah itulah beberapa dari jenis-jenis tanaman bayam.baik itu yang bisa dimakan ataupun yang hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja.semoga bisa bermanfaat.

Baca juga :cara menanam labu kuning

Baca juga :cara menanam labu siam

Post a Comment for "Jenis-jenis tanaman bayam "