Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

jenis-jenis pepaya dan manfaatnya.

 jenis-jenis pepaya dan manfaatnya.

jenis-jenis pepaya dan manfaatnya.


pepaya ( carica papaya )atau biasa disebut kates merupakan salah satu tanaman penghasil buah yang kaya akan vitamin C.tumbuhan yang berasal dari meksiko ini sangat cocok tumbuh pada wilayah yang beriklim tropis.diIndonesia tanaman pepaya banyak dibudidayakan.buah pepaya memiliki ukuran serta warna yang beragam.

Daging buah pepaya dapat dimakan saat sudah matang.buah yang masih mentah dapat dijadikan sayuran dan bisa juga langsung dimakan.tidak hanya buahnya,daun serta bunga pepaya juga dapat dijadikan sebagai sayuran.walau rasanya yang pahit,daun serta bunga pepaya banyak diminati.

kandungan buah pepaya sangat banyak,diantaranya ada vitamin A,B1,B3,B5,C,E,K,kalsium,folat,serat,potasium dan magnesium.Dengan banyaknya vitamin yang terkandung dalam buah pepaya,sehingga buah pepaya juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan.ada banyak jenis pepaya yang bisa kita konsumsi dan mengambil manfaatnya.Berikut jenis-jenis pepaya dan manfaatnya.

  • pepaya gantung.
  • pepaya calina/california.
  • pepaya red lady.
  • pepaya hawai.
  • pepaya bangkok.
  • pepaya mas/golden.
  • pepaya carisya.
  • pepaya sukma.
  • pepaya gunung.
  • pepaya cibinong.
  • pepaya merah delima.

pepaya gantung.

pepaya gantung.

Jenis pepaya gantung adalah pepaya jantan yang juga terkadang menghasilkan buah namun secara partenogenesis.tanaman pepaya gantung memiliki bunga yang sangat banyak.bunga pepaya gantung tumbuh pada tangkai pohon hingga sampai ke pucuk.Pepaya gantung umumnya dimanfaat sebagai tanaman obat herbal atau tradisional.yang dapat dimanfaatkan dari pepaya gantung ialah daun,bunga,bahkan akarnya.

Selain itu,bunga dan daunnya dapat dijadikan sayuran.akan tetapi rasanya sangat pahit.yang paling sering digunakan orang sebagai pengobatan tradisional adalah daunnya.dalam daun pepaya gantung mengandung vitamin dan mineral.seperti vitamin A,B1,dan C,hidrat arang,kalsium,zat besi,fosfor,energi,dan karbohidrat.

baca juga :jenis-jenis tanaman bayam

baca juga :manfaat bayam merah untuk ibu menyusui dan bayi

pepaya calina/california.

pepaya calina/california.

pepaya calina atau california ( carica papaya ) merupakan jenis pepaya unggul varietas lokal asli Indonesia.namun banyak yang menyebutnya sebagai pepaya impor dari negara luar.jenis pepaya california dewasa ini banyak dibudidayakan diIndonesia.selain tahan terhadap serangan hama,

Jenis pepaya calina lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan jenis pepaya yang lainnya.tinggi pohon pepaya calina hanya berkisar 2 meter saja.pada setiap pohon buahnya bisa mencapai 30 buah.bentuk buah lonjong serta rasanya yang manis membuat jenis pepaya ini banyak diminati.

pepaya red lady.

pepaya red lady.

pepaya red lady juga merupakan jenis pepaya hibrida unggulan yang memiliki warna merah jingga serta rasanya yang manis.bentuk pepaya ini lonjong pendek.pepaya red lady juga tahan terhadap serangan penyakit dan virus.pepaya red lady merupakan jenis varietas betina.

pepaya hawai.

pepaya hawai.

dinamakan pepaya hawai karena memang jenis pepaya ini dikembangkan di hawai.ukuran pepaya hawai sangat kecil berkisar 0,5 kg saja,pas untuk takaran 1 orang.pepaya hawai memiliki daging buah yang tebal serta warna merah dan kuning yang cerah memiliki rasa yang manis dan segar.pepaya jenis hawai juga banyak dibudidayakan diIndonesia.sementara sistem budidaya pepaya hawai sama dengan pepaya jenis lainnya.

pepaya bangkok.

pepaya bangkok.

pepaya bangkok juga merupakan salah satu pepaya unggulan.dikatakan pepaya bangkok karena memang ukurannya yang terbilang besar.1 buah pepaya bangkok berkisar sampai 3 kg bahkan ada lebih.pepaya bangkok memiliki warna jingga kemerahan serta rasanya yang manis namun tekstur dagingnya lebih padat.pepaya yang berasal dari bangkok,thailand ini banyak dibudidayakan diIndonesia.

baca juga :sistem hidroponik NFT dan DFT

baca juga :cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

pepaya mas/golden.

pepaya mas/golden.

pepaya mas / golden merupakan jenis papaya yang unik.warnanya yang kuning sejak masih mentah hingga matang.pepaya mas / golden memang tergolong langkah.pepaya ini hanya mampu bertahan hidup pada daerah tertentu saja.

pepaya carisya.

pepaya carisya adalah pepaya lokal yang juga banyak diminati.carisya memiliki ukuran kecil,warna carsya jingga kemerahan dan daging buahnya yang tebal.berat berat pepaya carisya hanya berkisar 600 gram saja.

pepaya sukma.

pepaya sukma adalah jenis pepaya lokal yang dikembangkan diIndonesia.pepaya sukma memiliki daging buah yang tebal,warna sukma hijau tua dan daging buahnya berwarna merah jingga.pepaya sukma tergolong besar.berat pepaya sukma bisa mencapai 3 kg per buah.serta bentuknya bulat lonjong.

pepaya gunung.

pepaya gunung.

pepaya gunung berasal dari pegunungan andes amerika selatan.pepaya gunung hanya tumbuh didaerah pegunungan dengan ketinggian 3000 meter.diIndonesia pepaya ini hanya dibudidayakan didaerah yang memang pegunungan.

pepaya cibinong.

pepaya cibinong.

pepaya cibinong atau nuraja merupakan salah satu jenis pepaya lokal yang mirip sekali dengan pepaya bangkok.mungkin karena ukurannya yang sangat besar.akan tetapi,ada perbedaan yang sangat mencolok yaitu terletak pada tangkai buahnya.tangkai buah pepaya nuraja lebih panjang.jenis pepaya cibinong banyak dijual dan dibudidayakan didaerah cibinong.

baca juga :bercocok tanam dengan sistem hidroponik

baca juga :cara menanam labu siam

pepaya merah delima.

pepaya merah delima.

pepaya merah delima merupakan jenis pepaya yang memiliki 3 jenis bunga yaitu,bunga betina,bunga jantan,dan bunga sempurna ( hemaprodit ).pepaya merah delima mirip dengan jenis pepaya california,dagingnya tebal dan manis.yang membedakan hanya pada punggung buah dan rongga tengahnya saja.

pepaya merah delima memiliki punggung yang bergelombang dan rongga tengahnya lebih teratur tampak membentuk bintang lima.sementara untuk pepaya jenis california memiliki punggung yang rata dan rongga tengahnya tampak tidak teratur.pepaya merah delima juga tidak terlalu rumit dalam pembudidayaannya.serta mampu bertahan pada dataran rendah.

manfaat daun pepaya

manfaat daun pepaya

pepaya ( carica papaya ) memiliki jenis yang sangat banyak namun memiliki manfaat yang sama buat kesehatan tubuh.selain buahnya daun dan bunga pepaya juga sangat banyak sekali manfaatnya buat kesehatan tubuh.akan tetapi daun dan bunga pepaya memiliki rasa yang sangat pahit.Berikut manfaat daun pepaya yang baik untuk kesehatan.

membersihkan racun dalam tubuh.

pada daun pepaya terkandung juga senyawa karpain yang berperan menghambat pertumbuhan mikro organisme dan dapat membersihkan serta mengeluarkan racun dalam tubuh.sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit kulit.

baca juga :cara menanam labu kuning

baca juga :manfaat ubi jalar untuk kesehatan

meredahkan sakit flu.

vitamin A,C,dan E,yang terkandung dalam daun pepaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta meregenerasi sel darah putih dan trombosit.sehingga dapat membunuh semua jenis virus yang menyebabkan penyakit flu.

menstabilkan gula darah.

daun pepaya juga dapat merangsang aktivitas insulin didalam tubuh,agar kadar gula dalam darah menjadi lebih stabil sehingga terhindar dari resiko diabetes,kerusakan organ pada ginjal.

manfaat bunga pepaya untuk kesehatan tubuh meliputi,

manfaat bunga pepaya


  1. membantu menurunkan berat badan.
  2. menambah nafsu makan.
  3. mencegah penyakit kangker.
  4. melancarkan sistem pencernaan.
  5. menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes.
  6. menurunkan demam.
  7. sebagai antioksidan.

Demikianlah ulasan singkat dari jenis-jenis pepaya dan manfaatnya.semoga bermanfaat.


Post a Comment for "jenis-jenis pepaya dan manfaatnya."