Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara mudah menanam kentang dengan polybag.

cara mudah menanam kentang dengan polybag.

cara mudah menanam kentang dengan polybag


Cara mudah menanam kentang dengan polybag-kentang (solanum tuberosum)merupakan tanaman umbi yang banyak mengandung karbohidrat.kentang juga merupakan salah satu tanaman semusim yang menyukai daerah yang sejuk dan memiliki iklim tropis.kentang dapat dijadikan sebagai makanan pokok.

namun  kentang juga dapat dijadikan sebagai pelengkap masakan sayuran dan berbagai jenis olahan lainnya seperti kentang goreng.tanaman kentang yang berasal dari amerika selatan ini mampu tumbuh subur pada dataran tinggi hingga 2000 meter dari permukaan laut dengan tanah yang gembur serta tidak padat dan keras.

di Indonesia tanaman kentang sudah banyak dibudidayan.ada yang menanam kentang dilahan dengan tujuan untuk dijual.ada juga yang menanam kentang menggunakan media tanam hanya sekedar hobi saja.proses penanamannya juga sama hanya media tanamnya saja yang berbeda.untuk lebih jelasnya yuk disimak bagaimana cara mudah menanam kentang dengan polybag.

Baca juga :teknik budidaya california

Baca juga :jenis-jenis pepaya dan manfaatnya

agar menanam kentang lebih mudah,ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti.

  1. menyiapkan pembibitan.
  2. persiapan media tanam.
  3. penanaman bibit kentang.
  4. perawatan tanaman kentang.
  5. pemanenan tanaman kentang.

menyiapkan pembibitan.

menyiapkan pembibitan

untuk menanam kentang hal pertama yang harus kita lakukan ialah menyiapkan pembibitan tanaman kentang.untuk kentang yang akan kita jadikan bibit harus menggunakan bibit unggul.karena bibit unggul sudah bisa dipastikan tahan terhadap penyakit.ciri-ciri bibit unggul ialah kentang harus sudah tua.tidak cacat dan berjamur atau rusak.

kita bisa mendapatkan bibit unggul dari tempat penjualan bibit tanaman atau dengan membuatnya sendiri.setelah bibit unggul kita dapatkan selanjutnya kita semai terlebih dahulu sebelum ditanam.cara menyemainya ialah.

tempatkan bibit pada tempat yang lembab namun mendapatkan sedikit sinar matahari.diamkan bibit selama 2 minggu hingga bibit mulai mengeluarkan beberapa tunas.setelah tunas tumbuh sekitar 5 cm maka bibit juga akan mulai mengeluarkan akar,berikan penyemprotan halus pada bibit untuk menambah kelembaban.

Baca juga :jenis-jenis tanaman bayam

Baca juga :manfaat bayam merah untuk ibu menyusui dan bayi

persiapan media tanam.

setelah bibit kentang kita siapkan.langkah selanjutnya ialah siapkan sejumlah polybag yang berukuran 50 x 80 cm.tidak lupa juga kita buatkan lubang sebanyak 5 atau 6 pada polybag sebagai drainase agar air dapat keluar sehingga kondisi tanah dalam polybag tidak terlalu basah atau becek nantinya.

selanjutnya polybag kita isi dengan tanah humus atau tanah yang sudah kita campurkan dengan pupuk kompos.pastikan untuk mengisi tanah tidak terlalu penuh.lipat bagian ujung polybag agar tampak lebih rapi.

penanaman bibit kentang.

penanaman bibit kentang

jika semua sudah siap.selanjutnya kita mulai melakukan penanaman bibit kentang.bibit kentang yang sudah memiliki tunas kita masukkan kedalam polybag yang sudah terisi dengan tanah tadi sedalam 5 sampai 7 cm.dalam 1 polybag kita dapat mengisi bibit kentang sebanyak 3 atau 4 bibit.

setelah semua bibit kentang ditanam kita siram setiap hari.dan pastikan drainasenya bekerja dengan baik.umumnya kentang akan tumbuh saat memasuki umur 10 hari sejak ditanam.

perawatan tanaman kentang.

perawatan tanaman kentang

saat tanaman memasuki umur 1 bulan kita lakukan pembumbunan dengan cara menaburkan tanah sedikit demi sedikit menyesuaikan tanaman.setelah itu kita berikan pupuk untuk merangsang pertumbuhan.pupuk yang akan kita gunakan ialah pupuk urea dan TSP sebanyak 1 genggaman tangan saja atau bisa ditakar 1 sendok makan.

perbandingan pupuk urea dan TSP adalah 1:1.pastikan saat pemupukan tidak mengenai pangkal pohon kentangnya.taburkan diantara pohonnya saja.selanjutnya kita siram agar pupuk dapat larut.

Baca juga :mengenal sistem hidroponik NFT dan DFT

Baca juga :cara membuat nutrisi hidroponik sendiri

pemanenan tanaman kentang.

pemanenan tanaman kentang

saat tanaman kentang mulai memasuki umur 4 bulan.tanaman kentang akan mulai mengering dan kemudian mati.nah itulah tandanya pemanenan tanaman kentang akan segera siap untuk dilakukan.

biarkan terlebih dahulu selama 7 hari saat tanaman kentang mengering.hal ini bertujuan agar hasil panen umbi kentang berkualitas.sebab jika dipanen sebelum waktunya maka hasilnya akan sangat rendah dan tidak berkualitas.tidak hanya itu,kulit kentang akan mudah lecet.

berikut langkah-langkah memanen kentang.

  • cabut bagian batang kentang yang sudah mengering jangan dipotong.
  • biarkan umbi tertinggal didalam tanah.
  • tutup kembali dengan tanah bekas dari pencabutan pohon kentang agar dalam masa penuaan kentang tidak terpapar sinar matahari langsung.
  • setelah kurang lebih 5 hari,bongkar polybag secara hati-hati agar tidak merusak umbi kentangnya dan biarkan kentang kentang kering oleh angin dan matahari.
  • bersihkan kentang dari sisa tanah yang masih menempel dan kentangpun kini siap untuk diolah.

nah itulah tadi ulasan singkat mengenai cara mudah menanam kentang dengan polybag.semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "cara mudah menanam kentang dengan polybag."