Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik budidaya kacang tanah agar berbuah banyak

Teknik budidaya kacang tanah agar berbuah banyak

Teknik budidaya kacang tanah agar berbuah banyak


Teknik budidaya kacang tanah agar berbuah banyak-Siapa yang tidak mengenal kacang tanah.Kacang tanah merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dan sering kita jumpai.kacang tanah di Indonesia sendiri sudah banyak di budidayakan sejak dahulu.

Tanaman yang berasal dari benua amerika ini dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki curah hujan yang sedang serta memiliki tingkat kesuburan tanah yang tinggi. Ada beberapa faktor yang mendukung  agar  tanaman kacang tanah dapat  menghasilkan buah  yang banyak .seperti 

  • tanah yang subur dan gembur
  • suhu yang tinggi atau tidak lembab
  • sinar matahari yang cukup

Jika semua sudah terpenuhi,sudah dipastikan maka hasilnya akan sesuai dengan harapan.yuk langsung kita simak Teknik budidaya kacang tanah agar berbuah banyak.

1.Pengolahan lahan tanam kacang tanah

Dalam pengolahan lahan tanam kacang tanah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan lahan dari rumput liar atau gulma serta kotoran yang lain seperti akar -akar pohon dan batang kayu yang masih tersisa.Kemudian gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul.

Setelah itu taburkan kapur pertanian terlebih dahulu.tidak lupa juga buatkan beberapa bedengan.hal bertujuan agar jika terjadi hujan,air tidak menggenang sehingga akar dari kacang tanah nantinya tidak busuk atau rusak.usahakan bedengan tidak terlalu lebar sekitar 100-120 cm.

Panjang bedengan menyesuaikan dengan luas lahan yang akan di tanami Kacang tanah saja.Setelah bedengan jadi kemudian kita taburkan pupuk kandang pada semua bedengan.agar tanah menjadi semakin subur dan kaya akan Nutrisi.lalu kita diamkan lahan tersebut selama 2 sampai 3 hari.

2.Menyiapkan benih kacang tanah

Untuk mendapatkan hasil yang optimal gunakan benih kacang tanah yang berkualias tinggi.Ciri-ciri benih yang berkualitas adalah,

  • Benih kacang tanah sudah tua atau berusia 3 bulan
  • Tidak ada kerusakan pada benih
  • Benih kacang tanah sudah di keringkan atau dijemur selama 1 minggu.

Jika ciri-ciri tersebut sudah terpenuhi maka benih kacang tanah tersebut siap untuk di tanam.

3.Penanaman benih kacang tanah.

Sebelum benih kacang tanah ditanam,rendam benih dengan larutan yang sudah dicampurkan pupuk organik selama 3 sampai 4 jam.hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan benih saat ditanam dan pupuk organik mencegah penyakit bawaan dari benih tersebut.

Setelah dirasa cukup,tiriskan benih tersebut.buat lubang kecil sedalam 3 sampai 5 cm pada bedengan kemudian masukkan benih pada lubang 1 butir tiap lubangnya.beri jarak antara lubang satu dengan yang lainnya kira-kira 30x20cm.

Kemudian tutup lubang dengan tanah.lakukan hal yang sama pada semua bedengan.dan lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari.Benih akan tumbuh dan mengeluarkan kecambah setelah 4 sampai 5 hari.

4.Perawatan.

Perawatan merupakan hal yang menentukan hasil dari Budidaya kacang tanah.perawatan itu sendiri seperti,melakukan penyiangan secara berkala,bersihkan semua rumput liar atau gulma yang berada disekitar tanaman kacang tanah dengan cara dicabut sampai ke akarnya.agar tanaman tidak kekurangan nutrisi.

Saat tanaman kacang tanah berusia 1 minggu,harus dilakukan pengecekan pada setiap tanaman.segera lakukan penyulaman jika terdapat ada benih yang tidak tumbuh atau rusak.

Pengendalian hama,pada umumnya hama yang sering menyerang tanaman kacang tanah adalah penyakit layu,bercak daun,penyakit karat,ulat penggulung daun dan uret atau pemakan akar.

Untuk mengatasi serangan hama tersebut kita hanya perlu melakukan suatu pencegahan dengan cara mencabut tanaman yang terserang hama dan musnahkan agar tidak menular pada tanaman yang lainnya.tidak disarankan menggunakan pupuk kimia,karena dapat mengurangi kesuburan pada tanah.penyiangan harus dilakukan secara rutin.

5.Pemberian pupuk.

Untuk pemberian pupuk sangat disarankan menggunakan pupuk organik cair,karena pupuk organik memiliki unsur hara yang lengkap.unsur hara mikro dan unsur hara makro sanggup mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tanaman.

Berikan pupuk organik cair saat tanaman berumur 2 minggu.dengn cara disemprotkan secara merata pada seluruh tanaman kacang tanah.dan lakukan lagi penyemprotan pupuk organik saat tanaman berumur 1 bulan 10 hari.

6.Panen.

Teknik budidaya kacang tanah agar berbuah banyak


Untuk kacang tanah yang sudah siap dipanen dapat dikenali dari cirinya.

  1. daun sudah rontok serta menguning.
  2. batangnya juga menjadi sangat keras
  3. saat dipegang,polong terasa keras dan berwarna cokelat.

jika semua ciri-ciri tersebut sudah ada.itu berarti tanaman kacang tanah sudah siap untuk dipanen.lakukan pemanenan kacang tanah secara serempak dengan cara dicabut.kemudian,pisahkan tanah yang masih menempel dari buahnya.

Setelah itu pisahkan polong kacang tanah dari batangnya dengan menggunakan tangan.kemudian jemur dibawah terik matahari dengan terpal atau alas sejenisnya sampai kering.setelah kering kemas kacang tanah dalam karung goni.

nahh.itu tadi serangkaian Teknik budidaya kacang tanah agar berbuah banyak.semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.


Post a Comment for "Teknik budidaya kacang tanah agar berbuah banyak"