Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat ubi jalar yang baik untuk kesehatan.

Manfaat ubi jalar yang baik untuk kesehatan.

Manfaat ubi jalar yang baik untuk kesehatan.


Manfaat ubi jalar yang baik untuk kesehatan-Mendengar sebutan kata ubi jalar memang sangat sederhana dan tidak asing,ubi jalar adalah jenis tanaman pangan yang kaya akan manfaat.ubi jalar juga sering dijadikan berbagai macam olahan jenis makanan.

Seperti menyantap ubi jalar rebus dipagi hari dan ditemani secangkir kopi panas.tidak hanya itu,daun dari ubi jalar pun dapat dijadikan sebagai sayur-sayuran.jenis dari ubi jalar sendiri sangat beragam,seperti

  1. ubi jalar ungu.
  2. ubi jalar putih.
  3. ubi jalar orange.
  4. ubi jalar kuning.
  5. ubi cilembu.

besar kemungkinan pemberian nama pada ubi jalar disesuaikan dengan warna dari daging buahnya.ubi jalar mengandung karbohidrat yang sangat tinggi,rasanya yang manis dan aromanya yang khas menggugah selera makan.kandungan yang dimiliki ubi jalar ialah,

  • karbohidrat.
  • kalium.
  • vitamin.
  • protein.
  • kalsium.
  • kalori.
  • serat.
  • sodium.
  • zat besi.
  • lemak.

Dengan kandungan gizi yang dimiliki ubi jalar ,tentunya sangat baik untuk dikonsumsi.dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.Berikut beberapa manfaat dari ubi jalar yang baik untuk kesehatan.

Baca juga :Cara sederhana menanam terong dengan polybag

Baca juga :4 jenis terong beserta manfaatnya

1.mengontrol kadar gula dalam darah.

gula darah memang harus selalu terkontrol agar dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti.diabetes,obesitas.kandungan flavonoid dalam ubi jalar mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

2.menurunkan tekanan darah tinggi.

ubi jalar mengandung antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.jika tekanan darah tinggi tidak dapat terkontrol,maka akan membuat sistem kerja jantung semakin cepat dan mengakibatkan hipertensi dan stroke.

3.melancarkan pencernaan.

ubi jalar juga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan.hal ini dikarenakan ubi jalar mengandung zat antosianin yang melancarkan metabolisme pada sistem pencernaan.dan serat yang dapat menyehatkan usus.

4.menurunkan berat badan.

ubi jalar memiliki kadar lemak yang rendah.jika dikonsumsi maka akan membuat perut kenyang lebih lama.sehingga sangat baik untuk prokgram diet.

5.meningkatkan imunitas.

antioksidan dan vitamin dalam ubi jalar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan radikal bebas.sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

6.Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil.

ubi jalar juga sangat baik jika dikonsumsi untuk ibu hamil.vitamin A,C,berperan penting membantu dalam penyerapan zat besi yang diperlukan bagi kesehatan ibu dan bayi.Dalam ubi jalar terdapat juga nutrisi penting saat masa kehamilan 

Seperti kalium dan potasium.selain itu,vitamin B6 dalam ubi jalar juga membantu pembentukan sel darah merah selama masa kehamilan.ubi jalar memang sangat baik bagi Ibu hamil,akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan resiko.

7.Manfaat ubi jalar untuk pria.

selain rasanya enak,ternyata ada juga nihh manfaat lain dari ubi jalar untuk pria.ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh pria.

  • potasium.
  • beta-karoten.
  • vitamin A.
  • kolin.
  • magnesium.
  • kalium.
  • serat.

konsumsi ubi jalar secara teratur,kandungan potasium dapat membantu menekan tekanan darah tinggi,sehingga terhindar dari resiko disfungsi ereksi.beta-karoten yang mencukupi asupan vitamin A dalam tubuh pria sehingga terhindar dari maaalah infertilitas.

Ada juga zat kolin yang dapat mengatasi masalah susah tidur.magnesium yang mampu menstabilkan nafsu makan dan serat yang dapat menurunkan berat badan.

8.Manfaat ubi jalar untuk kulit.

selain untuk dimakan,ternyata ubi jalar juga bermanfaat baik untuk kulit.ubi jalar memiliki beberapa kandungan gizi yang diperlukan untuk kulit,seperti.magnesium,omega 3,fosfor,kalium,natrium,dan seng.ada juga vitamin A,C,E yang efektif untuk mencerahkan kulit dan memproduksi kalogen sehingga kulit tetap elastis dan cerah.

9.manfaat daun ubi jalar.

ubi jalar memang tinggi akan manfaat,buah ubi jalar dapat di olah menjadi berbagai macam makanan.selain itu daun ubi jalar juga dapat dijadikan sebagai sayur-sayuran.kandungan gizi yang ada pada daun ubi jalar antara lain,

  1. antioksiadan.
  2. niasin.
  3. kalium.
  4. riboflavin.
  5. vitamin.
  6. tiamin.
  7. kalsium.
  8. asam folat.
  9. karoten.
  10. zat besi.
  11. protein.

dengan sejumlah kandungan gizi,daun ubi jalar memiliki banyak manfaat seperti,

meredahkan rasa nyeri.
menjaga kesehatan mata.
menjaga kesehatan jantung.
menjaga kesehatan otak.
mengobati peradangan.

dan masih banyak lagi manfaat dari daun ubi jalar yang lainnya.Demianlah beberapa manfaat ubi jalar yang baik untuk kesehatan.walaupun kaya akan manfaat,sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi ubi jalar.semoga ulasan tadi dapat bermanfaat.

Baca juga :Jenis pupuk untuk tanaman terong


Post a Comment for " Manfaat ubi jalar yang baik untuk kesehatan."