Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara sederhana menanam terong dengan polybag.

Cara sederhana menanam terong dengan polybag.

Cara sederhana menanam terong dengan polybag


Cara sederhana menanam terong dengan polybag-Terong merupakan jenis tanaman tahunan yang buahnya dapat dijadikan sayur-sayuran.Tanaman yang berasal dari negara india ini memiliki banyak jenis,mulai dari 
  • terong ungu.
  • terong hijau.
  • terong bulat.
  • terong putih.
  • terong telunjuk.
Dan masih banyak lagi jenis-jenis terong yang lainnya.Dari segi budidaya,tanaman terong bisa ditanam di berbagai tempat seperti.
polybag.
pot.
kebun.

Ataupun pada media lainnya.tanaman terong banyak kita jumpai disekitar tempat tinggal kita,khususnya pada daerah yang masih banyak orang bercocok tanam.menanam terong dengan menggunakan polybag juga banyak dilakukan sebagian orang yang tidak memiliki tempat atau lahan yang cukup.

cara ini umumnya ini dilakukan di daerah perkotaan atau padat penduduk.untuk memulai menanam terong dengan polybag,langkah-langkah yang harus dilakukan adalah.

  1. menyiapkan polybag.
  2. menyiapkan bibit terong.
  3. menyemai benih terong.
  4. penanaman benih terong.
  5. perawatan tanaman terong.
  6. panen.

Berikut cara sederhana menanam terong dengan polibag.

1.Menyiapkan polybag.

Menyiapkan polybag.


Langkah pertama yang harus kita lakukan ialah,menyiapkan beberapa kantong polybag.gunakan polybag yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.Pastikan juga buat beberapa lubang pada polybag.

2.Menyiapkan bibit terong.

bibit terong


Untuk mendapatkan hasil buah terong yang baik,kita juga harus memilih bibit yang baik juga.bibit terong bisa kita dapat dengan membeli pada toko pertanian di daerah kita.atau bisa juga dengan menggunakan bibit dari hasil tanaman.caranya,

  • pilih buah yang akan dijadikan bibit.
  • biarkan buah sampai tua dipohon.
  • pisahkan biji dari daging buah.
  • jemur biji dibawah terik matahari.
nahh sekarang kita sudah mendapatkan bibit terong yang baik.


3.Menyemai benih terong.

Setelah bibit kita dapatkan.sebelum ditanam,bibit terong kita semai terlebih dahulu.buatkan tempat penyemaian,kita bisa menggunakan polybag yang berukuran peling kecil atau gelas plastik bekas air mineral.kemudian isi media tersebut dengan tanah yang sudah dicampur dengan sekam dan sedikit pupuk kandang.

Campuran tadi bertujuan agar tanah tetap gembur,subur,dan mudah menyerap air.taburkan atau bisa juga dengan meletakkan satu persatu bibit terong pada permukaan tanah.kemudian kita taburkan kembali tanah diatasnya agar bibit tertutup.lalu siram pagi dan sore.jauhkan dari sinar matahari.

4.Penanaman benih terong

Saat benih terong sudah tumbuh dan memiliki 4 sampai 5 daun,benih sudah bisa kita pindahkan pada polybag yang berukuran besar.isi polybag dengan tanah yang juga sudah dicampurkan dengan pupuk kandang dan sekam.perbandingan campuran harus 1:3.jika pupuk terlalu banyak maka akan membuat benih mati.

lalu padatkan tanah tersebut.lakukan hal serupa pada polybag yang lainnya.lanjut,cabut benih satu persatu dengan sangat hati-hati.usahakan tidak rusak.lalu pindahkan pada media yang kita siapkan tadi.1 polybag kita beri 1 pohon saja.lalu siram seperti biasanya.

5.perawatan tanaman terong.

Untuk merawat tanaman terong dilakukan sebaik mungkin agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk merawat tanaman terong.
  • penyiangan.
  • penyulaman.
  • pemupukan.
  • pengendalian hama.
Meskipun kita menanam menggunakan media polybag,kita juga harus tetap melakukan penyiangan.bersihkan semua rumput liar yang tumbuh.agar tanaman terong tidak kekurangan nutrisi.kita juga harus sering memantau perkembangan prtumbuhannya.

Lakukan penyulaman jika didapati ada benih yang rusak atau gagal tumbuh.kemudian berikan pepupuk lanjutan jika tanaman terong sudah memasuki usia 3 minggu.berikan pupuk NPK dengan dosis yang tertera pada setiap kemasan.

Sementara untuk pengendalian hama,semprotkan insektisida pada seluruh tanaman.jika tanaman terong terserang penyakit,segera semprotkan fungisida.kemudian untuk penyiraman kita hanya melakukannya jika tanah terlihat kering.

Sebaiknya diberikan juga tiang penyangga pada masing-masing tanaman.agar saat tanaman terong semakin besar tidak mudah rebah.

6.panen.

panen terong


Setelah melewati berbagai proses,tanaman terong akan berbuah dan siap untuk dipanen.pada umumnya tanaman terong mulai memasuki masa panen saat sudah berusia sekitar 70 hingga 85 hari.
  1. petik buah terong yang berukuran besar,tidak tua dan tidak muda.
  2. buah terong dipetik hingga pada tangkainya.
  3. waktu panen dilakukan pagi atau sore hari.
  4. panen dilakukan 3 sampai 5 hari sekali.
Tanaman terong akan mati jika sudah berumur sekitar 6 bulan.semua tergantung pada perawatan yang kita lakukan..Nahh itu tadi sekilas ulasan bagaimana Cara sederhana menanam terong dengan polybag.Semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "Cara sederhana menanam terong dengan polybag."