Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara menanam labu siam agar berbuah lebat

cara menanam labu siam agar berbuah lebat

cara menanam labu siam agar berbuah lebat


Cara menanam labu siam agar berbuah lebat merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan hasil panen labu siam yang maksimal.menanam labu siam tidak jauh berbeda dengan cara menanam labu yang lainnya.

labu siam tumbuh dengan cara merambat,buah labu siam banyak dijadikan bahan olahan pada masakan.kandungan gizi yang dimiliki labu siam antara lain,

  • asam folat.
  • vitamin.
  • seng.
  • tembaga.
  • mangan.
  • zat besi.
  • fosfor.

Dengan banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada labu siam,membuat labu siam banyak diminati untuk dijadikan olahan labu siam.dalam budidaya labu siam,ada beberapa tahap yang harus dilakukan agar menghasilkan buah yang lebat.

  1. persiapan lahan.
  2. menyiapkan bibit labu siam.
  3. penanaman bibit labu siam.
  4. perawatan tanaman labu siam.
  5. panen hasil tanam labu siam.

1.persiapan lahan.

lahan labu siam


Dalam budidaya labu siam,langkah pertama yang harus dilakukan ialah persiapan lahan,bersihkan terlebih dahulu lahan dari rumput liar atau gulma yang akan ditanami labu siam.gemburkan lahan dengan menggunakan cangkul.Berikan pupuk dasar,untuk pupuk dasar yang digunakan ialah pupuk organik saja,

Seperti pupuk kandang dan kompos,kecuali jika tanahnya kurang subur maka diberikan juga pupuk NPK dengan perbandingan 1:3.buatkan beberapa bedengan agar pupuk dasar dapat tercampur sampai kedalam tanah.diamkan selama kurang lebih 5 hari agar campuran tanah dan pupuk benar-benar matang.

2.menyiapkan bibit labu siam.

bibit labu siam


untuk mendapatkan bibit labu siam,kita bisa membelinya ditoko pertanian atau dengan mengambil dari biji labu siam yang sudah tua caranya,

  • pilih buah yang terbaik dan sudah sangat tua untuk dijadikan bibit.
  • pisahkan biji dari daging buah bersihkan dengan air.jemur biji labu siam dibawah terik matahari hingga kering.
  • cara menanam labu siam bisa langsung ditanam bijinya ataupun dengan disemai terlebih dahulu.

cara menyemai labu siam.

siapkan media semai seperti polybag berukuran kecil,atau gelas bekas air mineral,ataupun wadah sejenisnya yang bisa dimanfaatkan.isi semua media dengan tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk kandang atau kompos.buat lubang kecil sedalam 2-3 cm pada semua media dan masukkan bibit labu siam pada lubang kecil lalu siram.tempatkan pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

3.penanaman bibit labu siam.

penanaman bibit labu siam bisa dilakukan jika bibit tanaman labu siam sudah memiliki 3-4 daun,atau berumur 1 minggu.buat lubang pada semua pedengan sedalam mata cangkul dengan jarak 70-90 cm antara lubang 1 dengan lubang lainnya.pindahkan bibit dari penyemaian kedalam lubang yang baru dibuatkan dengan hati-hati.rapikan seputaran benih labu siam lalu siram. 

Baca juga :cara sederhana menanam labu kuning

Baca juga :manfaat ubi jalar

4.perawatan tanaman labu siam.

dalam budidaya labu siam tak lepas dari perawatan.sebenarnya tanaman labu siam tanpa dilakukan perawatan juga akan tetap hidup dan tumbuh.akan tetapi agar hasilnya menjadi lebih baik dan maksimal,tanaman labu siam seharusnya dirawat sebaik mungkin.tips agar tanaman labu siam berbuah banyak,lakukan perawatan seperti berikut ini.

  • penyulaman.
  • pemasangan ajir.
  • pembumbunan dan penyiangan.
  • pemupukan.
  • pengendalian hama labu siam.

penyulaman.

saat tanaman labu siam memasuki usia 1 minggu sejak hari tanam,maka tanaman labu siam akan mulai tumbuh.jika didapati ada benih labu siam yang tidak tumbuh atau rusak,segera lakukan penyulaman agar tanaman labu siam dapat tumbuh serentak.

pemasangan ajir.

kemudian lakukan juga pemasangan ajir.pemasangan ajir pada tanaman labu siam tidaklah sama dengan tanaman yang lain seperti kacang panjang,buncis.pasang ajir pada setiap tanaman.buatlah para-para yang terhubung ajir 1 dengan ajir yang lainnya.

Pembuatan para-para juga harus sekuat mungkin sehingga mampu menopang beban berat saat tanaman labu siam sudah menghasilkan buah,mengingat buah dari labu siam juga tergolong berat.

saat tanaman labu siam memasuki usia 2 minggu,maka labu aiam akan mulai menjalar kesana kemari.lilitkan dan arahkan tanaman labu pada ajir yang sudah dibuat,agar menjalar terus hingga naik menuju ke para-para.

pembumbunan.

kemudian saat labu siam memasuki usia 3 minggu,lakukan pembumbunan dan penyiangan.bersihkan semua rumput liat dan gulma yang tumbuh disekitar tanmaan labu siam.pembumbunan dan penyiangan harus dilakukan setiap 4 minggu sekali.

pemupukan tanaman labu siam.

Agar tanaman labu siam subur dan menghasilkan buah yang lebat,kita juga memberikan nutrisi pada akar serta daunnya.penyebab labu siam tidak berbuah karena kurangnya asupan nurisi pada tanah.berikan pupuk susulan saat tanaman labu siam berumur 3 minggu.

pupuk labu siam agar berbuah lebat adalah pupuk kandang dan pupuk NPK.cara pemupukan labu siam bisa dikocor ataupun ditaburkan pada bagian akar.pemberian pupuk susulan dilakukan 10-15 hari sekali.sementara untuk pada bagian daun,berikan pupuk organik cair dengan cara disemprotkan.

pengendalian hama labu siam.

perlu diketahui,semua jenis tanaman sudah pasti akan terserang berbagai macam serangan hama seperti belalang,uret,lalat buah dan ulat grayak.pengendalian hama dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida pada seluruh daun tanaman labu siam.

5.panen hasil tanam labu siam.

berapa lama masa panen labu siam? tanaman labu siam akan siap untuk dipanen saat memasuki usia 3 bulan bahkan ada yang sampai 4 bulan.labu siam dapat dipanen 1 kali dalam 1 minggu.memetik buah labu siam dengan menggunakan pusau atau parang yang tajam.

Demianlah ulasan singkat bagaimana cara menanam labu siam agar berbuah lebat.semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga :cara menanam ubi jalar

Baca juga :jenis pupuk untuk tanaman terong

Post a Comment for "cara menanam labu siam agar berbuah lebat"