Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam jagung yang berkualitas.

 Cara menanam jagung yang berkualitas.


Cara menanam jagung yang berkualitas


Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi.jagung juga banyak kita jumpai disekitar kita.Selain dijadikan sebagai olahan makanan,jagung juga sering dijadikan sebagai pakan ternak.

Oleh karena itu banyak sebagian orang mencoba untuk membudidayakan tanaman jagung.Baik itu untuk dijadikan makanan sendiri ataupun untuk dijual.tanaman jagung memiliki umur yang relatif singkat.

Dari masa tanam hingga masa panen hanya memerlukan waktu sekitar 3 bulan saja.akan tetapi ada juga yang sampai umur 4-5 bulan.selain itu jagung hanya memiliki 1 kali masa panen saja.langkah-langkah Cara menanam jagung yang berkualitas meliputi.


  1. pengolahan lahan
  2. penanaman benih jagung
  3. perawatan dan pemupukan
  4. pemanenan jagung


1.Pengolahan lahan.

Sebelum kita mulai menanam jagung sebaiknya kita menyiapkan lahan terlebih dahulu.


  • bersihkan lahan dari rumput liar atau gulma.
  • gemburkan lahan tersebut dengan menggunakan cangkul.
  • lakukan pengapuran pada semua lahan,hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat ke asaman pada tanah.
  • buatkan juga bedengan agar jika hujan turun tanaman jagung tidak terendam air nantinya.
  • Usahakan bedengan tidak terlalu lebar agar mudah dalam proses perawatan tanaman jagung.
  • kemudian taburkan juga pupuk kandang atau kompos untuk menambah kesuburan tanah.diamkan selama 2 sampai 3 hari.


2.Penanaman benih jagung.

Sebelum kita melakukan penanaman benih jagung sebaiknya kita memilih benih jagung yang akan kita tanam.Disarankan untuk menggunakan benih jagung Hibrida.kita bisa mendapatkan benih jagung Hibrida pada toko pertanian di daerah kita.

  • Buat lubang kecil pada bedengan dengan menggunakan tugal sedalam 3 sampai 5 cm saja.
  • kemudian masukkan benih jagung kedalam lubang sebanyak 2 atau 3 biji.tutup tipis dengan tanah.untuk jarak lubang satu dengan lubang yang lain sekitar 30x30 cm saja.
  • berikan pupuk organik cair dengan cara di siram atau di semprotkan.untuk membantu proses pertumbuhan dan melindungi benih dari hama serta penyakit.

3.Perawatan dan pemupukan.

Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal,Perawatan dan pemupukan pada tanaman jagung sangat di haruskan.hal yang harus kita lakukan adalah.

  1. penyiangan
  2. pembumbunan
  3. penyulaman
  4. pemupukan

Setelah benih jagung tumbuh,kita harus melakukan penyiangan secara rutin.bersihkan semua rumput liar dan gulma yang ada di sekitar tanaman jagung dengan cara di cabut.saat tanaman jagung sudah mencapai ketinggian sekitar 15-20 cm,kita lakukan pembumbunan.

Tidak lupa juga lakukan penyulaman jika ditemukan ada benih jagung yang tidak tumbuh.saat jagung mencapai 3 minggu,kita berikan pupuk organik cair dengan cara di semprotkan.pemupukan dilakukan setiap 7-10 hari sekali.dan sangat disarankan untuk menggunakan pupuk organik.

Ada banyak jenis pupuk organik cair  yang bisa kita dapatkan pada toko pertanian.salah satu contoh pupuk organik yang sering kita jumpai adalah pupuk organik GDM.perlu di ketahui bahwa penggunaan pupuk organik mampu mengurangi serangan hama dan berbagai penyakit pada tanaman jagung.


4.Pemanenan jagung.



Sampailah kita pada tahap pemanenan jagung.jagung dapat di panen menurut kebutuhan.jika untuk di konsumsi seperti di jadikan jagung bakar ataupun jagung rebus.sebaiknya jagung di panen sebelum tua dan tidak terlalu muda.

karena biji jagung masih terasa empuk saat di kunyah.akan tetapi jika jagung di panen untuk di keringkan kemudian di jual.maka jagung di panen saat jagung sudah tua.jagung yang sudah siap di panen memiliki ciri-ciri sebagai berikut.


  1. jagung sudah berusia 90-100 hari.
  2. rambut jagung sudah terlihat kering dan berwarna kehitaman.
  3. biji jagung terasa keras jika di tekan.
  4. kulit buah sudah berwarna coklat.


Dari ciri-ciri berikut,maka jagung sudah siap kita panen.lakukan pemanenan dan jemur hasil panen di bawah terik matahari jagung harus di pisahkan dari klobotnya,agar jagung terhindar dari penyakit jamur.

gunakan terpal sebagai alas jagung harus di hampar agar keringnya bisa merata.Setelah jagung benar-benar kering,kemas dalam karung dan siap untuk di pasarkan.nah itu tadi serangkaian ualasan mengenai bagaimana Cara menanam jagung yang berkualitas.semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat.

Baca juga:Teknik budidaya kacang tanah

Baca juga:Cara menanam kacang panjang

Baca juga:Kedelai

Baca juga:Beberapa jenis timun dan manfaatnya

Post a Comment for "Cara menanam jagung yang berkualitas."