Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara termudah menanam singkong

  Cara termudah menanam singkong.

Cara termudah menanam singkong


Cara termudah menanam singkong-Singkong atau ketela pohon merupakan tanaman perdu yang mana umbinya kerap dijadikan sebagai makanan pokok.singkong memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi.

Tidak hanya umbinya saja yang bermanfaat.daun singkong juga dapat dijadikan sebagai sayuran.untuk pembudidayaan tanaman singkong sendiri tidak terlalu rumit.bibit singkong juga mudah didapatkan dan hanya menggunakan batang dari tanaman singkong itu sendiri.sementara untuk jenis singkong atau ketela pohon juga sangat banyak,seperti

  1. singkong gajah.
  2. singkong mentega.
  3. singkong manggu.
  4. singkong putih.
  5. singkong mukibat dan masih banyak lagi.


Singkong berkembang biak dengan cara.

  • Vegetatif alami dengan umbi akarnya yang kemudian akan mengeluarkan tunas baru.
  • Vegetatif buatan dengan cara di stek yang nantinya akan mengeluarkan tunas baru.

Pada umumnya kebanyakan orang akan menanam singkong dengan cara di stek.Ada beberapa hal yang menjadi suatu keberhasilan untuk menanam singkong.seperti,


  1. Menentukan lahan.
  2. menyiapkan lahan untuk menanam singkong.
  3. menyiapkan bibit singkong.
  4. proses penanaman tanaman singkong.
  5. perawatan tanaman singkong.
  6. panen hasil tanaman singkong.


1.Menentukan lahan.

Menentukan lahan untuk menanam singkong sangat penting.pastikan lahan memiliki tingkat kesuburan tanah yang baik.selain itu lahan tidak boleh tergenang air.atau lahan becek.tanah harus gembur.


2.Menyiapkan lahan untuk menanam singkong.

Agar tanaman singkong nantinya dapat tumbuh dengan baik,lahan sebaiknya diolah terlebih dahulu.

  • bersihkan terlebih dahulu lahan dari rumput liar serta batang-batang pohon yang masih tersisa.
  • gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul.
  • lakukan pengapuran dengan kapur pertanian lalu diamkan beberapa hari. 
  • bajak atau gemburkan kembali tanah agar kapur tercampur secara merata.


3.Menyiapkan bibit singkong.

Untuk bibit singkong cukup menggunakan batang pohong singkong yang sudah siap panen.pilih yang berdiameter besar.pangkas batang dekat dengan akar singkong dan dekat dengan ranting singkong.sebelum dipotong-potong,diamkan beberapa hari.kemudian potong-potong batang singkong sepanjang 15-20 cm.atau pastikan terdapat 3-5 bakal tunas.


4.Proses penanaman tanaman singkong.

Tancapkan setiap batang singkong yang sudah di potong-potong satu per satu.beri jarak antar batang singkong satu dengan yang lian sekitar 150x150 cm.pastikan tidak terlalu berdekatan.agar umbi dari tanaman singkong tidak saling melilit saat sudah mulai membesar.

Baca juga:Cara menanam jagung yang berkualitas

Baca juga;Teknik budidaya kacang tanah

Baca juga:Cara menanam kacang panjang

Baca juga:Kedelai


5.Perawatan tanaman singkong.

Perawatan tanaman singkong juga wajib untuk dilakukan.hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil umbi yang berkualitas.adapun perawatannya seperti.

  • melakukan penyiangan.
  • pembumbunan.
  • pemberian pupuk.


Lakukan penyiangan secara rutin.bersihkan semua rumput liar serta gulma yang berada disekitar tanaman.agar tanaman singkong tidak kekurangan Nutrisi.bersihkan dengan cara di cabut.lakukan juga pembumbunan agar terbentuk bedengan yang nantinya berfungsi sebagai saluran air saat hujan.pemberian pupuk untuk tanaman singkong dapat dilakukan secara berkala yakni,pada saat singkong baru 2 minggu.sementara pupuk yang digunakan adalah,

  • pupuk NPK phonska.
  • pupuk urea.
  • pupuk organik petroganik.


Pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditaburkan diseputar batang singkong.atau dengan membuatkan lubang kecil di seputaran batang singkong kemudian mengisi lubang dengan sejumlah pupuk.

saat tanaman singkong berumur 12 minggu,lakukan lagi pemupukan yang sama dengan dosis 2 sendok makan.kemudian pemupukan terakhir dilakukan saat tanaman singkong berumur 24 minggu.lakukan juga pemupukan yang sama dengan dosis 3 sendok makan.


6.Panen hasil tanaman singkong.


Panen hasil tanaman singkong


Setelah tahap demi tahap telah dilakukan.maka langkah terakhir adalah Panen hasil tanaman singkong.untuk proses panen dapat dilakukan dengan cara menarik kearah atas secara perlahan.atau mencabut tanaman singkong mengarah keatas.

Singkong dapat dipanen jika sudah berumur 1 tahun.kemudian pangkas atau potong umbi singkongnya agar terpisah dari batang singkong.Demikianlah cara termudah menanam singkong.semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat.


Post a Comment for "Cara termudah menanam singkong"