Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam ubi jalar yang baik dan berbuah lebat.

 Cara menanam ubi jalar yang baik dan berbuah lebat.

Cara menanam ubi jalar yang baik dan berbuah lebat


Cara menanam ubi jalar yang baik dan berbuah lebat merupakan salah satu upaya budidaya ubi jalar untuk mendapatkan hasil panen yang baik.Ubi jalar atau ubi rambat merupakan salah satu tanaman pangan tinggi karbohidrat.

buah ubi jalar terletak pada akarnya yang kemudian membesar dan membentuk umbi.selain itu,daun dari dari ubi jalar juga dapat digunakan sebagai sayur-sayuran.Apa ciri-ciri ubi jalar.? ciri-ciri dari ubi jalar ialah,

  • memiliki akar tunggang.
  • varian warna ungu,orange,dan kuning.
  • pertumbuhan tanaman merambat atau menjalar.
  • benuk daun menjari.
  • batang pohon bulat dan kecil.

Sementara ubi jalar memiliki ragam jenis yang berbeda-beda.jenis ubi jalar yang umum dijumpai ialah,

ubi jalar putih.

ubi jalar ungu.

ubi jalar orange.

ubi jalar kuning.

ubi jalar cilembu.

Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi,ubi jalar sering dijadikan makanan pokok,serta dijadikan berbagai macam olahan makanan.makanan apa saja yang terbuat dari ubi jalar.? ada banyak jenis makanan ataupun jajanan yang menjadikan ubi jalar sebagai bahan dasarnya.diantaranya.

  1. keripik ubi jalar.
  2. kolak ubi.
  3. puding ubi.
  4. bakpao ubi.
  5. brownis ubi
  6. ise cream ubi.
  7. ubi goreng dan lain sebagainya.

Untuk budidaya ubi jalar juga terbilang sangat sederhana.hal ini dikarenakan ubi jalar bisa di tanam pada media lainnya selain pada lahan terbuka.menanam ubi jalar dalam karung kadang menjadi alternative bagi yang ingin menanam ubi jalar di pekarangan rumah.

cara menanam ubi jalar agar berbuah lebat memiliki beberapa tahapan.mulai dari,

  1. menyiapkan lahan ubi jalar.
  2. menyiapkan bibit ubi jalar.
  3. proses penanaman bibit ubi jalar.
  4. perawatan.
  5. panen hasil tanam ubi jalar.

1.Menyiapkan lahan ubi jalar.

menyiapkan lahan ubi jalar


Menyiapkan lahan ubi jalar adalah langkah awal untuk budidaya ubi jalar.lahan sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dari rumput liar serta gulma.lahan lalu digemburkan dengan cangkul.

kemudian berikan pupuk kandang atau pupuk kompos.setelah selesai pemberian pupuk lahan,bentuk beberapa bedengan,hal ini bertujuan agar pupuk kandang yang sudah ditaburkan dapat tercampur hingga sampai kedalam tanah.lebar bedengan berkisar 70-90 cm dan panjang bedengan menyesuaikan.diamkan selama 1 minggu.

2.Menyiapkan bibit ubi jalar.

menyiapkan bibit ubi jalar


Setelah lahan disiapkan,langkah selanjutnya yaitu menyiapkan bibit ubi jalar.Bibit ubi jalar bisa didapatkan dengan 2 cara yaitu,memanfaatkan umbi sebagai bibit.stek batang ubi jalar.

cara pembibitan ubi jalar dengan umbi dilakukan jika kualitas ubi jalar menurun.maka akan dilakukan pembibitan dari umbi.untuk mendapatkan generasi baru.yang paling umum orang menanam ubi jalar dengan cara stek batang.

Bagaimana cara menanam ubi dengan batangnya.? 

potong beberapa batang ubi yang sudah tergolong tua sekitar 25 cm,kemudian pangkas daunnya.

3.Proses penanaman bibit ubi jalar.

proses penanaman bibit ubi jalar


Dalam proses penanaman bibit ubi jalar sebaik dilakukan pada sore hari.tanam 1 atau 2 batang ubi yang sudah distek pada bedengan.jarak antara tanaman 1 dengan yang lainnya berkisar 30 hingga 40 cm.jika tanah terlihat kering,sebaiknya dilakukan penyiraman.

4.Perawatan.

perawatan


Dalam hal perawatan tanaman ubi jalar,tidak terfokus pada pemupukan,perawatan ubi jalar meliputi,

penyiangan.
pembumbunan.
penyulaman.

penyiangan wajib dilakukan,bersihkan semua gulma atau rumput liar yang tumbuh di seputaran tanaman ubi.agar tidak mengambil nutrisi pada tanah.

pembumbunan juga harus dilakukan saat tanaman ubi berumur 2 minggu dan 4-5 minggu berikutnya.lakukan juga penyulaman bila ada tanaman ubi jalar yang mati.untuk penyiraman hanya dilakukan saat tanah terlihat kering.

5.Panen hasil tanam ubi jalar.

Panen hasil tanam ubi jalar


Setelah melalu beberapa proses,langkah terakhir ialah panen.Umur panen ubi jalar dilakukan saat ubi jalar berumur 3 bulan.

Bagaimana cara panen ubi jalar.? 

Cara panen ubi jalar ialah,

Pangkas terlebih dahulu batang beserta daunnya,kumpulkan dan letakkan pada tempat terpisah,daun ubi jalar bisa dimanfaatkan sebagai sayur-sayuran,sementara batang ubi jalar dapat dijadikan bibit ubi jalar baru.

Bongkar bedengan dengan menggunakan cangkul,pembongkaran dilakukan dengan hati-hati agar tidak melukai buah ubi jalar.Bersihkan ubi dari tanah yang masih menempel,kumpul semua hasil panen dan lakukan penyortiran.

Pisahkan ubi jalar yang rusak dan sortir menurut ukurannya lalu kemas dalam karung goni dan hasil panen ubi jalar siap untuk dipasarkan.

Demikianlah ulasan singkat bagaimana  Cara menanam ubi jalar yang baik dan berbuah lebat.Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga :4 jenis terong beserta manfaatnya

Baca juga :Jenis-jenis pupuk dan manfaatnya

Post a Comment for "Cara menanam ubi jalar yang baik dan berbuah lebat."