Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara sederhana menanam labu kuning

 Cara sederhana menanam labu kuning.

Cara sederhana menanam labu kuning

Cara sederhana menanam labu kuning-labu kuning adalah tanaman labu-labuan yang tumbuh merambat.buah labu kuning memiliki bentuk serta ukuran yang berbeda-beda.dari kecil hingga berukuran besar.

Buah labu kuning dapat dijadikan bahan dasar olahan makanan atau jajanan.tidak hanya buahnya,daun labu juga dapat dijadikan sebagai sayuran.ada beberapa jenis labu yang umum kita jumpai.

  • belogo.
  • waluh.
  • labu siam.
  • labu air.

DiIndonesia budidaya labu kuning juga banyak diterapkan.baik itu skala besar ataupun untuk skala rumahan bagi yang tidak memiliki lahan yang cukup luas.Untuk menanam labu kuning tidak diperlukan keahlian khusus.cara menanam labu kuning memerlukan beberapa langkah yang wajib dilakukan seperti,

  1. menyiapkan lahan.
  2. menyiapkan bibit labu kuning.
  3. penanaman bibit. 
  4. perawatan.
  5. panen.

dengan beberapa langkah diatas,jika dilakukan dengan benar,maka akan menghasilkan buah labu yang bagus.yuk langsung disimak cara sederhana menanam labu kuning.

1.menyiapkan lahan.

tanaman labu memang dapat tumbuh walaupun tanpa dirawat sedikitpun,bahkan labu juga dapat tumbuh diantara semak belukar.akan tetapi agar mendapatkan hasilnya lebih maksimal,sebaiknya disiapkan terlebih dahulu lahan untuk menanam labu.

seperti biasa sebelum menanam,lahan harus dibersihkan terlebih dahulu dari rumpit liar.kemudian gemburkan lahan dengan menggunakan cangkul.kemudian berikan pupuk organik dan pupuk kompos,

setelah diberikan pupuk,buat beberapa bedengan.hal ini bertujuan agar pupuk lahan tercampur dengan tanah hingga kedalam bedengan.diamkan lahan selama 1 minggu,agar nutrisi benar-benar terserap kedalam tanah.

Baca juga :jenis pupuk untuk tanaman terong

Baca juga :cara sederhana menanam terong dengan polybag

2.menyiapkan bibit labu kuning.

untuk menyiapkan bibit labu kuning,kita bisa mendapatkannya pada toko pertanian atau dengan membuat sendiri.caranya dengan mengambil biji labu yang sudah tua untuk dijadikan bibit.cuci biji labu dengan air sampai tenggelam.ambil biji labu yang tidak terapung saja untuk dijadikan bibit.lalu jemur dibawah terik matahari sampai benar-kering.

3.penanaman bibit.

jika lahan dan bibit sudah siap,langkah berikutnya adalah penanaman bibit labu.cara menanam labu kuning sangatlah sederhana.akan tetapi sebelum ditanam,bibit sebaiknya direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 5 jam,kemudian keringkan bibit.

Agar cepat mengeluarkan kecambah.buat lubang kecil sedalam 5 cm pada bedengan,isi 2 - 3 biji bibit labu lalu tutup kembali lubang dengan tanah.jarak antara bedengan jangan terlalu rapat.setelah semua bedengan telah ditanami,siram dengan air.

4.perawatan.

budidaya labu kuning tak lepas dari perawatan.memang benar labu tanpa perawatan juga akan tetap tumbuh.akan tetapi agar hasilnya menjadi lebih maksimal,tanaman labu harus dirawat sebaik mungkin.tips agar tanaman labu berbuah banyak,lakukan perawatan seperti berikut ini.

penyulaman.
pemasangan ajir.
pembumbunan dan penyiangan.
pemupukan.

Saat tanaman labu berusia 1 minggu,tanaman labu akan mulai tumbuh.jika didapati ada bibit labu kuning yang tidak tumbuh,segera lakukan penyulaman.kemudian lakukan juga pemasangan ajir.pemasangan ajir pada tanaman labu tidaklah sama dengan tanaman yang lain,

Pasang ajir pada setiap tanaman.buatlah para-para yang terhubung ajir 1 dengan ajir yang lainnya.pembuatan para-para juga harus sekuat mungkin sehingga mampu menopang beban seberat hingga 3 kg,mengingat buah dari labu kuning tergolong berat.

Saat tanaman labu kuning berusia 2 minggu,maka labu akan mulai menjalar kesana kemari.lilitkan tanaman labu pada ajir yang sudah dibuat,agar menjalar terus hingga naik ke para-para.kemudian saat labu berumur 3 minggu,lakukan pembumbunan dan penyiangan.bersihkan semua rumput liat dan gulma.pembumbunan dan penyiangan dilakukan setiap 4 minghu sekali.

5.pemupukan.

Pada dasarnya,tanaman labu kuning akan tetap tumbuh walaupun tidak diberikan pupuk.akan tetapi dalam jangka panjang tanaman labu akan kekurangan nutrisi.oleh karena itu sebaiknya setiap 3 bulan sekali diberikan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos.agar tanaman labu tidak kekurangan nutrisi.

6.panen.

Berapa lama masa panen labu? tanaman labu akan siap untuk dipanen saat memasuki usia 60 hari.ciri-cirinya ialah,warna buah kuning dan tangkai terlihat kering.labu dapat dipanen 2 kali dalam 1 minggu.memetik buah labu  dengan menggunakan pusau atau parang.nahh itulah tadi ulasan bagaimana cara sederhana menanam labu kuning.semoga dapat bermanfaat.

Baca juga :manfaat ubi jalar

Baca juga :cara menanam ubi jalar

Post a Comment for "Cara sederhana menanam labu kuning"