Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kedelai

Kedelai 

Kedelai


Kedelai -adalah jenis kacang yang merupakan salah satu dari jenis tanaman polong-polongan.kedelai dapat tumbuh di banyak negara.kedelai juga disebut sebagai sumber dari protein nabati dan minyak nabati.dengan demikian,kedelai menjadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan berbagai olahan makanan dan minuman.untuk skala besar,kedelai dijadikan bahan dasar dalam pembuatan kecap,tempe,tahu,susu,hingga makanan dan minuman ringan.

ciri-ciri kedelai

kedelai atau kacang kedelai juga merupakan tanaman palawija,ciri-ciri kedelai dapat dilihat dari bentuknya.kedelai memiliki akar serabut dan akar tunggang.daun kedelai berwarna hijau,kedelai juga termasuk tanaman merambat,buah kedelai tergolong pendek dan hanya memiliki sekitar 4 sampai 5 biji saja dalam tiap buahnya.

sementara bunga kedelai mengikuti jenis kedelainya.bunga pada kedelai memiliki alat reproduksi yang lengkap.bunganya yang mirip kupu-kupu mungil ini dapat melakukan penyerbukan sendiri terhadap bunga sehingga dapat berkembang dan menghasilkan buah kedelai.

sedangkan untuk batang kedelai sendiri memiliki dua tipe yakni tipe determinate dan indeterminat.dikatakan tipe determinate karena pembentukan dan pertumbuhan bunga terjadi secara bersamaan,sehingga masa berbuahnya hanya terjadi satu kali saja kemudian mati.sedangkan pada tipe indetermnate pembentukan dan pertumbuhan bunga terjadi secara terus menerus.

Jenis-jenis kedelai.

Selain ciri-ciri kedelai,kita juga dapat mengenali tanaman kedelai dari jenisnya.kedelai memiliki jenis-jenis yang berbeda jenis kedelai sering diberi nama sesuai dari nama daerah.berikut jenis-jenis kedelai secara garus besar pada umumnya.

Kedelai kuning

Kedelai kuning-disebut kedelai kuning karena kulitnya memang berwarna kuning.jenis kedelai kuning paling banyak dijadikan bahan pembuatan tempe.kedelai kuning paling bayak ditemukan dipasaran.

Kedelai hitam.

kedelai hitam-berwarna hitam pada kulitnya,kandungan antisianin dalam kedelai hitam berperan dalam mencegah proses oksidasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Edamame.

dari jenis kedelai yang lain,Edamame memiliki kandungan isoflavon yang paling tinggi.kandungan proteinnya juga lebih tinggi dari jenis kedelai lainnya.edamame jenis kedelai yang kaya akan serat,vitamin B dan C,Kalium dan zat besi.selain itu,edamame juga jenis kedelai yang non kolesterol.

Manfaat kedelai.

Kedelai merupakan salah satu tanaman yang menjadi sumber gizi protein nabati.biji kedelai yang kaya akan Vitamin,protein,lemak,dan lesitin memiliki banyak sekali manfaat.terutama manfaat kedelai buat kesehatan.dalam berbagai olahan,kacang kedelai sering dijadikan bahan utama dari pembuatan tahu,tempe,susu kedelai,makanan ringan,tepung kedelai hingga penyedap masakan seperti kecap.selain untuk dijadikan berbagai macam olahan,berikut juga manfaat kedelai untuk kesehatan.

Baca juga:Manfaat kunyit

Baca juga:Khasiat jahe merah dan madu

Sumber protein.

dari berbagai jenis tanaman polong lainnya,kedelai memiliki protein yang paling lengkap seperti sembilan asam amino

Menjaga kesehatan pada tulang.

kandungan isoflavon dalam kedelai mampu meningkatkan kadar kalsium dalam tulang.jika dikonsumsi secara rutin,kedelai bermanfaat menjaga kesehatan pada tulang.

Mencegah kerusakan sel dalam tubuh dan kangker

kedelai juga mengandung antioksidan yang tinggi.dimana antioksidan mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan radikal bebas.antioksidan juga sangat efektif untuk melawan pertumbuhan berbagai macam sel kangker.dengan demikian kedelai sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh dan kangker.

Dapat menyehatkan pencernaan.

Didalam kedelai juga terdapat serat yang tinggi.serat sangat baik untuk mengatasi ataupun mencegah masalah pada pencernaan seperti susah buang air besar,wasir,sembelit hingga kangker usus.

Meningkatkan kinerja otak.

Kualitas otak tentunya didukung dari kinerja otak.kacang kedelai memiliki kandungan lesitin dan pitosterol.kandungan lesitin sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan asupan pada kinerja otak.sedangkan kandungan pitosterol sangat baik untuk meningkatkan kualitas dan kekuatan sel saraf.

Efek samping kedelai.

Mendengar kata efek samping kedelai sudah pasti kita akan memikirkan hal-hal yang berbau negatif.kedelai yang kita ketahui memiliki banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan,ternyata kedelai juga memiliki efek samping.Dalam keadaan mentah,kedelai atau kacang kedelai ternyata banyak mengandung zat goitrogens yang sangat mengganggu aktivitas dari kelenjar tiroid.

selain itu,kedelai juga jangan dikosumsi secara berlebihan bagi yang memiliki masalah oksalat.hal ini dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal.Demikian ulasan kedelai dan beberapa manfaat serta efek samping yang ditimbulkan.

masih banyak lagi manfaat-manfaat yang lain dari kedelai yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.Akan tetapi perlu juga dingat bahwa jika digunakan atau dikonsumsi secara berlebihan pastinya akan berdampak negatif.Semoga bermanfaat.

Baca juga:Cara menanam kunyit

Baca juga:Cara menanam jahe di polybag

Post a Comment for "Kedelai"