Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat

 Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat

Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat


Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat memang sudah menjadi harapan bagi para petani atapun siapa saja yang tengah menanam kacang panjang.Dengan berbagai upaya yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil yang di harapkan.

mulai dari mempersiapkan lahan kacang panjang,memilih benih kacang panjang yang berkualitas,pemberian pupuk serta perawatan kacang panjang.semua itu 
sangat penting untuk dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal.Berikut adalah cara menanam kacang panjang agar hasilnya optimal.

1.Persiapan lahan.


sebelum memulai menanam kacang panjang,hal pertama yang harus dilakukan adalah Persiapan lahan.bersihkan terlebih dahulu lahan untuk menanam kacang panjang agar tidak ada rumput liar.kemudian gemburkan lahan dengan cangkul dan membuat beberapa bedengan.

untuk pembuatan bedengan disesuaikan dengan banyaknya benih kacang panjang yang akan di tanam.sementara untuk lebar bedengan sekitar 80 hingga 100 Cm.dan panjang bedengan mengikuti luas lahan yang akan di tanami kacang panjang.

2.Pemberian pupuk lahan.


Pemberian pupuk lahan juga sangat berpengaruh untuk menunjang pertumbuhan benih kacang panjang.campurkan pupuk kandang dengan kalsium bubuk dan insektisida serta campurkan juga pupuk phonska.kemudian taburkan campuran pupuk tadi pada tiap-tiap bedengan.

setelah semua bedengan diberi pupuk,lalu tutup bedengan dengan menggunakan mulsa agar tidak ditumbuhi rumput liar yang akan menyerap nutrisi pada bedengan tersebut.

3.Penanaman benih kacang panjang


Untuk penanaman benih kacang panjang yang perlu diperhatikan adalah memilih bibit kacang panjang yang berkualitas.Benih kacang panjang dapat di beli di toko pertanian.disarankan menggunakan benih kacang panjang hibrida.

sebelum benih ditanam,sebaiknya benih direndam terlebih dahulu dengan air secukupnya,agar pertumbuhan benih lebih optimal campurkan ZPT auksin dengan dosis yang dianjurkan.kemudian buatlah lubang kecil pada bedengan sedalam kira-kira 4-5 cm.

jarak tanam kacang panjang sekitar 60-70 cm.masukkan benih kacang panjang kedalam lubang sebanyak 2-3 biji kemudian timbun tipis lubang tadi.lakukan hal yang sama pada masing-masing lubang.dalam 3-4 hari,benih kacang panjang akan mulai tumbuh.

4.Pemasangan ajir 


Pemasangan ajir dalam budidaya kacang panjang harus dilakukan,hal ini bertujuan agar kacang panjang merambat pada ajir tersebut.selain itu dapat mempermudah dalam hal perawatan serta proses pemanenan karena buah kacang panjang akan menggantung pada ajir tersebut.

pemasangan ajir dilakukan pada saat benih kacang panjang sudah tumbuh.untuk panjang ajir usahakan tidak terlalu tinggi cukup 2 meter saja.tidak lupa juga untuk mengaitkan ajir yang 1 dengan ajir yang lainnya pada tiap bedengan.

5.Pemberian pupuk susulan


 Pemberian pupuk susulan harus dilakukan agar kubutuhan nutrisi kacang panjang dapat terpenuhi.cara pemupukan kacang panjang dapat dilakukan saat kacang panjang berumur 2 minggu setelah masa tanam.kemudian lakukan pemupukan susulan saat kacang panjang berumur 4 minggu setelah tanam.untuk jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK 16-16-16.

6.Perawatan kacang panjang.


Setelah penanaman dan pemupukan tanaman kacang panjang,langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah perawatan kacang panjang.bersihkan rumput liar yang dapat merusak tanaman dan menyerap nutrisi pada tanah.serta harus dilakukan penyiangan agar terhindar dari serangan hama seperti ulat,dan kutu kebul.lakukan penyemprotan insektisida untuk membasmi hama.

Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore hari.sementara untuk mendapatkan hasil daun yang optimal semprotkan gandasil D.sebelum tanaman kacang panjang mengeluarkan bunga.dan setelah mulai berbunga.sebaiknya diberikan gandasil B.

7.Pemanenan kacang panjang.


Pemanenan kacang panjang dapat dilakukan saat kacang panjang berumur 50 hari.ambil buah kacang panjang yang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu tua saja untuk di panen.sementara untuk jarak masa panen lakukan 2 hari sekali.Demikianlah bagaimana Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat.Semoga informasinya dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga:Manfaat buncis

Post a Comment for "Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat"