Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Jenis Timun dan manfaatnya

 Beberapa Jenis Timun dan manfaatnya

Beberapa Jenis Timun dan manfaatnya


Beberapa Jenis Timun dan manfaatnya-Timun adalah salah satu tanaman merambat yang buahnya bisa langsung dimakan walapun dalam keadaan mentah,atau dimasak terlebih dahulu.timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi,sehingga timun sering dijadikan sebagai pelengkap dalam hidangan atau sebagai makanan penutup.selain itu timun kerap dijadikan olahan sayuran dalam hidangan.

ada juga yang menjadikan timun sebagai lalapan.Timun juga merupakan tanaman semusim,hal ini dikarenakan siklus pertumbuhan timun yakni,berbunga kemudian menghasilkan buah lalu mati.Timun akan mengeluarkan bunga pertamanya saat Timun berusia sekitar 5 minggu.timun dapat tumbuh subur pada dataran tinggi maupun pada dataran rendah.

Baca juga:Manfaat kunyit

Timun buah atau sayur

Timun buah atau sayur.? sebuah pertanyaan yang sangat membingungkan untuk menjawabnya,ini disebabkan Timun dapat  dimakan langsung seperti layaknya buah pada umumnya.timun juga dapat dijadikan minuman seperti jus.dan dapat juga dijadikan masakan sayuran.

Timun katakan buah karena timun bertumbuh  dari bunga dan berbuah serta berbiji.sementara timun dikatakan sayuran karena timun dapat diolah dalam masakan sayuran.

Jenis timun di Indonesia

Timun atau yang biasa disebut juga mentimun ternyata memiliki banyak sekali jenisnya,tanaman yang satu ini memang banyak ditemukan diberbagai negara.sementara untuk Jenis timun di Indonesia sendiri juga sangat banyak banyak kita jumpai.seperti timun suri,timun krai dan masih banyak lagi.budidaya timun di Indonesia juga terbilang tinggi,sehingga tidak sulit bagi kita untuk mencarinya.

Timun suri

Timun suri memiliki bentuk yang lonjong serta warnanya yang hijau kekuning-kuningan.kandungan air dalam timun suri juga sangat tinggi,dan memiliki tekstur yang lembut.jika dilihat sekilas timun suri mirip dengan buah semangka.tidak heran banyak yang mengkonsumsi timun suri sebagai bentuk pelepas dahaga.

selain rasanya yang segar,kandungan nutrisi pada timun suri juga banyak,seperti Vitamin A,Vitamin B,Vitamin C,potasium dan magnesium.timun suri sangat baik untuk kesehatan tubuh.diantaranya.meningkatkan kesehatan mata,sebagai anti oksidan,menjaga kesehatan pada kulit,melancarkan pencernaan.Baca juga:khasiat jahe merah dan madu

Timun expo 

Timun expo memiliki warna kulit hijau tua,serta teksturnya yang renyah,panjang buah bisa mencapai 30 cm.timun expo dikenal sebagai timun jepang.kandungan air pada timun expo memang tidak banyak,rasanya juga lebih manis.selain itu masa tanam pada timun expo relatif singkat.yakni berkisar 35-40 hari saja.manfaat timun expo baik untuk menurunkan berat badan dan mengontrol tekanan darah.

Timun roman

Timun roman adalah jenis timun yang paling banyak dijadikan orang sebagai acar,Timun roman memiliki ukuran relatif besar.serta panjang berkisar 20 hingga 25 cm.selain dapat menyehatkan pencernaan,timun roman juga baik untuk kesehatan jantung.zat kalium yang terkandung didalamnya sangat penting untuk menjaga jantung tetap sehat.

Timun Monroe

Timun Monroe memiliki ukuran yang kecil,panjang dari timun monroe sendiri bisa mencapai 15 cm.dengan ukurannya yang kecil.timun jenis ini bisa langsung dimakan tanpa harus dipotong-potong terlebih dahulu.meskipun dekian,pertumbuhan buah timun jenis ini sangat lebat.

Timun Jubile

timun jubile memiliki ukuran kecil,timun jenis memiliki karakter dan kegunaan yang sama dengan timun monroe.warna dari timun jubile tidak secerah timun monroe.

Timun krai

Timun krai merupakan salah satu jenis timun yang memiliki bentuk yang pendek dari timun yang lainnya,timun krai memiliki daging yang lebih tebal.timun krai sering dijadikan olahan masakan.sama seperti timun yang lain,timun krai juga mengandung air lebih dari 90%.yang baik mencegah dehidrasi nutrisi pada timun krai juga tinggi seperti Vitamin A,Vitamin B,Vitamin C,dan juga kandungan mineral seperti potasium,magnesium,kalsium,dan mangan.

Aturan makan timun

Meskipun timun banyak sekali peminatnya,ternyata timun juga tidak baik untuk dimakan secara sembarangan.Aturan makan timun sering dianjurkan oleh para pakar kesehatan.bahwasanya timun tidak disarankan untuk dimakan pada malam hari.mengapa demikian,? hal ini dikarenakan timun memiliki kandungan air yang mencapai hingga 95%.sehingga memicu rasa ingin buang air kecil.selain itu mengakibatkan perut kembung serta mengganggu tidur.

Pantangan makan timun

timun yang memiliki banyak manfaat buat kesehatan ternyata tidak semua orang bisa menikmati timun dengan semestinya.ada banyak orang yang memiliki pantangan makan timun,berikut beberapa kriteria orang yang pantangan makan timun.orang yang memiliki masalah pernafasan kronis,memiliki kadar gula darah rendah,penderita hiperkalemia,alergi,dan perut yang sensitif.

Bahaya timun

bagi penikmat timun,ternyata tidak hanya pantangan makan timun yang jadi masalah.akan tetapi ada juga Bahaya timun yang harus diperhitungkan.seperti yang kita ketahui timun memiliki banyak manfaat,namun jika terlalu banyak makan timun maka akan ada bahaya atau efek samping yang ditimbulkannya.seperti terganggunya kesehatan jantung.

disisi lain timun baik untuk kesehatan jantung,jika dikonsumsi secara berlebihan maka,asupan air terlalu tinggi sehingga volume darah juga akan ikut meningkat.hal ini akan mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah dan jantung mengalami kerusakan.selain itu bahaya timun juga dapat mengakibatkan perut kembung.

Manfaat timun

Ada banyak sekali pendapat orang mengenai manfaat timun.Timun yang memiliki kandungan air lebih dari 90% ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.dan mengandung antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh dari serangan radikal bebas.selain itu manfaat timun juga dipercaya mampu menurunkan gula darah,menurunkan berat badan,membuat pencernaan jadi lancar.dan masih banyak manfaat timun lainnya.

Timun untuk darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang diakibatkan dari kelebihan atau terlalu banyak kadar garam atau natrium  yang diserap tubuh.sementara kadar kalsium yang terserap oleh tubuh terlalu sedikit.hal ini akan mengakibatkan tekanan darah akan semakin meningkat.banyak orang percaya bahwa selain minum obat,timun juga mampu menurunkan tekanan.

Timun untuk darah tinggi memang sudah dipercaya sejak jaman dahulu.kandungan potasium dalam timun sangat ampuh untuk mengobati hipertensi.Demikianlah Beberapa jenis timun dan manfaatnya yang dapat kita manfaatkan.ada banyak lagi jenis-jenis timun lainnya yang bermanfaat buat kesehatan.akan tetapi selalu diperhatikan juga efek sampingnya jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

.Baca juga:cara menanam jahe di polybak


Post a Comment for "Beberapa Jenis Timun dan manfaatnya"